8 Platform Nonton Film Online Legal Populer di Indonesia

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Annyeong!

Nonton film memang menjadi hiburan yang dapat menjadi pelipur kala suntuk, stres karena pekerjaan atau aktivitas harian, dan merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Opsi menonton film ini bisa dua hal, yaitu menonton film yang sedang tayang di bioskop atau menonton film-film lama di platform OTT. Bahkan saat ini, platform nonton film online pun sudah mengeluarkan film-film terbaru dan bisa disaksikan secara streaming online.

nonton film online
pict: yousafbhutta, Pixabay

Apalagi dua tahun terakhir yang menyebabkan adanya keterbatasan ke bioskop, maka pilihan hiburan ini dialihkan ke platfom nonton online legal. Opsi dengan menonton film online ini juga lebih banyak karena dapat menonton ulang atau rewatch film yang sudah kita tonton tahun-tahun sebelumnya, maupun mengikuti series yang sedang on-going. 

Variasi genre film juga bisa menyesuaikan preferensi kita, misalnya action, fantasy, young-adult, mistery, thriller, heist, romance, dan seterusnya. Keunggulan menonton film online di platform legal ini juga banyak misalnya akses ribuan judul film cukup dari satu aplikasi, kualitas gambar yang lebih jernih, terhindar dari spam iklan atau link berbahaya, sampai film dapat diunduh sehingga dapat ditonton oflline melalui aplikasi.

Meskipun demikian, tidak semua film atau series dapat diakses dalam satu aplikasi layanan streaming film online. Setidaknya, memiliki aplikasi nonton online lebih dari satu dalam smartphone ini sangat mungkin. Terutama bagi yang memang menyukai menonton film sebagai hobi atau mencari film tertentu, bisa jadi aplikasinya berbeda antar satu dengan yang lainnya.

Berikut platform atau aplikasi nonton online legal yang populer di Indonesia berikut dengan kisaran biaya langganannya:

1. Disney+ Hotstar

Seperti namanya, Disney+ Hostar ini menyediakan film-film Disney+ original dan juga pilihan film-film lainnya. Bagi penggemar film-film Marvel juga bisa menikmati film MCU  favorit mereka di sini, seperti Dr. Strange: Multiverse of Madness, Shang-chi and the Legend of the Ten Rings, dan film Marvel terbaru yang keluar di bioskop kemarin yaitu Thor: Love and Thunder. Begitu juga dengan series-series Marvel yang ditayangkan di sini seperti Loki, WandaVision, SheHulk, dan Ms. Marvel.

Untuk langganan di Disney+ Hostar ini harus terlebih dahulu memiliki akun dengan nomor Telkomsel atau byU, yang biasanya sudah termasuk dalam pembelian paket data dan jadi lebih murah. Biaya langganan di Disney+ Hostar ini sendiri mulai dari Rp39.000 dan Rp199.000 per tahunnya.

2. Netflix

Netflix ini memang sudah lama dikenal sebagai platform yang menyediakan tontonan film-film dan series untuk dinikmati. Bukan hanya bisa diakses melalui smartphone, namun juga melalui laptop dan cukup dengan satu akun saja. Sistem berlangganan Netflix juga menyediakan untuk paket individu maupun paket keluarga dengan harga yang lebih terjangkau.

Sejak lebih ramai digunakan dua tahun terakhir ini, Netflix juga semakin sering mengeluarkan film keluaran ekslusif dan juga series baik western maupun drama korea. Semakin menariknya lagi karena kualitas gambar filmnya semakin lama semakin baik, seperti menonton film yang ada di bioskop. Tak hanya itu, banyak juga film-film Indonesia dan proyek-proyek film karya bangsa yang muncul di Netflix ini.

3. Bioskop Online

Jika Disney Hostar dan Netflix menerapkan biaya langganan per bulan, maka bioskop online ini tergantung film yang akan ditonton. Mulai dari Rp5.000, Rp10.000, sampai Rp25.000 jika film tersebut baru rilis. Mirip-mirip seperti saat meonton fil di bioskop dengan membayar penanyangan filmnya, bedanya di Bioskop Online ini aksesnya memiliki jangka waktu tertentu yaitu 3 hari.

4. VIU

VIU ini dikenal bagi para pecinta drama korea karena banyak judul drakor ada di sini. Seperti misalnya Cheese in Trap, One Ordinary Day, dan baru-baru ini yang terbaru yaitu Today's Webtoon. VIU bukan hanya menyediakan drakor namun juga film-film India, Jepang, dan tontonan film Asia lainnya. Ada juga series dari Indonesia yang tayang di VIU, misalnya Cek Toko Sebelah series.

5. Prime Video

Meskipun namanya masih tak tak sepopuler Netflix dan biaya langganannya lebih mahal, Amazon Prime ini menyediakan film-film dan tayangan yang biasanya tak ada di platform nonton lainnya. Seperti misalnya baru-baru ini series Anna yang diperankan oleh Suzy. 

6. CatchPlay

Di CatchPlay, kita bisa menonton kembali reuni Spider-Man di No Way Home maupun film-film Spider-Man sebelumnya dengan bintang Tom Holland. Ada juga film-film Indonesia yang ditonton di sini seperti Bebas dan Bajaj Bajuri the Movie. Untuk biaya langganan di Catchplay ini memiliki dua opsi yaitu per film seperti Bioskop atau unlimited bulanan mulai dari Rp33.000 saja.

7. iQIYI

Menonton drama kore bukan hanya bisa melalui Netflix atau Disney+ Hostar, namun bisa juga melalui iQIYI. Platform nonton ini menyediakan tontonan series Asia mulai dari drama korea, drama cina, sampai anime. Langganan nonton di iQIYI ini variatif dan bisa lebih murah karena bisa memilih mingguan mulai dari Rp12.000 saja, sedangkan untuk per bulan dan tahunan, harganya mirip dengan langganan Disney+ Hostar.

8. HBO GO

HBO GO ini khas untuk menonton tayangan film-film blockbusters misalnya Game of Thrones, Harry Potter, Sony's Spider-Man Universe, The Vampre Diaries, sampai Dune yang akan tayang film keduanya. Biaya langganan HBO GO ini sendiri yaitu Rp60.000 per bulannya.

Nah dari ke delapan platfom nonton film di atas, mana yang paling sering teman-teman gunakan dan mana yang paling jadi favorit? Atau ada yang sering digunakan namun belum disebutkan di atas? Boleh banget bagi komentar di bawah ya!

2 komentar

  1. dulu waktu lagi pengen nonton drama cina, langsung langganan Iqiyi karena pilihannya lebih banyak, dan kadang pakai Viu juga
    sekarang kadang ngaktifin Netflix, tergantung kebutuhan dan keinginan hahaha, suka galau soalnya, kadang di platform A ga ada filmnya dan adanya di platform B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kadang pengin nonton satu film aja, eh ga ada di platform langganan wkwk

      Kalau aku skrg lg make Netflix ajah, biar hemaatz

      Hapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.