Jangan Asal, Begini Cara Memilih Wastafel Terbaik!

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Salah satu komponen penting yang wajib ada di dalam kamar mandi Anda adalah wastafel, karena bukan sekedar untuk memperindah interiornya saja, melainkan juga memiliki fungsi yang penting. Di antara fungsi tersebut adalah dipakai sebagai sarana untuk cuci tangan, mencuci wajah, menyikat gigi, atau touch up bagi para kaum hawa. Namun dalam pemasangannya sendiri juga ada banyak hal yang patut untuk diperhatikan, tidak boleh sembarangan jika ingin hasil terbaik dan nyaman selama penggunaan. 

Jenis Wastafel
pict: Pixabay,  Pexels

Untuk itu, berikut tips memilih wastafel yang tepat untuk penunjang interior sekaligus digunakan sebagaimana kegunaanya:

1. Ketahui Ragam Jenis Wastafel

Jenis wastafel ini dibedakan berdasarkan instalasinya, yaitu jenis wastafel gantung atau dinding dan ada juga jenis yang lainnya yaitu wastafel pedestal yang punya pipa tersembunyi, wastafel mangkuk, wastafel drop in hingga jenis wastafel sudut juga tersedia. Sesuaikan dengan kebutuhan yang diharapkan dan kesesuaiannya dengan interior dalam rumah yang sudah ada. Beberapa contoh jenis dan kegunaan wastafel yaitu:

  • Wastafel Sudut

Wastafel sudut ini cocok untuk Anda yang menyukai model minimalis karena bentuk seperempat lingkarannya dapat diletakkan di sudut kamar mandi. Akan karena ukurannya yang ringkas ini, maka tak akan memakan banyak ruang sehingga tata letak akan terlihat tetap clean dan luas.

  • Wastafel Gantung

Wastafel gantung juga biasanya digunakan untuk kamar mandi dengan ukuran yang minimalis. Menggunakan metode gantung di mana area bawah dapat digunakan untuk fungsi lainnya yaitu sebagai tempat sampah maupun keranjang baju kotor. Selain akan terlihat lebih clean, fungsi lain juga akan didapatkan tadi.

  • Wastafel Mangkuk

Berkebalikan dengan konsep dua wasafel di atas, maka wastafel mangkuk ini lebih cocok jika Anda memiliki ruang yang lebih luas. Keuntungan menggunakan wastafel mangkuk ini adalah tampungan airnya lebih banyak sehingga terhindar dari air menggenang. Hal tesebut karena memang ukuran cembungnya yang sesuai dengan namanya yakni seperti mangkok besar.

2. Kenali Material yang Digunakan

Jika ingin mendapatkan wastafel dengan tampilan yang cantik, maka pilihan bahan atau material yang digunakan ini juga patut untuk menjadi pertimbangan bagi Anda. Ada beberapa material pilihan yang bisa disesuaikan dengan preferensi namun cocok juga instalasinya. Beberapa material wastafel ini variatif mulai dari bahan keramik, batu alam, plastik, sampai dengan kaca tersedia.

3. Pertimbangkan Ukuran

Menyesuaikan dengan tempat yang akan dipasangi wastafel, maka tak terlepas bahwa Anda juga harus tahu ukuran yang sesuai. Hal ini sebenarnya juga bukan tanpa alasan, melainkan untuk memastikan agar nantinya mendapatkan produk yang tepat serta tidak memakan terlalu banyak ruang maupun terlihat ganjal karena ukurannya kurang sesuai, apalagi jika seandainya ruangan tersebut minimalis. Jadi, selain menyesuaiakan dengan preferensi material namun juga mempertimbangkan dari segi ukuran ini.

4. Memilih Desain yang Sesuai dengan Konsep Ruangan

Tren Kamar Mandi
pict: Pixabay, KrysMantovani

Selanjutnya jangan lupa untuk memilih desain yang tepat, karena meskipun banyak ragam model yang ada saat ini yang mana jadi semakin banyak pilihan, pastikan sesuai dengan konsep ruangan. Misalnya saja apakah Anda ingin model mangkuk biasa yang polos atau yang lebih ramai dengan hiasan.

5. Opsi Tempat Penyimpanan Ekstra

Sesuai dengan yang telah disebutkan di atas, fungsi wastafel tak terbatas pada cuci tangan saja. Jika Anda ingin yang lebih ringkas saat di kamar mandi maupun menginginkan tata ruang yang lebih rapih, maka tempat penyimpanan ekstra ini dapat menjadi pilihan dan solusinya. Tentu saja disesuaikan lagi dengan desain dan konsep ruangan tadi agar dapat disesuaikan dengan tempat penyimpanan.

6. Pertimbangkan Merk Wastafel

Merk dari wastafel ini juga memiliki banyak ragamnya, pilihlah yang memiliki banyak opsi kegunaan maupun ukuran sehingga Anda dapat dengan mudah berkonsultasi maupun menemukan jenis wastafel yang sesuai dengan preferensi Anda. Pilih dari merk yang telah berpengalaman dan banyak yang merekomendasikan karena pastinya kualitasnya pun juga baik.

Tren kamar mandi masa kini memang sudah mulai menggunakan wastafel ini sebagai bagian penunjangnya. Anda yang tengah mencari produk terbaik yang menggunakan material berkualitas serta pastinya punya fitur-fitur kekinian tak perlu khawatir bisa mempercayakannya kepada Kohler. Karena kualitas produk keluaran mereka memang sudah tidak perlu diragukan lagi.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.