7 Keuntungan dari Memiliki Asuransi Rumah Tinggal

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Jika kamu takut tabunganmu habis hanya untuk memperbaiki rumah karena banjir atau bencana alam, maka kamu sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk membeli asuransi rumah tinggal. Asuransi tempat tinggal akan memberikan jaminan ganti rugi apabila rumah yang kamu tinggali mengalami kerusakan akibat bencana alam, huru-hara, dan lain risiko lainnya yang terdapat pada polis asuransi.

Simas Insurance menyediakan produk asuransi rumah yang memberikan banyak akan cakupan manfaat. Adapun beberapa keuntungan dari manfaat tersebut jika memiliki asuransi rumah tinggal ini adalah sebagai berikut:

Keuntungan Membeli Asuransi Rumah Tinggal
pict: duonglong2180, Pixabay

7 Keuntungan Memiliki Asuransi Rumah Tinggal

Memiliki asuransi rumah merupakan sebuah pilihan terbaik yang harus dipertimbangkan. Hal tersebut dikarenakan akan sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan jika membeli asuransi rumah tinggal, yakni:

1. Menjamin Ganti Rugi Jika Terjadi Bencana

Salah satu risiko yang sering terjadi pada rumah adalah efek jika adanya bencana alam. Sebab, bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa kamu ketahui sebelumnya atau tak terprediksi. Terlebih karena lokasi tinggal di Indonesia yang sering terjadi gempa bumi, tanah longsor, hingga banjir akibat curah hujan. 

Dengan memiliki asuransi rumah tinggal, kamu jadi merasa lebih aman karena pihak asuransi akan memberikan jaminan ganti rugi atas risiko rumah rusak yang disebabkan bencana alam. Jadi, kondisi finansial tentunya akan lebih aman dan terhindar dari kerugian dengan jumlah yang besar.

2. Memberikan Ganti Rugi atas Risiko Pencurian

Keuntungan lain jika kamu memiliki asuransi rumah lainnya adalah mendapatkan jaminan ganti rugi atas risiko pencurian yang menghilangkan barang berharga di rumah kamu.

Namun yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua asuransi yang mengcover kerugian harta benda yang ada di dalam rumah. Oleh karena itu, kamu harus mencari polis asuransi yang bisa cover semuanya agar lebih aman dan nyaman. Mungkin biaya polisnya lebih mahal namun hal ini lebih menguntungkan untuk jangka panjang.

3. Membuat Pemiliknya Lebih Nyaman

Memiliki asuransi jelas memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik karena adanya perlindungan ini. Namun, tentu saja kamu harus tetap berhati-hati dan membuat keamanan rumah yang baik. Jangan ceroboh seperti lupa mengunci pintu atau jendela ketika sedang bepergian, lalu sebaiknya kamu memasang cctv untuk keamanan tambahan.

Hal ini berhubungan dengan proses klaim jika ada kejadian yang mengakibatkan kerugian tersebut. Polis asuransi yang kamu klaim nantinya akan membuat pihak asuransi untuk memeriksa keadaan di rumah masing-masing. Jika keamanan rumah rendah maka besar kemungkinan klaim yang ada akan gagal. Tetapi dengan keamanan yang baik ini, pengajuan klaim atas efek dari bencana maupun risiko lainnya yang tercover akan ajukan akan berjalan dengan lancar.

4. Menjaga Nilai Rumah dan Furniture di Dalamnya

Rumah yang terlindungi dengan asuransi akan terlindungi dari sisi nilai. Mengapa demikian? Karena dengan memakai polis, maka akan ada perlindungan maksimal terhadap furniture yang ada di dalamnya dari sisi nilai. Jika terjadi bencana alam atau kebakaran misalnya, maka benda yang ada akan terlindungi karena adanya uang pengganti atas kerusakan sesuai polis. 

Jadi, kamu bisa memperbaiki atau bahkan membangun rumah beserta memulihkan isi-isinya dengan cepat. Karena nilai uang yang diterima minimalnya bisa cover semua nilai rumah sekaligus furniture yang ada di dalamnya. Hal ini tentunya berbeda jika tanpa memiliki polis asuransi, maka tak ada jaminan ketika furniture di dalamya mengalami kerusakan maupun biaya untuk memulihkan kembali fungsinya.

5. Mengurangi Pengeluaran

Sekarang membeli rumah dan melengkapi isinya membutuhkan biaya yang begitu besar. Selain memang harga tanah dan properti yang terus meningkat, harga furniture juga turut terus naik. Pun misalnya jika kamu memakai furniture dengan kualitas terbaik seperti berbahan kayu jati maka harganya akan lebih mahal lagi.

Manfaat Asuransi Rumah Tinggal
pict: Skitterphoto, Pixabay


Memiliki rumah dan furniture terbaik tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun, bukan hanya perawatannya saja yang juga diperlukan namun juga perlindungan. Seperti jika ada kejadian tak terduga seperti bencana, maka imbas dari furniture ini akan berkurang nilai dan fungsinya karena rusak.

Untuk memperbaiki dan melengkapi furniture ini juga sama-sama membutuhkan banyak dana sehingga perlu merogoh kocek yang lebih dalam lagi. Namun dengan adanya asuransi ini kamu bisa mengurangi pengeluaran yang ada untuk perbaikan. Kamu akan mendapatkan biaya ganti rugi atas risiko kerusakan furniture akibat kebakaran atau bencana alam sesuai dengan polis asuransi yang dipilih.

6. Biayanya Terjangkau

Keuntungan lain dari asuransi rumah tinggal ini adalah biayanya yang sangat terjangkau. Akan tetapi memang, biaya polis asuransi ini memang berbeda-beda bergantung pada jangka waktu asuransi, jenis asuransi, dan tingkat risikonya.

Meskipun demikian, jika dihitung dari nilai rumah dan seisinya maka biaya asuransi rumah tinggal ini tergolong rendah dengan pertimbangan nilai rumah dan isinya cukup tinggi. Khususnya, bagi kamu yang memiliki rumah dan furniture yang berbahan dari kualitas yang terbaik. 

Bahkan, jika memilih nilai asuransi yang lebih tinggi akan lebih menguntungkan dari sisi perlindungan maupun penggantian biaya kerusakan. Pasalnya, jika terjadi bencana yang sesuai dengan polis asuransi maka kamu akan memperoleh uang dalam jumlah besar pula.

7. Melindungi Barang Seni yang Dimiliki

Bagi beberapa orang yang memiliki hobi khusus seperti mengoleksi barang seni yang berharga dan lebih suka menyimpannya di rumah, asuransi rumah menjadi pilihan terbaik. Barang atau koleksi seni sendiri biasaya memiliki jumlah yang terbatas sehingga nilai beli maupun jualnya juga tinggi.

Tentunya kamu harus menambahkan polis khusus yang mengcover barang-barang koleksi tersebut yang dimiliki.  Barang yang terproteksi dengan asuransi akan lebih aman sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi memikirkan kerugian yang dialami, apalagi jika barang tersebut menjadi koleksi kesayangan dan berharga.

Setelah memahami dan mengetahui manfaat dari asuransi rumah tinggal di atas, semua manfaat tersebut dapat diperoleh dengan membeli asuransi rumah dari Simas Insurtech. Beberapa manfaat yang akan diterima di antaranya meliputi adanya jaminan kerugian atas risiko seperti bencana alam, pencurian, terkena petir, hingga kejatuhan pesawat. Jadi, bukan hanya kenyamanan akan tinggal di rumah yang didapatkan namun rasa aman karena adanya perlindungan ini.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.