Tips Membeli Mobil Bekas Sesuai Kebutuhan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Membeli mobil bekas dapat menjadi alternatif yang tepat dalam pembelian mobil. Tentunya ada alasan tersendiri mengapa lebih memilih mobil bekas dari pada membeli baru, misalnya ingin menyesuaikan budget, ingin membeli tipe mobil seri tertentu, jangka pemakaian yang tidak lama, maupun lebih efisien sesuai dengan tujuan kegunaan.

tips beli mobil bekas

Terdapat beberapa keuntungan dalam pembelian mobil bekas ini. Di antaranya seperti mendapatkan kualitas yang baik namun dengan harga yang lebih murah, dapat langsung digunakan tanpa harus menunggu kelengkapan surat-surat, cocok digunakan untuk bisnis maupun usaha, dan jarak penyusutan harga yang tidak terlalu jauh.

Tips Beli Mobil Bekas Sesuai Kebutuhan

Kendati memiliki beberapa keuntungan yang telah disebutkan di atas, membeli mobil bekas baiknya melalui banyak pertimbangan dan dipikirkan secara bijak. Bahkan, kita perlu mengecek beberapa detail karena tentu saja berbeda dengan mobil baru. Begitu juga dengan perihal harga, meskipun telah mematok harga sekian namun jangan sampai tergiur dengan harga yang dirasa murah namun tidak memperhatikan kualitasnya. Untuk itu, pastikan beberapa hal berikut dalam pembelian mobil bekas:

1. Perhitungan Cicilan

Pertimbangan ini dapat dilewati jika Anda membeli mobil dengan bayar penuh, namun bagi yang mengambil dengan metode cicilan pastikan terlebih dahulu memperhitungkan sesuai dengan jumlah budget. Sebaiknya menentukan terlebih dahulu alokasi budget yang ada, kemudian baru menyesuaikan dengan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan.

2. Biaya Lain-Lain

Selain pertimbangan pada biaya utama dalam membeli mobil bekas misalnya seperti harga toyota avanza bekas, masukkan juga biaya lain-lain terutama untuk perawatan mobil. Biaya lain-lain mobil tersebut meliputi biaya bahan bakar, perhitungan pajak, biaya servis bulanan, sampai biaya perbaikan jika ada.

3. Cek Kelengkapan Fitur

Sebelum mengecek langsung kondisi mobil bekas yang akan dibeli, catat terlebih dahulu kelengkapan dan fitur-fitur mobil yang ada dan kondisinya. Tanyakan sedetail mungkin karena fitur-fitur yang ada akan berhubungan dengan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Selain itu, faktor kenyamanan juga akan berpengaruh nantinya.

4. Pemilihan Asuransi

Mobil sendiri merupakan aset dengan nilai yang tinggi, sehingga alangkah lebih baiknya memang mengambil asuransi untuk proteksi akan risiko. Penggunaan asuransi mobil dapat mengurangi biaya untuk kebutuhan perbaikan maupun yang lainnya jika terjadi hal di luar kendali. Asuransi yang biasanya ditawarkan yaitu total loss only dan all risk.

5. Permintaan Test Drive

Pada umumnya, penjual mobil bekas selalu akan menawarkan untuk uji kendaraan sebelum transaksi deal. Langkah ini memang perlu dilakukan untuk mengecek sendiri dari segi keamanan dan kenyamanan, serta mengecek kondisi kelengkapan mobil sampai menemukan kecocokkan.

6. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Membeli mobil bekas tentunya tak sembarang, sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan mengapa mobil tersebut akan dipinang. Misalnya ketika ingin mencari mobil untuk mobilitas sehari-hari akan berbeda dengan mobil yang akan sering digunakan untuk kegiatan keluarga, begitu juga mobil yang hanya akan digunakan untuk keperluan hobi seperti traveling.

Memilih Jenis Mobil Bekas Sesuai Kebutuhan

Untuk dapat melihat kira-kira mobil bekas jenis apa yang cocok sesuai kebutuhan, berikut beberapa contoh jenis mobil yang bisa disesuaikan:

1. Hatchback

Mobil hatchback merupakan mobil dengan tipe bagasi yang menyatu dengan kursi penumpang atau tidak terpisah. Untuk membukannya dapat melalui jendela belakang dan tentunya dapat diakses melalui kursi penumpang.

Mobil ini juga biasanya dikenal sebagai mobil penumpang berbasis sedan, bedanya terletak pada ruang bagasi tersebut dan juga atap mobil yang lebih tinggi sehingga memberikan kesan lebih lapang dari pada sedan. Mobil ini cocok untuk membawa penumpang sebanyak 4-5 orang maupun barang dalam skala terbatas.

Walaupun dari sisi tenaga tidak sekuat mobil MPV, kelebihan pada mobil ini yaitu transmisi mobil yang mudah dan pemakaian bahan bakar yang cukup irit.

2. MPV (Multi Propose Vehicle)

harga toyota avanza bekas

Mobil ini cocok bagi Anda yang family-oriented atau dikenal dengan mobil untuk keluarga. Ruang kabin mobil ini luas dan dapat menampung banyak penumpang atau barang-barang bawaan. Selain itu, mobil MPV ini memiliki ground clearance yang tinggi sehingga nyaman digunakan saat berkendara jarak jauh dan melalui berbagai medan perjalanan. Beberapa pilihan mobil bekas tipe MPV ini yaitu ada Avanza bekas, Toyota Kijang Inova, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan sebagainya.

3. Sedan

Jika Anda menyukai mobil yang minimalis, maka tipe sedan ini cocok karena dari segi body cenderung pendek namun terlihat tetap dengan kesan anggun. Mobil sedan ini juga bukan hanya nyaman digunakan namun juga hemat bahan bakar jika dibandingkan dengan tipe SUV. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah pajak sedan biasanya tinggi karena mobil ini memiliki daya jual yang lebih mahal.

4. Convertible

Convertible ini mirip dengan sedan karena berukuran lebih kecil dengan ciri khas bagian atap yang dapat dibuka dan ditutup. Jenis mobil ini cocok untuk Anda yang stylish dan ekspresif, cocok juga untuk yang senang bepergian karena dapat melihat langsung pemandangan sekitar tanpa adanya pembatas. Tentunya ketika memilih mobil ini juga harus siap dengan biaya perawaran dan penggantian suku cadangnya ya.

5. SUV (Sport Utility Vehicle)

harga mobil bekas

Mobil SUV didesain dengan kemampuannya dalam melalui jalanan dengan medan yang cenderung beragam. Kemampuan mobil SUV yang dirancang untuk medan berat ini didukung oleh sistem four wheels drive. Selain performanya yang tangguh, jenis mobil ini tetap didesain agar nyaman dalam berkendara. Kapasitas dari mobil ini yaitu 7-8 orang dan cukup luas untuk menampung barang di dalamnya.

Kelebihan dari mobil ini tentu saja kemampuannya dan juga body yang kokoh namun tetap nyaman digunakan berkendara jarak jauh. Selain itu juga memiliki ruang yang luas dengan kapasitas penumpang yang banyak. Namun tentu saja, pertimbangan memilih mobil ini juga harus memperhatikan konsumsi bahan bakar dan biaya pemeliharannya yang cenderung lebih banyak mengeluarkan biaya.

6. Camper Van

Mobil camper van ini identik dengan mobilnya para traveler karena ruang di dalamnya didesain lebih lengkap dalam menampung berbagai fasilitas seperti dapur kecil, kompor, kulkas, pemanas air, dan sebagainya. Kelengkapan tersebut menjadi pendukung dalam kegiatan camping yang biasanya membutuhkan banyak peralatan namun dengan ruang yang luas sehingga lebih tertata.

7. City Car

jenis mobil bekas

Bagi yang tinggal dan lebih banyak melakukan aktivitasnya di area perkotaan, mobil bekas yang cocok untuk dibeli yaitu jenis mobil city car. Mobil ini memiliki dimensi lebih kecil dibandingkan jenis mobil hatchback, sehingga lebih fleksibel menembus jalanan perkotaan yang padat. Mobil ini juga biasanya didesain dengan warna yang menarik dan penggunaan bahan bakar yang cenderung efisien.

Beli Mobil Bekas di Caroline.id

Setelah kira-kira mengetahui jenis mobil bekas apa yang akan diambil dan pertimbangan yang dilakukan, memilih penjual atau platform mobil bekas terpercaya ini juga berpengaruh terutama pada kualitasnya. Pertimbangan-pertimbangan di atas ada di layanan caroline.id yaitu meliputi test drive gratis, pengantaran unit tanpa biaya, serta adanya garansi 5 hari uang kembali dan adanya garansi mesin mobil. Di caroline.id yang merupakan bagian dari PT Autopedia Sukses Lestari Tbk ini juga bukan hanya menyediakan mobil bekas atau baru saja, namun juga bisa jual mobil atau tukar tambah di sini.

Beli mobil bekas di caroline.id merupakan pilihan yang tepat karena mobil yang ada di sana sudah melalui uji pengecekan secara menyeluruh, mobil yang ada bukan yang telah mengalami kerusakan atau kecelakaan besar karena pengaruhnya pada performa, adanya garansi selama 5 hari, dan juga garansi mesin selama 1 tahun. Di sana kita juga bisa memilih berdasarkan merek, tipe body, dan berdasarkan harga. Wah, aman dan nyaman jadi bukan hanya saat berkendara, namun saat transaksi ya. Jadi, apa mobil impian Sobat Caroline?
***
Sumber gambar: caroline.id

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.