Mudah Lapor dan Konsultasi Pajak Bagi Freelancer dengan Flazztax

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Aloha, teman-teman pembaca!

Perkembangan teknologi global saat ini selain memudahkan, juga memungkinkan bagi kita untuk dapat bekerja dari mana saja atau mendapatkan penghasilan tambahan bersumber dari mana saja. Pekerjaan sudah bukan lagi harus tetap atau pergi ke kantor, melainkan dapat bekerja sampai ke skala global dan cukup dari rumah saja.

Konsultasi Pajak Untuk Freelancer
pict: Firmbee (Pixabay)

Pekerja lepas atau freelancer ini juga memungkinkan bagi kita untuk dapat mengembangkan lebih luas dan lebih fleksibel untuk mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi pula. Ada pula keuntungan lain sebagai freelancer yaitu waktu yang lebih fleksibel yang dapat diatur sendiri, dapat menghemat ongkos perjalanan, dan dapat mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber. Salah satu contoh pekerjaan freelancer yang sedang umum saat ini bergerak dalam bidang digital yang dapat dikerjakan di mana saja tanpa terbatas jarak, tak heran juga jika para pelakunya senang menjuluki dirinya sebagai digital nomad.

Freelancer Tetap Wajib Lapor Pajak

Berbicara mengenai penghasilan, freelancer tetap lho harus melaporkan penghasilan dan menyetor pajak. Hal tersebut karena freelance juga sama-sama pekerjaan, jadi tak hanya wajib untuk pekerjaan tetap saja. Bagi teman-teman yang mau memulai jalan sebagai freelancer, jangan lupa untuk mempertimbangkan pelaporan pajak ini juga ya dalam rencana jangka panjang. Biasanya, ada beberapa klien atau brand yang juga meminta nomor NPWP untuk keperluan pencairan fee atau payment. 

Pelaporan pajak biasa dilakukan di setiap awal tahun sampai bulan ketiga, mengisi dokumen-dokumen untuk lapor pajak sendiri lumayan membutuhkan waktu meskipun saat ini telah bisa dilakukan dengan e-filling. Mungkin hal ini akan menjadi lebih mudah jika sudah terbiasa atau berada di lingkungan kantor karena dapat meminta bantuan atau bertanya ke rekan kerja, namun jika freelancer atau bahkan freelancer pemula maka perlu mandiri dalam pengisian SPT Pajak ini.

Keresahan lainnya dalam pelaporan SPT sebagai freelancer ini apakah berbeda dengan kartap atau perlu perlakuan tertentu. Belum lagi jika harus bolak-balik merevisi isian form, tampaknya akan kurang efisien waktu ya? Apalagi freelancer ini biasanya waktunya meski fleksibel, namun sepanjang waktu tetap memantau terus untuk pekerjaan tertentu. Bagi teman-teman freelancer, tak perlu khawatir lagi bagaimana pengisian SPT dan pelaporan pajak ini karena bisa memanfaatkan layanan atau jasa dari Flazztax.

Konsultasi Pajak Mudah Bersama Flazztax

Layanan Konsultasi Pajak


Memangnya kenapa dan apa aja sih yang bisa didapatkan kalau konsultasi pajak di Flazztax? Jadi, Flazztax ini sendiri punya mitra konsultan pajak yang telah memiliki sertifikasi sesuai dengan bidang keahliannya dan berpengalaman dalam waktu yang lama, yaitu 13 tahun. Selain dapat membantu konsultasi personal atau individu, keperluan pajak yang sifatnya dalam lingkup besar seperti bisnis juga mereka melayani.

  • Layanan-Layanan Flazztax

Layanan di Flazztax ini dibagi menjadi Individual, Perusahaan, Konsultasi, dan Sengketa Pajak, serta ada juga Online Brevet Pajak. Di masing-masing menu ini nantinya akan terbagi lagi menjadi bermacam-macam layanan. Misalnya nih jika freelancer ingin Lapor SPT Tahunan, maka klik Individual - Laporan SPT Tahunan - Klik Penghasilan Individual sesuai dengan jumlah penghasilan - Pilih Freelancer - Kemudian isi data-data yang ada. Sampai pada tahap ini, tersedia juga deskripsi dan harga layanan. Untuk layanan Lapor SPT Tahunan ini, fitur layanannya sudah termasuk draft SPT Tahunan PPh, kode billing PPh Tahunan, laporan penyetoran biaya pajak, layanan submit SPT Tahunan PPh, dan sudah free Revisi SPT Tahunan PPh sebanyak 1x.

Di layanan pajak individual ini selain ada Laporan SPT Tahunan, juga tersedia Layanan Pindah KPP TerdaftarPendampingan Wajib Pajak, dan Pendaftaran NPWP Individual jika teman-teman belum pernah membuatnya. Selain untuk freelancer, tentu saja bisa juga untuk karyawan dan wiraswasta.

  • Cara Konsultasi Pajak di Flazztax

Konsultan Pajak


Nah sekarang berlanjut ke konsultasi mengenai segala tetek bengek pajak ini, terpisah di menu lain yaitu Konsultasi. Perlu diketahui ya teman-teman kalau layanan konsultasi ini terpisah dari layanan pelaporan SPT Tahunan, jadi biayanya juga terpisah masing-masing ya. Untuk cara konsultasi pajak, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Menu Layanan di Situs Flazztax
  • Pilih Konsultasi Pajak
  • Pilih Tax Consultation Session (Online)
  • Isi formulir Nama, E-mail, Tanggal dan Waktu Pertemuan, Jenis Perpajakan, dan Topik yang ingin dikonsultasikan.

Konsultasi akan dilakukan sebanyak 1x dengan waktu sebanyak maksimal 90 menit melalui zoom, google meet, skype, atau aplikasi serupa yang mendukung. Konsultasi akan dilakukan bersama tax expert nantinya. Kemudian jika teman-teman lebih nyaman konsultasi tatap muka secara langsung, bisa pilih layanan Tax Consultation Session (Offline) namun tempat perjanjian pertemuan terbatas ya, hanya ada di area Jabodetabek saja dan durasinya sama-sama maksimal 90 menit bersama tax expert. 

Terakhir, ada juga layanan konsultasi bulanan namun ini lebih untuk perusahaan yang biasanya urusan perpajakannya lebih kompleks. Di layanan ini tersedia paket Basic atau Plus yang dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan. Anyway, layanan di Flazztax ini hanya diperuntukan untuk pajak pusat saja ya, bukan untuk pajak daerah.

Keuntungan Konsultasi Pajak di Flazztax

Nggak afdol rasanya kalau belum menyebutkan keuntungan apa saja kalau mau konsultasi melalui Flazztax ini. Yang pertama tentu saja mudah karena selain konsultasi offline, kita juga tetap dapat memilih konsultasi online yang tentu saja lebih murah. Yang kedua yaitu tak ada biaya tambahan lagi di luar total biaya layanan, yup, nanti kita bisa melihat langsung totalan harga layanan yang akan kita pilih dan sifatnya sudah total. Yang ketiga yaitu jaminan kerahasiaan data kita, sudah pasti ya kalau pelaporan data dan lain-lain ini kaitannya banyak dengan data-data. Nah dengan Flazztax ini, keamanan data jadi prioritas nomor satu dan pastinya akan aman. Yang terakhir, kita akan tetap terhubung karena akan terus ada penjelasan di tiap tahapan layanan sampai pasca laporan.

Nah buat para pemula atau freelancer yang ingin bantuan layanan atau konsultasi pajak, segera pilih Flazztax ini aja ya. Nggak perlu bingung lagi deh urus-urus perihal perpajakan ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.