8 Tips Memilih Rumah Untuk Keluarga

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Memilih rumah untuk keluarga merupakan salah satu hal krusial yang harus dipertimbangkan dengan matang. Selain harganya yang tidak murah, rumah juga akan menjadi tempat tinggal dalam waktu panjang. Namun dengan keputusan yang tepat, Anda bisa memiliki rumah yang benar-benar cocok untuk ditempati bersama keluarga.

Tips Memilih Rumah
pict: tierramallorca (unsplash)

Ada banyak sekali faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih rumah, mulai dari faktor harga, lingkungan, fasilitas, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan mengulas secara lengkap tips memilih rumah untuk keluarga supaya mendapatkan rumah yang tepat untuk keluarga.

1. Tentukan Budget Harga Rumah

Langkah pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah adalah menentukan budget harga rumah yang akan dibeli. Hal ini akan membantu Anda untuk memilah daftar rumah yang harganya sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu jangan lupa juga untuk mempertimbangkan biaya tambahan seperti renovasi dan perawatan rumah.

Ketika menentukan budget rumah yang sesuai, kenali kemampuan finansial Anda. Pastikan kondisi keuangan Anda memungkinkan untuk mencicil rumah. Jangan sampai Anda membeli rumah yang tidak sesuai dengan budget Anda.

2. Pertimbangkan Ukuran Rumah

Tips memilih rumah selanjutnya adalah mempertimbangkan ukuran rumah yang akan dibeli. Jika jumlah keluarga Anda tidak banyak, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk membeli rumah dengan konsep minimalis. Namun jika Anda memiliki keluarga dengan jumlah yang besar, pilihlah ukuran rumah yang lebih luas dan mampu menampung anggota keluarga Anda.

Selain mempertimbangkan ukuran rumah, Anda juga bisa mengecek jumlah kamar tidur serta kamar mandi yang tersedia. Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat mempertimbangkan kapasitas rumah dengan kebutuhan keluarga.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Mempertimbangkan lokasi yang tepat merupakan salah satu tips memilih rumah untuk keluarga yang harus Anda lakukan. Pastikan Anda mendiskusikan terlebih dahulu lokasi yang diinginkan bersama keluarga. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih lokasi rumah yang dekat dari kantor tempat Anda atau pasangan bekerja.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan fasilitas umum yang tersedia di sekitar rumah, mulai dari sekolah, rumah sakit, mini market, tempat ibadah, serta fasilitas umum lainnya. Salah satu rekomendasi kawasan perumahan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum adalah Harvest City yang berlokasi di sebelah timur Jakarta. Ketika Anda memilih area rumah yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti Harvest City, tentunya akan mempermudah aktivitas harian Anda nantinya.

4. Pertimbangkan Desain Rumah yang Sesuai

Tips Membeli Rumah Untuk Keluarga

Desain rumah merupakan salah satu hal yang juga penting untuk dipertimbangkan. Anda bisa memilih desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Misalnya jika Anda suka quality time bersama keluarga, Anda bisa mencari rumah dengan ruang keluarga yang cukup besar. Atau jika Anda dan keluarga terbiasa melakukan berbagai aktivitas di rumah, pilihlah rumah yang menyediakan banyak ruangan serta space tambahan.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah

Tips memilih rumah selanjutnya adalah memperhatikan kondisi lingkungan sekitar rumah. Perhatikan apakah lingkungan sekitar rumah berpotensi mengalami banjir atau bencana alam lainnya. Selain itu, pilihlah juga lingkungan yang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Keamanan area lingkungan rumah juga menjadi hal krusial yang tidak boleh Anda abaikan. Pastikan area sekitar rumah memiliki sistem keamanan yang ketat serta bukan daerah yang rawan terjadi kejahatan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memastikan rasa aman ketika tinggal di rumah tersebut bersama keluarga.

6. Pertimbangkan Nilai Jual

Ketika membeli sebuah rumah, Anda juga harus memastikan bahwa rumah tersebut memiliki nilai jual di masa yang akan datang. Periksa potensi nilai properti di kawasan tersebut dan pastikan rumah yang akan Anda beli memiliki faktor yang dapat meningkatkan nilai jual.

Beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan diantaranya adalah lokasinya yang strategis, akses yang mudah, fasilitas lingkungan yang memadai, serta area perumahan yang terus mengalami pertumbuhan. Apalagi jika lokasinya dekat area yang sedang dikembangkan, seperti pembangunan tol maupun fasilitas umum. Hal tersebut tentunya akan menjadi potensi naiknya harga rumah tersebut.

7. Pertimbangkan Kebutuhan di Masa Depan

Tips selanjutnya dalam memilih rumah untuk keluarga adalah mempertimbangkan kebutuhan Anda dan keluarga di masa depan. Pastikan rumah yang Anda pilih dapat menampung berbagai perubahan dalam keluarga, seperti misalnya kebutuhan akan ruangan tambahan. Untuk bahan pertimbangan, Anda bisa memilih rumah jenis hook yang bisa memberikan space luas untuk memperluas area rumah di masa yang akan datang.

8. Jangan Tergesa-Gesa

Hal terpenting dalam membeli rumah adalah jangan tergesa-gesa dalam memilihnya. Pastikan Anda mempertimbangkan berbagai faktor penting sebelum membeli sebuah rumah. Jangan sampai Anda memilih rumah tanpa pertimbangan yang matang.

Jika Anda sudah menemukan rumah yang dirasa sesuai, lakukan survei dan riset beberapa kali untuk memastikan bahwa rumah tersebut ideal untuk Anda tempati bersama keluarga.

Itulah beberapa tips memilih rumah yang bisa Anda jadikan pertimbangkan. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang sedang berencana untuk membeli rumah yang akan ditempati bersama atau untuk keluarga.

Jika Anda ingin mengetahui perumahan baru yang berkualitas, jangan sungkan untuk kunjungi Cari Properti yang menyediakan ribuan unit rumah berkualitas yang dibangun oleh developer ternama.
***

2 komentar

  1. aku kemarin membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan buat survey, mikir banyak hal juga, plus minusnya juga
    bahkan sampai mengorbankan uang booking hangus di salah satu developer karena setelah sekian kali cek, ternyata aku nggak sreg
    bener banget mbak, kita harus memperhitungkan budget membeli rumah dengan kemampuan. Aku sendiri juga ngitungin banyak hal, jadi butuh waktu lama

    BalasHapus
  2. Cari rumah itu susahnya samaaa kayak cari jodoh yaa 🤣🤣. Kadang butuh waktu lama utk bisa nemuin yg cocok. Paling suka mentok ya Krn biaya biasanya 😄.tapi kadang di saat udh Nemu yg cocok, itu kayak ada klik di hati pas ngeliat 😁. Langsung tau aja, ini rumah yg cocok buatku 👍

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.