Kenali Apa Saja Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Merawat rambut menjadi kesenangan tersendiri bagi kaum perempuan. Kita dapat mengganti style atau gaya rambut, mengganti warna rambut, atau sesederhana memotong rambut agar merasakan suasana baru dan dapat meningkatan suasana hati menjadi lebih baik. Namun, masih ada hal-hal lain yang juga tak luput dari perawatan rambut tersebut, yaitu merawat kesehatan rambut.

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita
pict: Pexels (Pixabay)

Sebelum mencari penyebab rambut rontok pada wanita, perlu diketahui bahwa dalam keseharian, normal untuk kita mengalami rambut rontok asalkan masih dalam jumlah wajar. Hal tersebut karena helai rambut yang rontok akan segera digantikan oleh helai rambut yang lebih sehat. Terutama bagi yang memiliki rambut panjang, jumlah rambut rontok akan terasa lebih banyak dan jumlahnya dapat dilihat jika dibandingkan ketika sedang berambut pendek. Namun jika kerontokan tersebut disertai dengan keluhan lain seperti jumlahnya banyak, sisi kepala mulai menipis, atau mudah patah atau putus, maka sebaiknya segera dilakukan penanganan dengan perawatan.

Tak perlu khawatir terlebih dahulu karena perawatan akan disesuaikan dengan keluhan atau seberapa parah pada rambut rontok. Untuk memahami sebaiknya langkah perawatan tepat apa yang diambil, alangkah baiknya mengenali terlebih dahulu penyebab rambut rontok pada wanita. Berikut berbagai penyebab kerontokan rambut pada wanita:

1. Stres

Kesibukan harian yang padat akan tuntutan pekerjaan, berbagai masalah dalam hidup yang timbul, dan ritme hidup yang sedang tidak imbang dapat mencetuskan stres. Jika seseorang sedang dalam kondisi stres ini, maka bukan hanya berpengaruh ke kesehatan psikis melainkan juga kesehatan fisik. Stres ini juga dapat menjadi penyebab rambut rontok pada wanita muda, terutama bagi yang sedang memiliki jam kesibukan yang tinggi atau sedang dalam berada di kondisi yang dapat menyebabkan stres tersebut.

Jika stres menjadi penyebabnya, maka Anda perlu memperhatikan bahwa tak cukup merawat rambut dengan hanya menggunakan vitamin atau serum, melainkan mengatasi penyebab stres maupun solusi dari stres tersebut. Pastikan juga mengonsumsi bahan-bahan makanan alami yang penuh nutrisi karena bukan hanya baik untuk kesehatan rambut, melainkan juga tubuh.

2. Efek Penyakit Tertentu

Penyebab rambut rontok pada wanita juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Misalnya ketika sedang dalam kondisi mengalami penyakit tertentu, atau justru dapat menjadi ciri-ciri bahwa tubuh sedang mengalami suatu penyakit. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut misalnya anemia, tiroid, lupus, malnutrisi, dan penyakit pada kulit kepala. Ada juga seperti efek penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti covid-19 kemarin yang efek long-covidnya dapat menyebabkan kerontokan rambut bagi beberapa orang.

3. Dalam Masa Pengobatan

Selain penyakit tertentu, penyebab rambut rontok juga dapat disebabkan ketika seseorang sedang dalam menjalani perawatan medis atau pengobatan tertentu. Biasanya kerontokan karena sebab ini sifatnya sementara dan akan tumbuh kembali jika telah selesai masa pengobatan. Beberapa contohnya misalnya efek kemoterapi pada kanker, efek obat darah tinggi, efek obat pengencer darah, pil KB, dan seterusnya.

4. Kehamilan dan Menyusui

Ketika sedang dalam masa kehamilan, nutrisi yang masuk dalam tubuh maka akan dibagi menjadi dua yaitu untuk ibu dan bayi. Begitu juga adanya penurunan hormon yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Untuk mengatasinya, Anda dapat merawatnya menggunakan bahan-bahan alami dan konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Selain itu, nanti rambut akan tumbuh kembali jika sudah melahirkan atau selesainya kehamilan. Selain mengonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi, pastikan kondisi terhindar dari penyebab stres agar tak menambah jumlah kerontokan.

5. Efek Bahan Kimia Berlebihan

Penyebab Rambut Rontok
pict: kaleido-dp (Pixabay)

Penyebab yang satu ini akan lebih mudah dikenali, terutama bagi yang sering atau sedang mencoba perawatan rambut dengan intensitas yang sering. Eits, bukan berarti melakukan perawatan rambut sendiri, home care, atau di salon-salon kecantikan itu buruk ya! Bisa jadi ada waktunya tidak cocok dengan produk atau bahan-bahan tertentu sehingga menimbulkan kerontokan. Selain itu, efek penggunaan alat-alat styling rambut yang kurang tepat juga dapat sebabkan kerontokan, misalnya hair dryer atau catokan. Ada juga sebab lain yaitu kurangnya tambahan nutrisi untuk rambut yang dapat menyeimbangi kondisi rambut ketika sedang melakukan perawatan.

6. Asupan Nutrisi yang Kurang

Seperti halnya efek stres yang dapat mempengaruhi rambut rontok, asupan nutrisi atau gizi yang kurang dalam sehari-hari juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan rambut, salah satunya yaitu kerontokan pada rambut ini. Misalnya saja kekurangan protein, kekurangan zat besi, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Biasanya jika sedang kekurangan asupan nutrisi tertentu juga dapat mempengaruhi anggota organ tubuh lainnya, bukan hanya pada rambut. Jika mengalami hal ini, cek kembali asupan makanan atau memeriksakan diri ke dokter.

7. Keturunan

Ada pula penyebab rambut rontok pada wanita yang tak masuk dalam kriteria yang telah disebutkan di atas, yaitu faktor keturunan. Jadi, sekalipun masih dalam usia muda, tetap dapat mengalami kerontokan. Fenomena ini serupa juga dengan warna uban rambut di usia muda yang diakibatkan oleh faktor keturunan. 

Demikian apa saja penyebab rambut rontok pada wanita yang disebabkan oleh banyak faktor. Kerontokan ini akan berbeda bagi tiap orang yang mengalami, dan pastikan bagi yang senang styling rambut untuk lebih memperhatikan dan melakukan perawatan lebih agar rambut tetap sehat. Untuk menjaga rambut tetap sehat dan tak mudah rontok, dapat menggunakan perawatan rambut alami maupun perawatan di salon-salon kecantikan rekomendasi dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat ya, sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.