Jika Kembali Menjadi Seorang Anak dan Memilih Permainan Online

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Beranjak dewasa bagiku adalah merasakan berbagai lapisan emosi, bahkan dalam sehari dapat datang untuk dirasakan bergantian. Menurutku hal ini merupakan pengalaman yang unik, di mana memang sejatinya benar kehidupan tak memihak berada di sisi baik maupun buruk saja. Menjalani sebagai manusia dewasa muda juga terkadang memproses dan mengalami sesuatu di hadapan nyata pada usia tertentu.

Misalnya saja ketika berkunjung ke toko buku, bukan hanya perasaan menyenangkan saat itu yang mengaliri tubuh namun diri ini pada usia belasan dan 20an awal turut gembira karena seakan kembali. Lain hal ketika ternyata tugas yang dikerjakan mendapatkan hasil yang baik, maka perasaan bukan hanya tenang namun juga meluap-luap seperti berada sedang di bangku kelas SMP.

Kawaii Memory Game

Ada yang berkata bahwa kita harus selalu melibatkan anak kecil atau diri kita versi yang lebih muda ketika berada di usia dewasa. Aku setuju untuk bagian antusiasme dan lepasnya sebagai seorang manusia, terbukti juga dengan semangat antusiasme yang sama dapat memelihara diri untuk terus menyalakan api mimpi. Hmm, merasakan juga ternyata perlahan kadang jadi mudah kurang bersemangat, jadi harus selalu dipelihara dan menciptakan lingkungan yang mendukung.

Ketika mengetik ini, aku sedang berada di depan laptop di hari Minggu dan baru saja menjajal beberapa game online bertemakan kuliner. Gamenya tidak berat, karena memang tertulis untuk anak-anak. Meskipun demikian, ternyata menarik dan menyenangkan sekali untuk dimainkan, ditambah lagi dengan visual ceria dan warna-warni. 

Ingatkah ketika kecil dahulu dan pertama kali memainkan game? Kira-kira seperti itulah rasanya dan ketika mengunjungi website tersebut, aku menggunakan ingatan semasa kecil dan kira-kira beberapa game berikut inilah yang akan kupilih:

1. Design Squad Feed the Fidgits (Farm, Animals & Farming)

Design Squad Feed the Fidgits

Sebenarnya ini bukan game pertama yang aku coba, namun game ini yang menurutku paling berkesan dan paling menyenangkan. Aku menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menikmati game ini bahkan mengulang level-levelnya, berharap masih ada level baru yang bisa dimainkan.

Kalau melihat dari judulnya, game ini seharusnya memberi gambaran untuk memberi makanan pada karakter bernama fidgits. Nyatanya yang ada di dalamnya merupakan game menumbuhkan tanaman dengan media air dan dengan bantuan ikan untuk mendapatkan nutrisi sampai panen. Jadi para pemain akan diarahkan untuk membangun medianya dan diminta mengumpulkan sejumlah tanamannya saat panen. Seru ya?

Game The Fidgits


Aku pilih game ini sebagai game favorit di bagian Farm, Animals & Farmingnya ini karena dari warna sendiri sudah berbeda dengan game tema farming sejenis. Karakternya lucu jadi ingat sama bit-bit komputer, terus desain dari awal tuh ala-ala tampilan komputer generasi awal banget. Coba ya mainin game ini di komputer yang bentuknya tabung, bukan laptop, pasti akan terasa lebih seru. 

Memainkan game ini mudah saja dengan melihat potongan pipa dan media lainnya di sebelah kiri, untuk dibangun sedemikian rupa agar tanamannya dapat tumbuh. Nantinya akan ada notifikasi suara ketika ikannya butuh makan, ketika ikannya kurang sehingga perlu ditambahkan agar tanaman dapat tumbuh, mengganti media tanah jika kurang baik, serta harus mengulang jika desain yang kita bangun tidak sehat untuk tanaman. 

Feed the Fidgits Game

Game Anak-Anak Tema Pertanian


Dari awal, permainan ini sudah ada panduannya melalui suara jadi tak bingung. Kemudian jika gagal menanam kotak tanaman tertentu, kita juga nggak perlu mengulangnya dari awal, jadi tinggal melanjutkan saja. Jika bisa panen sampai akhir, nanti akan terbuka kuncian daftar buah dan sayurnya mulai dari mint, basil, spinach, chard, carrots, strawberries, tomatoes, snap peas, cucumber, dan hot peppers. Masing-masing jumlah permintaan buah atau sayurnya beda-beda per item ya.

Aku suka sama tampilan game ini, sayang aja sih kalau udah lengkap semuanya ya udah selesai gitu aja. Paling kalau mau ya mengulang dan bisa langsung pilih acak, rasanya pengin coba lebih banyak kotak satu ke kotak lainnya. Jika mau coba juga, sok atuh cobain Feed the Fidgits.

2. Kawaii Memory Pixel (Memory Matching Games)

Permainan kedua yang aku pilih lagi-lagi karena tertarik dengan warna tampilannya yang pinky cute dan sekilas mengingatkanku dengan girl group NewJeans. Gambar yang ada di dalam kartu-kartu ini selain ada karakter dengan bentuk random, ada juga hewan dan buah-buahan. Permainan ini lebih simpel dari pada Feed the Fidgits, tapi lumayan bikin greget, soalnya kalau di tengah-tengah gagal harus mengulang dari awal.

Memory Pixel Game


Seperti konsep permainannya mengenai mengetes ingatan, game ini akan bertahap diperlihatkan kartu terbalik dan jumlahnya akan bertambah seiring dengan tingkatan level. Awalnya hanya berjumlah 4 kartu, lalu bertambah jadi 6, 8, sampai 10. Tiap kelipatan 5 level nanti akan diulang dari jumlah 4 kartu, cuma berbeda karakter aja dan waktunya makin menipis. Awalnya 30 detik, berkurang jadi 20 detik, kemudian sampai 15 detik aja. Kebayang kan gimana geregetannya kalau udah mau level akhir tapi gagal dan harus mengulang? Apalagi kalau nggak pakai touchscreen nih, lumayan berkejaran dengan waktu.

Memory Kids Game


Game ini memang sekilas terlihat mudah, namun memang mudah-mudahan tidak gagal di tengah-tengah. Soalnya pernah tuh udah pas pencet tinggal sedetik aja, tetep aja kenanya Game Over. Uuugh XD Kalau mau cobain, bisa lewat Kawaii Memory Game ini ya!

3. Hidden Food (Cooking and Kitchen Work)

Kayanya dari dulu sampai sekarang, tipe game pairing atau finding ini akan tetap jadi favorit, apalagi jika temanya variatif ya. Akan ada segala benda khas dapur dan bahan-bahan makanan ditampilkan di sini dan makin tambah level maka akan semakin banyak dan bertumpuk. Mungkin kalau di sini ada istilah dapur kapal pecah, cocok nih sama visual game Hidden Food ini. 

Hidden Food Game

Akan ada permintaan untuk mencari barang tertentu dan dengan jumlah tertentu pula, warnanya yang saling bertubrukan ini lumayan mengecoh lho. Aku sendiri beberapa kali butuh waktu lama dan harus jeli dalam mencari barang yang akan dicari, sampai cluenya muncul dengan barang target gerak sendiri untuk dapat diklik. Jangan lupa juga bahwa akan ada durasinya, jika belum berhasil dengan batas waktu tertentu maka harus mencobanya kembali.

4. We Bare Bears Chocolate Artist (Drinks)

Sebenarnya game ini nggak terlalu berkesan amat buatku, namun ingin sedikit cerita saja di sini. Pilih ini karena ya pasti karakter We Bare Bears yang memang lucu, terus baru tahu kalau di game lainnya ada karakter WBB juga dengan jenis permainan yang berbeda.

Game We Bare Bears

We Bare Bears Chocolate Artist

Permainan ini sungguh sangat simpel, yaitu harus ikutin pola yang tergambar yang ada agar bisa menyajikan minuman cokelat pada pengunjung. Walau semudah ini, aku sendiri awalnya nggak baca instruksi dan sempet kebingungan, walau agak curiga dikit kenapa antar tamu punya garis yang berbeda-beda. Aku hanya mengikuti pedoman pada awalnya yaitu memberikan garis horizontal ke pengunjung, aku kira semacam didatengin gitu ya, ternyata tuh ya untuk menggambar pola sesuai request. Kemudian setelah beberapa kali diminta untuk mencoba pola sederhana, nantinya ada pengunjung tertentu yang meminta 3 pola sekaligus dengan waktu yang singkat.

5. Apple & Onions Cat Rescue (Arcade Classic Game)

Game terakhir yang jauh lebih geregetan dari Kawaii Memory Game ini tertelak pada Apple & Onion Cat Rescue. Game ini konsepnya tuh nyebrangin kucing lewat mobil yang lewat-lewat sampai di jalan seberang. Jangan anggap gampang karena pas awal ditawarin dulu kira-kira gini "bisa nggak nih namatin 10 level aja?". Aku awalnya juga underestimate karena gampang gini tih, eh ternyata kewalahan mulai dari level 8 dan 9, belum namatin sampai level 10!

Apple & Onions Cat Rescue

Game Cat Rescue

Terus kocaknya lagi di awal tuh kan suruh milih karakter mau Apple atau Onion, kirain karakter ini tuh yang bakal bantuin si kucing nyebrang. Eh ternyata kita yang ngarahin kucingnya, si Applenya mah nungguin aja di sebrang. Ngeselin ga tuh? Hahaha. Coba deh kocaknya game ini di Apple & Onions Cat Rescue dan kasih tahu kamu bisa namatin 10 levelnya atau enggak.

Ohiya, karakter Apple & Onion ini juga kaya WBB, mereka ada game lain juga kaya Apple & Onions Beats Battle, Apple & Onion Bottle Catch, dan Apple & Onion Dollar Store Dash. Semua game di atas bisa dimainkan di https://www.culinaryschools.org/kids-games/, tenang aja you nggak perlu bikin login dan bikin akun dan lain-lain, bisa langsung dimainkan di mana saja. Aku coba juga memainkan di smartphone, sama-sama bisa diakses dan justru bisa lebih mudah navigasinya. Paling tampilannya aja yang jadi lebih kecil layarnya, kaya Memory Game di bawah ini

Memory Game for Kids

Di sana topik gamenya juga beragam, makanya di postingan ini aku sematkan juga jenis gamenya selain namanya. Kalau dimainkan bareng anak, ponakan, juga bisa banget dong~ Bookmark dulu aja boleh, cobain kapan-kapan. See you!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.