Stasiun-Stasiun Kereta Instagramable di Berbagai Negara

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Stasiun kereta saat ini bukan hanya sebagai tempat persinggahan sementara orang berlalu lalang untuk keberangkatan ke tujuan maupun pulang. Dengan semakin terus dikembangkannya fasilitas, stasiun bukan hanya menjadi tempat yang nyaman ketika menunggu jam keberangkatan atau jeda sebelum bepergian setelah naik kereta, namun juga menjadi tempat yang memorable. Ada kesan tersendiri saat mengunjungi tempat bernama stasiun ini.

Stasiun Kereta Instagrammable di Dunia

Masing-masing negara tentu memiliki fasilitas transportasi yang berbeda. Mulai dari bentuk stasiun, sistem perjalanan, hingga bentuk kereta yang digunakan. Perbedaan tersebutlah yang pada akhirnya memberikan keunikan tersendiri dan menjadi pengalaman yang berbeda jika seseorang mencoba lebih dari sekali selain di negara asalnya.

Spot-spot di stasiun yang dibangun sedemikian rupa juga membuat pengunjungnya tertarik mengambil beberapa tangkapan kamera. Di beberapa negara bahkan, terkenal beberapa stasiun yang dinilai instagramable dan menarik minat banyak orang. Dimulai dari negeri sendiri, berikut beberapa stasiun yang cakep untuk dikunjungi.

Stasiun Kereta Paling Instagramable di Indonesia

Kereta api sendiri mulai digunakan sebagai alat transportasi di Indonesia sejak abad ke-18. Seiring dengan perkembangan waktu, transportasi kereta api juga menjadi semakin modern dan memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Berikut ini beberapa stasiun kereta paling instagramable di Indonesia.

1. Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota memiliki desain yang khas dari Belanda zaman dulu. Apabila Anda singgah di stasiun ini, Anda akan melihat bahwa terdapat sudut-sudut bangunan yang memiliki kesan historis peninggalan Belanda.

2. Stasiun Semarang Tawang

Stasiun Semarang tawang memiliki desain bangunan yang estetik, khususnya di malam hari. Stasiun ini memiliki desain dengan konsep vintage. Suasana vintage ini akan semakin Anda rasakan karena stasiun ini merupakan stasiun yang sudah cukup lama berdiri.

3. Stasiun Kuala Namu

Stasiun Kuala Namu ini sebagai penghubung menuju ke stasiun medan. Desain dari stasiun ini cukup megah dan modern sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk berfoto. Pada stasiun ini  sendiri terdapat tiga jalur perjalanan, yaitu dari Medan dan menuju Medan.

4. Stasiun Purwakarta

Stasiun Purwakarta ini bukanLAH stasiun aktif, namun stasiun ini merupakan stasiun kereta yang termasuk instagramable yang ada di Indonesia. Stasiun Purwakarta ini merupakan tempat untuk menyimpan gerbong kereta api, KRD, dan KRL yang sudah tidak terpakai.

Gerbong kereta yang ditumpuk memberikan kesan fotogenik pada stasiun ini. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang mendatangi stasiun ini untuk mengambil foto di depan tumpukan gerbong tersebut.

5. Stasiun Tugu

Stasiun Tugu merupakan stasiun yang sudah berdiri sejak lama, namun desain arsitekturnya masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Hal ini memberikan kesan yang instagramable pada stasiun ini.

Gaya arsitektur yang dimiliki oleh bangunan stasiun ini adalah art deco. Apabila kamu mengunjungi stasiun ini, maka kamu akan menemukan tempat foto yang sangat indah, khususnya pada saat sore menjelang malam. Selain memiliki kekhasan seperti berada di kotanya yaitu Yogyakarta, fasilitas di sekeliling stasiun ini juga begitu lengkap seperti sofa untuk duduk di ruang tunggu, coworking space, sampai terdapat shower & locker yang bisa dimanfaatkan dengan biaya terjangkau dari pada memesan penginapan untuk waktu yang singkat.

6. Stasiun Bandung

Stasiun Bandung juga menjadi salah satu stasiun yang memiliki desain dengan gaya klasik, sehingga cocok bagi yang menyukai foto dengan tema tersebut. Stasiun ini telah beroperasi sejak 1884 dan terdapat layanan kereta dengan pilihan ekonomi, eksekutif, dan bisnis.

7. Stasiun Gubeng

Stasiun Gubeng adalah salah satu stasiun instagramable di Indonesia yang terletak di Kota Surabaya. Stasiun ini merupakan stasiun terbesar yang ada di Jawa Timur dan memiliki keunikan berupa adanya bagian sisi barat dan sisi timur yang keduanya memiliki fungsi dan ketinggian yang berbeda.

Stasiun Kereta Paling Instagramable di Jepang

Jepang merupakan negara yang memiliki sistem transportasi yang maju di dunia. Salah satu alat transportasi umum yang banyak disediakan adalah kereta api. Stasiun kereta api di negara Jepang cenderung memiliki konsep desain yang unik, modern, dan indah.

Di Jepang sendiri, stasiun kereta tidak hanya dijadikan sebagai tempat singgah kereta. Tetapi, juga dijadikan sebagai tempat wisata ataupun pusat perbelanjaan. Berikut ini adalah beberapa stasiun kereta paling instagramable di Jepang.

1. Stasiun Kamakurakoko-Mae

Stasiun ini berada di Kota Kamakura. Stasiun ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu laut biru yang terletak tepat di depan stasiun. Pemandangan tersebut membuat banyak orang sering kali turun di stasiun ini hanya untuk mengambil foto.

Keindahan stasiun ini bisa Anda nikmati kapan saja, baik pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Salah satu pencapaian besar dari stasiun ini adalah telah berhasil terpilih menjadi salah satu dari 100 Stasiun Top yang berada di Wilayah Kanto.

2. Stasiun Tokyo

Stasiun Tokyo yang dibangun sejak tahun 1914 ini menjadi terminal utama yang menghubungkan Tokyo dengan kota lain di Jepang. Stasiun ini menjadi salah satu stasiun kereta paling instagramable di Jepang dan dapat menjadi pertimbangan apabila Anda sedang berkunjung di Jepang.

3. Stasiun JR Mojiko

Stasiun ini terletak di Pelabuhan Mojiko dan telah berdiri lebih dari 120 tahun. Pada tahun 2019, stasiun ini dibuka kembali setelah melalui restorasi selama 6 tahun. Desain dari gedung stasiun ini memiliki gaya Renaissance yang sangat indah dan menjadi salah satu tempat yang populer.

Stasiun Kereta Paling Instagramable di Eropa

Eropa terkenal dengan gaya arsitektur yang bagus, begitu juga pada bangunan stasiun kereta. Terdapat banyak stasiun kereta yang cocok digunakan sebagai tempat mengambil foto. Berikut ini adalah beberapa stasiun yang memiliki gaya arsitektur menarik yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Gare du Nord

Gare du Nord merupakan stasiun kereta api paling sibuk yang terletak di Prancis. Stasiun ini memiliki gaya arsitektur yang mewah dan jika Anda mengunjunginya, maka tak heran jika Anda akan merasa seolah-olah Anda sedang melihat museum seni yang teramat indah.

2. Pancras International Station

Pancras International Station ini terletak di London, Inggris. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun paling cantik yang ada di Eropa. Gaya arsitektur yang dimiliki oleh bangunan ini sangat sesuai dengan ciri khas Inggris Kuno.

3. Estacao de Sao Bento

Para pengunjung stasiun yang terletak di negara Portugal ini akan dimanjakan dengan nuansa vintage yang indah. Bangunan stasiun ini sangat megah dan semua sudut bangunan ini dapat Anda jadikan sebagai latar untuk mengambil foto.

4. Estacion de Madrid Atocha

Estacion de Madrid Atocha ini terletak di negara Spanyol. Stasiun ini dibangun pada pertengahan abad ke-18 dan menjadi stasiun terbesar di Spanyol yang memiliki layanan melakukan perjalanan dengan rute luar dan dalam negeri. Bangunan dari stasiun kereta ini memiliki arsitektur yang mirip dengan konsep katedral. Stasiun ini memiliki desain yang sangat cantik dan unik, yang mana di bagian tengahnya terdapat hutan tropis mini.

Area hutan tropis mini tersebut menjadikan bangunan stasiun ini terlihat sangat instagramable. Keindahan dari stasiun ini membuat banyak pengunjung dari luar negeri menyempatkan untuk mengambil foto di area tersebut.

Itulah beberapa stasiun instagramable yang ada di berbagai negara, apakah Anda pernah mengunjungi salah satunya? Atau, adakah stasiun instagramable yang belum tercantum dalam tulisan ini? Yuk bagikan di kolom komentar di bawah ya!
***

1 komentar

  1. Setujuu stasiun Jakarta Kota itu instagramable banget ya, stasiun lain yang bagus-bagus lokal punya sebetulnya banyak sejak restorasi KAI dulu...

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.