Tempat Senam Terdekat Dengan Pilihan Kelas Beragam

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Senam merupakan salah satu olahraga yang populer dan salah satu alasannya merupakan jenis olahraga yang tidak membutuhkan alat sehingga dari segi peralatan akan lebih murah. Anda bisa melakukan senam ini dengan mudah di manapun, kapanpun, dan tidak perlu menggunakan alat. 

tempat senam terdekat
pict: AndrzejRembowski (Pixabay)

Selain itu, jenis senam juga beragam dan bisa dilakukan oleh segala usia mulai dari dari anak kecil, ibu hamil, hingga lansia, tak heran jenis olahraga ini mudah ditemui di mana saja. Adapun beberapa jenis senam ini bisa diikuti di tempat senam terdekat yang bisa dipilih untuk mendukung Anda dalam menjaga kesehatan tubuh melalui olahraga seperti berikut:

1. Senam Artistik

Pilihan pertama kelas bagi yang ingin mengikuti senam adalah jenis senam artistik. Seperti namanya, jenis kelas senam ini merupakan jenis olahraga yang juga dikenal sebagai senam lantai. Senam ini bisa menggunakan dukungan berbagai alat yang digunakan untuk bisa menunjang melakukan latihan senam yang diperlukan.

Jenis senamnya sendiri terdiri dari dua yaitu senam artistik untuk pria dan untuk wanita. Bagi senam artistik yang dilakukan oleh pria mempunyai 6 alat yang digunakan terdiri dari palang tunggal, palang sejajar, kuda pelana, gelang-gelang, meja lompat, dan lantai. Sedangkan untuk senam artistik putri menggunakan empat alat yang terdiri dari palang bertingkat, balok keseimbangan, meja lompat, dan lantai.

2. Senam Ritmik

Jenis selanjutnya yang bisa diikuti dan ditemukan di tempat senam terdekat yaitu senam ritmik. Senam ini juga dikenal sebagai senam irama yang menggunakan musik dan bisa dilakukan dengan menggunakan maupun tanpa menggunakan alat.

Contoh jenis alat yang bisa digunakan untuk jenis ini yaitu bola, pita, simpai, gada, dan juga tali yang bisa menjadi alat bantu ketika melakukan senam irama yang diiringi dengan musik. Jenis senam ini juga menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dilihat pada lomba yang terdiri dari senam dengan penampilan individu dan penampilan tim yang terdiri dari 5 orang pesenam.

3. Senam Zumba

Jenis selanjutnya yang merupakan senam paling populer dan banyak dilakukan yaitu senam zumba. Senam ini dilakukan dengan menggerakkan seluruh anggota badan secara aktif dari kepala hingga kaki, sehingga memberikan banyak manfaat yang bisa didapatkan baik dari segi kesehatan fisik dan juga mental.

Dengan memilih jenis senam ini mempunyai banyak variasi gerakan yang bisa dilakukan dan dipilih, sehingga mempunyai banyak gaya senam yang bisa dilakukan ketika senam. Hal tersebut membuat Anda bisa melakukan senam zumba tanpa bosan karena mempunyai gerakan yang beragam dipunyai dan biasanya diiringi lagu latar yang menambah semangat.

Beberapa manfaat dari mengikuti senam zumba ini yaitu membantu menjaga berat badan tetap stabil, membuat tubuh lebih rileks dan melepaskan stress, serta bisa bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Power Tumbling

Jenis senam selanjutnya yang bisa dipilih yaitu power tumbling yang merupakan jenis senam yang memadukan kecepatan dan juga kemampuan akrobatik. Jenis ini juga dilakukan untuk perlombaan yang bisa dilakukan bersama maupun individu. Power tumbling ini merupakan senam yang seperti senam trampolin, sehingga menggunakan trampolin yang kecil. Senam ini dilakukan dengan dua kali set yang bisa untuk membantu mempunyai kekuatan, menjaga membentuk koordinasi, dan juga bisa mempunyai balance yang baik.

5. Senam Akrobatik

Jenis senam terakhir yang bisa diikuti di tempat senam yaitu senam akrobatik yang umumnya dilakukan oleh pria dan wanita secara beregu. Jenis ini memberikan manfaat dalam membantu keseimbangan, membuat tubuh lebih kuat karena terbiasa dengan serangkaian gerakan, bisa melatih ketenangan, dan juga berbagai manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan rutin melakukan senam akrobatik. Jenis senam ini sendiri mempunyai kesamaan dengan senam ritmik tetapi mempunyai perbedaan dengan tidak menggunakan iringan musik dan tidak menggunakan alat bantu.

Di atas merupakan jenis senam yang bisa diikuti ketika ingin memilih olahraga senam sebagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang juga berguna untuk membantu kesehatan mental. Tempat senam terdekat seperti di FIT HUB menawarkan pilihan jenis senam yang beragam, sehingga bisa dipilih sesuai keinginan Anda. Beberapa contohnya seperti kelas senam zumba, pound fit, dan juga fit rush yang dapat diikuti di kelas FIT HUB dengan datang langsung di tempat terdekat.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.