Manfaat Zat Besi Bagi Wanita dan Dewasa

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Sudah menjajaki usia 25 tahun ke atas, topik mengenai kesehatan selalu ada dalam pembahasan sehari-hari. Sekecil apapun itu, tentu saja bermanfaat karena memang tubuh mulai mengalami perubahan seiring faktor biologis dan gaya hidup. Saya jadi teringat ucapan dr. Jiemi Ardian jika tidak dalam keadaan sakit, tak selalu artinya tubuh dalam kondisi sehat. Awalnya saya mengernyit, namun jika direnungkan hal tersebut benar juga.

manfaat zat besi bagi dewasa
pict: wirestock (freepik)

Hingga suatu ketika saya jadi bertambah paham mengenai ucapan dr. Jiemi tadi, yaitu ketika akan melakukan donor darah. Tubuh sedang tidak dalam kondisi sakit, tak ada keluhan, tak sedang merasa letih juga namun tertolak dikarenakan hemoglobin atau hb di bawah standar. Kejadian tersebut berulang sampai dua kali, hingga akhirnya bahwa gaya hidup sehari-harilah menjadi faktor penyebabnya. Jadi meskipun merasa sehat pada hari itu, jika tubuh sedang dalam kekurangan vitamin atau mineral, maka hasil medis tak akan bohong.

Terpicu karena keinginan donor darah yang menggebu dan berasa "nanggung", saya jadi perlahan memperbaiki gaya hidup yang kurang baik, misalnya sedang kurang serat dan jam tidur yang sedang kurang teratur. Saya juga mengambil suplemen zat besi agar tubuh sampai dalam kondisi betul-betul prima. Seiring dengan proses tersebut, bahasan pentingnya tablet tambah darah bagi remaja perempuan muncul di linimasa X/Twitter.

Bahasan tersebut berupa pentingnya rutin mengonsumsi tablet atau obat penambah darah bagi remaja putri yang sudah mengalami menstruasi. Banyak tanggapan diterima pada bahasan tersebut, termasuk juga rutin minum tablet tambah darah juga bagus bagi perempuan muda dan wanita single yang akan menikah sebagai persiapan kehamilan. Dosisnya tentu berbeda-beda, namun secara umum cukup seminggu sekali dan jika sedang menstruasi, frekuensi dapat bertambah menjadi setiap hari atau tiap dua hari sekali.

Ketika mendapatkan ilmu tersebut, saya jadi lebih rajin menyetok suplemen zat besi. Apalagi kan sebagai perempuan rutin mendapatkan tamu bulanan aka red days. Dibandingkan dengan sebelum rutin konsumsi, manfaatnya betul-betul terasa bagi tubuh seperti tidak mudah lelah dan pegal-pegal ketika sedang red days jadi berkurang. Efek yang berasa jadi lebih bugar ini tentu saja membantu sekali untuk aktivitas sehari-hari terutama ketika sedang padat.

Manfaat Zat Besi Bagi Wanita dan Dewasa

Itu baru manfaat yang dirasakan langsung efeknya di tubuh, sejatinya masih banyak manfaat zat besi lainnya bukan hanya untuk para wanita namun orang dewasa secara general. Di antaranya adalah:

1. Mencegah Defisiensi Zat Besi

Kebutuhan zat besi akan berbeda-beda, namun perempuan biasanya membutuhkan lebih banyak asupan zat besi terutama ketika sedang menstruasi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau suplemen zat besi, maka akan terhindar dari anemia atau defisiensi zat besi. Gejala anemia yang dapat membuat tubuh tidak prima karena berakibat pada kelelahan, sakit pada sendi, lemas, pandangan mengabur, dan pusing.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan fungsinya untuk pembentukan hemoglobin sehingga lebih banyak oksigen tersalurkan ke seluruh tubuh, maka badan akan lebih fit dan tidak mudah letih. Untuk itu tak heran jika banyak yang rekomendasikan suplemen zat besi untuk jaga imunitas tubuh terutama jika dalam keadaan-keadaan tertentu seperti kurang istirahat dan pemulihan.

3. Mengoptimalkan Fungsi Kognitif

Masih ada kaitannya dengan nomor dua, zat besi yang mengangkut oksigen ke seluruh termasuk otak ini akan berefek terhadap fungsi kognitif di mana akan membantu kemampuan untuk berkonsentrasi, menyelesaikan masalah, berpengaruh pada pengambilan keputusan, dan juga daya ingat. Tentu begitu membantu bagi produktivitas sehari-hari orang dewasa.

4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Khusus untuk ibu hamil, maka peranan zat besi ini begitu bermanfaat karena dapat menjaga kebutuhan sel darah merah yang mendukung ibu hamil tetap sehat dan memenuhi asupan nutrisi untuk janin. Zat besi pada ibu hamil juga dapat meminimalisir risiko terjadinya komplikasi seperti berat badan lahir rendah atau prematur.

Dear fellow ladies, melihat manfaatnya yang banyak ini, jangan lupa ya untuk selalu sedia suplemen zat besi. Tenang aja bagi yang kurang suka dalam bentuk kapsul atau tablet, bisa pilih varian sirup Maltofer yang dapat diperoleh di apotik terdekat ya! Bukan hanya khusus untuk perempuan saja lho, bagi kaum adam dewasa juga bagus manfaatnya untuk jaga daya tahan tubuh. Yang pasti, selalu aware dengan kondisi tubuh sendiri ya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.