The words. The thoughts. The journal.

September 23, 2018

Mengapa Kita Perlu Melatih Kemampuan Public Speaking?

Halo, apa kabar?

Sebenernya materi ini gara-gara proker KKN kemarin sih. Sekaligus nerapin ilmu dari dosen jurusan juga walaupun mahasiswanya nggak master, nyahaha. Nggak papa, nggak ada salahnya toh bagi-bagi ilmu walaupun sedikit. Karena pada akhirnya saya juga belajar lagi, termasuk public speaking ini yang tentunya selalu berkaitan dengan setiap aspek dalam kehidupan.


Public speaking, seperti yang kita tahu sudah menjadi bagian yang tak dapat terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal membangun jaringan (networking) dan dunia profesional. Ada yang punya cita-cita jadi speaker juga? Nah itu juga perlu ngembangin public speaking dulu biar penyampaian isi atau materinya bagus. Pun, kemampuan public speaking diperlukan dimulai dari presentasi di kelas, sambutan sebagai ketua acara, interview dalam kerja, perkenalan produk, pengenalan proposal kegiatan untuk sponsorship,  dan lain-lain.  


Manfaat public speaking:
Nah manfaat dari public speaking ini banyak banget pastinya, di artikel-artikel internet juga kurang lebih sama, antara lain:
  1. Dapat membawakan materi atau ide yang ada dalam pikiran kita dengan sistematis dan lebih teratur, jadi nggak melenceng ke mana-mana tetap dalam satu garis.
  2. Menumbuhkan sikap kepercayaan diri terutama dalam penguasaan kemampuan berbicara asal rutin berlatih.
  3. Bisa menambah nilai tambah dalam diri atau personal branding dalam dunia akademis maupun profesional. Kesempatan banget loh bagi yang antusias sama yang namanya ide dan kolaborasi.
  4. Public speaking juga salah satu faktor pendorong dalam sifat kepemimpinan dalam olah pikir dan penentuan keputusan.
  5. Menggali potensi diri sebagai calon-calon speaker di bidang masing-masing, karena kemampuan public speaking dapat dilatih bukan hanya dari yang memiliki kesukaan atau kemampuan dasar dalam kemampuan berbicara di depan publik. 
Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Lama Namun Masih Gagap Bicara?
Bagaimana cara menguasai public speaking?


KUASAI MATERI
Nah yang pertama tentunya kuasai materi dahulu karena kekuatan ada di sini. Pahami betul apa saja yang akan dibawakan, motivasi diri sendiri bahwa kamulah orang yang paling menguasai bidang tersebut dari pada audience. Jangan biasakan untuk menghafal, namun dipahami dengan mencatat poin-poin penting dalam penguasaan materi yang akan dibawakan. Jadikan materi tersebut padat, berbobot, dan menarik untuk dipertanyakan. Kemudian dalam membawakan materi, beri awalan yang menarik terlebih dahulu dengan ice breaking/kutipan maupun melontarkan pertanyaan. Siapkan juga possible question dari audience.

LATIHAN MENGUASAI PANGGUNG
Hal kedua yang tak kalah penting dalam penguasaan materi adalah penguasaan panggung. Penguasaan panggung dapat dimulai dari gestur tubuh saat membawakan materi agar tidak terlalu formal dan dalam satu tempat. Kuasai panggung dengan berjalan beberapa langkah, dan menghindari kegugupan dengan mengatur postur tubuh baik dalam posisi bediri maupun duduk. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah intonasi, jangan dibawakan dengan datar dari awal hingga akhir namun disesuaikan dengan pembawaan intonasi di tiap-tiap pergantian materi. Atur juga kecepatan dan kejernihan berbicara, tetap jangan lupa pada jeda pula.

Gimana belajarnya? Latihan  di depan cermin secara berkala, dengan hal tersebut kita dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki baik cara penyampaian materi dan penguasaan panggung termasuk suasana muka. Lebih gampangnya lagi, cari role model di video-video dan pelajari apa yang menjadi khas mereka. Terus nih kan biasanya ada rasa grogi gitu, banyak hal yang bisa ngatasin hal ini seperti melakukan persiapan dengan datang lebih awal dan mengecek keadaan sekitar. Kemudian selalu berpikir positif dan hilangkan suara-suara negatif. Setelah itu, atur nafas untuk mengatur emosi dan tunjukan kepercayaan diri yang tinggi dengan fokus.
MANAJEMEN WAKTU
Setelah penguasaan materi dan latihan penguasaan panggung, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah manajemen waktu. Pembawaan harus efisien, tidak terlalu cepat maupun tidak terlalu panjang apalagi merembet ke mana-mana atau out of topic. Kemudian mencairkan suasana juga perlu namun pastikan tak melebihi waktu untuk membawakan materi yang dibawakan.

Mungkin itu poin-poin pentingnya, intinya kunci dari public speaking adalah berani mencoba tantangan (sebagai hal baru) dan rutin berlatiih. Jangan dianggap beban, namun seperti misi yang menyenangkan. Semoga kesuksesan selalu memayungi kita semua. Salam!

13 comments:

  1. Di kantor saya imi jadi penting sekali ut berbicara bahasa teknis menjadi bahasa yang dimengerti publik.
    Nice share mba

    ReplyDelete
  2. Betul banget mba, menguasai materi, panggung dan manajemen waku sangat perlu di perhatikan dalam public speaking.

    ReplyDelete
  3. Aku masih belajar public speaking. Aku orangnya pemalu sih jadi kaya takut2 kalau bicara di depan byk orang. Dulu terbantu karena ikut teater juga

    ReplyDelete
  4. yang terpenting dari public speaking adalah pesan bisa diterima dengan baik oleh para audiennya ya...

    ReplyDelete
  5. Public speakingku parah nih sekarang. Mulai ga pd. Padahal dulu jaman kuliah emang diajarin. Sekarang karena jarang dipakai begitu mau tampil groginya luar biasa. Thanks buat tipsnya ya. Harus kembali dilatih nih

    ReplyDelete
  6. public speaking penting banget nih, jadi ingat dulu sewaktu masih jarang ngomong. Pas maju ke depan aja dah keringat dingin :D
    untung ga ada yang ajak salaman, kalau ada yang salaman habislah sudah

    ReplyDelete
  7. Aku mau banget belajar public speaking. Biar kalo ngomong di depan umum enggak terbata2 lagi. Paling bagus memang sering latihan sih ya.

    ReplyDelete
  8. Saya pun merasa public speaking ini perlu dikuasai, untuk emakemak macam aku sekalipun.
    Jadi,
    jangan ragu untuk belajar terus.

    In syaa ALlah bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. Aku lagi mau ikutan public speaking training tgl 21 nanti. Baca tulisan ini jadi makin ga sabar segera belajar. Bener banget kalo ga belajar memang menyampaikan sesuatu bisa gak teratur

    ReplyDelete
  10. hoho, iya public speaking emang perlu sih
    di kelas juga pun kita sebenarnya ber-public speaking sih, ya meskipun judulnya cuma presentasi
    tapi ya begitu, umumnya mereka presentasi ya sekadar menyampaikan dengan biasa2 saja. padahal kita bisa menerapkan ilmu public speaking di kelas kan ya
    aku udah nerapin sih dikit-dikit. sambil melemparkan tanya tipis2, dan mimik muka yang juga dimainkan

    ReplyDelete
  11. Publik speaking itu memang harus dilatih ya mbak,ga bbisa langsung secara instan. Semakin sering berlatih dan menguasai materi maka semakin bagus pula kemampuan publik speaking kita

    ReplyDelete
  12. Tapi untuk seseorang yg pemalu seperti saya ini, sungguh butuh usaha keras tatkala berbicara di depan umum. Apalagi jika disuruh jadi moderator atau pembicara itu sungguh bisa membuat keringat dingin..

    Sedikit banyak, saya lebih nyaman menjadi seorang pendengar daripada menjadi pembicara,

    ReplyDelete
  13. Ala bisa karena biasa ya mb.. aku jg dulunya malu malu kucing.. tapi jadi bisa ngomong dpn publik sejak ikut theater . Sampe skrg alhamdulillah mudah kalau disuruh ngomong di depan.. asal materinya ga berat berat

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.