Tips Memilih Sunscreen Terbaik Untuk Lindungi Kulit Saat Cuaca Ekstrim

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Berada di iklim tropis yang identik dengan teriknya, tak mungkin jika tak membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk paparan sinar matahari. Dalam memilih sunscreen ini, bukan hanya menyesuaikan dengan jenis kulit wajah, namun juga cuaca yang sedang berlangsung. Satu produk sunscreen yang biasa digunakan daily saat musim kemarau biasa, bisa jadi kurang efektif jika digunakan saat musim peralihan seperti yang terjadi saat ini. How come?

sunscreen terbaik
Image: freepik


Yup! Akhir-akhir ini sedang hangat topik heatwave di media sosial yang terjadi di beberapa negara. Indonesia sendiri juga mengalami suhu yang lebih panas, namun bukan efek dari heatwave melainkan pemanasan permukaan karena curah hujan yang berkurang. Hal ini wajar karena sedang di masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. No wonder jika suhu dan kelembapan masih tinggi dan membuat hari-hari jadi terasa lebih sumuk.

Well, efek peralihan musim ini sudah terasa dari pagi yang cerah namun sudah mulai terasa teriknya, terlebih lagi jika siang. Sudah pasti ya harus rajin untuk reapply sunscreen biar kulit wajah tetap terjaga secara maksimal. Nah karena kulit jadi akan sering ketemu sunscreen ini, pastikan pilih produk yang ramah ke kulit dan tak menimbulkan efek seperti kemerahan, gatal, atau iritasi. Berikut memilih tips sunscreen terbaik yang cocok untuk digunakan saat cuaca panas:

1. Pilih Sunscreen dengan SPF 40-50+

Sunscreen Implora
Image: Implora Cosmetics


Rata-rata sunscreen yang ada saat ini mulai dari SPF 30 sampai SPF 50. Untuk kondisi cuaca saat ini dan perlindungan maksimal, lebih baik gunakan SPF 50 karena dapat menghalangi sinar UVB dan menjaga skin barrier lebih maksimal. Meskipun begitu, tetap harus reapply setiap 2-3 jam sekali agar perlindungannya tidak berkurang.

Bagaimana jika menggunakan SPF 30-40? Boleh-boleh saja apalagi jika sunscreen tersebut sudah paling cocok di wajah, asalkan tetap rajin reapply. Salah satu contoh sunscreen dengan SPF 40+ adalah Sunscreen Implora.

2. Pilih Sunscreen dengan Efek Soothing

Saat cuaca terik seperti ini seringkali memberikan efek pada kulit seperti kemerahan atau meradang. Belum lagi jika bertemu dengan polusi ketika berada di jalan, kombinasi yang akan memunculkan calon-calon jerawat. Maka dari itu, jangan gunakan sunscreen dengan kandungan komedogenik karena dapat menyumbat pori-pori dan muncul jerawat.

Sunscreen YOU

Untuk itu, gunakan sebaliknya dengan menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan soothing dan calming serta mengontrol minyak. Sunscreen jenis ini terdapat pada Sunscreen YOU Sunbrella Triple UV Elixir yang memiliki SPF 50+ untuk melindungi kulit dari UVA, UVB, blue Light dan Infrared. Selain itu, terdapat kandungan witch hazel extract untuk antioksidan dan anti inflamasi yang bagus untuk menenangkan kulit serta zinc PCA untuk mengontrol minyak. Sunscreen you ini juga tak mengandung alkohol, paraben, maupun mineral oil.

3. Pilih Sunscreen dengan Kandungan Skincare

Sunscreen Skintific

Kita juga bisa memilih sunscreen yang memiliki kandungan skincare, sehingga kulit sudah terlindungi terlebih dahulu meskipun nantinya akan ditimpa makeup tebal dan menghadapi hari yang terik. Kandungan skincare yang ada pada sunscreen ini contohnya ada pada Sunscreen Skintific di mana mengandung 5X ceramide untuk skin barrier, hyaluronic acid untuk melembabkan kulit dan menenangkan jerawat, dan Tinosorb S/M untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB.

4. Pilih Sunscreen dengan Tekstur Ringan dan Mudah Menyerap

Cuaca panas artinya akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak keringat yang dikeluarkan, termasuk di area wajah. Menggunakan sunscreen dengan tekstur yang ringan dan mudah menyerap ini akan membantu ketika pengaplikasian makeup sehingga tidak memberikan kesan yang berat. Pilih sunscreen yang memiliki tekstur watery atau sunscreen water based dan untuk khusus kulit berminyak, gunakan sunscreen dengan matte finish yang mudah menyerap dan tidak membuat wajah semakin oily.

Nah itu dia beberapa tips memilih sunscreen untuk cuaca panas terik. Menggunakan sunscreen yang cocok sesuai dengan cuaca bukan hanya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari seperti flek, iritasi, penuaan dini, kusam, namun juga dapat membuat riasan makeup tetap awet karena sunscreen biasanya diaplikasikan sebelum makeup.

Akan karena penggunaan dapat berbeda-beda tergantung cuaca, tentunya memungkinkan sekali untuk memiliki lebih dari satu produk sunscreen. Kalau saya sendiri, sunscreen yang digunakan saat beraktivitas di luar rumah seperti bekerja dibedakan dengan sunscreen yang saya gunakan saat di rumah saja, begitu juga tergantung dengan kondisi cuaca.

Nggak perlu worry jika ingin berbelanja stok sunscreen yang mulai menipis di saat cuaca panas seperti ini, terutama bagi yang sedang tak menginginkan banyak bepergian ke luar. Belanja sunscreen secara online lewat Tokopedia bisa menjadi pilihan karena selalu tersedia gratis ongkir, seller resmi atau official store dengan mudah dicari dengan tanda badge power berwarna ungu, kemudahan berbagai metode pembayaran, dan ada jaminan pasti ori. Jadi, sudah pasti aman dan terjamin belanja di Tokopedia.

Jangan lupa tetap gunakan dan reapply sunscreen ya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.