A thoughts journal by Marfa

June 19, 2014

Refrain (REVIEW)

sumber gambar



Halo! Kali ini gue mau bahas novel karya mbak Winna Efendi. Iya tau gue telat banget, gue tau novelnya udah difilmin yang bintangnya Maudy Ayunda sama Afgan itu kan?
Refrain, sebelumnya gue udah tau lama. Cuma entahlah kalo soal cinta-cintaan gue kurang tertarik. Eh ternyata dari jam sepuluh gue namatin novel ini sampe jam setengah satu, nggak bisa berhenti. Ceritanya simpel tapi ngena. Remaja abis pokoknya, persahabatan, cinta dan cita-cita. Dan gue merasa dilibatkan dalam ceritanya.

.           Dan quotesnya ini yang bikin naksir!

"Tidak ada persahabatan yang sempurna didunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya."

"And friends come and go,
But people like you are hard to find,
And times just goes to show,
I wouldn't change a thing,
I owe it all to you I always know,
How lucky I am to have you here beside me,
So before I go,
I wanna say,
Thank you, thank you, thank you."

My True Friend - Thailand Movie (REVIEW)

diambil dari sini






     Rabu kemarin, gue main rame-rame kerumah Tria, ngebakar rumah dia, maksudnya nonton film bareng. Ada dua film yang kita tonton, yang pertama film Seandainya, karena gue udah pernah nonton, jadinya gue dibelakang aja bareng Tria.

     Terus pas udah selese, kita nonton deh film kedua, My True Friend, film Thailand, gue belum pernah nonton, jadinya gue nonton. Dan ternyata....... Bagus banget! Film bagus itu ini, nggak melulu tentang cinta, tapi persahabatan, kompak banget disini, kemistrinya dapet. Apalagi pas harus ketua meninggal, si Gun, nggak bisa bareng sahabatnya disaat terakhir, ditambah flashback-flashback, lagul-lagu dan kebersamaan-kebersamaan terakhir, bikin temen-temen gue yang awalnya teriak-teriak jadi mingsek-mingsek. Soalnya Gun itu sayang banget sama sahabat-sahabatnya karena orang tua Gun itu sibuk terus, apalagi pas dipenjara nggak ada yang njemput. Dan gue jadi mbayangin yang gimana-gimana gitu.


my true friend source
June 11, 2014

Pelajaran Dari Harry Potter

ekpresi mereka kalo liat Voldemort nyalon sc


Lumos! Apa kabar sahabat dunia maya?
Oke, kali ini, gue mau bahas tentang film, bukan review, bukan film porno juga, film porno itu yang gak pake baju, misalnya Tom and Jerry.


Siapa sih yang nggak tau Harry Potter? Film fenomenal yang diangkat dari novel best-sellernya JK Rowling. Nah setiap kesuksesan pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya haters, Harry Potter sihir hitam lah, sihir pink lah, menyesatkan lah, berpengaruh buruk bagi anak-anak lah, emangnya kalo abis nonton Harry Potter anak-anak pada buka praktek dukun santet? Akibat buruknya buat jomblo paling kalo ditanya "Udah punya pacar?" dia bakal jawab "Udah lah, pacar gue kan Ron Weasley." "Eh tapi lu kan cowo." "Oh iya gue lupa."

Dari alasan-alasan haters itulah, gue mau nulis ini, gue juga termasuk orang yang suka Harry Potter, nih kalo lo suka terhadap sesuatu, misal gebetan aja gampangnya, pasti ada alesannya kan? Sama kaya gue, dari Harry Potter kita dapet ngambil banyak pelajaran positif, diantaranya :

Yang Paling Dikangenin Saat Lulus



source
Setaun lagi gue lulus, ngga kerasa cepet banget, perasaan gue baru kemarin dihukum pas MOS dan ngga kerasa juga udah tua, meskipun gue lulus setaun lagi tapi gue udah ngerasain aura kasih, eh aura-aura perpisahan. Perpisahan berarti kita nggak bareng-bareng lagi, perpisahan berarti kita jarang ketemu, mungkin sebagian akan lupa, dan perpisahan adalah bukan hal yang baik untuk didengar.

 Di sekolah gue, tiap taunnya nggak ada peracakan kelas, jadi gue udah 2 taun ngabisin waktu sama anak-anak Akuntansi 3, gue beruntung ditempatin dikelas ini, anak-anaknya unik, dan patut dilindungi, mereka juga yang bikin gue lebih semangat sekolah kalo lagi bete, kita bandel bareng, males bareng, capek bareng, kesel bareng, pinter bareng, dewasa bareng, kompak bareng. Mereka keluarga gue disekolah. Ngga bisa bayangin kalo nanti kita pisah. Lost contact? Dan ngga bisa gila bareng lagi? Lo semua tentunya pernah pisah kan sama temen-temen lo? Soalnya lo dipindahin ke planet Nebula...

     Dan ini yang bakal lo kangenin kalo lulus

Jossie E63


ini hape



     Kali ini gue cerita hape ah! Bukan Harry Potter. Bukan Heri Partono. Bukan juga harapan palsu. Hape emang nggak ada matinya, selalu muncul dengan fasilitas-fasilitas anyarnya, mungkin taun 20xx mendatang ada hape yang bisa buat ngaspal jalan.


     Gue sendiri udah setaun make Nokia E63, gue kasih nama Jossie. "Kenapa sih milih E63? Jadul banget hello sekarang jamannya Android keles!" "Gak ada duit bro!" eh, nggak kok, nyaman aja make Nokia.

     Beberapa kelebihan Nokia E63 yang bikin gue demen :


1. Murah, palagi yang second, mungkin banyak yang nggak tau fitur-fitur Nokia yang rata-rata jarang digunain di E63 ini, harganya nggak ada 1jt kok. Kalo dulu pas awal keluar sih mahal, tapi sekarang kan udah bukan masanya.

2. Awet, batrenya awet dong, nggak perlu berkali-kali ngecharge.

Mengapa Ulangan Akhir Lebih Bikin Pusing?

source



Alhamdulillah, gue udah selese melalui UAS selama 8 hari, udah bisa leyeh-leyeh, walau hasilnya nggak tau, semoga sih nggak banyak yang remed. Temen-temen gue juga udah bisa nafas secara bebas, entahlah mereka kaya dijajah sejak bayi.

Memang sih nggak semuanya stres, beberapa anak yang masih keturunan Albert Einstein sih masih adem ayem seperti biasanya, mau ulangan harian mau ulangan akhir nggak ada bedanya. Dan inilah, beberapa alasan mengapa siswa lebih stres ngehadapin ulangan akhir daripada ulangan harian :


1. Terlalu Banyak Materi.
Sebenernya bukan terlalu banyak sih, cuma mungkin siswa harus belajar 8 bab, guru baru sampe ngajarin 5 bab, dari yang biasanya dijelasin sekarang belajar sendiri, apalagi jika materi-materi tersebut nggak bisa dinalar atau dikarang bebas. Yasudah deh, hasil apa adanya yang inget diotak. Udah gitu nggak cuma satu pelajaran aja, mungkin sampe beberapa. Udah kebanyakan pikiran duluan. Dalam menghadapi ini lo harus rileks, kemudian tidur.


2. Nilai.
Uhuk, ulangan akhir ini nilainya nentuin buat ke semester berikutnya, kenaikan kelas atau lulus. Pasti buat lo yang selalu dapet nilai bagus ketar-ketir, kalo nilai lo jelek gimana? Kalo ranking lo turun gimana? Dan gimana gimana yang lainnya. Biasanya sih dialamin sama anak-anak pinter. Mereka tiba-tiba diem, suka bengong, dirumah aja, dan pikiran mereka jadi buku, ditanya diem, disenggol diem, diemnya keterusan sampe taun depan. Apalagi kalo nanti nilai jelek dimarahin orang tua, udah deh stresnya dua kali lipat, sabar, kalian hanya perlu psikiater.


Tips Agar Nggak Stres Saat Ulangan

source




     Rawwwwwwwrrrrrr gue stres men, stres, entah kenapa kalo ada ulangan semester apalagi ulangan kenaikan kelas gue jadi aneh, gue jadi uring-uringan, gue jadi nggak doyan makan padahal biasanya tukang ngabisin makanan, gue jadi males mandi padahal emang biasanya gitu, gue jadi boros pulsa, gue buka twitter cuma refresh timeline doang, gue galau, gue jadi tambah ngantukan, gue sesek nafas, mantan gue terlupakan yes! Dan gue jadi lemah, lesu, lunglai, lemes, lalian, dan alay. Pokoknya gue jadi nggak berguna banget. Ada ya manusia macem gue, adalah. Patut dilindungi.

     Alesannya gue takut remidi, takut nilai gue jelek. Soalnya gue sulit buat ngapalin, apalagi kalo udah ketemu angka, mati kutu deh, ngitung 9x4 aja pake mikir. Hah segitu parahnya gue?
Gara-gara beban ala anak sekolah inilah, gue dapet ide buat posting, emang ide datangnya nggak bisa dipaksain.


 Berikut tips menghadapi ulangan versi gue :

1. BELAJAR DENGAN CARA SEASYIK MUNGKIN.
     Belajarlah ditempat dan waktu yang nyaman, belajarnya jangan terus-menerus, tapi diselingi istirahat. Belajar dari materi yang paling susah dulu. Tapi jangan remehkan juga materi yang lo anggep mudah ya!


2. JANGAN BEGADANG.
     Selain nanti lo jadi ngantuk, belajar begadang itu nggak bakal masuk, kurang efektif karena materi akan terlupakan.