Pengalaman dan Biaya Perpanjang SIM C di SATPAS Purwokerto

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Sudah bulan Mei dan saya ingin mengawali tulisan di bulan ini dengan...perpanjangan SIM C. Waktu perpanjangnya sih udah dari tanggal 20 Maret lalu pas sebelum puasa. Akan karena kejadian ini 5 tahun sekali, buat postingan nggak apa-apa lah ya. Siapa tahu ada yang mau perpanjang SIM C juga, bisa lebih efisien karena tahu alurnya.

Perpanjang SIM C

Saya memilih perpanjang SIM langsung atau offline niatnya biar lebih cepat saja, sehari jadi. Masih ada waktu 11 hari sebelum masa berlaku habis, dan mumpung masih belum mulai puasa. Saya mendatangi Satlantas Polres Purwokerto untuk perpanjang SIM C ini, sama ketika menemani seorang teman pada 2021 lalu. Namun tempat untuk perpanjang SIM C sudah berganti, yaitu di belakang Rumah Bakorwil dan SATPAS Purwokerto.

Alur Perpanjang SIM C di Purwokerto

Sebelum ke bagian persyaratan kesehatan, cek terlebih dahulu alamat penerbitan SIM lama. Jika lokasinya bukan Purwokerto, coba cek dahulu di SATPAS Purwokerto untuk mengetahui terdapat tidaknya data. Begitu juga jika ada perbedaan alamat di SIM dan KTP, sama-sama dicek terlebih dahulu sebelum terlanjur mengeluarkan biaya untuk persyaratan kesehatan.

  • KIR Kesehatan dan Tes Psikologi

Langkah pertama untuk keperluan perpanjang SIM ini yaitu ambil surat keterangan kesehatan dan tes psikologi. Tempatnya tidak jauh dari Satlantas, hanya berbeda jalan saja yaitu di belakang Gedung Rumah Jabatan Bakorwil, atau juga bisa dicari di Maps Hetero Space Purwokerto. Nantinya di sana ada tempat tertulis KIR Kesehatan dan Tes Psikologi, pastikan sudah membawa persyaratan dokumen yaitu FC SIM dan KTP di dalam map.

Loket KIR Kesehatan Purwokerto
Tempatnya nanti yang ini


Kedua tes kesehatan ini tempatnya bersebelahan, terlebih dahulu kita mengantre dengan mengambil dua nomor antrean sekaligus yang letaknya ada di depan tempat tersebut, ada tulisan nomor antreannya juga kok. Kemudian menunggu untuk dipanggil nomornya untuk KIR Kesehatan dahulu, baru Psikologi. Tapi waktu kemarin saya ke sana, nomor antrean untuk Tes Psikologi sudah habis. 

Biaya untuk KIR Kesehatan ini 60rb, diperiksa tinggi dan berat badan, tes ketajaman mata, tes buta warna, dan tensi. Prosesnya relatif cepat saja, yang lama bagian mengantrenya saja sih. Kemudian dilanjut dengan Tes Psikologi, nantinya akan menjawab 30 pertanyaan Ya/Tidak dan tak perlu waktu lama untuk mengerjakannya juga. 

Tes Psikologi SIM Purwokerto

Biaya untuk Tes Psikologi perpanjangan SIM C ini menurut saya lumayan mahal, 100rb, bestie. Kalau dibanding dengan konseling psikolog beneran, tambah 50 aja udah bisa dapet 1x sesi konseling 45-60 menit, tuh hahaha. Bisa nangis-nangis jelek pula. Namun ya sudah lah ya, mari kita move on. Kalau tak salah ada keterangan kenaikan harga ini per bulan Maret 2023 atau sebelumnya saya lupa, tertulis di meja petugas tes psikologi kala itu.

Jam Pelayanan KIR SIM Purwokerto

  • Senin-Kamis : 08.00-12.00
  • Jumat-Sabtu : 08.00-11.00

  • Bayar Biaya Perpanjangan SIM di SATPAS Purwokerto

Biaya Perpanjang SIM C

Semua dokumen dimasukan dalam stop map, kemudian beralih ke SATPAS Purwokerto untuk membayar biaya perpanjangan SIM baru. Untuk tarif ini normal saja sih, berlaku di mana pun yaitu 75.000. Setelah mendapatkan kertas bukti bayar, lanjut masuk ke dalam untuk urusan administrasi. Nanti ada arahannya harus ke mana saja kok, tenang saja.

  • Cetak SIM C Baru

Langkah terakhir yaitu tinggal foto dan cetak SIM baru. Di sini lumayan mengantre lagi, kala itu saya sudah mepet adzan duhur jadi dipercepat yang awalnya lokasinya di lantai atas ke lantai bawah. Jika sudah foto, pergi ke bagian pengambilan SIM baru, taruh SIM lama di kotak yang tersedia, pulang deh.

Dokumen Untuk Perpanjangan SIM C

Berikut dokumen dan kelengkapan apa saja yang perlu dibawa untuk perpanjangan SIM C:

Syarat Perpanjang SIM C
  • FC KTP 3 rangkap
  • FC SIM Lama 3 rangkap (saran saya bawa lebih saja kedua FC ini untuk jaga-jaga)
  • Kartu SIM lama
  • Stopmap

FC dan Stopmap ini jauh lebih baik disiapin dari rumah aja, atau di beli copy center dekat-dekat rumah maupun perjalanan. Alasannya biar sampai sana nggak bolak-balik, hemat waktu juga buat ngante.

Biaya Perpanjangan SIM C

Total untuk biaya perpanjangan SIM C kemarin habis 235rb, kalau ditambah stopmap ya 240rb karena beli di sana, ada juga parkir 2rb atau 1rb lupa. Untuk rincian 235rb ini terdiri dari:

  • KIR Kesehatan: 60.000
  • Tes Psikologi: 100.000
  • Biaya perpanjang SIM: 75.000

Tips Berangkat Perpanjang SIM C

Meskipun sehari jadi, tapi untuk jumlah yang urus-urus SIM ini nggak bisa terprediksi. Jadi lebih baik datang saja jam 08.00 sesuai dengan jam buka loket KIR Kesehatan. Soalnya kalau siangan dikit aja dan jumlahnya lagi lumayan banyak, nunggu antreannya ini ya lumayan juga. Terus metode pengambilan antriannya tiap 5 nomor, dijeda nomor-nomor yang terlewati dan dari aplikasi, jadi buat pertimbangan juga. Selain itu, udah disebutkan juga di atas lebih baik nyiapin dokumen dari tempat tinggal aja. Pengalaman kemarin udah dandan biar di foto oke dikit, ternyata bolak-balik sana-sini. Jiakh, kena keringet udah ((crying in pain)). Mana kalau mau ke SATPAS terus ke belakang Barkorwil ini jalan satu arah, muter lagi gitu haha padahal deket.

Apalagi kalau yang susah ambil waktu izin atau cuti kerja, ada opsi juga sih sekarang perpanjang SIM juga udah bisa online lewat aplikasi Digital Korlantas. Kalau baca-baca di Twitter, yang udah pernah perpanjang online sih mudah, foto bisa pilih sendiri, dan mungkin bisa lebih murah dari totalan biaya di atas. Nantinya bakal dikirim ke rumah untuk SIM barunya dengan estimasti waktu kurang dari seminggu. Simpel kayanya ya? Belum pernah coba sih, ya paling 5 tahun lagi hahaha.

Kira-kira itu aja berbagai mengenai perpanjangan SIM C, ini per Maret 2023 ya. Mungkin kalau baca tulisan ini di tahun-tahun selanjutnya ya bisa aja harganya udah berubah. Thank you udah baca dan sampai jumpa di postingan selanjutnya!
***

1 komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.