Pengalaman Tinggal di Rusunawa Mahasiswa Putri Unsoed

Halo, apa kabar?

Bentar lagi udah masa penerimaan mahasiswa baru aja, adakah yang berminat untuk kuliah di Unsoed? Ada yang daftar jurusan Sastra Inggris atau jurusan sosial humaniora lainnya? Kalau ada di antara teman-teman yang baru saja menjadi mahasiswa baru, sekalian boleh nih baca postingan berikut:


Jadi mahasiswa baru pasti mikirin yang namanya tempat tinggal selama kuliah khususnya yang merantau untuk mendukung kegiatan perkuliahannya. Beberapa pasti menanyakan apakah di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) memiliki asrama untuk mahasiswa. Jawabannya ADA!

Nah sekarang saya mau bahas Rusunawa Unsoed, atau yang biasa dikenal dengan Asrama Putri. Perlu diketahui ya, di  Unsoed ada 2 asrama yang kadang suka ketuker-tuker. Hal tersebut karena dua-duanya suka dibilang asrama putri dan kebetulan juga tempatnya berdekatan, padahal berbeda. Jadi 2 asrama itu yaitu Asrama  Mahasiswa Anak Transmigran dan Rusunawa Unsoed.

Kalau Asrama Transmigran ini dikhususkan untuk mahasiswa Unsoed yang berasal di luar Jawa dan dalam satu komplek tersebut terdiri dari asrama putra dan putri. Jadi tentu saja ya, prioritasnya untuk mahasiswa transmigran. Nah kalau Rusunawa Unsoed ini khusus untuk mahasiswi Unsoed dan bangunannya mudah dikenali karena gedungnya tingkat. Karena rusunawa ini khusus untuk mahasiswi, maka itulah sering disebut juga sebagai Asrama Putri.

Nah langsung aja, berikut beberapa info penting mengenai Rusunawa Unsoed meliputi fasilitas, harga sewa, lokasi, kelebihan dan kekurangan secara personal.

rusunawa mahasiswa unsoed
foto diambil dari: bpu.unsoed.ac.id/
asrama mahasiswa putri unsoed
foto diambil dari: bpu.unsoed.ac.id/

Fasilitas Rusunawa Mahasiswa Putri Unsoed

  • Fasilitas Per Lantai 

Terdiri dari 5 lantai (lantai dasar=lantai 1) dan masing-masing lantai (lantai 2-5) terdiri dari 24 kamar, dan 8 WC & Kamar Mandi yang dibagi di sisi kanan dan kiri lantai. Untuk tempat parkir tersedia di lantai dasar ya. Kemudian, tentu saja untuk laki-laki tamu nggak boleh naik ke atas dan hanya diperbolehkan di lantai dasar.

  • Fasilitas Per Kamar 

asrama putri unsoed
foto diambil dari: bpu.unsoed.ac.id/

asrama mahasiswa putri universitas jenderal soedirman
foto diambil dari: bpu.unsoed.ac.id/
Untuk satu ruangan kamar, terdiri dari 2 tempat tidur tingkat, 4 lemari meja belajar, 4 kasur busa, kursi. Untuk kuota per kamar, biasanya diisi oleh 2-3 anak. Kalau saya dulu pernah 3 anak namun paling hanya dua semester, selebihnya seringnya berdua. Mungkin kebetulan karena waktu itu milihnya lantai atas jadi rata-rata banyak yang masih berdua. Saya sendiri pernah tinggal di lantai 5 dan pindah di lantai 4. Plusnya ya itu, kalau berdua doang kamar jadi berasa lebih legaan dan ada space. Sendirian juga pernah selang sekitar satu semester karena kating wisuda, dan menunggu penghuni baru. 

  • Kantin & Laundry di Lantai 1 

kantin asrama unsoed
foto diambil dari: bpu.unsoed.ac.id/

Di Rusunawa ini tiap lantainya nggak disediakan dapur dan nggak diperkenankan untuk memasak. Namun jangan khawatir karena di lantai dasar ada 3-5 kantin yang buka, untuk harganya pun murah-murah. Jadi nggak perlu keluar asrama lagi untuk membeli makanan. Eh iya, meskipun nggak ada dapur, di kamar tetep bisa bawa penanak nasi atau heater sih. Kan lumayan untuk menanak nasi atau mie, jadi lauk tinggal beli di lantai dasar saja. 

Sekarang ada laundry juga, jadi buat yang sibuk sama perkuliahan nggak perlu jauh-jauh juga antar laundry di luar asrama. Tapi cuma baru ada satu ya, kalau pilihan di luar asrama masih banyak kok untuk laundry. 

  • WiFi dan Listrik 

Enaknya nih, untuk harga sewa udah sekalian dengan biaya WiFi dan listrik. Kalau untuk WiFi sendiri memang menggunakan jaringan Unsoed, jadi tinggal login saja. Untuk listrik usahakan jangan bersamaan memakai alat elektronik yang berat ya misal setrika dan menanak nasi, nanti anjlok haha. 

  • Mushola 

Mushola ini ada di lantai dasar dan jika bulan Ramadan biasanya digunakan untuk salat tarawih berjamaah. 

  • Tempat Parkir


Syarat Sewa di Rusunawa Mahasiswa Putri Unsoed 

1. Mahasiswi domisili luar Kota Purwokerto. 

Saya dulu sebenernya masih di Kabupaten Banyumas, dan perjalanan dari rumah ke kampus memakan waktu sekitar 40-45 menit. Namun karena waktu itu nggak ada motor dan tak efisien jika dilaju, maka saya memutuskan untuk tinggal di asrama. Ternyata pilihan yang tepat karena harga sewa lebih murah, menghemat waktu perjalanan, dan memudahkan untuk kegiatan akademik maupun non akademik. 

2. Mengisi formulir pendaftaran.

3. Membayar sesuai dengan jumlah dan tenggat waktu.

4. Menaati peraturan yang ada.

Harga Sewa Rusunawa Mahasiswa Putri Unsoed

Untuk saat ini jika belum ada pemberitahuan terbaru, harga sewa per semester adalah Rp 1.500.000 untuk non-bidikmisi, dan Rp 1.250.000 untuk mahasiswa bidikmisi. Ada keringanan juga untuk mahasiswa bidikmisi dalam pembayaran yaitu menunggu beasiswa cair. 

Kalau saya dulu masih ngalamin harga sewa cuma 750rb per semester, jadi pertahun hanya habis 1.5jt. Murah banget kan? Namun selang semester 3 atau 4, harga menjadi naik menjadi 1jt per semester untuk bidikmisi dan 1.25jt untuk non bidikmisi. Kalau harga dulu sih apalagi buat anak beasiswa bisa menghemat banget biaya tinggal ini. Hihi.

Lokasi Rusunawa Mahasiswa Putri Unsoed 

Alamat Rusunawa atau yang sering dibilang asput ini berada di Jl. Dr. Soeparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman, Karangwangkal, Purwokerto Utara 53123. Persis berada di utara dari GOR Soesoe, dan aksesnya dekat jika ke LPPM, PKM, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Fakultas Ilmu Kesehatan.

Kelebihan Tinggal di Rusunawa Mahasiswa Putri Unsoed 

Menurut pengalaman saya tinggal di sini, berikut beberapa kelebihan tinggal di Rusunawa: 

1. Harga sewa sudah termasuk WiFi, air, dan listrik. 

Jika biasanya indekos atau kontrakan masih ada biaya tambahan untuk WiFi, air, dan listrik, maka di Rusunawa Putri ini sudah termasuk dalam harga. Jadi bisa menjadi pilihan untuk lebih hemat dan nggak perlu ribet-ribet lagi ngurusin iuran tambahan. 

2. Dekat dengan area kampus belakang. 

Lokasinya strategis karena dekat dengan area kampus Unsoed belakang, misalnya ke LPPM, Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Rumah Sakit Gigi & Mulut Unsoed (Ada ATM Mandiri), Fak. Biologi, Fak Pertanian, Fak. Peternakan (Ada ATM BNI), Fak. MIPA, Fak. Ilmu Budaya, Fak. Ilmu Kesehatan, dan Fak. Perikanan & Kelautan dan tentu saja GOR untuk olahraga jogging yang lebih dekat.

Untuk perihal tempat makan juga mudah dijangkau, harganya murah-murah dan porsinya tentu saja mengenyangkan. Kalau buat mahasiswi baru pas banget nih karena biasanya banyak kegiatan dan lebih mudah untuk akses ke mana saja. 

3. Memudahkan untuk delivery order/panggil jasa ojek online/menerima paket. 

Karena lokasinya strategis dan mudah ditemukan, menggunakan jasa delivery order atau ojek online juga mudah. Kalau saya sih biasanya ditambah untuk kemudahan menerima paketan. Jadi biasanya dititipkan saja ke resepsionis dan kita bakal dapet SMS dari penjaga kalau ada paketan. Sekalipun nggak ada SMS, kita bisa cek sendiri di meja resepsionis. Jadi nggak perlu khawatir nggak ketemu sama kurirnya. 

4. Harga sewa lebih murah daripada kost.

Karena per kamar terdiri dari 2-3 anak, maka biaya sewa lebih murah jatuhnya dengan fasilitas di atas misal dari pada dibandingkan dengan kos. Namun tentu saja ya menjadi preferensi masing-masing, karena untuk saat ini biaya kost pertahun yang bagus di Purwokerto mulai 3 jutaaan. Ya mungkin ada sih yang 2.8 per tahun, namun selalu akan ada kenaikan, belum ada iuran, atau kemungkinan lainnya. 

5. Untuk mahasiswa bidikmisi, pembayaran sewa dapat potongan dan keringanan bayar.

Nggak perlu khawatir kalau pembayaran di sini bakal dikejar-kejar bagi mahasiswa beasiswa, ada keringanan perpanjangan jangka waktu sampai beasiswa cair. Namun tetap ya, beasiswa maupun bukan—tetap harus membayar dengan tepat waktu dan jujur. 

6. Warna background tembok dan balkonnya bisa buat foto-foto.

Kalau ini personal banget sih hahaha astaga. Jadi tiap lantai itu kan ada ruangan TV di sini utara dan selatan, sekalian balkon. Kalau balkon selatan jadi bisa lihat GOR Soesoe, kalau balkon timur bisa lihat Gunung Slamet. Nah di sini jarang ada yang nonton TV, karena selain nggak jelas juga udah anak streaming kan sekarang? Jadi sering digunain buat foto ala-ala, dari formal hingga kejutan ulang tahun. Tetep sih, harus saling menjaga penghuni lain ya jangan terlalu heboh hihi.

Contoh foto di balkon selatan dengan view GOR. Ini udah diedit dengan Adobe Lightroom ya, foto aslinya udah nggak ada namun kira-kira begini:

purwokerto view

Oh iya bonus juga yah kalau matahari tenggelamnya lagi cantik, bisa dapet view yang bagus buat foto.

7. Bonus foto-foto langit dari kamar:

langit purwokerto unsoed

langit senja purwokerto

senja di purwokerto

Kekurangan Pilihan Tinggal di Rusunawa Mahasiswa Putri Unsoed

Tetep aja dong, dimanapun ada plus minusnya termasuk tinggal di Rusunawa ini. Kalau menurut pendapat pribadi saya, berikut kekurangannya 

- Tidak diperkenankan memasak (tidak ada dapur) 

Sebagai mahasiswa apalagi perantauan, kalau untuk menghemat kan penginnya masak sendiri ya. Namun di sini nggak bisa karena memang tidak diperkenankan. Paling ya yang saya sebutkan di atas, memanfaatkan rice cooker atau heater

- Agak gaduh jika di siang hari. 

Biasanya di lantai dasar ini kalau siang ramai bukan hanya dari aktivitas penghuninya namun mahasiswa lain yang sedang berdiskusi atau mengerjakan tugas kelompok. Atau kalau nggak pagi menjelang siang yang digunakan untuk kegiatan mahasiswa di lapangan, di GOR Soesoe kalau sore hari, atau jika masa-masa angkatan baru. Kalau menurut saya gaduhnya masih bisa ditolelir sih, nggak setiap hari juga. 

- Tidak cocok dengan yang lebih suka privasi. 

Ini tentu saja ya karena satu kamar diisi 2-3 mahasiswi. Pasti ada rasa takut, kurang percaya dengan roomatte yang baru kenal, butuh ruang sendiri dan lain-lainnya.

Baca juga: Nyari Roomatte? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut!

Biasanya kalau untuk mahasiswa baru, nyoba dulu satu semester di sini. Kalau betah ya lanjut, kalau nggak betah ya nyari kost atau kontrakan. Tips buat kamu yang baru daftar di rusunawa ini dan pemalu atau pengin cari aman, sebaiknya nyari teman sekamar yang ada di daftar penghuni yang sama jurusan atau fakultasnyajadi bisa lebih merasa akrab dahulu. Bisa juga nyari yang asalnya dari kabupaten yang sama, minimal pertama kali bertemu jadi bisa langsung ngobrol-ngobrol. Itu saya dulu gitu sih, nyari yang masih sesama dari tanah ngapak. Karena saya overthinking duluan takut nggak cocok, takut dimusuhin nyahaha padahal nggak sama sekali.

- Antri Kamar Mandi 

Ya, tentu saja sih apalagi kalau pagi yang sibuk hahaha jadi jangan nunda-nunda ya kalau butuh mandi atau segera cari di lantai lain. Karena penghuninya kan banyak dan kamar mandi & WC berjumlah 4 di sini barat atau timur, belum suka ada WC atau kamar mandi yang rusak jadi makin tambah antrinya. Tapi nggak setiap hari dan antri panjang banget gitu nggak kok, cuma kadang pas kita butuh suka ada antrian aja, hahaha.

Kira-kira gitu sih pengalaman tinggal di Rusunawa Unsoed, semoga bermanfaat ya terutama untuk mahasiswi baru yang kuliah di Unsoed yang penasaran apakah di Unsoed tersedia asrama serta bagaimana syarat-syaratnya. Semoga dapat menjadi gambaran dan semoga membantu. Dan juga buat yang ingin membaca artikel-artikel perkuliahan lainnya dapat klik di label COLLEGE LIFE. Sampai jumpa!
***

nb: Keadaan dan kondisi ditulis dalam rentang waktu 2015-2020, bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

  1. Wah for the first time nemu postingan sesama anak Unsoed di Blogger Perempuan 🥺 seneng banget rasanya 😁 Jadi kangen olahraga di Gor Soesoe nih jadinya, kangen Unsoed dan Pwt juga karena udah 4 lebih gak kesana karena pandemi 😢 Btw salam kenal ya, saya Anne dari FH Unsoed 2017 ☺

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)