The words. The thoughts. The journal.

March 20, 2018

Menjelajahi Keramahan Semarang dan Alasan Memilih Airy Sebagai Partner Perjalanan


Halo, apa kabar?

Ada banyak hal yang saya sukai dari Semarang dari perjalanan tiga hari dua malam kemarin, malah lebih tepatnya: jatuh cinta. Mulai dari bebas dan nikmatnya berjalan kaki di trotoar, orang-orang yang ramah, hingga aneka tempat bersejarah yang sayang sekali untuk dilewatkan. Begitu banyak yang ingin dijelajahi di Semarang membuat saya tak hanya butuh prima yang kuat, namun juga penginapan yang tepat untuk beristirahat. Nyari penginapan budget backpacker yang tepat untuk menemani perjalanan tentu saja banyak pertimbangan, dan pilihan saya jatuh ke hotel Airy Rooms.


Begitu sampai di Stasiun Semarang Poncol setelah lima jam di kereta, saya langsung mencoba makanan khas Semarang yaitu lunpia. Ternyata lunpia Semarang dan daerah saya berbeda, kalau Semarang itu rasanya dominan manis karena dari rebung, kalau di sini isinya telor dan sayuran hampir mirip dengan martabak asin. Baiklah, satu keinginan telah tercoret!


Kemudian, Lawang Sewu. Meskipun bangunan tua dan bersejarah, tempat ini dirawat dengan sangat baik. Keadaan sekitar juga asri dan rindang. Banyak benda-benda dan potret sejarah di sini sehingga tak bosan melihatnya. Harga tiket juga murah, hanya dengan sepuluh ribu sudah bisa berkeliling sepuasnya.


Belum puas dengan Lawang Sewu, saya mengunjungi Kota Lama Semarang. Nuansa klasik ala tempo dulu lengkap dengan iringan musik lawas membuat saya betah berlama-lama dan duduk di Taman Srigunting. Banyak bangunan dengan nuansa vintage membuat banyak pengunjung mengambil swafoto. Bahkan saya sampai dua kali ke sini karena atmosfir nyaman dan seakan kembali ke masa kecil. Yang paling saya suka adalah Semarang Contemporary Art Gallery yang berlokasi dekat dengan Taman Srigunting. Meskipun termasuk kecil, sudah bisa memuaskan keinginan ke museum pameran lukisan. Hihi.


Pada malam hari, Semarang masih mempunyai wisata kuliner malam Pecinan Semarang. Di sini banyak sekali aneka makanan dan minuman ditawarkan. Rasanya cocok banget untuk berjalan-jalan dengan sahabat. Namanya juga Pecinan, di sini  kamu nggak cuma bisa belanja makanan aja, namun berkenalan dengan pengunjung sekitar terutama dari etnis Tionghoa. Untuk yang Muslim, jangan takut karena makanan di sini tentu saja tetap ada yang halal. Namun lebih baik tetap bertanya ya sebelum membeli.

Satu hari aja nggak cukup buat di Semarang, tubuh tetep butuh istirahat kan? Kebetulan banget dapet vocer menginap di Airy via Local Guide, dan tanpa minimum pembayaran. Kesempatan banget buat makin hemat jalan-jalannya. Dulu pernah dapet sih, namun nggak terpakai karena belum berani jalan ke luar daerah. Sekarang sekali berani eh dapet kesempatan hihi. Skip. Meskipun vocer ini tanpa minimum pembayaran, nggak semua penginapan menerima loh bahkan untuk Airy tipe Eco. Kudu tetep pertimbangkan lagi dengan harga, lokasi, dan tanggal. Setelah melewati banyak drama, akhirnya dapetlah Airy Simpang Lima Anggrek Satu 18 Semarang yang bekerja sama dengan Tonotel Hotel. Dan saya sangat merekomendasikan penginapan ini untuk partner perjalanan di Semarang, kenapa?



LOKASI



Lokasinya ini mudah ditemukan dan dekat dengan pusat kota. Jadi yang suka banget jalan kaki bisa ke mana-mana sampai puas sebelum kembali lagi ke kamar hotel.


HARGA YANG BERSAHABAT


Kebetulan kemarin karena dapet vocer 150rb, jadi cuma bayar 40rb deh. Ah kalo di harga normal sih 189rban per malamnya untuk tipe kamar Airy Rooms Standard Double. Tau kan kalau tempat tidurnya yang luas banget buat sendiri, bisa guling-guling sepuasnya. Jadi harga segitu udah bisa menghemat apalagi kalau untuk dua orang. Kebetulan waktu itu saya nggak nemu kamar single untuk vocernya, tapi ada sih Airy Eco yang single berkisar 140rban. Jadi bisa dibilang murah untuk fasilitas yang komplit. Yang saya suka juga harga di aplikasi Airy itu bener-bener udah final dan memang dari hotel nggak perlu keluar uang lagi (kecuali beberapa untuk deposit), jadi mempermudah anggaran buat jalan-jalan yang nggak bikin tekor.

Psst, Airy ini juga kemarin ngasih diskon 50rb untuk pemesanan pertama sebagai member baru dan langsung saya gunakan di Airy Eco Miroto Seteran Serut Semarang, mungkin kamu juga dapet kalau daftar, sering ada promo juga kok.


FASILITAS KAMAR

Ini naksir parah. Kapan lagi dapet hotel udah murah ditambah vocer. Ini saya daftar aja ya fasilitasnya:

1. Tempat tidur bersih dan nyaman.





Ini bener-bener nyaman karena bersih dan nggak ada kotoran sedikitpun. Well, kunci paling penting tempat tidur kan? Terus ada lampu redupnya di sisi atas tempat tidur di atas meja kecil dengan telepon. Jadi buat yang nggak suka tidur dengan lampu nyala tapi takut gelap juga seperti saya, tetep bisa tidur dengan lelap dan nyaman. Terus ada jendela juga di dekat tempat tidur, biar hemat listrik tuh kalo siang-siang nyahaha.

2. AC. 


Yas, jadi kalau kepanasan nggak perlu guling-guling di lantai kaya pas di kosan. Di dekat AC juga ada penunjuk arah kiblat jadi bagi yang muslim dan ingin beribadah tak usah takut tersesat arah dong hihi.
 
3. TV layar datar.



Nilai plusnya ini stasiun tvnya nggak hanya lokal. Jadi kalau malem udah kecapean bisa adem ayem dan movie night ala-ala atau puter aja saluran yang isinya lagu doang biar nggak sepi-sepi amat.

4. WiFi.

Ini ngebantu banget sih tentunya buat menghemat paket data, ditambah ada colokan deket tempat tidur.

5. Kamar Mandi. 


Cuma kurang wastafel sih tapi untuk harga segitu menurut saya udah lengkap. Tersedia dua handuk, sabun cair, dan juga hot shower. Lumayan buat yang males ngebebanin ransel dengan handuk nyahaha.

6. Meja, Kursi, dan Lemari Rak.


Iya kalau buat perempuan mau dandan atau swafoto juga enak sih, hanya nggak ada colokan aja kalau gadget baterainya abis. Kemudian ada cermin ukuran sedang, gantungan baju, dan lemari rak. Tak perlu takut barang jadi kecampur-campur di satu meja.

7. Complimentary package!




Oke ini saya suka banget sih. Udah tau kan ciri Airy itu biasanya ada free snack dan air minum dalam box. Air minumnya juga dua botol sekaligus, dan tiap lorong ada air minum dispenser jadi lumayan bisa menghemat lagi, tapi boxnya nggak boleh dibawa pulang ya. Kemudian yang kedua ada perlengkapan mandi yang bisa dibawa pulang beserta pouchnya. Di dalamnya ada sisir, dua sikat dan pasta gigi, sampo dan sabun cair. Lagi-lagi lumayan karena dari Tonotel Hotel sendiri kan sudah ada sabun cairnya, bisa tuh buat ngehemat di kos beberapa hari nyahaha. Wadahnya juga lucu-lucu ala tema batik gitu dan wangi sabunnya suka banget! Jadi, kenyamanan nggak hanya dirasakan saat di hotel saja.


 
8. Balkon.



Ini ada setiap lantai paling ujung. Entah kenapa saya suka sekali dengan balkon jadi ini bisa jadi nilai tambah juga. Di sana juga tersedia meja kecil dan kursi, jadi malem-malem bisa menatap langit atau kegiatan kota. Suka!

Keseluruhan, saya sangat puas menginap di Airy Simpang Lima Anggrek Satu 18 Semarang ini, dan ini ulasan jujur ya. Gimana nggak puas dan seneng coba kalau fasilitasnya paripurna harga bersahabat. Belum kan misal kalau berdua, atau dapet potongan vocer, berharap bisa ke sini lagi suatu saat nanti. Buat yang mau lebih irit lagi ada juga kok tenang, tinggal pilih aja Airy Eco di daerah yang dituju. Oh iya, karena rencana ke Semarang ini termasuk dadakan, jadi pesan baru h-1, namun harganya tetep sama kok dari dua minggu sebelumnya. Jadi #KapanAjaBisa dengan Airy Rooms. 


Well, panjang banget ternyata. Ya, berharap aja sih buat Airy tetap mempertahankan kualitas penginapan yang murah, sering ngadain promo juga biar budget backpacker seperti saya bisa bahagia terus walaupun jomblo nyahaha. Oke, terima kasih telah membaca, semoga dapat menjadi rekomendasi, dan sampai jumpa!
***

46 comments:

  1. Hayuk lah kapan kapan kita agendakan berdua

    ReplyDelete
  2. Asyik banget ya nginep di Airy, udah murah, fasilitas oke, juga nyaman. Ditambah kalo dapet voucher, wih tambah seneng pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berharap sering dapet voucher dari Airy :D

      Delete
  3. Wuih asyik jalan-jalan di Semarang, ke Lawang Sewu juga, dapet hotel yang nyaman itu memang bonus menyenangkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kak. Rasanya menyenangkan! XD

      Delete
  4. Aku akui lah, kalo airy emang juara untuk kategori harga.. Murah meriah dengan layanan cukup, sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tetap murah ya mba hihi biar sering staycation

      Delete
  5. Harga murah tapi ga murahan fasilitasnya ya

    Semarang salah satu destinasi yang ingin saya kunjungi kalau nanti anak2 sudah agak gedean dikit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, wah pasti akan menyenangkan liburannya :D

      Delete
  6. Saya jadi terpikirkan mencoba Airy Rooms, banyak banget promo dan kerjasama dengan berbagai pihak. Cukup nyaman untuk tempat menginap, khususnya yang backpakeran harganya terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, sekarang backpackerpun bisa ngerasain rasa nyaman dengan harga yang murah

      Delete
  7. Tahun lalu keliling Semarang seharian, pi langsung balik. Nanti kalau ke Semarang nginep pakai Airy ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo biar bisa menjelajah dong :D

      Delete
  8. Kalau lihat orang jalan-jalan bawaannya mupeng terus mbak, pengen juga jalan. Berarti nanti kalau aku ke Semarang tinggal pilih hotel airy rooms aja ya, bersahabat dengan kantong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak yang bekerja sama dengan Airy Rooms kok di Semarang ini

      Delete
  9. Airy ini ngebantu traveler banget ya dengan menyediakan penginapan yang lumayan gk terlalu mahal tapi nyaman. Pernah pakai sekali jg pas nginep di Jkt. Pengen kapan2 makai jg kalau ke Semarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya gimana tuh ka yang di Jakarta?

      Delete
  10. Untuk penginapan, segitu ya lumayan banget. Kalo sendirian guling2, jungkir dan kayang sepuasnya deh

    Aku kalo ke Semarang jarang nginap. Berangkat pagi, pulang sore. Kejar tayang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti lelah ya kak, semoga suatu saat bisa rebahan dulu gitu hehe

      Delete
  11. Airy Room ini memang membantu banget buat backpacker hahaha...
    Kalau lumpia di sini isinya bengkoang, enak deh. Kapan-kapan ke Makassarlah Mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw bengkoang? Rasanya manis kaya rujak gitu dong? Amin amin doakan saja Makassar :D

      Delete
  12. Aku juga suka Semarang. Ingin rasanya satu saat nanti kembali ke Semarang dengan keluarga. Airy Room membantu banget ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli Semarang kah mbak? Hihi

      Delete
  13. Airy room tempat menginap yang banyak banget promonya ya mba dan kamar yang di dapat pun sangat bagus dan nyaman untuk tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak, murah, dan nyaman, suka banget deh

      Delete
  14. Hotel airy rooms itu memang recommended banget ya. Udah nyaman, pas di kantong harganya dan juga pelayanannya ramah. Saya suka lihat di aplikasinya, kamar-kamarnya bagus-bagus hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, banyak yang instagrammable

      Delete
  15. asik banget jadinya dapet harga murah gitu cuma 40ribuan.. dapat kamarnya juga keliatannya nyaman ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman kok mba, wifinya juga oke mihihi

      Delete
  16. Nah sudah bener banget nih. Mau balik lagi ke Semarang nginepnya di Airy hihi.. mau ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaaap biar nanti cerita di blog juga nyahaha

      Delete
  17. Pengen ke Semarang tapi belum ada waktunya. Seru juga kayanya nginep di airy room ya. NExt dehhh hehe

    ReplyDelete
  18. Airi room ini salah satu hotel kesukaan setiap ke mana-mana. DI NTT baru ada satu Mbak dan penah nginap di sana.. Keren pelayanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Purwokerto malah belum ada nih, pengin ngerasain aja gitu huhu

      Delete
  19. Airy dimana mana layanannya ttp sama.
    Layanannya komplit sampe snack disediakan.
    Saya beberapa kali nginap di airy dan selalu puas.
    Jd pengin ke semarang jg nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya dimanjakan mba sama Airy, jadi senang deh hihi

      Delete
  20. Aku blm pernah nginep di airy rooms, makasih lho rekomendasinya, jadi kalo ke semarang gk usah bingung lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mbaaak, semoga kesampaian yaa :D

      Delete
  21. Murah banget bayarnya, pengen nyobain airy tp blm kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu mah selalu desperate karena hotel 250an ke atas semua

      Delete
  22. Wah kayanya patut dicoba nih, tapi nunggu kupon dulu ahh hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin pantengin web, sosmed airy juga kak hihi

      Delete
  23. Wah, Tonotel ya, nyaman memang kamarnya..

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.