The words. The thoughts. The journal.

October 05, 2018

Panduan dan Cara Sewa Rumah dengan Nyaman Juga Berharga Masuk Akal

Halo, apa kabar?

Semua orang pasti setuju jika kebutuhan utama manusia selain makan adalah tempat tinggal. Sayangnya tidak semua orang beruntung bisa langsung memiliki rumah sendiri. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah. Kita bisa tinggal di rumah sewa atau kontrakan rumah terlebih dahulu sebelum bisa membeli ataupun membangun rumah.

Sebenarnya akan sama rasanya tinggal di rumah sendiri ataupun tinggal di rumah kontrakan. Perbedaannya adalah jika di rumah sendiri kita tidak terbebani dengan biaya sewa bangunan dan bebas untuk mendesain rumah sebagaimana keinginan kita. Sementara tinggal di rumah kontrakan, kita perlu membayar sewa rumah.


Jadi jelas sekali jika kita berniat untuk mencari rumah yang disewakan, selain faktor kenyamanan dan keamanan, faktor harga juga perlu dipertimbangkan. Kita perlu menyesuaikan pendapatan atau kemampuan finansial dengan harga rumah kontrakan yang kita incar. Bisa dibilang mencari dan mendapatkan rumah kontrakan yang sesuai dengan kriteria nyaman dan harga yang terjangkau sesuai dengan bujet memang gampang-gampang susah.

Lewat panduan dan cara sewa rumah dengan nyaman juga berharga masuk akal berikut ini, ita bisa lebih mudah untuk menemukan rumah yang disewakan sesuai dengan idaman ita. Sebelumnnya, ita bisa melihat beberapa referensi harga kontrakan rumah ini. Next, mari kita lihat inti pembahasan kita.

Tentukan target rumah kontrakan yang sesuai dengan dana yang kita miliki
Menyiapkan target budget sangat penting. Terlebih bagi kita yang memiliki budget pas-pasan dan ingin mendapatkan rumah yang selain nyaman juga harga sesuai dengan dana yang tersedia. Dalam satu lokasi, biasanya memiliki range harga masing-masing untuk rumah yang dikontrakkan. Meskipun faktor lain yang dapat berdampak pada keberagaman harga kontrakan pun bervariasi, seperti lokasi, luas tanah, tipe bangunan, dan lain sebagainya.

Kita dapat mencari target lokasi yang sekiranya sesuai dengan dana yang kita miliki saat ini, baik mencarinya lewat offline atau online. Jangan ragu untuk mencari sebanyak-banyaknya referensi mengenai target rumah kontrakan. Karena dengan begitu, kita bisa membandingkan tentang aspek-aspek yang penting, kemudian menarik kesimpulan mana kontrakan rumah yang terbaik dan patut untuk dipilih.

Pilih lokasi yang strategis


Lokasi merupakan pertimbangan yang sangat penting dalam mencari rumah kontrakan terbaik. Strategis di sini artinya bangunan yang disewakan tersebut memiliki akses jalan yang mudah dan dekat dengan tempat-tempat penting bagi kebutuhan kita, seperti tempat kerja, tempat ibadah, pasar, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat penting, agar kita dapat menghemat waktu untuk bepergian dan juga dapat memangkas biaya bepergian tentunya. Baik menggunakan kendaraan umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi, keduanya pasti membutuhkan dana. Selain strategis, lokasi calon tempat tinggal kita haruslah terjamin keamanannya. Artinya kontrakan rumah tersebut berada di lokasi atau kawasan yang aman dan jauh dari kerusuhan. Tapi ingat, lokasi sangat menentukan harga uang sewa properti kita, semakin strategis semakin mahal.

Cek atau survei lokasi, rumah dan lingkungan

Setelah kita menemukan kontrakan rumah incaran yang sesuai dengan budget yang kita miliki dan lokasi juga strategis, saatnya kita mendatangi lokasi untuk mengecek dan menyurvei lokasi, berikut dengan kondisi rumah juga lingkungan sekitar.

Salah satu kriteria rumah nyaman adalah kondisi fisik bangunan yang layak. Artinya bangunan rumah yang akan kita sewa tersebut masih tegak dan kukuh berdiri, tembok dalam kondisi yang bagus, lantai tidak ada yang retak, begitu juga dengan genteng yang masih rapi dan langit-langit rumah yang masih dalam kondisi bagus. Oleh sebab itu, untuk mengetahui secara pasti kondisi tersebut, kita perlu mengecek secara langsung dengan terjun ke rumah incaran kita tersebut.

Jangan lupa untuk membawa catatan untuk mencatat. Pastikan pula listrik dan meteran air sudah terpasang sendiri. Karena jika ternyata masih bersatu dengan rumah kontrakan lain atau dengan pemilik kontrakan, dapat memicu kesalahpahaman dan ketidaknyamanan di kemudian hari. 

Tidak hanya kondisi fisik indoor bangunan saja yang perlu di cek dan ditanyakan kepada pemilik rumah, kita juga perlu menyurvei keadaan lingkungan sekitar. Pastikan lingkungan tersebut bersih. Artinya rumah yang disewakan tersebut bebas dari kumuh, jauh dari selokan atau tempat pembuangan sampah. Kriteria rumah bersih patut untuk kita perhatikan. Faktanya rumah kontrakan identik dengan rumah di lokasi yang kumuh, padahal kebersihan sangat penting agar kita betah dan nyaman tinggal di rumah tersebut.

Selain itu, kita juga perlu menyurvei kondisi tetangga. Pilihlah rumah kontrakan memiliki warga masyarakat yang ramah lagi baik. Hal ini juga tidak kalah penting. Karena tetangga bisa menjadi sumber bahagia dan bisa menjadi sumber ketidaknyamanan kita untuk tinggal di rumah kontrakan. Sekalipun mungkin rumah yang kita sewa tidak berdekatan secara langsung dengan mereka.

Mungkin untuk survei yang terakhir, yaitu tentang tetangga atau masyarakat, kita perlu melakukan pendalaman lagi. Artinya kita perlu mengeceknya berkali-kali dengan waktu yang berbeda. Misalnya kemarin kita survei pada pagi hari, maka beberapa hari kemudian cek pada siang hari, berikutnya pada sore hari dan berikutnya lagi pada malam hari. Hal ini cukup penting dilakukan, karena kenyamanan tidak hanya didapat dari dalam rumah saja, tapi juga dari faktor tetangga. Faktanya tidak jarang penyewa rumah yang memilih untuk hengkang, karena bermasalah dengan warga sekitar.

Pastikan pula bahwa calon rumah kontrakan kita tersebut jauh dari kawasan pabrik dan tempat pembuangan sampah. Karena hal ini dapat menjadi faktor ketidaknyamanan lingkungan. Bisa karena akibat limbah, suara berisik, bau dan lain sebagainya. Bawalah notes atau buku catatan kecil untuk mencatat apa saja yang perlu dicatat dan dipertanyakan, sehingga nanti dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan keputusan final.

Negosiasi dengan pemilik kontrakan


Meskipun sebagian besar pemilik kontrakan telah memiliki harga tertemtu, namun kita tetap bisa untuk melakukan penawaran. Lakukan penawaran terbaik dengan menyertakan kelemahan dan kekurangan rumah yang disewakan tersebut. Tentu dalam penyampaiannya, kita perlu bertutur kata yang sopan, lembut dan pas dengan kondisi yang ada.

Untuk menghindari harga yang tinggi, kita wajib menghindari membeli rumah yang telah diiklankan melalui agen properti atau lewat perantara orang lain. Selain harga yang biasanya relatif lebih tinggi dibanding pasaran semestinya, kita akan cukup kesulitan untuk negosiasi karena biasanya harga sudah pas.

Oleh sebab itu, kita perlu mencari rumah disewakan yang diiklankan sendiri oleh pemilik bangunan tersebut. Akan lebih baik lagi, jika kita mengetahui siapa orang tersebut, sehingga kita akan lebih mudah dalam merayu soal harga terbaik. Cari referensi kontrakan rumah sebanyak-banyaknya karena semakin banyak referensi, akan membuka kesempatan lebih besar untuk menemukan rumah kontrakan terbaik yang sesuai dengan bujet dan kriteria nyaman lagi aman menurut preferensi.

Bandingkan harga dan fasilitas

Setelah semua panduan langkah dan cara sewa rumah dengan nyaman dan berharga masuk akal tersebut telah kita lakukan, kini saatnya menarik kesimpulan. Keluarkan catatan kecil yang kita bawa dan isi dengan tulisan mengenai keunggulan dan kekurangan setiap rumah yang kita survei. Pastikan telah mengecek semua lokasi, kondisi dan fasilitas rumah juga keadaan lingkungan sekitar semuanya aman dan nyaman, sehingga akan memudahkan kita memutuskan rumah sewa mana yang akan kita pilih.

Dari data-data tersebut, kita akan dapat menarik kesimpulan mana rumah disewakan yang cocok dengan impian selama ini, yaitu yang aman, nyaman dan harganya pas di kantong. Jika sudah, saatnya menemui kembali pemilik kontrakan untuk memastikan semuanya sesuai dengan harapan. Mencocokkan dengan kemampuan finansial menjadi tugas utama dalam memilih rumah sewa. Jika telah menemukan rumah yang pas dengan ukuran kantong, sebaiknya perlu teliti dengan cermat kondisi keamanan dan kenyamanan rumah tersebut. Karena sayang jika ternyata kita telah membayar, kemudian pada perjalanan ternyata tidak betah. Apalagi jika kontrakan rumah tersebut dibayar per lebih dari satu tahun, maka akan rugi banyak. Semoga panduan dan cara sewa rumah dengan nyaman juga berharga masuk akal tersebut di atas membantu mendapatkan kontrakan rumah yang nyaman, pas dan menyenangkan. Sayonara!
***

Imgsc:
https://www.freepik.com/free-vector/house-for-rent-with-flat-design_2604121.htm
https://www.freepik.com/free-photo/villa-house-model-key-and-drawing-on-retro-desktop-real-estate-sale-concept_1168102.htm
https://www.freepik.com/free-photo/house-model-key-and-stacked-coins-on-blueprint_2690055.htm
https://www.freepik.com/free-photo/house-model-and-compass-on-plan-background-real-estate-concept_1203156.htm

2 comments:

  1. Lengkap banget ulasannya. Bermanfaat bagi yg lagi ngincar rumah baru.

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.