The words. The thoughts. The journal.

May 15, 2019

Langkah Mudah Memulai Bisnis Kontrakan Rumah di Bandung


Halo guiesse, apa kabar?

Kontrakan Rumah di Bandung

Ngomongin soal pendapatan, ada pemasukan passive income dari menjadi penyedia kontrakan rumah apalagi di kota besar tentunya terdengar menggiurkan. Misalnya nih bagi yang tinggal di Bandung dan mulai tertarik untuk berbisnis properti, coba deh pertimbangin buat menyediakan kontrakan rumah di Bandung. Tapi kira-kira, apa saja sih persiapan yang dibutuhkan sebelum mulai memasarkan rumah kontrakan?


Yang langsung terpikirkan pertama pasti adalah dana alias modal, khususnya bagi yang belum memiliki properti. Tapi ada beberapa alternatif nih, kan nggak bakal tahu kalo belum nyoba kan. Jangan ragu meski saat ini dana di kantong yang tersedia sangat terbatas, masih ada kok sumber dana lain yang bisa dimanfaatkan. Misalnya aja meminjam kepada keluarga atau teman. Ini disebut pinjaman lunak, yang bunga dan jangka waktunya bisa disesuaikan dengan kesepakatan secara kekeluargaan, pastikan ada bukti kesepakatannya ya misalnya perjanjian tertulis yang disepakati kedua belah pihak. Karena meski meminjam pada keluarga atau pun teman, jangan sampai ini jadi sumber perselisihan di kemudian hari. Kalau perlu, harus ada pihak ketiga yang netral.

Sumber dana berikutnya adalah bank. Biasanya untuk meminjam dalam jumlah yang cukup besar diperlukan jaminan yang juga besar nilainya seperti asset teap. Tapi balik lagi nih, tetap perhitungkan bener-bener besarnya pinjaman, jangka waktu dan cicilan per bulan ditambah bunga dan lain sebagainya. Kalau sudah ada dana, barulah mulai menyeleksi pilihan rumah kontrakan yang akan dibeli yang mungkin sebelumnya sudah menjadi incaran. Mulai dari kualitas bangunan, pastikan rumah memiliki pondasi yang kokoh dan material yang baik. Kemudian perhatikan juga lingkungan sekitar dan akses serta lokasi, karena ini sangat bisa menjadi penentuk tarif sewa rumah nantinya dan peminat penyewa dimana semakin strategis dan dekat ke berbagai fasilitas umum dan sosial, semakin tinggi nilai dari properti.

Kemudian perhatikan pula kenyamanan lingkungan seperti membeli rumah dekat tempat pembuangan sampah, dekat dengan sumber polusi, atau bahkan yang rawan tindak kejahatan. Pokoknya, anggap aja kita jadi calon penyewa dan butuh kontrakan yang nyaman, strategis, dan sesuai dengan harga. Lalu setelah mendapatkan rumah, tahap selanjutnya adalah persiapkan rumah agar nyaman huni.

Persiapkan Kontrakan Rumah di Bandung

Persiapkan Kontrakan Rumah di Bandung

Mempersiapkan kontrakan rumah agar layak huni bisa dimulai dengan renovasi, membeli perabotan dan lainnya yang nanti bisa dijadikan sebagai bagian dari fasilitas kontrakan, seperti TV kabel, internet, lemari, kemudahan akses air dan listrik, dan sebagainya. Kemudian yang kedua adalah desain yang akan menjadi daya tarik dan penentu kenyamanan dari mereka yang akan menempati rumah nantinya. Pemilihan desain juga tentunya adalah hasil dari membaca pasar pertimbangan lokasi dan spesifikasi rumah yang dimiliki, tentu akan ada gambaran siapa kira-kira calon penyewa yang potensial. 

Salah satu desain untuk kontrakan rumah di Bandung yang cocok dan cukup populer adalah model minimalis. Salah satu kelebihan desain minimalis adalah mengedepankan kesederhanaan dan kerapihan. Ditambah lagi konsep kontrakan minimalis juga akan memberikan kemudahan dalam perawatan. Jangan lupa untuk menyediakan area terbuka yang bisa dimanfaatkan penyewa untuk tempat relaksasi atau melepas penat walaupun minimalis.

Pun nanti jika akan ditinggali calon penyewa, akan ada beberapa perubahan tambahan. Dari sini perlu dipahamij juga bahwa ada hak dan kewajiban dalam kesepakatan kerjasama antara penyewa dan Anda sebagai pemilik properti. Sebagai pemilik properti, impresi kenyamanan, keamanan, kerapian, serta garis perjanjian hak dan kewajiban yang jelas sangat menjual tentunya apalagi jika baru pertama kali.

Harga Kontrakan Rumah di Bandung

Harga Kontrakan Rumah di Bandung


Nah setelah dipersiapkan, baru nih ke langkah penentuan harga sewa rumah yang mana ini akan jadi salah satu faktor penting saat nanti  mulai menawarkan kontrakan. Memasang harga yang sesuai dilihat dari berbagai aspek seperti lokasi, spesifikasi bangunan, fasilitas dan sebagainya. Tentunya yang penting adalah survei harga pasaran, atau bertanya pada mereka yang sudah ahli dalam mengestimasi harga properti yakni agen properti belum lagi akan adanya tawaran harga lebih rendah dari calon penyewa.

Salah satu cara yang juga mudah adalah mencari referensi harga kontrakan di situs properti seperti www.99.co/id. Di sini banyak sekali pilihan kontrakan rumah di Bandung yang bisa dijadikan pertimbangan seperti kontrakan rumah di Bandung 15 juta per tahun, seperti yang ada di Nuansa Valley Regency di Pasir Impun. Hunian di sini memiliki lingkungan yang nyaman dan tenang, tapi juga dekat ke sejumlah tempat publik seperti Terminal Cicaheum, RS Hermina, JabarSport, pusat perbelanjaan seperti Borma dan Griya serta Sekolah Mutiara Bunda. Dengan Rp 15 juta saja per tahun calon penyewa sudah bisa memiliki rumah seluas 27m2 dengan tanah 60m2 dan terdiri dari 2 kamar tidur dan kamar mandi.

Kemudian jika ke area selatan, dengan harga Rp 15 juta per tahun, Anda bisa mendapatkan rumah 2 lantai dengan luas 150m2, 2 kamar tidur, kamar mandi dan garasi. Seperti salah satu rumah di kawasa Rancamanyar yang aksesnya dekat ke jalan utama dan mudah menjangkau transportasi umum. Untuk penawaran yang lebih menarik dengan tarif yang tentunya juga lebih tinggi, ada kontrakan rumah di Bandung Timur yang disewakan dalam kondisi fully furnished dimana tersedia sofa, lemari hingga peralatan memasak. Sementara hunian di kawasan Cibiru Hilir ini tarifnya sekitar Rp 45 juta yang terdiri dari 2 lantai seluas 200m2 dengan 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi, carport dan garasi serta area taman yang luas dan tertata. Namun yang tak kalah menarik adalah lokasinya yang dekat ke jalan raya, tempat ibadah, swalayan dan lain sebagainya. 

Untuk ilihan lebih murah bisa didapatkan di kawasan Ujungberung dengan tarif sebesar Rp 25 juta. Lokasinya strategis, bebas banjir, serta dekat ke pusat bisnis dan perbelanjaan dengan akses jalan lebar 9 meter serta lingkungan yang bersih dan aman. Dari sini juga bisa dengan mudah menjangkau sekolah, tempat ibadah, pasar, puskesmas, SPBU hingga alun-alun dan stasiun kereta. Hunian ini memiliki 2 kamar tidur, kamar mandi dan luas 70m2 dengan daya listrik 1300W.

Selanjutnya untuk yang mencari info kontrakan rumah di Bandung Utara, ada hunian di Sarijadi yang sewanya sebesar Rp 37,5 juta per tahun. Rumah 2 lantai ini memiliki luas luas 55m2, memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, dapur, carport, listrik 1300W dan akses jalan yang memadai.

Jadi sudah siap berbisnis kontrakan rumah di Bandung? Selamat mencoba!
 ***
Imgsc: subcusa.com, jaycarden.com, vice.com

No comments:

Post a Comment