The words. The thoughts. The journal.

June 29, 2019

Jenis Coffee Table dan Menentukan Meja Kopi yang Tepat untuk Ruang Tamu

Salah satu furniture yang boleh dianggap penting di ruang tamu yaitu meja tamu ataun meja kopi (coffee table). Meja kopi memiliki peran penting bukan hanya untuk meletakkan berupa makanan dan minuman untuk tamu namun juga majalah dan beberapa benda lain yang ditaruh bawah meja kopi. Hal terpenting, dari meja tamu bisa berfungsi menjadi titik utama pada ruang tamu dan untuk membagi area duduk, sehingga terlihat simetris, dengan adanya meja kopi di tengah sebagai titik pusatnya.
 
Terdapat beragam jenis dan varian coffee table yang dikenal saat ini. Varian coffee table tersebut meliputi bentuk, desain, dan material yang berbeda-beda. Mari kenali berbagai macam coffee table yang sudah beredar di pasaran furniture. Berikut 3 jenis coffee table diantaranya:


coffee table

Coffee Table Dari Bahan Kaca

Untuk jenis coffee table yang berbahan kaca memang cukup banyak digemari hampir semua orang yang biasa diletakkan di ruang tamu. Mereka menganggap bahwa coffee table kaca terlihat elegan, berkelas, dan bisa menyesuaikan segala macam desain interior ruang tamu. Pada jenis coffee table ini tak seluruhnya berbahan dari material kaca, hanya pada bagian permukaan meja saja, sementara pada kaki – kaki meja ini biasanya dibuat dari bahan berbeda seperti kayu atau logam. Untuk harga coffee table juga cukup terjangkau, maka tak heran banyak peminatnya. Cukup banyak yang menyediakannya, seperti toko furniture yang jual coffee table jakarta dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.

Dengan ukuran coffee table yang kecil dan tak terlalu tinggi, meja ini cukup mudah dibersihkan. Salah satu kekurangan dari coffee table kaca yaitu adanya kemungkinan goresan yang timbul di permukaannya jika terkena benda tajam. Disarankan juga yang memiliki anak kecil di rumah,  pilihlah coffee table yang bukan dari bahan kaca.

Coffee Table Dari Kayu

coffee table

Coffee table yang berbahan kayu juga tak kalah favoritnya dibanding coffee table dari kaca. Dengan beragamnya akan tekstur, warna, dan karakter kayu, kita pun dapat membuat meja kayu dengan tipe yang beragam. Coffee table kayu ini juga cukup diminati karena selain terlihat menawan, simple, minimalis dan modern, juga kadang bisa terlihat klasik dan artistik, terutama jika diberi ukiran di setiap sudutnya.

Coffee Table Lift-Top

Coffee table jenis lift-top tergolong meja kopi yang fleksibel dan luwes, terdapat beragam ukuran dan gaya desain. Biasanya, coffee table ini dibuat dari bahan kayu. Kelebihan coffee table lift-top adalah terdapatnya permukaan meja yang bisa diatur ketinggiannya untuk digunakan sebagai meja makan, meja kerja, atau meja komputer. Selain itu, pada bagian bawah permukaan meja kopi ini bisa digunakan sebagai area penyimpanan, yang bisa digunakan untuk menyimpan majalah, kunci kendaraan, atau remote tv.

Bagaimana Cara Menentukan Coffee Table Yang Tepat Untuk Ruang Tamu?

Coffee table tak hanya fungsional dan utilitarian, tapi juga artistik karena bisa menambah keindahan dekorasi ruang tamu. Pemilihan coffee table yang baik, niscaya ruang tamu akan lebih menyatu. Sebaliknya, coffee table yang kurang pas justru akan mengacaukan penataan furniture dan tampilan ruang tamu.  Berikut ini cara menentukan sebelum membeli coffee table untuk ruang tamu.

Tentukan fungsi keberadaan meja kopi di ruang tamu

Jika bermaksud menghadirkan coffee table yang bisa sekaligus sebagai tempat food rest, pilih coffee table bergaya ottoman yang dilengkapi upholstery. Tapi jika berniat untuk menjadikan coffee table sebagai area bermain, makan, menulis, dsb, maka pilih coffee table dengan ruang kosong di tengahnya.

Pertimbangkan dimensi dan ukuran meja kopi

Panjang coffee table berkisar antara 1/2 hingga 2/3 panjang sofa. Selain itu, ketinggian coffee table ini harus berimbang dengan tinggi dudukan sofa, bisa sedikit lebih rendah atau lebih tinggi. Kisaran ketinggian coffee table antara 40 cm – 50 cm kemudian letakkan sejauh 45 cm – 50 cm dari sisi sofa.


Sesuaikan dengan lebar ruang tamu

Ukuran dan dimensi coffee table harus disesuaikan dengan luas ruang tamu. Coffee table dari kaca dengan garis yang tegas dan terlihat sederhana cocok sekali diletakkan pada ruang tamu mungil dan minimalis. Sementara untuk coffee table yang lebar, besar, terbuat dari kayu nan kokoh cocok diletakan pada ruang tamu yang luas, untuk mengimbangi ukuran ruang tamu yang besar.

Coffee table persegi biasa dihadirkan di ruang tamu, namun cukup memakan banyak tempat. Untuk nuansa coffee table yang beda, tak ada salahnya memilih coffee table bundar guna meningkatkan sense of flow terutama di ruangan kecil.

Cocokkan dengan furnitur yang sudah ada

coffee table

Agar keberadaan coffee table tak terlihat aneh, mencolok, atau tidak pas, maka penting untuk mempertimbangkan furnitur yang sudah ada sebelum memilih coffee table. Sesuaikan ukuran, bahan, dan desain coffee table dengan furniture lain atau tema desain interior ruang tamu.

Untuk yang sedang mencari toko yang jual coffee table, bisa pilihan rekomendasi salah satunya yaitu toko oscar furniture store. Di sini bukan hanya menyediakan coffee table namun juga produk furniture lain. Keterangan lebih lebih lengkap bisa di cek di website oscarfurniturestore.com
*** 
sumber gambar: pixabay

No comments:

Post a Comment