A lifelong learner's digital journal you will read passionately

July 14, 2019

7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Cepat

Halo guiesse, gimana kabar?

Lagi musim nggak menentu bikin daya tahan tubuh perlu perhatian ekstra, termasuk juga perubahan pada kulit juga bagian bibir. Kalau kurang vit C bisa bikin sariawan yang bukan hanya susah untuk makan saja, namun juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan perih saat berbicara. Tentunya hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tenang aja, ada beberapa cara alami kok untuk mengobati dan mencegah datang kembali, seperti:

1. Jus Cranberry

cranberry

Cara enak mengobati sariawan dan tak perih adalah dengan jus cranberry. Cukup diminum sebelum makan sehari sekali, dan bisa sekaligus untuk memelihara daya tahan tubuh. Pastikan juga tak terlalu banyak mengandung gula agar kandungan manfaatnya tetap ada.
2. Pisang
Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki, buah pisang ini sangat bermanfaat bagi tubuh salah satunya adalah mengobati sariawan. Salah satu alasan mengapa menggunakan buah pisang ini karena tak akan terasa perih. Caranya gampang, haluskan aja pisang hingga menjadi pasta kemudian dicampur dengan madu. Kemudian oleskan pasta tersebut pada area sariawan dan diamkan selama 10 menit. Kalau udah kumur-kumur hingga bersih, lakukan secara teratur setiap malam sebelum tidur atau ketika ada waktu luang.
3. Es Batu
Ini cara paling gampang sih, pakai es batu. Es batu ini berguna buat mengempiskan sariawan saat sedang bengkak, bisa mengurangi rasa sakit juga. Caranya juga mudah sekali, cukup ditempelkan hingga mencair dan tak akan terasa perih dalam penggunaannya tentu saja. Nah buat mepercepat penyembuhan bisa pakai salah satu yang telah disebutkan dengan bahan alami dan kemudian dipadukan dengan es batu.

4. Kantong Teh

tea bag
Kantong teh selain buat menghilangkan kantung mata bisa juga untuk mengobati sariawan. Kandungan asam taninnya berfungsi sebagai anti virus yang bisa mengatasi sariawan dengan cepat. Jadilah penggunaan kantung teh ini bisa menjadi salah satu cara mengobati sariawan dengan cepat dan tak perih. Manfaat yang lain yaitu kantong teh ini juga bersifat basa yang bisa menetralisir lingkungan mulut yang asam. Sehingga bisa membantu penyambuhan dari rasa sakit sariawan sendiri. Caranya cukup gunakan kantong teh tersebut dengan menempelkan pada area sariawan dan biarkan selama 5 menit.

5. Kelapa
Kelapa seperti yang kita tahu memang dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki segudang manfaat. Mulai dari serabut, daun, batang, buah, tulang daun, dan lain sebagainya. Selain itu, kelapa ini juga mampu menyejukkan suhu tubuh yang bisa menyebabkan timbulnya sariawan lho. Caranya juga  gampang, cukup berkumur dengan air kelapa atau minum secara rutin aja. Selain itu bisa juga pakai minyak kelapa dan cukup dengan dioles. Bisa juga pakai santan yang dicampur dengan madu kemudian dioles. Bisa dilakukan sehari dua sampai tiga kali.
6. Susu
Ada banyak kandungan dalam susu yang bisa mempercepat penyembuhan sariawan tanpa rasa perih yaitu kalsium, magnesium, dan juga kandungan lemaknya yang mengandung anti virus. Pastikan juga pemilihan susunya tepat, bukan susu sasetan yang kandungan gulanya banyak. Lebih baik menggunakan susu murni atau susu formula yang biasa digunakan untuk pertumbuhan anak karena kandungan manfaatnya lebih banyak.
7. Kunyit
Kunyit punya kandungan antiinflamasi dan antibiotik yang bisa menyembuhkan sariawan. Caranya ditumbuk kemudian dioleskan di area sariawan dan dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

Nah itulah 7 cara mengobati sariawan dengan bahan alami. Jangan lupa pada jaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan pola istirahat. See you to the next post! 
***
imgsc: pixabay

No comments:

Post a Comment