Semarak Hari Koperasi Nasional ke 72 di Purwokerto



Seneng banget, pada tanggal 10-14 Juli 2019 kemarin berkesempatan mengikuti serangkaian acara Hari Koperasi Nasional ke 72 di kota sendiri, yaitu Purwokerto. Merupakan tahun pertama juga saya berkenalan dengan koperasi, sejak Oktober 2018 sih tapi waktu itu masih di bagian komunitas anakan yang dibentuk. Pertama kalinya juga saya ikut Harkopnas, dan langsung sekaligus event besar nasional yang pertama kali diselenggarakan di Kabupaten, biasanya di kota provinsinya. Pemilihan Purwokerto ini tak lain juga karena sejarah kelahiran koperasi ada di sini. Jadi ya selain megah, sakral juga acaranya. Kapan lagi juga ngikut even gede tapi di kota sendiri, yang dari penjuru daerah ke sini. Suka sekali dengan atmosfirnya kala itu

harkopnas expo 2019

Kebetulan juga jadi panitia lokal kecil-kecilan, karena memang banyak sekali bagian dari beragam rangkaian acara juga. Kemudian dibagi lagi saya menjadi penulis reportase buat berita di MyCoop selama 10-14 Juli kemarin. Asyik bener emang kalau ngerjain tugas sesuai passion, berasa kaya jurnalis beneran muter ke satu acara ke yang lainnya. Seru hahaha! Selain itu dapat akses dong kaya seminar, jambore, dan lain-lain. Terus nih, emang kan Harkopnas ini rangkaiannya udah dari Maret sampai Oktober nanti di seluruh Indonesia, tapi untuk puncak kemarin emang di Purwokerto dan banyaaak juga rangkaian acaranya. Nih dijabarin satu-satu:

JAMBORE KOPERASI (10-12 Juli 2019)

Ini  acara seruu banget dan lumayan menguras tenaga bagi teman-teman sepanitia karena udah lokasinya di Baturraden (minim sinyal karena masuk kaki gunung), beberapa kali perubahan jadwal acara, dan ngehandle peserta juga. Gimana nggak hectic kalau pesertanya dari seluruh daerah di Indonesia? Diikuti sekitar 400 peserta dari utusan dinkop provinsi se Indonesia, dinkop seJateng, Gerakan Koperasi seJateng, Kopma dan Koperasi Pemuda serta ada yang baru yaitu dari startup coop atau platform coop. Tema dari jambore ini yaitu Koperasi Milenial Inovatif Kolaboratif, jadi emang udah nggak jaman banget anggapan koperasi itu identik sama anggapan-anggapan lama dan outdated. 

jambore koperasi

jambore koperasi 2019

Rangkaian acaranya sendiri ada talkshow, seminar, dan lomba-lomba inovasi berhadiah, serta di hari terakhir ikut Puncak Harkopnas. Yang jadi peserta mah pokoknya seneng bener, karena talkshow sama seminarnya juga nggak ngebosenin, banyak dari pelaku startup. Udah gitu full akomodasi dan transportasi lokal. Seneng dong ketemu banyak teman baru dari berbagai latar belakang dan daerah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, DIY, Sulawesi, dan Papua.  Nama-nama kelompoknya juga unik-unik ada Pejuang, Blockchain, Kreatif, Inovatif, IoT, dll. Acara selama 3 hari 2 malam tersebut diharapkan menggerakan kembali semangat koperasi dengan kolaborasi ide dan inovasi, kembali mengenali jatidiri koperasi, paham akan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan berkoperasi, menjadi manusia yang dinamis dan militan dalam berkoperasi karena koperasi berada di tangan mereka yang tangguh.

DISKUSI KAFE: Digital Platform dan Kolonialisme Gaya Baru, Adakah Platform Koperasi Menjadi Solusi? (10 Juli 2019)

Sorenya turun buat liputan di beda tempat pada waktu malam. Ini nih menarik, ada 3 pembicara dan free entry. Jelas kudu ngikut dong apalagi pembicaranya keren-keren seperti Firdaus Putra (Komite Eksekutif ICCI & Direktur Kopkun Institute), Endy Chandra (Dirut PT. SKK), Novita Puspasari (Ka. Lab Koperasi Unsoed), dan Ahmad Haris (Pegiat Open Source Asia). Diskusi ini menanggapi tayangan CNN tentang kolonialisme mode baru akan pendanaan dari asing untuk startup karya anak bangsa, dan memberikan alternatif koperasi sebagai solusinya. Pendanaan ini yang nantinya akan mempengaruhi kepemilikan dari startup.

digitalisasi koperasi
digitalisasi startup koperasi


Efek digitalisasi kan apa-apa jadi serba mudah dan murah nih, termasuk koperasi juga yang udah bukan lagi hanya sebagai pengguna digitalisasi tapi berinovasi juga agar tak tergilas. Contohnya saat ini di Purwokerto sendiri sudah ada yaitu startup coop atau startup koperasi. Tricky banget bisa dibandingkan kalau ada even koperasi sama startup, maka masih banyakan startup dan dari sinilah kita berkolaborasi. 

Kemudian dari startup coop bisa berkembang lagi dengan membentuk venture community, jadi bukan venture capital dan membangun ekosistem koperasi dalam creative innovation hub. Sudah saatnya juga koperasi berani untuk unjuk inovasi yang akan menghadirkan sharing knowledge, skills, and experiences. Ah buset, nyangka nggak tuh koperasi udah ikut sejauh ini?

HARKOPNAS EXPO 2019 (11-14 Juli 2019)

Serangkaian Harkopnas ini emang tujuannya nggak eksklusif buat pegiat koperasi aja tapi buat seluruh masyarakat yang ada di sekitar. Ini expo juga luas dan rame bener sekalian ada macem-macem booth, food stalls, dan panggung hiburan. Selama 4 hari puas-puasin keliling Indonesia versi mini, ya emang boothnya tuh dari dinas koperasi seluruh Indonesia. Banyak kain, aneka kopi, makanan, kerajinan ada di sini semua. Kalau laper tinggal beli makanan, free entry lagi!

harkopnas expo 2019

expo hari koperasi nasional


SEMINAR NASIONAL KOPERASI (11 Juli 2019)

Ini juga menariiik bener, padet banget dari jam 8 sampai 4 sore di Hotel Aston, Purwokerto. Pematerinya banyak soalnya, sebut saja seperti Nurdin Halid (Ketua Dekopin), Rully Indrawan (Kemenkop UKM), Iwan Setiawan (Ketua KSB Mart), dan Dedi Setiadi (KG Koperasi Susu). Ngebahas ide, bisnis, dan koperasi sendiri. Pesertanya membludak dari kuota 300 ke 500 orang, dan lagi-lagi nggak dari pegiat koperasi aja tapi organisasi kepemudaan, bisnis, dan UKM.

Di sini diberikan opsi apakah mau bertransformasi atau mati karena sudah 72 tahun berdiri, tak ada lagi kata lamban dan kalah dengan sistem ekonomi liberal. Karena sistem koperasi ini sudah sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 memang sudah menjadi PR yang harus diperjuangkan bersama. Caranya gimana? Menurut Subhan Noviansa, pertama yaitu go digital (merupakan proses survival bukan hanya ditingkatkan), choose the right platfrom and partner (kolaborasi agar energi dapat berkembang untuk investasi mendatang), dan innovation (inovasi bisnis model bukan hanya produk).

seminar nasional koperasi 2019
seminar nasional koperasi

Heri Iskandar juga menambahkan yaitu manajemen office of human resources (OHR), organization, dan operational yang saling berkaitan dan perlu riset yang mendalam agar tak tergilas. Seminar dengan tema Reformasi Total Koperasi Mewujudkan Ekonomi Yang Berkeadilan ini juga diikuti dengan penandatangan MoU kerja sama. Nurdin Halid juga menambahkan bawasanya NKRI akan terjamin sepanjang masa jika menggunakan sistem koperasi dengan semangat gotong royong, kebersamaan, dan semangat kekeluargaan.

GREBEG KOPERASI (12 Juli 2019)                 
       
Merupakan pameran berjalan berbagai kesenian dari berbagai daerah di Indonesia seperti tari, kentongan, dan gunungan hasil bumi untuk menandakan rasa syukur atas berkembangnya koperasi di Indonesia.

PUNCAK PERINGATAN HARKOPNAS KE 72 (12 Juli 2019)

Ikut ini merinding banget, apalagi pas pemutaran sejarah koperasi di Indonesia. Betapa banyak orang yang memerjuangkan demokrasi ekonomi melalui koperasi. Presiden RI juga sebenarnya dijadwalkan hadir di Puncak Harkopnas ini tapi berhalangan hadir, tapi atmosfirnya tetep sakral sih. Diawali dengan Grebeg Koperasi, kemudian tarian tradisional, dan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah. Beliau mendukung ragamnya koperasi di Indonesia karena bukan hanya anggota yang diuntungkan namun masyarakat kecil dan menengah juga. 

puncak peringatan hari koperasi nasional 2019

puncak harkopnas 2019

Pemerintah juga turut mendukung gerakan koperasi ini seperti pengelolaan hutan sosial oleh koperasi, bantuan kapal dan alat tangkap hanya diberikan ke koperasi nelayan, dan lain-lain. Yang lebih membahagiakan lagi sambutan dari Nurdin Halid, beliau menyampaikan bahwa perayaan Harkopnas tahun ini menjadi yang terbesar apalagi bertempat di Kabupaten. Juga disampaikan kembali koperasi ini emang cerminan dari nilai-nilai bangsa Indonesia di mana kekuatan terletak pada anggota, bukan modal. Kemudian diakhiri dengan penandatangan MoU, pemberian penghargaan prestasi, dan diiringi 1000 kentongan oleh seluruh tamu undangan. Gilaaa, sore itu rasanya luar biasa sekali.

Ada dua even lainnya juga yang belum tertulis yaitu Ziarah Makam Wiraatmadja (11 Juli 2019) dan Seminar Koperasi: Raden Aria Wiraatmadja, Perintis Koperasi Perdana? Telisik Historisitas, Idealitas, dan Kontektualitas Koperasi Sebagai Model Ekonomi Rakyat (11 Juli2019) karena saat itu bukan saya yang ngeliput, bakal panjang juga nanti kalau buat postingan nyahaha. Luar biasa sih kemarin, jadi nggak cuma perayaan seremonial aja tapi sudah berinovasi dan bertumbuh. Temanya aja keren dong, Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0 , dan untuk seluruh kegiatan terangkum dalam satu aplikasi yaitu MyCoop. Di MyCoop ini tersedia jadwal kegiatan, lokasi, penginapan, aneka makanan khas dan oleh-oleh, nomor-nomor penting, salon atau pijat, dan lain-lain. Udh mulai keren kan?
 ***

16 comments

  1. Wah Juli kemarin ya ternyata acaranya, saya sendiri baru ada job dengan koperasi di Sukabumi nanti di awal Agustus.
    Oh iya mbak kalau mau baca seputar fotografi boleh mampir ke blog saya di gariswarnafoto.
    Makasih ya udah share artikelnya

    ReplyDelete
  2. Meriah banget acaranya mba. SeIndonesia ya. Keren banget panitianya bisa mengatur peserta sebanyak itu dengan agenda yang menyenangkan. Saya jadi flashback nih sama keindahan alam wisata Baturraden. Purwokerto alamnya memang terbaik. Tema acara yang keren juga, semoga acara serupa bisa berulang ya mba. Sukses :)

    ReplyDelete
  3. Seru banget acaranya, oh sejarah lahirnya koperasi di purwokerto ya, duh baru tau, ketauan banget dlu pas pelajaran ekonomi gak nyimak.. he
    wah ada inovsi baru ya Startup coop, semoga bisa menambah minat masyarakat terutama generasi millenial untuk jadi anggota koperasi.

    ReplyDelete
  4. Seru nih kalau dibuat gede gini acara koperasi, jadi gak kalah sama Bank-bank yang berseliweran. Masyarakat yang masih awam jadi semakin paham dengan sistem dan bentuk kerja Koperasi yang lebih menguntungkan.

    ReplyDelete
  5. wuah rame banget ya peringatan harkopnasnya
    apalagi pas 1000 kentongan dibunyikan rame-rame..


    loh, ada pemkab jember...
    di sini koperasi2 di seluruh wilayah bersatu padu ya...
    ya semoga dengan berevolusinya koperasi, orang2 makin cinta, sayang dan memanfaatkan koperasi sebaik-baiknya

    ReplyDelete
  6. Gak nyangka juga yah, koperasi sekarang sudah semakin keren. Perlu nih ada sosialisasi lebih lanjut supaya masyarakat sekitar semakin paham akan koperasi. Apalagi menghitung sistem yang lebih menguntungkan juga, toh. Mantap!

    ReplyDelete
  7. Wah.. Keren acaranya. Banyak banget yang hadir. Rangkaian acaranya juga banyak dan menarik. Pasti senang banget yang bisa join acaranya.

    Semoga Koperasi Indonesia semakin jaya dengan berbagai inovasinya. Termasuk juga dengan teknologi. Keren..

    ReplyDelete
  8. ramai ya yang datang, pake baju merah-merah. pasti seru tuh kumpul dengan banyak orang.
    Ngomong-ngomong tentang koperasi jujur aku belum begitu mendalami, padahal kan bagusnya kita semua jadi anggota koperasi

    ReplyDelete
  9. Mantul..
    Dari namanya acaranya saja Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0 yang pasti pengunjungnya ialah melek Teknologi. Tapi itu acara di tempat yang kurang bagus jaringannya, tema tersebut akan menjadi Lips Servis doang.
    Heheheehe. Semoga Koperasi Di Indoneaia semakin berinovasi.

    ReplyDelete
  10. Peringatan Hari Koperasi yang keren, mengajak anak muda dan masyarakar mengenal koperasi. Bukan sebagai suatu hal yang ketinggalan zaman, tetapi terus berinovasi dan mengikuti teknologi.

    ReplyDelete
  11. Wah iya ya berasa keliling indonesia versi mini.
    Btw,aku baru tau sama hari koperasi ya ampun, hahaha

    ReplyDelete
  12. Acaranya seru banget mb dna rame pula, jadi pengen ikut.

    Mba Marfa asal Purwokerto?
    Saya juga asal sana toh mba, tempatku di desa pliken, .
    Kalau ke baturaden sekitar kurleb 10menitan. ")

    ReplyDelete
  13. Waah ternyata peringatan Hari Koperasi sudah ke 72 tahun, pantas dirayakan dengan meriah apalagi sekarang koperasi sudah berkembang sedemikian rupa di era digital ini

    ReplyDelete
  14. Mau ga mau koperasi juga berinovasi ya Mbak. Keren ada jamborenya segala. Di era digital gini pasti harus ada perubahan

    ReplyDelete
  15. Wah Juli peringatan Hari koperasi. Alhamdulillah koperasi masih eksis ya mbak, apalagi ditambah kemajuan teknologi gtu, emang mau gak mau harus mengikuti dengan mengadakan bbrp perubahan yang mengikuti zaman

    ReplyDelete
  16. Udah keren banget kak acaranya. Seru deh hari puncak koperasi semeriah ini. Di Jakarta adem ayem aja malah*

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)