USB OTG SanDisk Dual Drive: Solusi dan Kemudahan Back Up Data Smartphone Untuk Semua Orang

Halo, apa kabar?

Ada yang di sini aktif main Twitter? Kalau ada, pasti nggak cuma sekali dua kali aja menemukan berita kehilangan laptop di linimasa. Yang menjadi urgensi adalah berkas-berkas penting di dalamnya, dan yang menjadi perhatian adalah rata-rata berkas tersebut adalah skripsi—artinya milik seorang mahasiswa. Di era sekarang padahal sudah banyak cara untuk mencadangkan berkas, dimulai dari flashdisk, atau cara yang mudah secara daring yaitu email dan mengunggah di penyimpanan daring seperti Google Drive. Belajar dari pengalaman kehilangan tersebut yang tentu saja tak ingin kita alami, sebaiknya kita melakukan back up secara berkala. Pun, perlunya double back up data secara berkala ini bukan hanya sebagai antisipasi resiko kehilangan saja, namun ketika tiba-tiba perangkat rusak kan sudah tenang.

san disk usb otg android dual drive

Kalau kasus di atas itu laptop ya, orang cenderung akan lebih mencadangkan berkas kalau pakai laptop karena resikonya lebih terlihat. Bagaimana kalau smartphone atau gawai? Nah, padahal kalau dilihat resiko berkas di gawai itu mudah sekali buat terhapus dan tak bisa dikembalikan. Apalagi biasanya foldernya berantakan alias kurang terorganisir, mau menghapus buat kosongin memori rasanya #DibuangSayang. Pengalaman pribadi, kala masih punya gawai dengan RAM yang minim kemudian mengalami bootloop. Sudah sedemikian rupa berusaha mengembalikan namun ternyata ya hilang semuanya beserta aplikasi-aplikasi yang terpasang. Mana kan kalau unggah foto-foto lagi udah lupa dari mana aja kan ya?

Kebiasaan akan masih sedikitnya kesadaran back up oleh pengguna gawai di Indonesia ini udah ada studinya tersendiri loh oleh Western Digital dengan judul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, nih infografisnya:

sc: competition.c2live.com

Apalagi, buat bloger mah rata-rata dokumentasi foto via gawai. Udah beribu foto yang diambil dan kemudian pas dibutuhin hilang karena mungkin nggak sengaja terhapus kan sedih juga. Eh, eh, tapi ribet ah ye kalau mau back up-back up, harus pakai kabel data dan colok ke laptop! Hayo, siapa yang masih berpikiran seperti ini, pasti belum kenal OTG nih.

Iyees, buat yang beli gawai tahun-tahun sekarang itu emang udah lengkap-lengkap dan pinter-pinter, ngga cuma ngandelin kamera keren, ruang penyimpanan besar, atau fast charging yaitu support OTG! Gampangannya, USB OTG ini seperti flashdisk seperti kita saat menggunakannya di laptop. Jadi nggak ada lagi tuh istilah ribet-ribet nyalain laptop, colok sana-sini. See? Kalaupun gawai mati, bikin postingan tetep jalan lah sama laptop.

san disk usb otg android dual drive

Nah karena ada keresahan akan kebiasaan lupa back up file tersebutlah Western Digital melalui brand SanDisk mengeluarkan solusinya bagi kita. Namanya USB OTG SanDisk Dual Drive untuk Andorid dan iXpand Flash Drives untuk iPhONE. Pasti udah familiar sama brand SanDisk ini kan, saya juga punya dalam bentuk flash disk dan camera memory card hihi. Uniknya lagi, USB OTG SanDisk ini bisa loh buat back up konten media sosial—jadi nggak perlu khawatir kehilangan konten yang penting dari akun medsos. Lain lagi buat gamers, dengan kapasistas kartu memori dengan spesifikasi A23 SanDisk Extreme microSD pengguna akan lebih nyaman saat bermain mobile game karena pemuatan aplikasi lebih cepat. Jadi saya asumsikan, dengan bentuk yang sederhana dan sekecil ini, USB OTG SanDisk adalah solusi dan kemudahan semua orang dalam penyimpanan data. Cakeeeep! Buat saya, multifungsi banget sebagai mahasiswa, bloger, dan pegiat media sosial!

Nah, jangan sampai salah antara USB OTG sama flashdisk ya meskipun ada beberapa bentuknya yang mirip. Biar lebih mudah simak juga video berikut:


Jadi, itu dia temen-temen mengenai USB OTG #SanDiskAPAC ini. Harapannya setelah adanya artikel ini temen-temen senantiasa rutin memback up data ya. Dengan kemudahan seperti yang telah disebutkan di atas, jangan nunggu nyesel dulu. Buat yang bingung mau beli di mana dan terpercaya, temen-temen bisa beli secara online di tautan ini. Sooo, yuk back up data. Say NO to ribet-ribet dan nyesel. Karena hidup udah banyak hal-hal yang perlu diperbaiki, untuk urusan back up data smartphone kali ini kan udah ada solusinya yaitu USB OTG SanDisk, jadi istilah kalau bisa susah kenapa harus mudah nggak berlaku dulu lah yaaa. Hihihi. Kalau kamu, gimana cara merawat data dan file dalam gawaimu?
***

40 comments

  1. Wah memang memudahkan banget nih ya Mbak kalau menggunakan USB Otg yang satu ini

    ReplyDelete
  2. Pakai SanDisk praktis banget, gk perlu colok ke laptop atau nyari kabel data. Backup data jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  3. Kadang kalau lagi di even atau sedang jalan-jalan, waktu mau foto-foto dan ngerekam gambar, eh ... storage hape malah penuh, Kalau udah gitu, jadi mati gaya, deh!
    Memang perlu banget ya nyediain USB OTG SanDisk, supaya bisa ambil foto dan video untuk konten

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya apalagi dulu pas jaman hp masih 2gb, sad

      Delete
  4. Saya juga pakai ust otg m3 dari Sandisk, bentuknya mini tapi fungsinya banyak banget.. salah satunya bisa jadi tempat backup data smartphone :)

    ReplyDelete
  5. Bener banget, aku pas jual laptop juga lupa backup akhirnya dataku ilang semua. Hiks.. padahal yg ilang sealbum foto pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sebagai pembelajaran lain kali kak Retno hehe

      Delete
  6. OTG ini bantu banget buat pindahin data secara praktis, aku juga punya satu jadi mau pindahin data dari dan ke hp lebih mudah.

    ReplyDelete
  7. Membantu bange ini tuh, buat nyimpan data tahunan juga oke.

    Kapasitasnya besar, dan simple.

    So, recommended banget

    ReplyDelete
  8. Keren bangetlah mereka keluarin flashdisk tipe ini. Soalnya aku selama ini selalu backup di sandisk FD biasa, sistemya pake kabel konektor gitu. Seringnya goyang, jadi datanya corrupt, hiks. Kalau ada OTG kan enaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya sedih banget kalau kayagitu kaak,memang otg ini mantep betul

      Delete
  9. wah memang ya.. kecil namun sangat bermanfaat sekali ya

    ReplyDelete
  10. Bentuknya lucu, kecil mungil bisa dibawa kemana aja..
    Apalagi kalau lagi hunting video dan foto, perlu banget ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, satu barang baru untuk traveling nih

      Delete
  11. Aku sering males buat back up data hp karena ribet.
    Jadi pengen USB ini, biar gampang back up data hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak otg ini cocok banget mah krn nggak ribet

      Delete
  12. Bentuknya simpel bgt, kecil gitu. Soon bakal beli nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kecil-kecil kegunaanya sangat bermanfaat ey

      Delete
  13. saya punya ini USB OTG dari SanDisk cuma versi yang lama mbak, dan luar biasanya lagi USB OTG yang saya miliki tangguh dan awet bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih banyak yang bilaang tangguh dan awet sekali :D

      Delete
  14. Aduh ngeri sih itu yang hilang laptop, untuk masa-masa pembuatan tugas akhir udah lewat. Tapi baut yang masih ngerjain atau bentar lagi mau ngerjain, backup ini penting banget sih emang. Bukan cuma data di laptop, data di hp juga penting tuh. Sosmed dan segala macamnya, untung sekarang ada USB OTG Sandisk ya. Memudahkan banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya terutama untuk backup data penting banget ya secara berkala :)

      Delete
  15. Beberapa kali baca review SanDisk ini, jdi pensaran aku .Pengen nyoba jga. .Kayak nya membantu bgt.

    ReplyDelete
  16. Reviewnya mantapn mbak
    aku jadi pengen sanDisk yg 128 GB
    kayaknya turah2 banget kl mau simpen foto or video hahaha

    ReplyDelete
  17. Sangat cocok nih, buat aku yg suka pindah data dari handphone nih kak

    ReplyDelete
  18. Aku rutin backup data sejak ada USB OTG SanDisk mbak, karena transfernya cepat dan mudah

    ReplyDelete
  19. Aku juga pake sandisk ini. Yang transparan juga. Tapi warnanya abu2. Spesifikasinya mah gak diragukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah menyenangkan sekali pastinya ya kak :)

      Delete
  20. aku juga pake sandisk otg, tapi yang beda tipe, enak banget, kalo hp udah maraung-raung kepenuhan, tinggal colok dan pindahin foto2 yang bejibun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jadi mudah ya, nggak ada lagi tuh hapus2in foto

      Delete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)