4 Pilihan Aplikasi Absensi Online Terbaik


Perubahan sistem kerja virtual office atau saat ini populer disebut Work From Home (WFH) membuat pengusaha harus menggunakan aplikasi absensi online. Apalagi, jika perusahaan mempunyai ribuan karyawan, tentu membutuhkan software absensi yang memiliki fitur lengkap. Salah satu fitur penting pada aplikasi yang dimaksud adalah GPS.

Aplikasi absensi berbasis GPS (Geo-location / Geo-tagging Attendance) merupakan aplikasi absensi online untuk membantu perusahaan dalam memantau ataupun melacak posisi karyawan saat melakukan absensi menggunakan teknologi GPS.

Secara spesifik GPS memungkinkan arus data atau informasi yang akurat antara pihak perusahaan dan karyawan. Dengan fitur GPS ini tak hanya arus informasi saja namun distribusi tugas juga mudah disampaikan perusahaan kepada karyawan secara jelas dan cepat.

Jika Anda membutuhkan aplikasi absensi karyawan berbasis GPS, berikut ini 4 aplikasi yang direkomendasikan.

Talenta

aplikasi absensi karyawan talenta

Talenta merupakan software HR & Payroll berbasis cloud terbaik saat ini. Aplikasi dengan fitur GPS yang dikembangkan oleh Mekari ini mempermudah pengelolaan data karyawan  termasuk absensi karyawan secara online juga penggajian karyawan. Tak hanya GPS namun software ini juga dilengkapi dengan fitur selfie.

Dalam pengoperasiannya, perusahaan dengan mudah mengatur toleransi keterlambatan karena dapat diintegrasikan dengan sistem absensi biometric seperti yang terdapat pada absensi fingerprint. Talenta aplikasi absensi online juga dilengkapi fitur time tracking serta penyesuaian otomatis pada sistem penggajian.

aplikasi absensi online talenta

Adapun fitur selfie yang ditanamkan pada aplikasi ini adalah fitur shift scheduling. Fungsinya untuk memudahkan penentuan sistem shift pada karyawan. Sebaliknya karyawan juga dapat mengunduh Talenta secara gratis via smartphone untuk kepentingan absensi online, pengajuan jadwal kerja, pengajuan cuti dan lain-lain.

Untuk urusan pricing, aplikasi Talenta mempunyai 2 pilihan kategori. Yang pertama kategori business dan kedua enterprise (biasanya untuk perusahaan besar).

Timesheet Mobile

Tak jauh beda dengan Talenta, Timesheet Mobile juga merupakan aplikasi absensi online yang dilengkapi fitur GPS. Uniknya, aplikasi ini juga memiliki fitur violation alert dan fitur chat layaknya WhatsApp. Fitur violation alert sendiri berfungsi untuk mendeteksi karyawan yang melakukan pelanggaran absensi baik secara sengaja atau tidak sengaja.

Pricing dari Timesheet Mobile cukup beragam pilihannya. Fitur paling terbatas ada pada pilihan Basic Plan sedangkan kategori Per-Punch Plan merupakan tambahan untuk fitur chat serta manajemen proyek. Sedangkan fitur yang lebih lengkap lagi ada pada kategori small business dan medium business, juga large business.

Tsheets

Sama seperti Talenta dan Timesheet Mobile, Tsheets adalah aplikasi absensi berbasis online yang juga dilengkapi fitur time tracking. Di samping itu aplikasi ini juga mempunyai fitur pengaturan shift serta assignment kerja antar para karyawan. Tsheets bisa digunakan baik untuk perusahaan kecil maupun besar. Untuk pricing, aplikasi ini sama seperti Talenta yang memiliki dua kategori yaitu premium dan elite (biasanya untuk kebutuhan perusahaan besar).

Hubstaff

Aplikasi absensi karyawan Hubstaff ini seperti Talenta karena memiliki kelengkapan fitur yang hampir sama. Misalnya HRIS dan Payroll. Karyawan juga bisa melakukan absensi online otomatis menggunakan fitur GPS, sebaliknya perusahaan juga dengan mudah melakukan time tracking.

Hubstaff juga bisa diintegrasikan dengan sejumlah aplikasi bisnsi yang lain, misalnya dengan Quickbooks. Sedangkan untuk pricing terdapat 3 kategori, basic, premium serta enterprise untuk perusahaan lebih besar.

Menggunakan aplikasi absensi online maka perusahaan yang Anda kelola menjadi lebih lean dan fleksibel, di samping tentunya mampu beradaptasi dengan laju perkembangan teknologi. Menariknya, jika memilih aplikasi absensi Talenta Anda diberi kesempatan melakukan uji coba secara gratis selama 3 bulan. Kunjungi Talenta.co untuk informasi selengkapnya.

1 comment

  1. Aplikasi absensi berbasis online sepertinya termasuk aplikasi yang booming di tengah pandemi ya, Mbak? Instansi-instansi dan perusahaan sepertinya harus pakai absensi model gini nih.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)