Tips Otomotif Agar Mobil Lawas Tetap Terlihat Baru

Memiliki mobil lawas terkadang memiliki keuntungan tersendiri. Ada yang mengatakan bahwa mobil lawas terkesan unik, klasik, dan langka. Adapula yang mengatakan bahwa mobil lawas mesinnya tetap awet dan apabila dijual harganya bisa melambung tinggi. Berdasarkan tips otomotif, kualitas mobil lawas tentunya harus selalu dirawat agar tetap bernilai jual tinggi. 

Bagaimana cara merawat mobil lawas agar tetap berkualitas dan tetap terlihat baru? Simak tips-tips sederhana di bawah ini, ya! 

tips merawat mobil
img: KonradJanik, pixabay

1. Rutin Servis dan Dibersihkan Sesuai Tips Otomotif 

Kunci awet setiap mobil pada dasarnya sama, baik itu mobil baru atau mobil lawas. Untuk mobil lawas, memang membutuhkan perawatan khusus. Agar selalu tampak prima, jangan lupa untuk selalu melakukan servis dan membersihkannya dalam jangka waktu tertentu secara bulanan. Tips otomotif terbaru ini sangat mudah dilakukan, apalagi sekarang ada pilihan untuk mendatangkan jasa servis ringan di rumah jika Anda enggan untuk membawanya ke bengkel. 

2. Langsung Dibersihkan Apabila Terkena Hujan 

Air hujan tidak baik untuk kondisi mobil karena dapat menyebabkan korosi. Oleh karena itu, apabila mobil Anda terkena hujan, tips otomotif yang harus dilakukan adalah dengan segera membersihkannya secara langsung. Dengan demikian potensi terkena korosi dapat diminimalisir dan mobil menjadi lebih awet.

3. Perbaharui Cat Mobil Secara Berkala 

Agar mobil lawas tampak selalu baru, Anda juga bisa memperbaharui catnya secara berkala. Biasanya dalam beberapa waktu cat sebuah mobil dapat mengelupas atau memudar. Dengan rajin memperbaharui, mobil lawas sakan selalu tampak seperti mobil baru dan memberikan rasa kepuasan sendiri.

4. Jangan Lupa Untuk Selalu Mengecek Kondisi Mesin 

Tidak hanya kondisi luar mobil yang harus diperhatikan, kondisi dalam utamanya mesin pun perlu diperhatikan. Mesin mobil lawas biasanya agak berbeda dengan mobil baru dan perlu perawatan khusus. Agar mesin tidak rusak dan menghambat performa mobil, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi mesin secara berkala apakah masih berfungsi atau membutuhkan perbaikan.

5. Hindari Parkir di Tempat yang Lembab 

Tips otomotif yang satu ini layak juga untuk diperhatikan. Sama halnya ketika mobil sering terkena hujan yang dapat membuat tampilannya menjadi kusam dan menyebabkan korosi, begitu juga dengan keadaan tempat yang lembab. Usahakan untuk selalu menempatkan atau memarkir mobil di tempat yang cukup terkena cahaya agar kondisi mobil tidak cepat rusak. 

6. Gunakan Berkeliling Agar Tidak Turun Mesin 

Mengecek kondisi mesin saja rasanya tidak cukup dan amat sayang jika mobil lawas yang unik hanya diletakkan di garasi saja. Sesekali bawa mobil tersebut keluar untuk jalan-jalan. Konon mobil yang suka diajak jalan-jalan akan lebih awet karena mesin tetap dipakai dan jauh dari kondisi rentan seperti turun mesin.

7. Ganti Oli dalam Masa Tertentu 

Penggantian oli biasanya melihat kilometer yang sudah ditempuh. Namun, untuk mobil lawas yang hampir jarang digunakan, patokannya tidak hanya melihat kilometernya saja. Anda dapat mengganti olinya untuk jangka waktu tertentu, misalnya 2 atau 3 bulan sekali. Tujuaannya tentu saja agar mobil tidak mudah rusak dan awet.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan banyak tips otomotif tentang mobil atau motor dapat mengunjungi website otoloka.id. Di sana Anda akan dapat menemui beragam informasi tidak hanya berupa tips dan trik berharga saja. Informasi tentang review, modifikasi dan yang lainnya akan mudah Anda temui. Beritanya yang selalu up to date tentu saja akan sangat berharga bagi Anda pecinta otomotif. Tunggu apalagi segera kunjungi dan nikmati beragam manfaatnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua, ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

  1. Semoga segera kebeli mobil, ya, kak, tapi kalo gak beli juga gak apa-apa sih, biaya perawatannya lumayan juga :D

    Visit sama follow blog baru aku kak catatanpoji.blogspot.com, I'm back to blogspot, wordpress banyak pluginnya yang premium, ribet. Hahaha :D

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)