Tips Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak


Kita pasti sepakat kalau pendidikan adalah proses penting dalam hidup manusia untuk memperluas dan menambah ilmu, membuka cara pandang baru, mempertajam minat dan lain-lain. Para orang tua berlomba-lomba memilih institusi pendidikan yang terbaik untuk anaknya, tentunya agar anak dapat belajar secara maksimal dengan kualitas pengajaran dan fasilitas yang baik. Yang tak kalah penting dari memilih kualitas pendidikan terbaik adalah menyiapkan tabungan pendidikan anak.

tabungan pendidikan

Untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik, maka sangat penting untuk memiliki dana tabungan pendidikan bagi anak dari usia preschool hingga kuliah. Dana pendidikan ini masuk ke dalam investasi jangka panjang, terutama karena biaya pendidikan setiap tahunnya mengalami kenaikan. Tentunya investasi ini masuk menjadi salah satu pertimbangan bagi yang akan menikah atau bagi para orang tua muda.

Strategi Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Memiliki dana pendidikan saat ini tentunya harus memiliki strategi yang tepat, tak hanya mengandalkan dari satu tabungan saja. Namun sebelum memilih aneka jenis investasi untuk tabungan pendidikan, penting untuk memertimbangkan hal-hal ini sebelumnya;

1. Pemilihan Lokasi Sekolah/Perguruan Tinggi

Perencanaan akan tabungan pendidikan tak bisa memperkirakan dengan ukuran yang mengambang, maka dari itu penting untuk memutuskan dahulu di mana anak akan bersekolah atau perguruan tinggi saat usia anak memasuki masa kuliah. Perhatikan juga jurusan kuliah yang akan diambil, terutama karena menyangkut biaya saat kuliah nanti. Pertimbangan ini sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu bukan hanya pada kualitas sekolah dan biaya operasional, namun juga bagaimana lingkungan sosial di sekitarnya karena menyangkut dengan biaya.

2. Gunakan Perkiraan Kenaikan Biaya Pendidikan

Setelah melakukan survey dan menemukan jumlah biaya, jangan lupa juga untuk memperkirakan biaya pendidikan per tahunnya mengikuti kenaikan inflasi. Meskipun nantinya memiliki lebih dari satu tabungan, perkiraan akan kenaikan biaya ini perlu dipertimbangkan.

3. Perhatikan Utang Konsumtif

Jika memiliki utang konsumtif, lebih baik masukan pada prioritas utama untuk dilunasi terlebih dahulu agar tak menganggu tabungan dana pendidikan karena utang konsumtif tiap tahunnya memiliki nilai yang turun.

4. Perhatikan Proteksi

Selain memiliki tabungan konvensional dan investasi untuk dana pendidikan, pastikan juga memiliki proteksi berupa dana darurat atau asuransi.

Pilihan Produk Investasi Untuk Tabungan Pendidikan Anak

Setelah mempertimbangkan strategi dalam menyiapkan dana tabungan pendidikan anak, maka selanjutnya memilih instrumen untuk investasi dari jangka pendek sampai jangka panjang selain tabungan konvensional seperti biasa, yaitu:

1. Deposito

Deposito dapat digunakan sebagai produk investasi jangka pendek karena sifatnya dapat dicarikan sesuka hati berdasarkan jangka waktu yang disepakati.

2. Reksadana

Reksadana cocok untuk investasi pendidikan dengan resiko yang rendah dan aman serta memiliki keuntungan yang lebih besar. Reksadana dapat digunakan untuk investasi menengah dan jangka panjang dan terdiri dari berbagai jenis seperti reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana pasar uang.

3. Emas

Emas sendiri cenderung memiliki harga yang tetap dan bahkan naik harganya tiap tahun. Maka emas dapat dijadikan sebagai investasi jangka pendidikan untuk dana pendidikan apalagi untuk orang tua atau pasangan muda yang baru menikah. Emas saat ini dapat diperoleh dengan mudah seperti tabungan emas dan dapat dilihat saldonya melalui smartphone.

4. Investasi Properti

Properti juga bisa menjadi pilihan jika memiliki modal berlebih, bukan hanya untuk dana pendidikan saja namun bisa sekaligus untuk keperluan lainnya. Properti sendiri hampir sama dengan emas karena harga properti cenderung naik tiap tahunnya. Pun dengan investasi properti, dapat digunakan sebagai passive income dengan menyewanya. Namun pastikan dahulu secara detail dan hati-hati dalam memilih properti untuk investasi.

Ketika menjadi orang tua, pasti memiliki keinginan agar anak mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik demi menyongsong masa depan yang cerah. Keingingan ini tentunya perlu strategi yang matang dan usaha dengan memiliki setidaknya 2-3 bentuk investasi tambahan untuk tabungan pendidikan anak. Yuk siapkan yang terbaik!

Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

2 comments

  1. betul, biasa para orang tua akan menyiapkan tabungan terpisah untuk biaya anaknya bersekolah nanti :D semoga semua diberikan kelancaran dan rezeki yang cukupi agar dimampukan hingga anak menjadi berhasil

    ReplyDelete
  2. tips yang luar biasa... saya juga mempersiapkan untuk anak saya, metode insurance.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)