7+ Akun Instagram Tentang Kesehatan Mental Yang Wajib Follow

Saya beruntung karena sekarang banyak akun yang membahas mengenai kesehatan mental. Dari dulu, saya pribadi memang menyukai topik pengembangan diri, bukan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan saja namun juga bagaimana berdamai atau menerima kekurangan dalam diri. Melalui konten-konten yang mereka buat, saya serasa jadi punya mentor, ngerasa nggak sendirian, dan bisa lebih embrace sama kekurangan yang malah bisa jadi justru itu pelengkap dalam hidup. Misalnya energi negatif asalkan disikapi dengan cara yang benar, justru akan semakin menguatkan kita dalam bertumbuh.

kesehatan mental info
ilustrasi: pixisuperstar

Dengan mengikuti akun-akun ini, saya juga jadi menghabiskan waktu bermain di media sosial secara efektif dan tak terbuang begitu saja. Malah terkadang, saya mendapat inspirasi dari situ dan bukan hanya sekadar informasi baru. Saya mencoba mengumpulkan akun bertemakan kesehatan mental rekomendasi yang selama ini saya ikuti untuk dapat kamu intip juga. Bentuknya beragam ya, ada yang memang platform khusus membahas kesehatan mental dan keseharian, platform yang khusus berisikan konten dengan pendekatan cerita orang, perorangan, aplikasi untuk berkonsultasi, atau topik kesehatan mental sekaligus pengembangan diri. Berikut daftar dan salah satu contoh kontennya:

1. Platform Konten Alternatif

- Menjadi Manusia (@menjadimanusia.id)

 Platform yang sampai saat ini menjadi favorit saya, baik di Instagram, YouTube, ataupun podcast. Menjadi  Manusia menghadirkan perspektif dan cerita dari cerita-cerita orang, ada yang bagaimana berdamai dengan kegagalan, ada yang berjuang dengan mental issuenya, karyanya, dan lain-lain. Ketiga co-foundernya sendiri juga memiliki masing-masing ceritanya saat mendirikan Menjadi Manusia. Salah satu misi MM sendiri juga agar mengajak bahwa kita tak pernah sendirian dalam menghadapi masalah, dan untuk lebih berempati pada perbedaan di luar sana. Pendekatan MM ini keseharian yang ada di sekitar kita yang seringkali luput karena sebatas memikirkan diri sendiri, dan juga humanis.

Menjadi Manusia juga mengadakan open submission dari pembaca, kebetulan saya pernah mengirimkannya dan dimuat dalam judul Vakansi Tak Menyenangkan dan Betapa Tak Enaknya Menjadi Biasa Saja serta dalam podcast dengan judul Kita Tak Akan Selamanya Mendengarkan Lagu-Lagu Sedih. 

menjadi manusia rhaka ghanisatria

- Satu Persen (@satupersenofficial)

Favorit yang lainnya! Kalau di Satu Persen ini lebih praktikal bagaimana mengajak untuk mempelajari hal-hal di kehidupan yang tak diajarkan di sekolah melalui video-video di YouTube. Bahasannya terutama pengembangan diri dan kesehatan mental, namun mereka juga membahas mengenai karir, keuangan, dan filsafat. Saya pernah membuat postingan sendiri mengenai Satu Persen di Satu Persen: Now You Know A Little About Eeverything dan di sana sudah lengkap berisikan video-video SP favorit saja.

Video-video yang dibawakan nggak ngebosenin dan berasa lagi nongkrong sama temen-temen akrab.  Selain itu, Satu Persen juga menyediakan layanan mentoring sesuai dengan kebutuhan seperti mengatasi kecemasan, overthinking, mencari tujuan hidup, dan kelas introvert. See? Kelihatannya aja sepele dan bisa dilakukan dengan cara-cara yang natural. Namun percayalah Satu Persen membawa banyak insight yang berbeda dan detail, bagusnya lagi mereka nggak menggurui. Jadi, sebanyak apapun pilihan saran ala Satu Persen, pada akhirnya keputusan akan selalu ada di tangan kita. Filosofinya juga keren, yaitu menjadi lebih baik setidaknya satu persen setiap harinya.

satu persen

- Perempuan Gagal (@perempuangagal)

Kalau dari lagu Perahu Kertasnya Maudy Ayunda, saya senang ada platform Perempuan Gagal ini lahir. Inisiatornya sendiri yaitu Ayu Kartika Dewi yang berangkat dari keresahannya untuk menormalisasi kegagalan dan bukanlah sebuah sesuatu yang harus ditutup-tutupi. Justru dengan kegagalan ini, kita dapat bertumbuh dan belajar darinya. Seneng sih, lagi-lagi berasa nggak sendiri buat bisa pamer kegagalan. Sering juga ngadain live dengan tema kesehatan mental dalam keseharian seperti insecurity. Nah buat teman-teman yang baru nemu Perempuan Gagal ini, saya sarankan nonton video-videonya di YouTube dan semoga nggak malu lagi dengan gagal-gagalmu kemarin.

perempuan gagal instagram

- Great Mind (@greatmind.id)

Great Mind sendiri sebetulnya lebih ke kumpulan pikiran-pikiran terbaik di negeri ini yang mungkin belum terlalu menjadi banyak perbincangan. Nah saya suka pembawaan dari Great Mind ini yang walaupun memang berprogres, namun nggak perlu terburu-buru harus segera. Untuk Great Mind sendiri selain di Instagram, juga ada artikel-artikel di Websitenya untuk detail yang lebih mendalam. Seperti misalnya pada artikel Bercakap Bersama Rara Sekar: Menanam Kehidupan yang membawa insight bahwa betapa dari menanam aneka tumbuhan di lahan rumah dapat mengajarkan banyak hal dalam kehidupan. Pengalamannya ini didapat sewaktu kuliah di Selandia Baru bersama Ben Laksana. Jika teman-teman penasaran, langsung menuju artikel-artikel Great Mind ya.

akun instagram great mind

- Kita Mendengarkan (@kitamendengarkan)

Kita mendengarkan ini saya temukan pertama kali di Facebook dan mempunyai infografis yang rapi dan menarik. Sayangnya untuk di Instagram saat ini masih belum terlalu aktif, sepertinya sebentar lagi akan menyediakan layanan untuk berbagi cerita atau curhat. Namun, boleh untuk melihat terlebih dahulu konten-konten mereka.

pentingnya kesehatan mental

Baca juga: Pentingnya Kesehatan Mental

2. Praktisi/Perseorangan

- Jiemi Ardian (@jiemiardian)

Dokter Jiemi aktif membagikan hal-hal seputar kesehatan jiwa di media sosial Twitter dan Instagram. Membantu banget untuk orang awam apalagi karena stigma di kesehatan mental masih lekat. Di YouTubenya juga aktif mengunggah topik-topik perihal kesehatan mental dan dijelaskan dengan ilmu psikiatri. Kalau liat threadnya di Twitter atau video-videonya, saya jadi paham mengapa manusia cenderung berperilaku A, B, atau C dan semuanya ada ilmunya. Enaknya jadi bisa terus sekalian belajar mengenali emosi dan diri sendiri. Paling membantu seperti memvalidasi perasaan namun bisa mengontrol aksi, perihal menyembuhkan luka batin, sampai bahasan relationship.

jiemi ardian psikiater

- Adjie Santosoputro (@adjiesantosoputro)

Adjie Santosoputro sendiri merupakan praktisi mindfulness yang aktif membagikan bagaimana diri sendiri mengenal, melihat luka batin, dan postingan-postingan mengenai manajemen diri. Dari akun ini saya belajar untuk menyadari masa kini, untuk bagaimana meredakan kecemasan, untuk meletakan hal-hal nggak penting yang bisa bikin ovethinking, dan tentunya memang untuk lebih sadar akan hal sekitar. Karena, seringkali pikiran kita terjebak entah di masa lalu dengan penyesalan atau masa depan yang belum pasti. Padahal ada masa kini yang sebenar-benarnya kita dan nyata terhadap apa-apa yang dapat dijangkau di depan mata.
adjie santosoputro

3. Media Informasi

- Pijar Psikologi (@pijarpsikologi) 

Pijar Psikologi ini informatif sekali dalam memberikan penjelasan-penjelasan mengenai kesehatan mental dan psikologi. Artikel-artikelnya juga bukan hanya dibawakan dengan penjelasan yang tidak kaku, namun juga menyediakan layanan curhat secara gratis dengan psikolog yang tersebar di Indonesia.

pijar psikologi media informasi

- Into the Light (@intothelightid)

Saya mengenal Into the Light pertama kali dari dari majalah Grand Story Magazine, ITL ini berfokus pada advokasi, kajian, dan edukasi pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa bagi remaja. Selain itu berkolaborasi juga dengan KBR Prime untuk membuat podcast DISKO atau Diskusi Psikologi. Podcast ini bisa menjadi pilihan teman-teman kalau lagi males baca artikel-artikel mengenai kesehatan mental, bisa langsung mendengarkan podcast DISKO.

Saya juga ada rekomendasi daftar podcast-podcast yang bagus untuk didengarkan, bisa diklik di halaman Podcasts You Should Listen To.

into the light podcast

4. Aplikasi & Layanan Konseling

- Riliv (@riliv)

Nah sekarang beralih ke aplikasi yang bermanfaat ya yang bisa membantu kesehatan mental kita. Ada Riliv nih yang berguna untuk belajar meditasi dari tingkat dasar sampai lanjutan. Fungsinya pun macam-macam, ada yang untuk ketenangan, mengatasi susah tidur, overthinking, dan lain-lain. Melalui aplikasi Riliv juga kita bisa mentrack mood kita dengan catatan harian, dapat mendengarkan cerita tidur (suka banget!), dan juga konseling secara online. Tentu saja di Instagramnya juga nggak kalah informatif dan sering membahas perihal kesehatan mental di live.

riliv layanan psikologi

- Ibunda (@ibunda.id)

Nah kalau Ibunda ini khusus untuk layanan curhat dan konsultasi online dengan psikolog yang berkaitan dengan masalah diri, percintaan, pertemanan, hingga keluarga. Selain layanan ini, di Instagram juga sering membuat postingan edukasi kesehatan mental. Cocok buat yang sekiranya ingin konsultasi secara online terlebih dahulu sebelum bertemu tatap muka.

ibunda

- Kariib (@sahabatkariib)

Kariib juga menyediakan layanan curhat online dengan lebih dari 100 psikolog. Di instagramnya sendiri infografisnya lucu-lucu, jadi betah sambil nambah pengetahuan kan? Hihi

instagram sahabat kariib

- Kalm (@get.kalm)

 Kalm juga menyediakan layanan konseling online dalam bentuk aplikasi, sama juga di Instagram infografisnya nggak ngebosenin buat dilihat-lihat.

get kalm akun instagram

- KLEE (@klee.id)

Klee sendiri menyediakan layanan psikologi dan edukasi kesehatan mental di Instagramnya. Lagi-lagi, Klee juga punya konten-konten di Instagram mengenai kesehatan mental yang dikemas dengan desain yang menarik.

KLEE


5. Konten Visual Kutipan/Kata-Kata

- Duduk Dulu (@duduk.dulu)

Duduk Dulu ini isinya kumpulan dati potongan-potongan tulisan untuk setidaknya sebagai manusia untuk tetap menjaga kewarasan. Kemudian juga untuk lebih memerhatikan diri sendiri dan jangan mengabaikan, bagaimanapun yang selalu ada memang diri sendiri kan?

duduk dulu instagram

- We are the Seeds (@weareseeds.id)

Kalau we are the seeds ini lebih panjang dan isinya kumpulan kata-kata yang manis, sederhana, namun bisa menjadi pengingat diri sendiri.

akun instagram kesehatan mental

Itulah daftar rekomendasi akun instagram tentang kesehatan mental yang bisa kamu ikuti sesuai dengan manfaat yang dibutuhkan. Kalau favoritmu, yang mana?
***
sumber gambar diambil dari masin2 akun instagram
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

28 comments

  1. sangat menarik. Semoga membantu bagi mereka/siapa saja yang membutuhkan konsultasi.

    ReplyDelete
  2. seandainya semua akun sosial media memberikan pencerahan dan informasi positif pasti sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
  3. Wuih beneran captionnya mantulll...
    Terimakasih informasinya
    Beberapa baru saya tahu dari artikel ini. Cuss folow juga biar ga ketinggalan informasi dan caption kerennya

    ReplyDelete
  4. Wajib akun ini ah, biar dapat pencerahan jiwa. Caption-nya keren-keren euy

    ReplyDelete
  5. Wah, aku baru tahu dengan akun-akun ini. Jadi kepo deh. Dan aku suka nih sama postingan-postingannya. Beberapa di antaranya harus kufollow nih. 😍

    ReplyDelete
  6. Jadi mau ikut follow juga. Selama ini hanya fokus follow tentang dunia travelling. Tetapi pas baca ini, jadj tertarik tentang akun mereka.

    ReplyDelete
  7. Makasih banyak mba utk rekomendasinya. Suatu saat emg pasti butuh info dari akun2 seperti ini. Terutama saat lg down.

    ReplyDelete
  8. terimakasih infonya mba, akun akun penting ini , apalagi saya pegang komunitas parenting beragam isinya perlu banget ini

    ReplyDelete
  9. Dari semuanya saya penasaran sama Great Mind mbak, aku memang suka belajar psikologi mbak.

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak juga yaa akun IG yang concern kepada mental Health.. Yup. Memang penting sih dan kadang orang tuh menganggap remeh atau abai, yang dipikirin cuma kesehatan fisik aja ya

    ReplyDelete
  11. ma Marfa tengkyu so much kak, aku baru tau beberapa terutama untuk mas Adjie juga memang bagus banget baca-baca beberapa quotes nya ini, aku udah catet semua akun instagram kesehatan mental ini kak

    ReplyDelete
  12. isi nya semacam quote2 gtu ya mba. jadi pengen langsung cusss ke ig buat follow. emng terkadang kata2 membangun itu perlu dibaca buat bikin hidup jd lebih semangat ya mba

    ReplyDelete
  13. Keren mb info ttg akun yg bisa membantu kita dan memberi solusi terbaik. Makasih yaa...kufollow deh akun2 diatas.

    ReplyDelete
  14. ternyata banyak juga yaaa. thanks utk infonya mba

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata banyak nih yah. bagus2 .. auto meluncur buat follow. Akun yang banyak memberikan solusi dan membantu kita nih bermanfaat banget

    ReplyDelete
  16. Wah.. Terima kasih rekomendasinya <3 saya juga suka banget follows akun-akun mental health, tapi kebanyakan dari luar Indonesia. Nanti follows rekomendasi di atas, ah..

    ReplyDelete
  17. Thanks ya saran-sarannya. Segera aku kepo kepoin akun keren ini hehehe. Salam kenal ya, aku Rika

    ReplyDelete
  18. Wah langsung meluncur ke akunnya nih. Ada quote keren yang disuka jadi bakal ada yang di follow. Makasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  19. jadi pengen langsung negbaca sendiri dan ikutan follow euy... sungguh menenangkan banget sih ini sepertinya cuplikannya. menghempas akun akun yang bikin kalut dan suka sebar hoax ya kak

    ReplyDelete
  20. Memang ngeri ya liat judulnya. Mental. Tp nyatanya di pandemi skrg menjaga kesehatan mental sangat penting krn risiko stress tinggi.

    ReplyDelete
  21. Ya ampun belum ada 1 pun yg ku follow aku bahkan baru tau akun2 keren ini.padahal penting banget ya follow akun2 ini

    ReplyDelete
  22. Thanks rekomendasinya marfa, aku suka yang akun menjadi manusia dan perempuan gagal. Kekuatan kata-kata memang gak bisa disepelekan ya, bisa jadi semangat dalam diri.

    ReplyDelete
  23. Ternyata banyak sekali yang tidak aku ketahui dari instagram, baru baca tulisan ini jadi tahu bahwa banyak akun kesehatan yang layak menjadi rekomendasi dan layak untuk diikuti demi mendapat pencerahan dan ilmu baru.

    Dari sebagian akun di atas, tidak da yang aku follow, karena di instagram aku sangat beda fokus. Fokusnya ke olahraga dan jualan buku aja.

    ReplyDelete
  24. saya cuman tahu beberapa sih dari daftar di atas, ternyata ada banyak juga yah, yang paling saya ikuti sih satupersen, tahu dari teman, sekarang jadi sering lihat kontennya

    ReplyDelete
  25. Auto langsung follow semua aku di atas. aku tertarik dg bahasan mental health juga. Beberapa akun ada yg sudah saya ketahi, tetapi banyak yang baru tahu sekarang sih.

    ReplyDelete
  26. Aku baca buku mindfullness nya mas Adji.
    Senang mendapat ilmu yang sederhana namun aplikatif.
    Kita bisa menikmati hidup dengan sederhana. Lebih banyak bersyukur, intinya maah..

    ReplyDelete
  27. Mengikuti 7 akun ini bisa bantu healing mental kita ya,, langsung cus follow kalau begitu. Biar ga buka lambe turah Mulu kalau buka Instagram 😆

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)