Ide Bisnis Makanan Rumahan

Perkembangan bisnis makanan mengalami lonjakan dari tahun ke tahun, yang artinya bisnis ini memiliki prospek yang menjanjikan ke depannya. Asal dijalani dengan tekun dan strategi yang tepat, bisnis makanan pasti akan menghasilkan.

Di tengah kondisi saat ini yang mengharuskan sebagian orang beraktivitas di rumah, jualan makanan mungkin bisa jadi solusi bagi yang ingin menambah pemasukan dari rumah atau ingin mencoba kesempatan baru. Pasalnya, ada banyak ide bisnis makanan rumahan menguntungkan yang bisa dicoba. 

Ide Bisnis Makanan Rumahan

Bisnis kuliner atau makanan memiliki pasar yang sangat luas. Sampai kapan pun bisnis ini akan tetap bertahan, apapun jenis makanannya pasti selalu ada peminatnya dan tak terlepas dari hanya sekadar kebutuhan sehari-hari. Misalnya roti-rotian, nasi campur, catering, snack, ataupun makanan sehat.

Ada rencana memulai bisnis makanan rumahan tapi bingung mau jualan apa? Yuk simak ide bisnis kuliner online yang bisa dilakukan di rumah berikut ini.

1. Makanan Ala Khas Korea

korea kimbab
credit: rawkkim, unsplash

Ide bisnis kuliner rumahan yang bisa menjadi peluang adalah makanan khas korea seperti kimbab, kimchi, toppoki, ramyun, spicy wings, hingga bibimbap. Minat pada kpop di Indonesia begitu besar dari fans idol maupun dari tayangan drama korea yang tak jarang menampilkan masakan khas ala Korea. Dengan aneka bahan yang hampir sama dan dengan mengolah secara benar, ide bisnis makanan ala Korea ini bisa menjadi peluang.

 2. Frozen Food

Frozen food bisa jadi pilihan bagi yang ingin jualan makanan secara online dari rumah. Pilihan frozen food untuk bisnis kuliner rumahan dimulai dari sosis, nugget, dimsum, kebab, risoles, pastel, hingga pizza goreng. Frozen food ini dapat dikreasikan dalam bentuk makanan yang dijual mentahan, diolah seperti tom yam suki maupun kuliner viral seperti dimsum mentai.

3. Donat Paha Ayam

Bagi orang-orang yang sedang malas makan nasi, biasanya roti-rotian dipilih untuk mengganjal perut. Hal ini bisa jadi ide usaha makanan rumahan bagi yang mungkin memiliki kebiasaan yang sama. Salah satu roti-rotian yang cukup populer adalah Donat Paha Ayam. Di warung-warung dan di toko roti, donat dengan bentuk paha ayam ini selalu jadi best seller.

Meskipun diperlukan pengetahuan di bidang pastry untuk membuat roti dan sejenisnya, namun saat ini ada banyak video tutorial di Youtube yang bisa dijadikan pedoman agar Donat Paha Ayam yang dibuat bisa lembut dan enak. Donat Paha Ayam ini selain menarik minat konsumen dewasa atau remaja, juga bisa menarik konsumen usia anak-anak.

4. Rice Bowl 

rice bowl food
credit: Ryan Kwok, unsplash

Rice Bowl saat ini banyak digemari oleh anak muda karena dinilai lebih praktis dan pilihan menunya yang beragam. Misalnya nasi ayam sambal matah, nasi cumi sambel ijo, nasi kulit ayam, dan lain-lain. Sebut saja Mangkok Ku, Sunny Fatday, Macama hingga Dailybox adalah contoh usaha Rice Bowl yang saat ini menjadi perhatian di media sosial.

Bila sedang mencari ide bisnis makanan kekinian, maka Rice Bowl bisa jadi pilihan. Tidak perlu menyewa tempat, cukup dari rumah dengan promosi online di media sosial dengan teknik pengambilan foto makanan yang bagus maka akan mendatangkan pembeli.

5. Katering Rumahan

Ide bisnis makanan rumahan selanjutnya adalah usaha katering. Usaha ini sangat menjanjikan apalagi jika tinggal di lokasi dekat perkantoran atau kampus. Target pasarnya yakni karyawan hingga mahasiswa yang tidak punya waktu untuk memasak.

Apalagi jika punya keahlian memasak, tak ada salahnya mencoba jenis usaha ini. Kesulitan usaha katering hanya saat mencari pelanggan di awal dan mencocokan budget menu, namun setelah itu tinggal fokus menjaga kualitas masakan dan kepercayaan pelanggan.

6. Makanan dengan Level Pedas

Sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan pedas. Ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha di bidang kuliner dengan keunikan rasa level pedas. Misalnya makanan seperti cilok, mie goreng, pentol, ceker ayam, ayam geprek, hingga seblak bisa dikreasikan dengan level pedas berbeda dengan nama-nama yang unik seperti level judes, level neraka, level galak, dan lain-lainnya.

7. Aneka Cemilan 

banana chip snacks
credit: Sean McClintock, unsplash

Tidak semua bisnis harus dimulai dari mengeluarkan modal besar, ada banyak ide usaha makanan modal kecil yang menguntungkan, misalnya camilan. Kebiasaan orang Indonesia yang suka ngemil bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan. Kamu bisa coba buka usaha cemilan atau makanan ringan seperti keripik kentang, keripik singkong, keripik pisang, makaroni pedas, keripik ubi, basreng, dan lain-lain. Usaha jualan camilan ini juga cocok untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

8. Rice Mentai

Makanan ala Jepang memang tak pernah sepi peminat, selain karena namanya yang unik, rasanya juga cocok di lidah orang Indonesia. Sebut saja sushi, takoyaki, kare, hingga okonomiyaki. Walaupun resep di Indonesia pasti sudah disesuaikan dengan rasa lokal, namun jenis makanan-makanan ini tetap diminati.

Salah satunya yang sedang banyak dicari sekarang adalah rice mentai dengan berbagai aneka isian yang dapat dipilih, misalnya salmon, ayam, crab stick, hingga telur. Rice mentai ini biasanya dibungkus dalam wrapping yang unik dan memiliki rasa yang khas sehingga tak cukup hanya sekali membeli. Usaha makanan rice mentai homemade ini bisa menjadi pilihan untuk bisnis usaha rumahan.

9. Makanan Khas Daerah

Dengan penggunaan internet yang lebih besar saat ini, maka keinginan pencarian aneka kulinerpun juga turut bertambah volumenya. Hal ini dikarenakan akan rasa penasaran terhadap cita rasa masakan daerah dengan aneka racikan terutama rempahnya. Bukan hanya makanan ringan dari snack maupun dessert, makanan khas daerah juga menjadi idaman apalagi jika kamu tak tinggal di kota asal. Sebut saja choi pan, mie aceh, soto betawi, pempek, seblak, sampai rawon. 

Selain ide-ide di atas, bisa juga berjualan sesuatu yang sedang viral. Contohnya seperti Dalgona Coffee, Kopi Susu Gula Aren, Pisang Nugget, Cookies dengan aneka filling, Korean Garlic Bread, Brownies atau Cheese Cake Lumer, hingga Pangsit Goreng Lek Gino. Sesuatu yang viral membuat orang-orang penasaran ingin mencobanya, ini bisa jadi peluang untuk meraup keuntungan. Namun pastikan juga makanan yang dijual memiliki rasa yang enak sehingga pembeli dapat menjadi pelanggan dengan repeat order atau mendapatkan rekomendasi.

Itulah beberapa ide bisnis kuliner rumahan yang bisa juga dijual secara online. Sedikit tips agar bisnis makanan berjalan lancar atau terus mendapat orderan, lakukan promosi iklan makanan di media sosial seperti Instagram maupun Facebook untuk mendapatkan calon pembeli dan peminat yang lebih banyak. Selamat mencoba!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

8 comments

  1. Donat paha ayam? Nampak yummy. Pas banget nih bundo aku lagi mau buka usaha makanan rumahan gini karena datuk ku pensiun tahun ini. Terima kasih insight-nya ya.

    ReplyDelete
  2. Benar, frozen food itu prospeknya bagus. Soalnya sekarang ada orang2 yang lebih baik mengolah sendiri ya daripada beli jadi. Tetangga saya ada juga yang mau usaha frozen food.

    ReplyDelete
  3. Bisnis makanan yang sekarang ladi digemari mah kayaknya frozen food sama rice bowl gitu yaaa

    ReplyDelete
  4. Makanan khas daerah lalu ditambah dengan berbagai inovasi kekinian, lumayan menari pelanggan.

    ReplyDelete
  5. makanan dengan level pedas selalu menggugah selera dan bikin tertarik buat pesan, misal seblak, bakso aci dll

    ReplyDelete
  6. Rice bowl kegemaran dah, karena menurut daku simple gitu penyajiannya, nggak makan tempat. Pantas selalu jadi idaman

    ReplyDelete
  7. Makanan khas Korea lagi hype banget sekarang ini ya Mba, kalau berani ngambil kesempatan bisa nih buka lapak hehe...

    ReplyDelete
  8. Idenya bagus bagus nih kak, makanan Korea lagi Hits, mentai juga nih, jadi kepikiran juga karena aku sering masak juga nih

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)