Tips dan Pertimbangan Mencari Kost untuk Mahasiswa Baru

Bagi saya, masa kuliah adalah salah satu masa penting dalam hidup. Masa di mana bukan hanya duduk di kelas menimba ilmu dari mata kuliah di jurusan, namun juga perubahan pola pikir, belajar tentang kehidupan, dan bahkan menemukan diri sendiri. Apalagi jika kuliahnya jauh dari rumah atau berbeda provinsi, segalanya jadi serba baru termasuk belajar hidup mandiri. Keantusiasan menjadi mahasiswa baru ini tentu saja perlu diiringi dengan persiapan sejak awal, agar bisa menjadi pengingat jika di tengah jalan mengalami kejenuhan. 

Di Manapun Kamu Berada, Jangan Lupa Tempat Untuk Diri Sendiri 

tips cari kost
credit: Free-Photos, pixabay

Yang paling utama ketika ketika mendatangi kota tempat kuliah adalah mencari kost untuk tempat tinggal selama menempuh studi. Setelah memasuki tahun demi tahun kuliah, ternyata kos-an bukan hanya sekadar tinggal. Namun sekaligus juga hal-hal berikut:

1. Tempat Beristirahat 

Fungsi yang utama dan sudah pasti tentunya dari kost ini. Namun walaupun sifatnya terkadang hanya untuk tempat singgah apalagi yang sibuk organisasi, tetap saja kenyamanan juga menjadi pertimbangan. Ibaratnya setelah berlelah-lelah di luar sana, ada tempat bernaung yang siap untuk merebahkan badan. 

2. Tempat Mengerjakan Tugas dan Merangkai Mimpi 

Yap. Kos ini berfungsi sebagai tempat untuk mengerjakan tugas-tugas dari dosen sekalian merangkai mimpi. Di awal usia 20an, pasti dong udah mulai mikirin bagaimana caranya mewujudkan mimpi, bagaimana memulai misi-misi, atau bahkan mulai merangkai mimpi yang sebelumnya hanya ada di kepala. Kalau ke kamar kos mahasiswa, pasti menemukan satu dua kertas-kertas kecil berisi tujuan dan mimpi. Dimulai dari mimpi kuliah ke luar negeri, menjadi profesi tertentu, mengejar karir, atau kembali membangun desa. 

3. Tempat Untuk Kontemplasi dan Belajar Mandiri 

Ada kalanya mahasiswa memiliki waktu luang di hari libur dan enggan ke mana-mana untuk mengisi tenaga kembali. Biasanya waktu dihabiskan di kos sembari membereskan atau menata ulang. Nah biasanya sih, ada waktu-waktu kontemplatif tentang mengenai dirinya sendiri. Misalnya dari dulunya sebagai seorang anak di rumah dan untuk mengambil keputusan masih ada pertimbangan dari orang tua, sekarang berbeda. Kemudian melihat ke belakang dan tanpa sadar betapa sudah banyak perubahan yang dilalui sejak belajar hidup mandiri. 

4. Ruang Untuk Diri Sendiri 

Sebagai introver, kos bagi saya juga ruang untuk diri sendiri apalagi kalau butuh mengisi ulang tenaga. Tempat di mana tak ada gangguan, tak ada bising, dan bebas bangun jam berapa saja. Seperti yang disebutkan di atas juga untuk kegiatan kontemplatif, mendekor ulang ruangan kos juga menjadi penghiburan sendiri untuk saya—pun terkadang sembari berandai-andai sedang hidup di suatu kota impian. 

5. Ruang Yang Akan Dikenang Suatu Saat Nanti 

Ini biasanya bakal baru disadari kalau udah lulus dan jauh dari kota tempat kuliah sih. Apalagi jika dari awal sampai lulus nggak pindah kos, bakal jadi tempat kenangan cerita yang bakal keinget terus. Bahwa pernah tinggal di kamar berukuran tertentu, pernah drama nangis-nangis skripsi, pernah ketiduran padahal ada kuliah, dan lainnya. 

Tips Asyik Mencari Kost untuk Mahasiswa Baru 

tips cari kos
credit: glynn424, pixabay

Ada pertimbangan penting dalam memilih kost sebagai mahasiswa baru. Tips berikut berdasarkan pengalaman pribadi ya, khusus untuk mahasiswa baru walaupun bisa juga untuk yang merantau bekerja. Barangkali, tips-tips berikut bisa menjadi pedoman untuk pencarian kost bagi mahasiswa baru 

1. Fasilitas Lengkap 

Tips mencari kost yang pertama adalah kos-kosan tersebut harus memiliki fasilitas lengkap atau setidaknya minimal kasur, lemari baju, meja belajar, dan yang paling penting kamar mandi bersih dan air lancar. 

Jangan lupakan juga dapur umum, supaya nanti lebih bisa menghemat pengeluaran untuk makanan atau bisa mengolah makanan di malam hari. 

2. Ruangan Bisa Didekor Sendiri 

aesthetic bed room for inspiration
credit: Emmarose, pixabay

Pertimbangan nomor dua ini juga nggak kalah penting untuk ditanyakan ke penyewa kos apakah kamar bisa didekor sesuai keinginan atau tidak. Didekor ini maksudnya bisa penggantian cat kamar, atau mengganti alas lantai dengan stiker kayu estetik yang sekarang menjadi tren. Jangan lupa untuk menanyakan hal ini jika kamu menginginkan ruangan yang ingin kamu desain ala-ala sendiri. 

3. Mempunyai Sirkulasi Udara yang Lancar 

Ini penting banget menurut saya! Kadang tuh detail seperti ini terlupakan padahal fungsinya sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan. Minimal kamar memiliki ventilasi, atau jendela yang cukup untuk sirkulasi udara. Atau bagusnya kalau menemukan kos berlantai, bisa memilih lantai atas agar bisa melihat pemandangan dari balkon atau jendela. Percaya deh udara masuk dengan lancar atau bahkan sinar matahari bisa masuk tipis-tipis itu bikin bahagia. 

4. Tempatnya Ramai dan Dekat Kampus 

Sebelum mencari kamar kost, kamu juga harus memperhatikan lokasinya. Jangan memilih kost yang berada di tempat sepi karena ditakutkan rawan terjadi tindakan kriminal. Memilih kost di lokasi yang ramai seperti perumahan juga membuat kamu bisa berinteraksi dengan warga sekitar. Kalau ada hari-hari besar, kamu juga nggak bakal ngerasa sendirian jika berada di tempat yang ramai. 

Selain itu pilihlah kost yang jaraknya dekat dengan kampus. Jarak kost yang jauh akan membuat waktu kamu kurang efisien apalagi kalau sedang terburu-buru. Telebih jika kamu belum memiliki atau membawa kendaraan, perjalanan ke kampus pasti terasa berat dan melelahkan. Pun kalau dekat dengan area kampus juga sudah pasti lokasinya strategis dengan fasilitas yang dibutuhkan misalnya ATM, tempat print, bengkel, hingga warung makan murah. 

5. Tidak Campur dengan Cowok atau Cewek 

Tips mencari kost untuk mahasiswa baru selanjutnya adalah area kost hanya dihuni khusus oleh cewek atau cowok saja. Ini opsional sih, namun jika kamu lebih menyukai privasi dan kenyamanan, disarankan jangan memilih kos campur. Selain itu biasanya kost khusus cewek atau cowok memiliki aturan jam malam tersendiri. Dengan begitu kamu bisa lebih disiplin lagi dalam mengatur waktu dan kuliah kamu bisa jadi lebih fokus. 

6. Dekat dengan Pemilik Kost 

Opsional juga jika kamu ingin kos yang lebih aman adalah kos yang dekat dengan pemilik kos. Selain bisa melatih disiplin, berinteraksi baik dengan pemilik kos juga bisa menjadi keuntungan tersendiri misal saat kamu butuh bantuan ketika sakit, butuh bantuan ketika butuh ke tempat baru untuk arahan, atau mencari tempat-tempat rekomendasi seperti tempat makan murah. Syukur-syukur sih pemilik kosnya sekalian buka warung makan, udah jadi gampang hehe. Namun kalau lebih suka bebas, opsi ini skip saja. 

7. Memperhatikan Hal-Hal Kecil 

Saat mencari kost, kamu juga harus memperhatikan hal-hal kecil sebelum memutuskan untuk menempati kost tersebut. Tanyakan luas kamar kost, biaya sewa sudah termasuk listrik dan air, ada biaya kebersihan atau jasa kebersihan atau tidak, dan kalau ada aturan jam malam, tanyakan batasnya jam berapa. Jangan lupa juga nih ngecek kelancaran air di kamar mandi dan toilet, serta tempat untuk menjemur baju. Detail kecil ini jangan lupa dicatat di bagian plus minus memilih kos buat pertimbangan memilih kos. 

8. Biaya Sewa yang Terjangkau 

Karena berstatus sebagai mahasiswa, harga tentunya menjadi pertimbangan yang tak kalah penting juga untuk budget. Biasanya pada awal kuliah, mahasiswa masih bergantung pada uang bulanan dari orang tua. Pun juga sudah diterima beasiswa, biasanya cairnya butuh beberapa waktu sehingga membutuhkan biaya dahulu untuk kos. 

Saran saya, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah bisa membayar per semester atau tidak. Mengapa? Karena walaupun sudah memilih fasilitas, bisa saja ternyata kurang cocok dan ingin pindah. Pindah di sini pun bisa karena mengenal lingkungan kampus dan ingin satu kos dengan teman sejurusan, menemukan kos yang lebih murah, atau kos yang lebih nyaman. Kalau satu semester tersebut ternyata cocok, tinggal dilanjutin aja.

Baca juga: Dear Mahasiswa Baru

Cara Seru Mencari Kost untuk Mahasiswa Baru Zaman Now 

Mencari kos memang butuh pertimbangan seperti yang ditulis di atas, namun selanjutnya adalah bagaimana mencari penyewa kos yang terpercaya. Sebenarnya sekarang karena serba online jadi lebih mudah, berbeda saat awal masuk sebagai mahasiswa baru pada tahun 2015 di mana mengandalkan selebaran informasi saat pendaftaran ulang. Nah berikut cara yang bisa kamu gunakan: 

1. Cari Informasi Kos di Grup Kota/Daerah Tempat Kuliahmu 

Mencari kos yang pertama dan cukup mudah adalah dengan mencari di grup informasi kost di daerah tujuan. Biasanya tertera gambar, info kontak, dan lokasi. Namun kamu tetap harus berhati-hati ya dan usahakan jika survei bersama teman atau keluarga. 

2. Bertanya Rekomendasi Pada Saudara/Kakak Tingkat 

Cara lainnya adalah bertanya ke kakak tingkat yang sudah berkuliah di sana dan sudah kenal sebelumnya entah dari sekolah yang sama atau dari komplek tempat tinggal yang sama. Bisa juga meminta rekomendasi pada saudara yang tinggal di daerah tersebut agar mendapatkan lokasi yang strategis. 

3. Gunakan Aplikasi dan Platform Pencari Kos 

Opsi lain yang lebih mudah dan lebih aman adalah menggunakan platform dan aplikasi pencari kos. Tentu saja dong, zaman now gitu, rasanya kurang kalau belum manfaatin teknologi dan segala fitur kemudahannya alias semua dalam genggaman. Lebih aman karena pasti sudah disurvey sebelumnya, lebih mudah dan efisien waktu. Tinggal atur aja bagaimana kost yang kamu mau. 

Kesimpulan 

Mencari kost memang tidak sulit, yang menjadikanya sulit adalah ketika kita dihadapkan dengan banyak pilihan, karena tak semua kost sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mahasiswa baru harus benar-benar teliti dalam memilih kost. 

Nah itulah beberapa tips mencari kost untuk mahasiswa baru yang bisa jadi solusi buat kamu yang sedang bingung memilih kost yang sesuai dengan keinginan. Selain bisa memberikan rasa nyaman, memilih kost yang tepat juga bisa berpengaruh pada prestasi di kampus. Selamat berlayar dan "bersenang-senang" di samudera kehidupan kuliah!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)