Beberapa Jenis Flange Pada Sistem Perpipaan

Apa yang dimaksud dengan flange? Dan, apa sebenarnya fungsi dari flange tersebut? Nah, flange sendiri merupakan komponen pada pipa yang berfungsi sebagai penggabung antara dua elemen pipa misalnya pipa dengan valve maupun pipa dengan fitting ataupun equipment. Selain itu, flange juga dimanfaatkan untuk menyatukan pipa yang menggunakan sambungan pipa lurus maupun sambungan jenis lainnya. 

flange pipa rucika

Terdapat beberapa jenis flange yang wajib untuk diketahui, di antaranya adalah sebagai berikut: 
  1. Flange yang berdasarkan pada class. Jenis flange yang dilihat dari classnya ini terdiri dari banyak jenis. Misalnya saja, class 150#, 300#, 600#, 900#, 1500#, 2500#, bahkan 5000#. Tujuan dilakukan pembagian ini karena flange bekerja dalam tekanan yang berbeda satu sama lain tergantung pada classnya. Biasanya, class flange ini dihitung dalam satuan pound
  2. Berdasarkan pada ukurannya (NPS). Selain itu, terdapat pula jenis flange berdasarkan pada ukuran pipanya. Bisa dikatakan, jika menggunakan pipa berukuran besar, maka flange yang digunakan haruslah yang berukuran besar pula. Flange jenis ini pun memiliki beberapa tipe di antaranya ½”, ¾”, 1”, 2”, …, 10”, 12”, … 24”, dan seterusanya. 
  3. Berdasarkan pada face-nya. Untuk flange yang berdasarkan pada face-nya ini terbagi menjadi beberapa bagian, yakni flange type flat face, flange raised face, ring type joint, dan lain sebagainya. Tentu, untuk kegunaannya sendiri adalah penggabung antara pipa dengan sambungannya. 

Nah, selain jenis-jenis di atas, masih ada jenis lainnya (yang mana ini termasuk dalam flange spesial), misalnya: 

  • Long welding neck (memiliki tipe sangat panjang sehingga ketika pemasangannya tidak membutuhkan yang namanya vessel yang digunakan untuk nozzle). 
  • Self reinforced flange (jenis flange yang dibuat khusus untuk menahan tekanan (pressure) pada pipa maupun sambungan pipa). 
  • Orifice flange (flange yang berfungsi untuk mengukur laju gas maupun cairan pada pipa. Jika dilihat sekilas, flange jenis ini memang terlihat mirip dengan jenis lainnya, hanya saja terdapat lubang kecil pada penyambung satu ini yang digunakan untuk mengukur aliran air). 

Demikian beberapa jenis flange yang kerap digunakan pada sistem perpipaan. Semoga membantu khususnya untuk Anda yang tengah mencari baut penggabung pipa! Jika Anda ingin mencari produk sambungan pipa, bisa menggunakan sambungan pipa Rucika. Untuk detailnya, bisa langsung mengunjungi www.rucika.co.id.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)