Tips Aman Pinjam Modal di Fintech Pinjaman Online untuk Kebutuhan Usaha

Ada banyak kegiatan kreatif yang dilakukan dari rumah, begitupun kegiatan yang menambah penghasilan sebagai usaha sampingan maupun mencoba untuk penghasilan utama. Kegiatan ini banyak dilakukan dalam kondisi seperti pandemi saat ini mapun kondisi lainnya, seperti peralihan lulus kuliah menuju dunia kerja, peralihan dari perempuan yang bekerja ke fokus mengurus pertumbuhan anak, mencoba bisnis baru, peralihan pindah jenis pekerjaan, atau hanya ingin menambah penghasilan utama saja.

Ide Kegiatan Menambah Penghasilan dari Rumah

pict: pixabay, pexels
Cara menambah penghasilan dari kegiatan di rumah dapat dimulai dari hal yang sederhana atau hal yang disukai, seperti misalnya sebagai berikut:

1. Remote Part Time

Kerja paruh waktu dari rumah dapat menjadi pilihan untuk menambah penghasilan karena sifatnya dilakuan serba online. Biasanya kerja paruh waktu secara remote ini dapat ditemukan di lowongan pekerjaan di grup media sosial. Contoh dari remote part time ini adalah admin penjualan, reseller, atau dropshiper.

2. Jasa Desain Grafis

Memiliki hobi dalam desain grafis dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan menawarkan jasa. Misalnya jasa template postingan akun instagram, jasa layout buku, jasa poster, jasa banner, infografis, hingga jasa desain undangan pernikahan.

3. Penulis Artikel

Sama dengan jasa desain grafis, hobi menulis juga dapat dijadikan untuk menghasilkan atau menambah penghasilan. Misalnya sebagai content writer dan jasa tulis artikel dengan berbagai tema. Manfaat lainnya yang bisa didapat adalah mengasah kemampuan dalam menulis, dapat menambah informasi baru mengenai topik tulisan, dan semakin banyak ide yang bisa didapatkan untuk diolah.

4. Jual Barang Preloved

Cara menyenangkan dan cepat dalam menambah penghasilan dari rumah adalah menjual barang bekas yang tak terpakai dan masih bagus untuk dipakai. Seperti baju, skincare yang tak cocok, tas, peralatan elektronik, dan lain-lain. Menata ulang barang-barang di rumah sekaligus decluttering juga menjadi hal yang menyenangkan karena dapat memberi ruang yang lebih luas.

5. Jasa Tutor

Ide lain untuk menambah penghasilan adalah dengan menawarka jasa tutor baik online maupun ke tetangga, saudara, maupun komplek terdekat. Jasa ini akan membantu murid atau siswa yang membutuhkan pendalaman lebih dari materi yang disampaikan pengajar sekolah.

6. Usaha Kuliner/Kriya

Usaha ini banyak dilakukan dari rumah dan bermacam variasi, dari makanan homemade, camilan, kue kering, jajanan, kerajinan tangan, masker, dan baju custom. Berbeda dari kelima kegiatan di atas, usaha ini tentunya membutuhkan modal yang lebih banyak agar dapat terus beroperasi, terutama apabila usaha ini mulai berkembang dan mendapatkan banyak pesanan.

Banyak cara untuk dapat mendapatkan modal usaha, salah satunya dengan cara yang mudah yaitu dengan fintech pinjaman online terpercaya. Namun dengan kemudahan tersebut seperti proses cepat dan praktis, ada beberapa pertimbangan dalam meminjam modal di aplikais pinjaman online. Untuk itu sebelum melakukan pinjaman online, ada baiknya untuk mengetahui tips aman pinjam uang di fintech agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Aman Pinjam Uang di Fintech

tips aman meminjam online
pict: freepik

Sejak hadirnya jasa keuangan berbasis fintech atau sederhananya pinjaman online, membuat masyarakat ramai-ramai melakukan pinjaman untuk kebutuhan. Biasanya uang yang dipinjam digunakan untuk menambah cabang bisnis, renovasi, maupun menambah modal untuk usaha rumahan. Agar terhindar dari hal yang tak menyenangkan, berikut ini tips aman pinjam uang di fintech pinjaman online:

1. Pilih Fintech Terpercaya yang Terdaftar di OJK

Tips yang pertama adalah memilih perusahaan fintech yang telah terdaftar di OJK. Hal ini penting dilakukan karena fintech yang terdaftar OJK sudah pasti aman dan mengikuti semua aturan yang berlaku, seperti syarat pinjaman hingga batas bunga pinjaman.

Memilih fintech yang terpercaya dan terdaftar di OJK ini akan mengindarkan kita dari fintech ilegal yang menentukan bunga pinjaman yang jumlahnya bisa berkali-kali lipat dari maksimal bunga yang telah ditentukan.

2. Pilih Fintech dengan Bunga Rendah

Sebelum melakukan pinjaman online, sudah sewajarnya calon peminjam memperhatikan besaran bunga yang diberikan. Dengan memilih fintech dengan bunga kecil tentunya akan membuat konsumen bisa membayar angsuran dengan mudah.

Biasanya maksimal bunga yang diizinkan oleh OJK adalah 0,8% per hari atau 24% setiap bulannya. Jika ada fintech yang menawarkan bunga pinjaman lebih besar, sebaiknya cari fintech lain.

3. Pinjam Sesuai Kemampuan

Tips aman pinjam uang di fintech selanjutnya adalah pinjam sesuai dengan kemampuan dan melakukan perhitungan sebelumnya. Jangan memaksakan diri untuk meminjam uang dengan jumlah besar jika pemasukan masih belum stabil sesuai standar yang diperhitungkan.

Dengan begitu, calon peminjam bisa membayar angsuran pinjaman tanpa mengurangi kebutuhan harian. Beberapa fintech legal, biasanya hanya menyetujui pinjaman dengan nominal 30% dari jumlah penghasilan bulanan. Usahakan juga agar jangan melakukan pinjaman secara online untuk keperluan yang bersifat konsumtif karena juga akan memberikan dampak kebiasaan yang kurang baik.

4. Ingat Tanggal Pembayaran

Mengingat jatuh tempo angsuran pinjol sangat penting agar bisa membayar tepat waktu. Karena biasanya kalau membayar lewat tanggal jatuh tempo, peminjam bisa terkena denda yang malah akan membuat keuangan jadi kacau.
                                                                                                                                                                   
Usahakan membayar 1 minggu sebelumnya agar tak perlu tergesa-gesa dan pula, dengan membayar tepat waktu, tidak perlu ditagih lagi sehingga pekerjaan bisa tetap fokus.

5. Melihat Review Sebelumnya

Jangan lupakan kekuatan atas testimoni pinjaman di aplikasi pinjaman online, hal ini dapat digunakan untuk untuk pertimbangan memilih aplikasi pinjol untuk meminjam modal. Perhatikan detail juga seperti lokasi dan kantor yang resmi agar aman dalam meminjam secara online.

6. Pahami Kebijakan

Setiap perusahaan fintech memiliki kebijakan masing-masing namun tetap dalam pengawasan OJK. Sebelum melakukan pinjaman, ada baiknya pahami dulu kebijakan yang ada. Jangan menyetujui pinjaman kalau kebijakannya tak sesuai dengan kemampuan.

Dengan memahami kebijakan tersebut, baik peminjam maupun yang meminjamkan bisa bekerja sama dengan baik tanpa ada pihak yang dirugikan. Tidak ada salahnya meminjam uang secara online. Karena selain persyaratannya yang mudah, dana pinjaman juga bisa cair hanya dalam beberapa hari bahkan kurang. Hal ini tentu sangat membantu bagi masyarakat yang butuh uang cepat, seperti salah satunya adalah Tunaiku.

Tunaiku, Pilihan Aplikasi Pinjaman Online Untuk Kebutuhan Usaha

aplikasi tunaiku

Dengan layanan aplikasi pinjaman online Tunaiku, kita dapat meminjam modal atau dana cepat secara online untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak seperi usaha, biaya pendidikan, hingga kesehatan. Tunaiku yang berada di bawah naungan Amar Bank ini sudah beroperasi sejak 2014 dan sudah terdaftar terdaftar di OJK. Amar Bank sendiri telah beroperasi sejak 1991 dan telah mendapatkan beragam penghargaan dari layanannya termasuk produk Tunaiku seperti Financial Award 2019, Best Bank Award 2019, Infobank 2020, dan Top Bank 2019.

Proses pengajuan pinjaman selain mudah, Tunaiku juga memiliki beragam keunggulan. Misalnya memiliki bungan dan cicilan yang ringan dengan suku bunga 3-4% per bulan, proses cair cepat dalam rentang 1-7 hari, persyaratan untuk pengajuan mudah tanpa NPWP dan kartu kredit, dan dapat membayar cicilan secara bulanan.

tunaiku aplikasi pinjaman online
pict: youtube tunaiku
Tunaiku juga berbeda dari fintech pinjaman online biasanya karena menyediakan fasilitas tenor dengan jangka waktu yang panjang maksimum 20 bulan dan memiliki limit hingga 20 juta. Untuk denda keterlambatan pembayaran sendiri diberlakukan sebanyak 150 ribu per bulan. Tunaiku juga memiliki program referral di mana selain bisa meminjam modal secara online, nasabah juga bisa mendapatkan insentif sebanyak 200ribu rupiah dengan merekomendasikan aplikasi Tunaiku.

Memiliki modal yang cukup akan berpengaruh terhadap jalannya usaha dan salah satu pilihan dalam mendapatkan modal tambahan adalah melakukan pinjaman online dengan melalukan pertimbangan sebelumnya dengan tips aman di atas. Semoga tips dan informasi di atas dapat bermanfaat untuk melakukan pinjaman modal secara online untuk kebutuhan terutama yang mendesak.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

8 comments

  1. Nah aku paling2 bisanya jual barang2 bekas pakai sendiri/preloved hehe

    ReplyDelete
  2. Mesti selektif ya kalau kau pinjam uang ke pinjaman online untuk modal usaha soalnya suka baca cerita kurang menyenangkan terkait pinjol, selain itu kalau mau pinjam uang memang mesti siap bayar cicilannya ya

    ReplyDelete
  3. Iya bener penting banget meminjam sesuai kemampuan, jangan sampe minjam tanpa pertimbangan yg matang.harus benar2 di hitung dulu

    ReplyDelete
  4. Saya belum bisa fokus di 6 kegiatan penambah penghasilan itu Mbak. Setidaknya 2 bulan lalu. Sekarang start over lagi, mengejar ketertinggalan.
    Kalau pinjaman online, kelihatannya arus uang keluar masuk membuat saya tidak di-ACC nih kalau mengajukan, hihihi.

    ReplyDelete
  5. kemudahan pinjaman seperti ini kudu dimanfaatkan dengan baik untuk perkembangan usaha supaya bisa membesarkan bisnis. kudu dimanfaatkan dengan baik yak

    ReplyDelete
  6. Boleh juga nih ide Kegiatan yang bisa nambah penghasilan,mngkin nulis artikel slah satu yg bisa dicoba.
    Hrus lbh rajin promote info jada nih di medsos

    ReplyDelete
  7. Memilih fintech zaman sekarang harus jeli yaa..
    Cek semuanya dengan teliti dan semoga uangnya bisa bermanfaat dan memajukan usaha sehingga makin besar dan sukses.

    ReplyDelete
  8. Hal pertama yang harus diketahui sebelum memakai aplikasi pinjaman aadalah dengan cari info sudah diakui OJK atau belum??. JIka sudah, lanjut. Jika enggak, skip. Anyway itu bunga pinjamannya bersaing gak ya mbak.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)