Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Indah

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Mewarnai rambut menjadi kegiatan tersendiri yang menyenangkan terlebih bagi perempuan. Mencari perpaduan warna yang pas dan mengikuti style rambut idola menjadi tantangan tersendiri terutama bagi yang suka gonta ganti warna rambut. Namun tentu saja untuk menemukan warna dan style yang cocok juga memiliki tantangannya tersendiri, misalnya hasil tak sesuai dengan ekspetasi dan harus dicat ulang, rambut menjadi kering karena tak cocok dengan produk, dan lain-lain. Untuk itu, perlu diketahui bagaimana cara merawat rambut yang diwarnai agar bukan hanya sehat namun juga mudah diatur. 

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tetap Sehat dan Mudah Diatur 

cara merawat rambut
gambar: Matlachu, pixabay

Memiliki rambut yang mudah diatur menjadi kesenangan tersendiri, hal tersebut dapat didapat secara alami atau bawaan dari lahir maupun dengan usaha perawatan yang cocok. Apalagi jika ingin mewujudkan kreatifitas pada style rambut yang diwarna, tentu saja perawatannya berbeda dibandingkan saat biasanya. Berikut beberapa cara merawat rambut untuk kebutuhan rambut berwarnamu agar tetap sehat, indah, dan mudah diatur:

1. Ketahui Kebutuhan Rambutmu

Hal yang paling mendasar dalam perawatan rambut tentu saja ketahui terlebih dahulu jenis rambut dan kebutuhannya. Ini akan menentukan jenis sampo apa yang dipilih untuk digunakan saat mencuci rambut secara rutin. Karena jika salah memilih atau hanya asal, akan menimbulkan beberapa resiko ketidakcocokan seperti misalnya muncul ketombe atau rambut jadi rontok. Gunakan juga sampo yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut, seperti misalnya rambut kering dan berwarna.

2. Gunakan Conditioner 

Rambut yang diwarnai tentu saja tak terlepas dari bahan kimia dari pewarna rambut yang bisa saja membuat rambut menjadi lebih kering. Namun tak perlu risau karena selain mencuci rambut dengan sampo yang tepat, lengkapi juga dengan conditioner agar rambut menjadi halus, mudah diatur, dan tidak kusut.

3. Gunakan Vitamin Rambut

Agar rambut yang diwarnai tetap terawat dan sehat, jangan lupa juga menggunakan vitamin rambut untuk perawatan menyeluruh dimulai dari akar. Pastikan juga memilih vitamin rambut khusus untuk rambut berwarna.

4. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Ada beberapa kondisi di mana rambut tak cocok dengan vitamin rambut karena justru akan membuat kesan lebih berminyak. Tak perlu risau juga karena dapat menggunakan perawatan dengan cara lain yaitu rutin menggunakan masker rambut yang saat ini mudah ditemukan. Kita juga bisa memilih aroma masker rambut berdasarkan kesukaan seperti aromah buah.

5. Hindari Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari

Berada di bawah sinar matahari terlalu lama akan membuat rambut menjadi kering, kasar, kusam, maupun mudah bercabang. Untuk menjaga rambut berwarna dari kusam, kering, dan warna yang memudar karena efek sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan pelindung seperti topi saat beraktivitas lama di luar ruangan.

6. Potong Ujung Rambut Rusak dan Bercabang

Bagi yang memiliki rambut panjang dan berwarna, rambut bercabang akan mengurangi estetika rambut yang diwarnai. Potong secara rutin ujung rambut yang bercabang agar tak menjalar lebih jauh dan menghindari rambut dari kerusakan.

7. Jangan Menyisir dengan Kasar

Meskipun rambut sudah terasa halus dan mudah diatur dengan perawatan dari vitamin, conditioner, ataupun masker rambut, tetap saja untuk berhati-hati dalam menyisir rambut. Seperti misalnya saat kondisi terburu-buru saat pagi ataupun saat kusut sehabis keramas, sisirlah dengan lembut untuk menghindari kerontokan,

8. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut dengan Air Panas

Dalam mencuci rambut, sebaiknya gunakanlah air dingin karena jika penggunaan air panas dapat membuat rambut kering, berkurang kelembaban alaminya, serta dapat memudarkan warna rambut lebih cepat.

9. Kurangi Pemakaian Catokan/Hair Dryer

Sama dengan penggunaan air panas untuk keramas, tips merawat rambut berwarna selanjutnya adalah kurangi juga penggunaan alat pengering yang sifatnya panas seperti catokan atau hair dryer. Angin-anginkan rambut sehabis keramas dan gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut.

10. Memberikan Jeda Pada Rambut Saat Ingin Recoloring maupun Berganti Warna

Pastikan juga beri waktu istirahat atau jeda untuk rambut sebelum melakukan recoloring maupun ketika ingin mengganti warna rambut. Jika ingin menambahkan ketebalan warna, pastikan juga jangan langsung seluruhnya atau dibagi menjadi bagian-bagian.

11. Menjaga Pola Makan dan Gaya Hidup

Selain melakukan perawatan dari luar, kesehatan rambut juga bergantung pada kondisi kesehatan tubuh kita. Tak jarang jika sedang berada dalam tekanan atau stres, beberapa helai rambut dapat mengalami kerontokan. Begitu pula ketika sedang memiliki pola asupan makan yang kurang sehat, rambut yang kurang nutrisi akan berkurang kekuatannya sehingga mudah rontok maupun lambat bertumbuh.

12. Rawat Rambut Berwarna dengan Bahan Alami

Selain dapat menggunakan vitamin atau masker rambut, merawat rambut berwarna juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di sekitar. Misalnya saja minyak kelapa, lidah buaya, minyak zaitun, teh hijau, madu, alpukat, hingga pisang.

Demikianlah cara merawat rambut untuk rambut berwarna yang dapat kamu aplikasikan sehari-hari dalam rangkaian perawatan rambutmu. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)