8 Jenis Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Jika ingin menerapkan marketing bisnis di era digital, yang harus Anda pahami adalah perilaku konsumen. Menarik minat konsumen di era digital sangat berbeda dari cara lama yang mungkin efektif digunakan bertahun-tahun lalu. 
 
Intinya, beda zaman beda pula cara yang digunakan. Masih fokus pada cara lama? Siap-siap dilangkahi kompetitor, atau kemungkinan terburuknya bisnis Anda ditinggal konsumen.

Tapi tenang, memasarkan produk di era digital tak sesulit yang Anda bayangkan. Karena saat ini ada banyak jenis digital marketing yang bisa Anda terapkan untuk mempertahankan eksistensi bisnis Anda. 

Jenis Digital Marketing 

digital marketing
gambar: pixabay, kreatikar

Digital marketing adalah cara memasarkan produk/jasa dengan memanfaatkan teknologi atau media digital. Tujuannya agar kegiatan marketing bisa sampai ke konsumen dengan cepat dan efisien.

Bukan hanya memasarkan produk saja, digital marketing juga berfungsi untuk menjalin interaksi kepada konsumen sebagai bagian untuk meningkatkan brand awareness. Lalu, apa saja jenis digital marketing yang sering digunakan? Berikut daftarnya:

1. Social Media Marketing

Pertumbuhan pengguna media sosial yang semakin meningkat, menjadi peluang menjanjikan bagi pebisnis untuk memasarkan produknya. Melalui media sosial, Anda bisa menyusun strategi digital marketing untuk menggaet konsumen.

Pemasaran digital di media sosial mungkin belum berlaku beberapa tahun yang lalu. Namun sejak hadirnya ragam media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter, kegiatan marketing bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya iklan.

2. Instant Messaging Marketing

Setiap harinya ada jutaan percakapan yang terjadi di aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya. Ini bisa jadi peluang baru untuk berkomunikasi dan memasarkan produk kepada konsumen.

Sebagai permulaan, Anda bisa mengirim pesan promosi ke nomor yang ada di kontak. Mungkin ini terlihat kurang efektif jika strateginya kurang tepat, namun kalau pesan tersebut di-forward ke banyak orang, bisa dibayangkan berapa orang yang dapat menjangkau produk dan brand Anda.

Selain itu memanfaatkan fitur Story WhatsApp juga bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis atau jasa yang Anda miliki.

3. Video Marketing

Dibandingkan media tulisan, saat ini pemasaran produk melalui video dirasa sangat efektif untuk menarik minat konsumen. Anda bisa membuat video interaktif yang menjelaskan produk/jasa secara singkat, padat, dan mudah diingat.

Adapun video marketing yang sering dibuat brand ternama biasanya berisi profil perusahaan, produk unggulan, ulasan dari pelanggan, hingga promo menarik yang dikemas mengikuti selera pasar.

Jenis digital marketing yang cukup populer ini bisa Anda sebarkan di platform berbagi video seperti YouTube maupun media sosial.

4. Search Engine Optimization

Website menjadi media penting yang harus dimiliki setiap bisnis. Selain sebagai identitas, website juga dapat memudahkan konsumen mengenal brand lebih dalam. Namun, ada beberapa hal yang harus dimiliki sebuah website, yakni Search Engine Optimization atau SEO.

Manfaat yang bisa didapatkan dengan SEO adalah website Anda akan berada di halaman pertama mesin pencarian. Yang artinya, akan sangat mudah bagi konsumen untuk menjangkau bisnis Anda.

Untuk menerapkan jenis digital marketing yang satu ini, tentunya Anda harus memahami SEO, mulai dari pemilihan kata kunci hingga optimasi website secara menyeluruh. Tapi kalau dirasa cukup rumit, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan dan optimasi website. 

5. Content Marketing

Diperlukan sebuah konten untuk bisa memasarkan sebuah produk secara digital. Konten bisa dalam bentuk video, tulisan blog, podcast, postingan di media sosial, dan sebagainya. Strategi seperti ini sering disebut sebagai content marketing.

Dalam menjalankan content marketing, dibutuhkan seorang yang mengerti cara membuat konten yang baik dan relevan agar konten yang dibuat bisa sampai dan diterima oleh audiens.

6. Google Ads atau PPC

Merupakan jenis digital marketing selanjutnya, Google Ads adalah layanan milik Google yang cukup populer digunakan bagi brand bisnis untuk meningkatkan pengunjung pada website-nya.

Adapun manfaat digital marketing yang bisa Anda dapatkan adalah website akan tampil di halaman pertama mesin pencarian tanpa perlu melakukan optimasi.

Untuk menggunakannya, Anda harus membayar dengan nominal yang beragam. Tergantung berapa jumlah orang yang melakukan kunjungan atau Pay-Per-Click (PPC).

7. Email Marketing

Banyak yang tidak tahu kalau email marketing termasuk salah satu jenis pemasaran digital yang cukup efektif menarik konsumen. Alasannya sederhana, semua orang pasti memiliki email, baik yang digunakan untuk membuat akun sosmed atau sebagai email pribadi/bisnis.

Untuk menjalankan email marketing harus didukung oleh konten berkualitas yang mampu membangkitkan rasa penasaran audiens. Karena kalau asal-asalan, besar kemungkinan email yang Anda kirim hanya jadi pajangan saja atau bahkan direport sebagai spam.

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Setelah mengetahui jenis-jenis pemasaran di era digital, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa dirasakan pada bisnis saat melakukan digital marketing:

1. Menjangkau lebih banyak audiens.

Dengan melakukan pemasaran digital, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens atau konsumen.

2. Menghemat biaya promosi.

Dibandingkan strategi pemasaran kuno, digital marketing lebih menguntungkan dari segi biaya. Bahkan, beberapa di antaranya bisa dilakukan secara gratis.

3. Meningkatkan brand awareness.

Yang paling utama, brand yang Anda bangun akan mendapatkan perhatian audiens. Apalagi jika strategi marketing yang dilakukan sesuai dengan keinginan pasar.

4. Memudahkan akses informasi.

Bila Anda menerapkan pemasaran digital, akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan mengenai produk atau bisnis Anda.   

Kesimpulan

Perkembangan suatu bisnis sangat dipengaruhi oleh strategi marketing. Strategi marketing sendiri memiliki banyak cabang, salah satunya digital marketing. Agar strategi berjalan dengan baik, Anda harus memahami minat dan perilaku konsumen di era digital.

Kalau saat ini pemasaran produk yang Anda lakukan kurang efektif, mungkin sudah saatnya mengubah cara tersebut dengan menerapkan beberapa jenis digital marketing di atas pada bisnis Anda dan menggunakan strategi yang tepat.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

22 comments

  1. Ini ibarat pepatah, lain lubuk lain belalang ya, Mbak Marfa. beda zaman, beda juga cara pemasaran produk. Misalnya dulu ada sistem door to door. sekarang bisa dengan mengirim pesan ke banyak orang.
    Dan memang, kita ahrus menyesuaikan diri dengan perkembangan. Termasuk mempelajari digital marketing.

    ReplyDelete
  2. dengan memanfaatkan digital sebuah perusahaan bisa melakukan pemasaran hingga jangkauan lebih luas, tetapi biaya lebih rendah. Wajib ini bagi yang punya usaha paham dan menerapkan

    ReplyDelete
  3. Karena sudah masuk generasi milenial 4.0 mau gak mau bidang apapun termasuk bisnis juga harus menyesuaikan yaa, bukan hanya untuk perusahaan saja untuk personal branding pun saya rasa penting, pokoknya belajar terus dan upgrade terus.

    ReplyDelete
  4. Dengan memanfaatkan Digital Marketing Perusahaan akan lebih berkembang dan maju serta produknya bisa menjangkau pasar yang luas.

    ReplyDelete
  5. Peran marketing memang penting, makanya di era jaman now harus banget bisa menguasai digitalisasi, apalagi bisa dikatakan banyak posisi pekerjaan yg terkait bidang itu.

    ReplyDelete
  6. Di jaman teknologi yang sudah maju ini perlu banget mamanfaatkan digital marketing untuk memajukan bisnis apapun ya. Pelan-pelan UMKM juga sudah mengenal jenis-jenis digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan lebih meluaskan pasarnya

    ReplyDelete
  7. Sepertinya, blog yang isinya bukan jualan juga butuh semua jenis digital marketing di atas. Secara, Saat ini persaingan blog juga semakin meningkat. SEO dan berani modal untuk ads sepertinya bisa mulai kita lirik nih.

    ReplyDelete
  8. Selama Pandemi ini digital Marketing makin laris manis. Karena semua orang jadi banyak pegang gadget, mangkanya harus dioptimalkan

    ReplyDelete
  9. Sekarang zamannya serba digital, oleh karenanya apabila ingin bisnisnya berkembang harus memanfaatkan teknologi seperti digital marketing, ya, Mbak

    ReplyDelete
  10. dengan memiliki skill tentang marketing pastinya bakalan membuat orang atau para umkm jadi lebih mandiri dalam berbisnis online

    ReplyDelete
  11. Sepakat dengan semua poin yang Mbak sebutkan, memang kini eranya digital marketing. Bukan hanya cepat dan jangkauannya luas, juga makin hemat biaya promosi. Intinya tinggal kreatif memanfaatkan kecanggihan teknologi karena sekarang orang punya gawai dan akses dunia digital di mana saja jadi makin efektif promosi online.

    ReplyDelete
  12. Baca tulisan mba Umi jadi jelas ini jenis-jenis digital marketing. Bisa aku cc ke suami nih link artikelnya. Soalnya doi lagi mendalami tentang digital marketing juga.

    Terimakasih mbak.

    ReplyDelete
  13. Di era digital begini, untuk strategi bisnis memang bisa menggunakan media-media yang berbasis online. Karena sasarannya sangat tepat dan bisa menjangkau konsumen makin banyak.

    ReplyDelete
  14. Selama ini taunya cuma sosmed aja kalau dengar istilah digital marketing, ternyata banyak jenisnya ya

    ReplyDelete
  15. bahkan saya pun memanfaatkan salah satu dari 7 digital marketing di atas, google ads
    entah untuk keperluan kerjasama ataupun untuk keperluan pribadi kak
    jujur saja, digital marketing ini sangat bermanfaat sekali di era 4.0

    ReplyDelete
  16. Zaman sekarang memang serba canggih ya Mbak jadi banyak yang sudah beralih memanfaatkan teknologi termasuk para pelaku usaha atau yang bekerja di dunia marketing. Jadi memang penting banget buat yang punya usaha untuk memahami digital marketing yang merupakan bagian dari stategi marketing masa kini

    ReplyDelete
  17. Sekarang saya terjun di bisnis olshop dan sedang memikirkan strategi untuk mendongkrak perdagangan melalui salah satu model digital marketing seperti yang disebutkan di atas. Sementara saya baru memanfaatkan sosmed dan story WA. Pengin nyoba FBads atau IG ads juga. tapi emang butuh modal juga ya buat promosi ini selain via sosmed pribadi.

    ReplyDelete
  18. sekarang apa apa serba digital ya, termasuk bisnis agar menghasilkan keuntungan optimal, suka sama wa bisnis, makin kesini fiturnya makin keren

    ReplyDelete
  19. Jaman sekarang kalau mau sukses dan berhasil mesti paham digital marketing ya,, soalnya pelanggan dipermudah dalam mencari produk kita di media sosial

    ReplyDelete
  20. Dan saya senang bisa bergelut di teknik SEO karena untuk sementara jenis ini yang mudah untuk IRT seperti saya

    ReplyDelete
  21. Zaman sekarang di industri 4.0 harus punya bekal nih tentang digital marketing. Izin share info ini ya kak, terima kasih:)

    ReplyDelete
  22. Social media marketing yang efektif di jualan produk pertanian dan perkebunan di daerahku, adalah jualan di FB dan..... status WA. Dari kedua media sosial ini saja, udah bagus banget konversinya. Mungkin karena pemain produk pertanian ini ya makenya FB dan WA, karena usia konsumennya rata-rata 40 tahun ke atas. IG dan twitter belum efektif buat di daerahku di Jawa Tengah.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)