6+ Tips Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Untuk Wanita

Memiliki rambut sebagai mahkota kepala adalah anugerah yang harus disyukuri sebagai manusia terutama wanita. Ada banyak jenis rambut pada wanita di dunia ini seperti lurus, keriting, hitam, cokelat, pirang, dan lain-lainnya. Bukan hanya pada wanita, mengatur dan mengubah style pada rambut juga seringkali dilakukan pada pria terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai publik figur, model, atau artis. Namun tak terbatas pada profesi tersebut saja, mengubah style rambut juga dapat dilakukan siapa saja. Hal ini bukan berarti tak mensyukuri nikmat rambut apa adanya, justru bentuk sayang pada diri sendiri karena kita percaya diri akan rambut yang kita punya sehingga dapat mencintai dalam bentuk apapun. Misalnya ketika ingin mencoba style rambut bagi yang memiliki rambut ikal atau keriting dan berikut cara meluruskan rambut secara alami yang dapat kamu coba. 

cara meluruskan rambut secara alami
sumber: pixabay, Pexels

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dengan Bahan Alami

Meluruskan rambut secara alami dapat menjadi pilihan agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerusakan fatal karena menggunakan bahan kimia atau alat-alat. Berikut cara dan bahan-bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk meluruskan rambut: 

1. Lidah Buaya 
Lidah buaya sudah dikenal bagus untuk perawatan rambut, dan ternyata bagus loh untuk meluruskan rambut secara alami. Cukup ambil daging lidah buaya kemudian direbus sampai menjadi cair. Ketika sudah dingin, dapat dioleskan ke rambut sampai mengering dan setelahnya dibilas menggunakan sampo. Akan lebih bagus lagi menggunakan kondisioner agar rambut bertambah lembut. 

2. Minyak Zaitun 
Selain bagus untuk perawatan kulit, minyak zaitun juga bagus untuk merawat dan meluruskan rambut secara alami. Minyak zaitun ini dapat menjadi alternatif untuk kamu yang memilih utuk tanpa repot tanpa mencampurkan bahan-bahan lainnya. Caranya mudah hanya oleskan minyak rambut dan dipijat secara lembut. Pengolesan ini dapat dilakukan seminggu 3-4 kali. 

3. Daun Seledri 
Cara meluruskan rambut secara alami lainnya dapat menggunakan daun seledri. Caranya yaitu dengan mengambil daun seledri kemudian ditumbuk sampai halus kemudian diberi sedikit air. Kemudian diperas untuk diambil sarinya, biarkan selama semalaman. Air perasan daun seledri dapat dipakai pada pagi harinya dengan cara dipijat ke kepala dan dioleskan ke rambut dan didiamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan sampo seperti biasa. 

4. Kelapa 

sumber: pixabay, moho01

Kelapa yang kaya manfaat ini merupakan bahan alami yang juga dapat digunakan untuk meluruskan rambut secara alami sekaligus melembutkan karena kandungan minyaknya. Caranya dengan dibuat cairan santan kemudian dicampur dengan madu dan air jeruk kemudian dibiarkan hingga mengental dengan terlebih dahulu dimasukan ke kulkas. Kemudian oleskan pada keseluruhan rambut dan biarkan selama 30 menit. 

5. Susu Murni 
Tahukah kamu jika susu murni juga dapat meluruskan rambut secara alami? Caranya dengan mencampurkan 1 gelas susu murni dengan setengah gelas air kemudian diaduk sampai merata. Campuran tersebut dapat dioleskan ke rambut menggunakan kuas dan dibiarkan selama sejam kemudian disisir menggunakan sisir renggang. Kemudian cuci dengan sampo dan bilas hingga bersih. 

6. Pisang 
Pisang juga dapat meluruskan rambut secara alami dengan menggunakan campuran madu setelah dilumatkan sebelumnya. Kemudian campuran tersebut gunakan sebagai hairmask dan dipijat-pijat ke kepala secara merata dan diamkan hingga satu jam. Setelahnya dilanjut seperti biasa dengan sampo dan kondisioner. 

7. Pepaya 
Sama dengan pisang, caranya cukup lumatkan pepaya dan campur dengan madu. Jika ingin dengan sensasi dingin dan nyaman di kepala, dapat sebelumnya disimpan di kulkas dahulu selama beberapa menit. Kemudian gunakan untuk hairmask dan diamkan selama 1 jam sampai meresap, kemudian bilas. 

Cara meluruskan rambut secara alami dengan bahan alami dapat menjadi pilihan tepat karena bukan hanya dapat membuat rambut lebih lurus namun juga menyehatkan. Cara-cara di atas dapat dilakukan 3-4 kali dalam satu minggu dan maksimalkan dengan penggunaan sampo, kondisioner, dan vitamin rambut agar lebih terasa hasilnya. Selamat mencoba.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)