Tips Memilih Kasur Baru untuk Perbaiki Kualitas Tidur

Dalam keseharian, tidur menjadi kebutuhan karena memiliki banyak manfaat terutama pengaruhnya terhadap kesehatan dan mendukung produktivitas. Tidur yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap kesehatan, baik kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Mental seseorang yang kekurangan jam tidur akan cenderung mudah emosi, stress dan bahkan dapat menyebabkan gejala depresi.  Kualitas tidur ini  dipengaruhi banyak hal seperti kondisi tertentu seperti tingkat stres, pola makan, dan juga pengaruh kualitas dari kasur yang ditempati.

waktu yang tepat untuk mengganti kasur lama
pict: Pexels (pixabay)

Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Kasur Lama Anda

Kualitas dan kenyamanan dalam tidur sangat dipengaruhi oleh kasur atau tempat tidur yang sehari-hari digunakan. Namun perlu dipehatikan bahwa kasur juga perlu diganti setelah digunakan menahun walaupun rutin dibersihkan. Kasur biasanya baru diganti ketika ketebalan kasur mulai tipis atau jahitan yang mulai lepas. Selain hal tersebut, berikut waktu yang tepat untuk mengganti kasur lama Anda:

Fungsi Kasur Sudah Menurun atau Rusak

Banyak sekali di antara kita yang kerap mengesampingkan masalah memilih kasur, asal ada kasur dan yang penting bisa tidur. Padahal dalam kenyataanya kasur yang tidak berkualitas tidak hanya mengganggu kualitas tidur, bahkan bisa berakibat mendatangkan penyakit yang tentu saja tidak kita inginkan. Penyakit ini datang karena disebabkan beberapa hal yang terjadi pada kasur lama, misalnya sudah mulai lapuk, banyak debu yang menumpuk, atau terdapat tungau.

Perlu diperhatikan bahwa beberapa tanda kasur sudah menurun kualitasnya adalah ketika ketebalan sudah mulai menipis atau cekung di tengah, terdapat jamur yang tumbuh, dan terdapatnya kutu. Tanda-tanda lain dari menurunnya kualitas kasur lama yang dapat diketahui yaitu badan terasa pegal dan tak enak ketika bangun pagi, kasur yang sudah tak nyaman digunakan, ataupun sudah lebih dari 7 tahun yang sebaiknya diganti.

Penyakit Akibat Kasur Yang Menurun Kualitasnya

Akibat dari kasur lama yang sudah menurun kualitasnya dapat berdampak pada masalah kesehatan seperti datangnya alergi, masalah pada kulit, gangguan pernafasan, atau timbulnya rasa sakit pada leher atau punggung. Sementara jika terus dibiarkan akan menganggu kualitas dengan mengurangi waktu tidur dan seperti yang kita tahu bahwa kurangnya tidur ini juga dapat berlanjut ke dampak masalah kesehatan lainnya seperti penyebab kegemukan, metabolisme yang menurun, bahkan gangguan jantung.

Kepindahan atau Perubahan Desain Ruangan

Waktu untuk mengganti kasur lama bukan saja hanya karena menurunnya fungsi dan kualitas, namun ketika ingin mengubah estetika ruangan termasuk perubahan luas ruangan. Biasanya kepindahan ruangan ini dilakukan oleh anak-anak yang ingin tidur mandiri atau anak remaja yang menginginkan suasana baru di kamar tidurnya. Meskipun juga tak memungkiri kepindahan ruangan juga dilakukan oleh orang dewasa karena perubahan interior rumah maupun kepindahan rumah itu sendiri.

Tips Memilih Kasur Yang Berkualitas 

Dengan beberapa dampak yang dapat ditimbulkan karena menurunnya kualitas kasur, maka perlu beberapa pertimbangan dalam memilih kasur baru untuk mengganti kasur lama ini. Pentingnya pertimbangan ini agar kita tak salah dalam memilih kasur baru baik untuk kualitas tidur yang lebih baik untuk diri sendiri dan anggota keluarga lain, seperti tips-tips berikut:

Pastikan Kenyamanannya 

Dalam urusan memilih kasur untuk memperbaiki kualitas tidur, hal paling penting yang harus kita lakukan adalah memastikan tingkat kenyamanan dari kasur tersebut. Setiap orang pasti selalu memiliki standar kenyamanannya masing-masing, dan pabrik kasur tidak mungkin sanggup memenuhi tingkat kenyamanan setiap orang, oleh karena itu alangkah baiknya pastikan kenyamanan hadir sebelum memastikan pilihan pada suatu kasur. 

Untuk mengetahui nyaman atau tidaknya suatu kasur untuk kita, jangan pernah takut untuk mencoba tidur di atas kasur yang hendak kita beli karena biasanya disediakan. 

Sesuaikan Ukuran Kasur Dengan Kebutuhan 

Tips selanjutnya dalam memilih kasur yang berkualitas adalah perhatikan ukuran kasur sebelum membelinya. Tidak semua orang bisa tidur dalam posisi diam, ada pula yang bergerak aktif meski dalam keadaan tidur. Meski kita tidur sendiri jangan dulu membeli dengan ukuran single, jika kita merasa bagian dari orang yang aktif bergerak dalam tidur maka preferensi memilih ukuran double bed justru menjadi pilihan yang paling cocok. 

Perhatikan Ukuran Kamar 

Meski kasur yang kita pilih adalah kasur yang baik, namun jika tidak sesuai dengan ukuran kamar tentu akan menjadi problema tersendiri. Hal ini berkaitan dengan tips sebelumnya yaitu menyesuaikan juga dengan ukuran kasur yang disesuaikan dengan ukuran kamar. Usahakan memilih ukuran kasur yang cocok dengan ukuran dan peletakkan tempat dan barang dalam kamar.

Perhatikan Harga 

Kasur yang berkualitas bisa jadi belum tentu pada harga tertinggi, namun bisa dipastikan tidak ada juga dalam harga terendah. Namun yang pasti dalam memilih kasur yang berkualitas, harus siap dengan pertimbangan harga yang sebanding dengan kualitas kasur tersebut. Penting juga untuk mempertimbangkan jenis kasur dan Anda dapat beli kasur latex online di sini untuk mendapatkan kualitas kasur yang terbaik sesuai keinginan dan kebutuhan.

Itulah beberapa tips memilih kasur baru yang dapat dipertimbangkan sebelum melakukan transaksi. Selain faktor kenyamanan, juga harus memiliki bahan yang berkualitas agar awet dan berpengaruh baik pada kualitas tidur kita. Semoga membantu!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

  1. Wah iya, kualitas kasur juga bisa memperngaruhi kualitas tidur ya.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)