Tips Memilih Jasa Pengiriman Untuk Kelancaran Bisnis

Ada banyak sekali pilihan jenis pengiriman barang yang bisa Anda gunakan untuk membantu kelancaran bisnis terutama di bidang penjualan barang. Bagi para pelaku bisnis online masalah pengiriman barang tentu menjadi salah satu point paling harus diperhatikan, pasalnya penjual harus memastikan barang aman sampai tujuan dengan mempercayakan jasa pengiriman atau ekspedisi.

jasa ekspor pengiriman barang
pict: freepik, pch.vector


Ada banyak risiko yang dapat terjadi dalam kasus pengiriman barang. Jika ada barang yang rusak misalnya, biasanya konsumen akan langsung protes kepada penjual. Meski penjual atau pemilik bisnis sudah mempersiapkan pengiriman dengan baik, ada beberapa hal terjadi di luar kendali dalam perjalanan karena kelalaian tertentu. Meskipun bisa saja melakukan refund, namun sebaiknya hal-hal atau kemungkinan terbutuk dapat diminimalisir dengan memilih jasa pengiriman yang terbaik.

Tips Mencari Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Anda

Kemudian, bagaimana cara memilih jasa pengiriman yang terbaik untuk bisnis? Seuatu jasa pengiriman yang baik dapat dilihat dari pelayanan yang diberikan, jika pelayanannya memuaskan bisa dipastikan bisnis Anda akan minim kendala bahkan lancar dalam proses pengiriman ke pelanggan. Untuk bisa mendapatkan jasa pengiriman yang baik Anda bisa mempertimbangkan dari beberapa faktor berikut: 

Faktor Service Dan Kepopuleran 

Dalam urusan memilih jasa pengiriman ada baiknya memakai yang paling populer saat ini, sebab jasa pengiriman dengan kepopuleran yang tinggi biasanya memiliki jangkauan area service yang luas. Jika pembeli produk Anda berada pada daerah pelosok yang jauh dari kota, sangat tidak mungkin memakai jasa pengiriman yang hanya memiliki area service terbatas meskipun murah. Begitu juga jika usaha Anda sudah banyak mendapat permintaan dari luar negeri, maka penting untuk memilih jasa ekspor dengan kualitas terbaik.

Selain kelebihan pada service area, jasa pengiriman yang populer juga akan menambah rasa percaya dari calon pembeli. Jika Anda menjalankan bisnis di marketplace maka pilihan jasa pengiriman yang populer akan sangat membantu untuk menarik trafic dari daerah-daerah pelosok maupun menarik calon pelanggan karena kualitas layanan dari jasa pengiriman tersebut.

Faktor Waktu Pengiriman 

Tips memilih jasa pengiriman selanjutnya adalah ketepatan dan akurasi waktu. Setiap pembeli yang melakukan order pada produk Anda pasti menginginkan agar barang cepat sampai. Jika Anda menggunakan jasa pengiriman yang tidak bisa tepat waktu, maka bisa dipastikan para customer Anda akan komplain terhadap lamanya waktu dalam menunggu paket orderan tersebut.

Jasa pengiriman yang sudah profesional biasanya akan berani memberikan jaminan terkait ketepatan waktu. Hal ini dikarenakan jasa pengiriman profesional sudah memiliki data akurat mengenai estimasi pengiriman dalam, luar daerah, atau bahkan luar negeri. Beberapa jasa pengiriman profesional memberikan sistem pengiriman kilat yaitu barang diantar dan sampai tepat di hari yang sama, sistem ini sangat berguna untuk mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan atau pembeli. 

Faktor Jaminan Keamanan Barang 

Jaminan keamanan tentu menjadi hal yang paling penting di antara semua faktor yang ada, terlebih jika barang yang Anda jual adalah barang yang mudah pecah seperti, kaca, gelas atau barang-barang lain yang rapuh. Bagi seorang penjual tentu memastikan kepuasan pembeli adalah suatu kewajiban, namun bagaimana jika barang yang sudah di kirim ternyata sampai dalam keadaan rusak atau cacat? Tentu yang Anda dapatkan adalah komplain bukan dari pelanggan dan dapat mempengaruhi reputasi kualitas pelayanan bisnis Anda. 

Beberapa jasa pengiriman profesional menjadikan jaminan keamanan sebagai head line utama dalam bisnisnya. Dengan mengandalkan jaminan keamanan tersebut Anda bisa sedikit merasa tenang, sebab jika dalam proses pengiriman barang terjadi kerusakan atau hilang, pihak pengiriman siap bertanggung jawab dengan beberapa syarat dan ketentuan berlaku. 

Faktor Harga Atau Tarif 

Faktor terakhir adalah faktor harga, dengan tarif pengiriman yang jelas tentu saja Anda akan lebih mudah menentukan harga dan menyesuaikan dengan budget. Bagi beberapa pebisnis faktor harga pengiriman bisa menjadi salah satu titik acuan untuk membuat promosi atau iklan yang menarik. 

Itulah langkah-langkah bijak dalam memilih jasa pengiriman yang dapat menjadi pertimbangan dan berpengaruh bagi keberlangsungan bisnis Anda, terlebih jika Anda berbisnis di dunia online yang mana kepercayaan menjadi aset utama paling berharga. Semoga sukses!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

3 comments

  1. Nah ini penting banget nih memilih jasa pengiriman yang aman dan amanah. Biasanya selain ngecek di online,saya tanya tanya sama beberapa teman yang suka jajan online juga

    ReplyDelete
  2. Tiga faktor itu sangat penting ya
    Soal harga pastinya juga menjadi pertimbangan

    ReplyDelete
  3. jasa pengiriman dengan pilihan cod sekarang ini jadi yang favorite. pemilik bisnis online boleh mempertimbangkannya saya rasa

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)