10 Aplikasi untuk Produktivitas Terbaik yang Harus Dicoba

Bicara soal produktivitas, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggapainya. Namun terkadang, daya gravitasi seakan memaksa kita untuk terus berbaring di tempat tidur. Sungguh, sebuah ironi yang sering terjadi pada generasi milenial. 

aplikasi untuk produktivitas
pict: bohed (pixabay)

Entah sekali atau bahkan berkali-kali kita bergumam dalam hati, “Gimana sih cara biar bisa tetap produktif?”, tapi yang terjadi hanyalah tanya, kita terus bertanya tanpa ada gerakan nyata. Gitu terus aja sampai ngebentuk lingkaran setan. Nah kalau udah gini, kita sadar kan lama kelamaan bakal membentuk kebiasaan buruk?

Belajar dari pengalaman orang lain, solusi agar tetap bisa produktif cuma satu, just do it! Yap, lakukan kegiatan apa saja tanpa terlalu banyak berpikir atau bahkan sampai overthinking. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, ada banyak aplikasi untuk produktivitas yang bisa kamu coba untuk membantu keseharian.

Aplikasi untuk Produktivitas Terbaik 

Makna produktif bukan melulu soal membaca dan menulis. Kalau passion kamu ada di berkebun atau beternak, itu juga termasuk produktif karena sama-sama mengisi waktu luang dengan bermanfaat. Di samping itu, apa saja sih aplikasi yang bisa membantu menjaga produktivitas kita? Simak daftarnya berikut ini. 

1. TickTick 

TickTick banyak digunakan sebagai aplikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja. Sederhananya, aplikasi ini membantumu untuk membuat daftar kegiatan dan mengelolanya menjadi lebih efektif dengan cara yang sederhana. 

Bukan hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Appest Inc ini memiliki semua fitur untuk mendorong produktivitas penggunanya. Kamu bisa membuat jadwal, mengatur waktu, dan membuat pengingat agar tetap fokus dalam mencapai tujuan. 

2. Microsoft Office Mobile 

Microsoft Office juga hadir dalam versi mobile, jadi kamu tetap bisa produktif meskipun jauh dari laptop maupun komputer. Dalam satu aplikasi, semua program Office bisa kamu gunakan. Seperti Excel, Word, hingga Powerpoint. 

Dibandingkan software Office di komputer, Office Apps dibekali dengan fitur-fitur tambahan. Ada fitur mengubah gambar jadi dokumen, membuat tanda tangan di file PDF, dan menyimpan ide-ide yang ingin dieksekusi di lain hari. 

3. Evernote 

Banyak pengguna yang mengatakan kalau Evernote membantu mereka jadi lebih produktif. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untu membuat catatan tentang apa saja yang harus dilakukan hari ini atau di hari-hari berikutnya. 

Selain catatan, Evernote juga menyediakan fitur audio, foto, dan video, dimana kamu bisa merekam ide-ide penting agar tidak lupa. Kalau melihat fungsi dan fitur yang ditawarkan, aplikasi ini masuk kategori notebook digital yang bisa dibawa kapan dan di mana saja. 

Sebagai aplikasi yang tersedia di Google Play, Evernote bisa jadi andalan untuk tetap produktif dengan smartphone. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa maupun pekerja. 

4. Todoist 

Todoist berhasil meraih penghargaan sebagai aplikasi untuk produktivitas terbaik di tahun 2020. Sudah digunakan lebih dari 25 juta orang, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengatur jadwal, membuat rencana, maupun berkolaborasi dalam business project

Keunggulan Todoist dibandingkan aplikasi serupa adalah bisa terhubung ke smart watch langsung dari smartphone. Selain itu aplikasi yang dibuat oleh Doist ini memiliki user interface yang keren dengan tombol menu yang sederhana. 

5. Forest 

Berbeda dari aplikasi peningkat produktivitas lainnya, Forest tidak memiliki fitur catatan maupun to do list. Aplikasi ini dibuat khusus sebagai reminder, namun dikemas dengan unik. Pada dasarnya Forest dibuat untuk orang-orang yang sulit lepas dari smartphone

Forest bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Nanti kamu akan dihadapkan dengan pepohonan, lalu kamu bisa mengatur kapan smartphone boleh digunakan (timer). 

Kalau kamu menggunakan smartphone sebelum waktu yang ditentukan, maka pohon-pohon akan mati. Agar pepohonan tersebut tetap tumbuh, maka kamu tidak boleh menyentuh smartphone sebelum timer berakhir. 

Intinya Forest menjadi pengingat bahwa masih banyak hal yang bisa kamu lakukan agar menjadi orang yang produktif, hidup bukan hanya soal smartphone dan media sosial. Hehe.

6. Google Fit 

Demi menjaga produktivitas kerja, olahraga adalah salah satu hal yang bisa dilakukan. Google Fit bisa kamu andalkan sebagai pendorong agar kamu semakin produktif. Aplikasi ini dilengkapi dengan sensor yang merekam segala kegiatan fisik seperti jogging ataupun bersepeda. 

Hasil dari rekaman di Google Fit bisa kamu jadikan perbandingan agar ke depannya bisa lebih aktif lagi dalam melakukan olahraga. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, aplikasi ini juga bisa membantumu untuk tetap produktif. 

7. Trello 

Trello juga merupakan satu dari banyaknya aplikasi untuk produktivitas Android yang bisa kamu coba. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola kegiatan agar berjalan efektif. Ada juga fitur pengingat yang berguna jika ada agenda yang harus diselesaikan. 

Trello bisa kamu hubungkan dengan rekan kerja untuk mengatur atau memantau pekerjaan yang sedang berlangsung. Dengan banyaknya manfaat yang didapat, Trello bisa kamu unduh secara gratis baik di Android maupun iOS. 

8. Google Drive 

Saat bingung mau melakukan apa karena memori smartphone penuh, Google Drive bisa kamu andalkan untuk memindahkan file-file yang kurang penting yang ada di smartphone. Dengan begitu, kamu tetap bisa produktif mengerjakan sesuatu yang membutuhkan smartphone

Di tengah kondisi dimana orang-orang harus bekerja di rumah, Google Drive bisa sangat berguna untuk menyimpan maupun menyalin file-file besar. Tak heran banyak pengguna yang menganggap Google Drive sebagai aplikasi untuk meningkatkan produktivitas. 

9. Daylio 

Sama seperti Todoist, Daylio adalah aplikasi kategori produktivitas yang bisa kamu gunakan untuk mengatur waktu, kegiatan, dan membuat daftar-daftar penting. Aplikasi yang dikembangkan oleh Habitics ini juga bisa berperan sebagai buku harian untuk mengetahui apa saja yang kamu alami belakangan ini. 

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play dan Apple Store dengan ukuran 16MB. Fitur yang ada di Daylio juga cukup lengkap. Seperti ikon aplikasi yang dibuat dengan mengedepankan graphical user interface, sehingga sangat nyaman digunakan dan terkadang bisa membuat mood jadi membaik. 

10. Sectograph 

Sectograph melengkapi daftar aplikasi untuk meningkatkan produktivitas pada artikel ini. Dibekali dengan tampilan yang sederhana, Sectograph sangat bisa kamu andalkan untuk meningkatkan produktivitas. 

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Sectograph? Banyak! Kamu bisa membuat daftar kegiatan, acara, dan tugas-tugas yang harus diselesaikan hari ini. 

Keunggulan Sectograph cukup menarik, daftar yang telah kamu buat akan terpajang di layar dengan tampilan melingkar sesuai dengan waktu acara. Dengan begitu, kamu tidak akan lupa apa yang harus dilakukan ke depannya. 

Kesimpulan

Produktivitas sangat erat kaitannya dengan daya saing, sekaligus menjadi salah satu faktor yang menentukan masa depan. Apalagi mengingat persaingan dunia kerja maupun bisnis yang terus mengalami peningkatan, kamu harus tetap produktif agar tidak ketinggalan. 

Nah, jika kamu tak ingin kalah saing, niatkan diri untuk jadi lebih aktif dari sebelumnya. Apabila terasa berat, kamu bisa mengunduh deretan aplikasi untuk produktivitas di atas guna membantumu menjadi orang yang lebih produktif.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

17 comments

  1. wajib nih, karena di jaman seperti ini kita sudah bisa bekerja lewat mobile, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perangkat baru untuk menghasilkan hasil usaha. janganmengandalkan proses manual saja

    ReplyDelete
  2. Saat ini kerjanya era online, jadi mesti menyesuaikan dengan kondisi dan tentunya didukung dengan perangkat kerja yang sesuai. Semangat semangat

    ReplyDelete
  3. Office, Drive, Forest aku pakeee... so far mereka sangaaatt membantu, apalagi si Forest itu ada gamenya, malah asik main game #loohh hahaha

    ReplyDelete
  4. Perlu banget nih install organizer biar lebih tersusun rapi jadwal ngeblog dan lainnya. Selama ini masih berantakan nyelesain kerjaan.

    Saya lebih suka pake Google Keep dibanding Evernote. Google drive udah pasti ada, gak boleh gak ada

    Maaf ya Mba, saking gak konsennya, komen sambil ngobrol, eh malah komen ke CONTACT FORM, wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  5. Waktu punya tablet android, daku kerap menggunakan Evernote, karena aplikasi bawaan yang ternyata memang asik buat dijadikan notes. Jadi pengen Unduh lagi aplikasinya di perangkat yang berbeda

    ReplyDelete
  6. Saya sepertinya harus instal aplikasi Google Fit nih karena selama pandemi makannya gak terkontrol sih hehehe, btw makasi rekomendasinya ya mba

    ReplyDelete
  7. Banyak pilihan aplikasi yah. Aku baru ada WPOffice dan Drive sih. Pernah install Trello, tapi aku kok engga ngerti pakainya yah...

    ReplyDelete
  8. Barangkali kita juga butuh niat dan actionnya buat jadi produktif ya kak. Aplikasi udah keren. Bisa nyatat to do list, bisa sebagai reminder, ada yang menjadi penahan untuk nggak pegang hape, tapi kalau nggak mau action.

    Hehehe..

    Semoga kita selalu bisa produktif sepanjang masa. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Nah ini, penting untuk tahu aplikasi-aplikasi begini. Jadi meskipun di rumah saja kita tetap bisa produktif. Makasih rekomendasinya..

    ReplyDelete
  10. Dari 10 aplikasi tersebut, baru coba 2. Wkwkw yang 8 lagi kemana ajaaa aku belum nyoba ya.

    Supaya makin produktif, gimana kalau sebulan nyoba satu aplikasi ya kak. Hehe

    ReplyDelete
  11. wah ternyata banyak ya aplikasi pendukung produktivitas, aku slama ini cuma pake evernote

    ReplyDelete
  12. waah penasaran sama Todoist kak kalau saya
    baru denger dan belum pernah coba hehehe
    makasih rekomendasinya kak

    ReplyDelete
  13. Banyak juga ya pilihan aplikasinya. Yg paling unik sih Forest, baru tahu, hehe. Yg aku pake baru GDrive, ms office. Pernah pake Trello waktu dulu masih kerja. Todois blm coba nih.

    ReplyDelete
  14. Aq selalu pakai Drive untuk nyimpen file2 kak, kalo cuma disimpan di memori card takutnya rusak jadi lebih aman kalo ada cadangannya juga kan

    ReplyDelete
  15. wah banyak yang belum aku tahu mbak, pengen nyobain satu satu nnti klo senggang, ternyata ada banyak bgt yak

    thx infonya kak

    ReplyDelete
  16. Aku masih nyoba untuk belajar make trelo, bagus sih tapi belum tau cara penggunaannya yang benar seperti apa.

    ReplyDelete
  17. Dari semua yang tertulis di atas, aku cuma makai Google Drive aja ih, wkwk. Bahkan beberapa nama aplikasi belum pernah kudengar. Mau ngulik tapi kok storage HP udah full, kapan2 deh nguliknya, bookmark dulu deh artikelnya, biar pas HP nya udah oke bisa dibaca lagi. Thanks kak for sharing.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)