Rekomendasi Lagu Patah Hati

Setelah kemarin membuat daftar lagu self-healing, maka sekarang saatnya untuk membuat daftar lagu sedih atau lagu patah hati. Hahaha, terlihat menye-menye sekali ya kelihatannya segala dibikin daftar? Namun patah hati di sini bukan hanya tentang pasangan, mantan, atau apapun itu namanya melainkan adalah patah hati dalam aspek apapun dalam kehidupan. Misalnya kegagalan mencapai standar pribadi, merasa kalah dan nggak berdaya, atau merasa tak kunjung pantas sebagaimanapun berusaha.

rekomendasi lagu galau patah hati
pict: Nadia Valko, unsplash

Bagaimana, lebih ngena bukan? Nah daftar-daftar berikut urutannya random aja, dan sedikit review yang tentu saja nggak jauh-jauh dari pengalaman personal. Mungkin nanti di review singkat ada yang nggak relate atau malah dibikin ketawa nggak nyambung, tapi gapapa karena menertawakan diri itu enak banget. Oh iya karena daftar kali ini cukup panjang, saya tak akan menyertakan bagian lirik favorit di sebagian besar lagu ya. Sebenernya sayang sih, namun dengerin aja ya hihi.

Terus agak kaget ternyata daftarnya cukup panjang gini, jadi ya sekalian saja kalau misal suatu hari pengin dengerin lagu sambil nangis jelek, tinggal buka postingan sendiri. So, here we go:

1. Space Song - Beach House

What makes this fragile world go round?
Were you ever lost?
Was she ever found?

Dang, saya rasa ini akan menjadi favorit saya sepanjang masa. Pertama mendengarkan kayanya sekitar tahun 2016 atau 2017 lalu, dan tanpa perlu didengarkan lebih dari sekali langsung jatuh cinta. Secinta itu! Coba dengarkan jika kamu tertarik juga, ya. Kalau didengarkan di masa sekarang tuh ngingetin ke masa-masa menjadi anak kuliah dan masa luangnya yang bisa dihabiskan dengan rekreasi mau baca buku sastra, film, nonton teater. Sekarang sih, mikirnya gimana bisa buat bertahan hidup huhuhuhu.

2. I Love You But I'm Letting Go - Pamungkas

Saya pernah mendengarkan ILYBILG dari perjalanan Banyumas-Bandung di dalam bus, ya udah kaya Pamungkas di video clip ini hahaha. Waktu yang cukup lama buat merasakan patah hati sambil ketiduran, bangun, ketiduran lagi meskipun badan pegel abis. 

Saya suka instrumennya dan liriknya juga ngena, sampai pada suatu waktu saya menyadari bahwa lagu ini bukan hanya tentang patah hati, namun betapa dalam hidup banyak hal-hal yang tak bisa kita genggam erat-erat seusaha apapun itu. 

3. AAA- Danilla

Terlatih diam
Tidur di singgasana
Bertuankan kelam
Kehadiranku yang fana
Benarkah bila
Kau sudah terabaikan di sana
Rekatnya tekanan tak buatmu jera

Lagu paling favorit Danilla dari dulu ya yang AAA ini, bawaanya campur aduk antara sendu, mengalir, dan ingin nangis—baru ingin loh ya bukan nangisnya. Terus kalau dengerin di awal lagu, jadi inget rasa-rasa gimana susah sekali mencapai seseorang. Apalagi kalau ngeliat video clipnya, maka timbulah rasa ingin bergalau ria di pantai sambil mengingat rasa-rasa yang lalu. 

4. Ring - Danilla

Ring merupakan salah satu lagu dalam EP Fingers, mungkin karena ini lagu pertama yang ada video clipnya jadi rasa ketika mendengarkan menjadi lebih berbeda. Jika digambarkan, mendengarkan lagu ini mengingatkan ketika sedang dalam kalut namun tak ingin segera beranjak dari kesedihan.

5. Bird - Billie Martin

Sebagai manusia tuh kadang dibuat bingung sama perasaan sendiri, rasanya lemah dan sendirian namun di saat bersamaan juga sebenarnya adalah yang paling berani setidaknya untuk diri sendiri. Nah kira-kira gitu kalau lagi dengerin lagu Bird ini.

6. Skinny Love - Birdy

Hopeless adalah kesan ketika mendengarkan lagu Skinny Love, antara pengin ngungkapin sesuatu ke pasangan namun untuk beberapa hal nggak bisa atau berasa nggak memiliki kuasa.

7. Seperti Tulang - Nadin Amizah

Kalau Seperti Tulang seakan mengajak menjadi lemah sebentar bahwa menjadi manusia juga terdiri atas luka-luka. Bekas luka itu ada di sana dan nggak bakal hilang, bahkan bisa saja seringkali menjadi hambatan dalam langkah-langkah kita selanjutnya. Butuh waktu untuk berdamai, dan izinkan diri untuk itu.

8. Heal - Tom Odell

Lagu Heal ini nggak jauh-jauh dari proses penerimaan ketika memiliki pasangan, yang mana kadang berat dan membuat ragu.

9. Au Revoir - OneRepublic

Kalau lagu ini sebenernya dari Spotify yang auto muter lagu ketika lagi di kereta, lumayan bagus sih sendu-sendu gitu jadi ya masukin saja.

10. Sign of the Times - Harry Styles

Ngedengerin aja tanpa tahu artinya dulu juga udah ngerti ini lagu patah hati.

11. Someday - Steve Earle

Ketemu pertama kali dari film Bridge to Terabithia, lebih ke memang proses untuk ke arah yang mau dituju itu susah dan belum menunjukan hasil pasti. Maka, siap-siap saja kalau misalnya nggak sesuai keinginan.

12. High Hopes - Kodaline

Hmm apa ya, ini karena film Love, Rosie sih jadi kaya yang "aduh capek banget ya bukan jadi the chosen one"

13. Drive Safe - Rich Brian

Drive Safe ini lagu yang cocok didengarkan saat capek sepulang kerja atau akhir pekan anak kuliahan pulang ke rumah, apalagi kalau ditambah suasana hujan.

14. Heather - Conan Gray

Tahu lagu Heather gara-gara TikTok hahaha, dan ini bikin saya inget masa-masa insecure karena nggak perlu lah ambil kata sempurna, mendekati normal aja rasanya diri ini jauh banget. Kaya, ya ampun andai aku terlahir menjadi perempuan kalem, cantik luar dalam, disukai semua orang. Tapi yaudah sih adanya diri ini yhakaan.

15. Langit Abu-Abu - Tulus

Lagu yang cocok didengarkan saat dia ngilang, nggak ada kabar, atau dighosting hahaha.

16. Lose - NIKI

Lagu internesyenel vibesnya patah hati anak muda komplek. Ya lagu yang cocok kalau udah capek berantem gitu hah.

17. Growing Up - Rara Sekar

Banyak yang baru tahu lagu ini dari film Dua Garis Biru, singkatnya lagu ini tuh menggambarkan kebingungan dan 'kaget' saat kenalan sama usia dewasa atau usia tumbuh. Kaya, kok tiba-tiba seperti harus berjalan lekas-lekas dan tak menjadi diri sendiri.

18. Exile - Taylor Swift feat Bon Iver

I think I've seen this film before
And I didn't like the ending
You're not my homeland anymore
So what am I defendin' now?

Yaaak siapa yang nggak suka Exile dari album folklorenya Taylor Swift? Kalau penasaran sama lagu sendu indie versi luar, bisa dengerin ini.

19. Deep in the Meadow

Sebagai penyuka Hunger Games garis keras, apapun yang di filmnya jadi suka semuanya termasuk versi lagu dari Deep in the Meadow. Kaya bagian favorit: Here it's safe, here it's warm. Here the daisies guard you from every harm. Bikin mixed feeling aja udah. Paling suka versi cover yang ini saya sertakan pula:

20. Safe and Sound - Taylor Swift

Don't you dare look out your window, darling everything's on fire
The war outside our door keeps raging on

Lagu yang saya putar berkali-kali ketika film Mockingjay rilis di bioskop, inilah kalau terlalu hanyut ikut dalam cerita hahaha. Tapi coba bayangin aja sih berada dalam situasi yang nggak aman dan penuh ketakpastian setiap harinya? Banyak hal-hal yang dikubur dan perubahan rencana? Yes, 2020 kita merasakannya.

21. When We Were Young - Adele

Udah nggak perlu penjelasan, mari nangis jelek dengan suara Adele yang bagus banget.

22. Who Wants to Live Forever - Queen

Suka berkat film Bohemian Rhapsody, lagu ketika sedang merasa hopeless di tengah-tengah usaha.

23. Evakuasi - Hindia

Termasuk lagu yang dalem jika diputar pada tengah malam.

24. To the Bone - Pamungkas

'Cause maybe the greatest love of all 
Is who the eyes can't see

Kalau ini jangan lupa nonton video clipnya dan jangan lupa membaca komentar-komentarnya, berikut saya sertakan agar tak lupa hahaha.

25. Man Upon the Hill - Stars & Rabbit

And we danced in the room
Grew our heart a bloom
I stopped right there
You've found a new home
And I should be happy

Selain kamu akan suka dengan video clipnya, kamu juga akan jatuh cinta dengan lirik dan lagunya sekalian ingin melihat langsung di panggung.

26. If I Die Young - The Band Perry

Funny when you're dead, how people start listenin'

Alih-alih dibawakan dengan depresif atau gloomy, lagu ini justru punya nada yang estetik. Menurut saya bukan lagu yang hanya tentang diri sendiri dan misteri kematian namun juga agar ingat kembali bahwa orang lain juga sama strugglingnya. Jadi, nggak salah atau rugi kalau bisa menilik sekalipun hanya dengan sedikit empati.

27. Dust in The Wind - Kansas

Lagu yang kenal berkat film korea Unforgettable, tiap dengerin sih lebih jadi keingat masa-masa nostalgia. Kayanya kok dulu pernah hidup yang secara penuh dan leluasa ya? Kira-kira lagu ini bikin merenung gitu deh.

28. Juara Kedua - Fiersa Besari

Ini lagu sebenernya kesannya tentang menjadi simpanan atau orang ketiga yang tentu saja nggak dianggap sih, tapi saya dengerin lagu ini dulu ketika menjadi pacar namun kalah prioritas dengan 'sahabat perempuannya' hahaha curhat.

29. Garis Terdepan - Fiersa Besari

Lagu yang berasa galau banget kalau lagi ngerasa cuma jadi sekelebatan orang lewat bagi gebetan, dan juga lagu untuk yang sebenarnya cuma kebawa baper aja hahaha. Ada sih yang galau lainnya kaya April atau Waktu yang Salah, sekalian aja lah ya tulis nyempil di sini.

30. If I Had a Boat - Karen Elson

Pernah nggak sih pengin kabur atau menghilang sejenak? Ya kira lagu ini cocok untuk mengiringi. Saya dapat dari film Still Alice, sudah nonton?

31. Tuhan Sebut Sia-Sia - Amigdala

Ternyata ada yang lebih bikin galau dari pada lagu Kukira Kau Rumah, yaitu Tuhan Sebut Sia-Sia. Apalagi di bagian lirik ini:

Aku mendakimu jauh sampai patah kaki
Sedang kau mati suri berdendang sendiri
Aku mendakimu jauh sampai patah kaki
Sedang kau mati suri berdendang sendiri

Sama kaya Au Revoir, ini juga sebenernya autoplay dari Spotify. Cuma bedanya didengarkan pas lampu merah, jadi kaya "apa-apaan nih", kaget.

32. Brother - Kodaline

Kodaline emang jagonya punya lagu yang bagus-bagus bahkan ketika seseorang tak mengalami pengalaman personal. Contohnya Brother ini, lihat videonya saja membikin ingin mengharu biru.

33. Anchor - Novo Amor

And i hear your ship is comin’ in 
Your tears, a sea for me to swim 
And i hear a storm is comin’ in 
My dear, is it all we’ve ever been?

Mendengarkan lagu Anchor ini kaya ketika sudah jatuh cinta yang dewasa, eh yang gimana tuh? Yang udah siap dengan kemungkinan terburuknya alias sepaket dengan patah hati. Karena sudah siap di sini meskipun kehilangan, namun sudah tegar duluan. Sekilas jadi ngingetin ke film The Light Between Ocean, itu film kelabu abis.

34. More than Me - Greyson Chance

I lost my way on streets that I paved. Dari larik lirik pertama saja sudah menggambarkan bagaimana diri ini kebingungan.

35. All I Want - Kodaline

But if you loved me
Why'd you leave me?

Yhaaas lagi-lagi Kodaline yang selalu saya kagumi video musicnya, ada dua versi nih bahkan All I Want ini. Nggak bikin sedih yang sedih banget aja sih, tetap memberikan harapan lewat lagu ini, sepaket!

36. Derai-Derai Cemara - Banda Neira

Ada beberapa dahan di tingkap merapuh
Dipukul angin yang terpendam

Aku sekarang orangnya bisa tahan
Sudah berapa waktu bukan kanak lagi

Merupakan musikalisasi puisi Chairil Anwar yang dibawakan dengan apik oleh Banda Neira, sampai sekarang masih jadi favorit! Karena isinya mengenai kehidupan, tumbuh, runtuh, dan silakan dengar sendiri.

37. Keaton Henson – Sweetheart, What Have You Done Done To Us

Lagu sendu ketika sedang bertengkar dengan kekasih :(

38. Rumpang — Nadin Amizah

Pagi tadi aku masih menangis
Ada rasa yang tak kunjung mati

Untuk beberapa waktu lagu ini menjadi favorit, kaya pagi bangun tuh kadang penginnya sedihnya udahan dulu namun nyatanya nih, nyatanya masih bersisa hahaha. Terutama dulu pas melihat teman-teman lulus duluan dan berharap semuanya tuh cuma mimpi, maka nangis starter pack tak lupa mendengarkan lagu ini dan tentu saja dengan nangis jelek. Nggak nyambung sih tapi ya biarin.

39. She Used to Be Mine - Sara Bareilles

It's not easy to know
I'm not anything like I used be, although it's true
I was never attention's sweet center
I still remember that girl
She's imperfect, but she tries
She is good, but she lies
She is hard on herself
She is broken and won't ask for help
She is messy, but she's kind
She is lonely most of the time
She is all of this mixed up and baked in a beautiful pie

Ya ampun ini lagu saya tambahkan terlambat, padahal sangat membuat ingin nangis apalagi jika sedang down atau sedang PMS. Lagu yang cocok ketika sedang merasa atau memang (hey) bukan seorang favorit siapapun. Lagu yang turut memberitahu bahwa menjadi berbeda ternyata nggak mengenakkan juga, dan sendirian tak pernah menyenangkan. Lagu yang liriknya seperti puisi, makanya saya tulis hampir banyak hahaha.

40. Mendarah - Nadin Amizah

Bagaikan jiwa yang terpisah
Mati enggan, hidup pun susah
Jiwanya 'tlah lama direnggut waktu
Katanya hatiku 'tlah lama terbelah
....
Bukan maaf yang kuminta
Tapi peluk yang kulupa
Ini cerita tentang rumah yang berbeda
Dan berjarak jauh
Hanya tersentuh dalam jarak doa

Lagu ini juga saya tambahkan, awalnya memang sudah ada dalam daftar namun memang ini lagu khusus yang feelnya baru dapet kalau sedang merasakan rasa tersebut. Sebagai menjadi manusia yang tak lengkap cintanya, rasa aneh, merah dan kebingungan seringkali meliputi. Rasanya ingin berbicara melontarkan segala rasa sakit dan marah, namun yang ada hanyalah menahan dalam diam.

Berkali-kali mencoba menenangkan anak kecil dalam diri yang terluka, bahwa sekarang sudah ada diri sendiri sebagai kakak yang memberi kasih dan rasa aman. Untuk, tak apa-apa dan sangat tak apa-apa tak mendapatkan hal-hal yang seharusnya didapatkan, untuk kini saatnya melanjutkan hidup dan perjalanan.

41. Because of You-Kelly Clarkson

Sebenarnya kalau lagu ini didengarkan pada saat ini malah jatuhnya lucu, bukan karena lagunya namun karena teringat masa-masa patah hati yang belum dewasa dahulu. Ya memang ada patah hati dewasa? Hahaha. Cuma karena ini pernah suka lagunya dan nadanya memang bagus tentu saja saya masukan.

42. Say Something I'm Givin' Up On You-A Great Big World, Christina Aguilera

Ya astaga, ini lagu sudah tujuh tahun saja. Saya suka karena film If I Stay, jadi kan rasa kehilangannya terasa sekali. Selain itu merasa diri kecil dan tak berdaya.

43. Dari Sebuah Mimpi Buruk-Danilla

Piluu nyatanyaaa~ Udah dengerin aja ;'(
44. Udah ah, nyusul. Capek juga sebanyak ini.

Akhir kata, galau boleh, sedih boleh, kecewa boleh banget lah wong kita manusia kok. Tapi inget besoknya udah bangkit lagi, semangat lagi demi jajan kopi susu dan makanan kesukaan. Demi ghibahan temen kuliah atau kerjaan, demi series yang belum ditonton. Kalau pengin dengerin yang bikin mikir atau berat-berat, coba cek di postingan rekomendasi podcast. Hahaha see ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

2 comments

  1. Banyak ya rekomendasinya... Tapi semuanya saya enggak tau, huhuhu... Atau mungkin kalau denger mah familiar kali ya, hihihi...

    ReplyDelete
  2. Buanyaaaaakkkk. Wah asik, ada Rara Sekar, Tulus sama Fiersa Besari. Etapi lagu patah hati yang jleb banget buatku itu, lagunya One Ok Rock yang Heartache sik. Paling jleb buat aku sejauh ini.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)