Berbahayakah Jika Bayi Mengalami Kembung

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Kembung adalah salah satu kondisi dimana udara atau gas terperangkap pada area perut atau usus. Pada bayi kembung memang sering terjadi dan pasti dianggap peristiwa biasa oleh sebagian bunda. Akan tetapi, kembung bisa mengakibatkan si kecil merasa sangat tidak nyaman. Bahkan pada beberapa bayi kondisi terperangkapnya udara di perut atau kembung bisa menimbulkan gelembung - gelembung kecil di perut dan menyebabkan tekanan sakit perut yang dapat terasa sangat menyakitkan bagi sebagian bayi. Oleh sebab itu bunda harus selalu sediakan minyak telon bayi untuk pertolongan pertama saat si kecil mulai kembung ya. 

ilustrasi bayi
pict: fancycrave1, pixabay

Ketidaknyamanan yang dirasakan ketika perut bayi kembung membuat bunda harus lebih waspada lagi. Beberapa gejala yang bisa bunda lihat pada saat si kecil bunda yaitu:

  1.  Menjadi lebih rewel 
  2.  Menjadi lebih sering menangis 
  3.  Sering bersendawa dan mengeluarkan gas 
  4.  Perutnya membesar dan lebih keras 

Gejala - gejala tersebut dapat menjadi acuan bunda agar dapat segera memberikan pertolongan pertama pada si kecil saat mengalami kembung. Minyak telon bayi dapat digunakan untuk menghangatkan bayi dan juga mengurangi rasa ketidaknyamanan si kecil saat mengalami perut bayi kembung. 

Selain gejala - gejala yang penting di ketahui oleh para bunda untuk dapat menghindari si kecil mengalami kembung. Beberapa informasi penting perihal apa saja yang dapat menyebabkan perut bayi kembung. Begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan perut bayi mengalami kembung, diantaranya yaitu: 

     1. Sering Menangis 
Ketika si kecil sering menangis dan selalu membuka mulutnya secara tak sengaja menelan udara. Udara yang tertelan dapat terperangkap dalam tubuh bayi hingga mengalami kembung 
     2. Gangguan Pencernaan 
     3. Saluran Pencernaan yang Belum Matang
Secara anatomi tubuh bayi lebih rentan mengalami kembung dibandingkan orang dewasa. Salauran pencernaan yang belum matang di dalam tubuh bayi cenderung membuat gas lebih mudah terperangkap dan mengakibatkan perut bayi kembung. 
     4. Cara Menyusui yang Kurang Tepat 
Cara menyusui yang salah akan membuat si kecil menelan banyak udara. Selain itu juga jika bayi minum susu dari botol yang alirannya terlalu deras bisa juga menyebabkan bayi mengalami kembung. 

Ketidaknyamanan tersebut bisa di hindari jika bunda menjaga kesehatan si kecil dengan baik. Jadi mulai sekarang penting sekali untuk menghindari beberapa faktor tersebut agar si kecil tidak mengalami perut kembung karena meskipun tidak terlalu berbahaya hal tersebut membuat sangat tidak nyaman.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)