Mempersiapkan Berkarir dengan Kelas Pilihan di Skill Academy untuk Fresh Graduate

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Menyelesaikan studi atau kuliah adalah momen yang dinanti-nantikan, baik yang lulus lebih cepat, tepat waktu, maupun di waktu yang tepat. Melepaskan label dan privilese seorang mahasiswa, rata-rata memilih untuk melanjutkan ke dunia kerja dan kemudian fokus berkarir. Hal ini juga menjadi momen yang mendebarkan dan diingat dalam hidup sebagai langkah pijakan pertama.

Tantangan Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi

cv melamar pekerjaan
ilustrasi oleh: coffeebeanworks, pixabay

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, angkatan digital pertama mengalami tantangan tersendiri untuk mencari pekerjaan. Hal ini membuat kekhawatiran tersendiri bagi para fresh graduate, karena jumlah pesaing semakin banyak dan seakan permintaan kualitas semakin tinggi. Tak dipungkiri, perasaan takut dan pusing seringkali menghampiri apalagi di tengah ketidakpastian. Namun dari pada tenggelam dalam kubangan overthinking, lebih baik turut menjadi bagian dari arus yang sama-sama beradaptasi.

Mungkin ada yang bernasib sama seperti saya, di mana belum sempat merasakan berada dunia kerja yang diimpi-impikan dengan bebas tanpa serba terbatas seperti saat ini. Banyak mimpi dan project-project yang akhirnya ditunda atau bahkan tidak jadi diadakan. Keantusiasan tersebut sempat redup dan juga faktor lain di mana bertemunya pada pertanyaan-pertanyaan quarter life crisis. Perasaan satu belum selesai dan terjawab, muncul pertanyaan dan perasaan lain yang kian menggunung. Saya sadar hal tersebut akan berdampak buruk jika tidak segera mengambil action, dibarengi dengan pemikiran yang rasional dan bijak terutama dalam mengambil keputusan.

Meningkatkan Skill yang Relevan Bagi Fresh Graduate Pencari Kerja

Kendati belum memasuki dunia kerja yang diimpi-impikan bahkan segala impian yang menggebu belum sempat diraih, saya beruntung setidaknya pernah menjadi anak magang di inkubator start-up. Dari sana membuka mata bahwa dunia kerja berbeda sekali dengan dunia kuliah karena lebih luas, lebih kompleks, lebih menantang, namun juga bisa lebih cepat berkembang jika berada di lingkungan yang tepat.

Karena berada di lingkungan yang sudah lebih lama berpengalaman dan multidisiplin ilmu, saya belajar bahwa untuk menjadi pencari kerja membutuhkan skill. Hal ini bahkan jika perlu sudah dilatih tipis-tipis sebelum menerima gelar sarjana misalnya melalui berorganisasi, magang, dan hal-hal yang bersifat praktik di lapangan. Jika mendengar kalimat tersebut, seringkali berkonotasi "susah" atau "tidak passion", namun hal yang saya pelajari dan sadari justru belajar skill tertentu awalnya berasal dari yang paling dekat dengan kita, yang paling kita kuasai dan berpotensi, dan yang paling kita kuasai.

Skill yang dibutuhkan bagi seorang fresh graduate yang bahkan masih relevan hingga kondisi saat ini misalnya:

  • Communication Skill

Komunikasi memang hal yang kita lakukan dalam keseharian, namun dalam dunia kerja berbeda lagi fungsinya, seperti misalnya bagaimana dapat berkomunikasi asertif. Pada dasarnya, komunikasi di dunia kerja itu bersifat profesional, untuk itu menjadi tantangan tersendiri untuk memperhatikan mana persepsi pribadi dan mana yang perlu disampaikan. Selain komunikasi asertif, skill ini juga sifatnya dapat berguna misalnya ketika untuk bernegosiasi, untuk menarik minat klien, hingga public speaking.

  • Leadership Skill

Skill kepemimpinan di sini bukan berarti harus menjadi seorang pemimpin, leader, atau koor namun minimal dapat menjadi leader untuk diri sendiri. Bentuknya bisa bagaimana dan kapan harus bersikap tegas, bagaimana menghargai pendapat orang lain, dan hal-hal yang umumnya terjadi interaksi dengan orang lain sampai hal yang bersifat kepercayaan atau trust.

  • Analytical & Problem Solving Skill

Skill ini membutuhkan cara kerja berpikir kita yang kritis dan sering kali berhubungan juga dengan pemecahan masalah. Selain karena dalam dunia kerja biasanya lebih mandiri, skill ini juga bermanfaat agar menghindari miss baik dari saat komunikasi atau pelaksanaan teknis. 

  • Curiosity & Creativity

Setiap tempat di mana kita bekerja nantinya pasti memiliki kultur yang berbeda juga, namun sifat curiosity dan creativity bisa membantu kita saat merasa jenuh atau bermanfaat dalam menyelesaikan sesuatu dengan lebih efisien. Jika berada di lingkup kreatif misalnya, sudah pasti hal ini sangat dibutuhkan yang nantinya akan melahirkan inovasi.

  • Management Skill

Sebagai usia muda, skill di atas kurang jika tak dilengkapi dengan skill manajemen waktu dan prioritas. Hal ini menjadi penting karena saat ini terutama, banyak distraksi yang dapat memecah fokus. Dari pada nanti hasilnya tak maksimal atau tak selesai, keahlian ini penting untuk dimiliki dengan kombinasi antara praktik langsung dan mencari bantuan referensi.

Persiapan dan Optimis Berkarir dengan Mengambil Kursus dan Kelas Online di Skill Academy

kelas skill academy
raw pict:GraphicsSC, pixabay

Momen jeda saat mencari dan mempertimbangkan tempat kerja impian memang sebaiknya dimanfaatkan untuk mengasah dan meningkatkan keahlian tertentu. Lagi-lagi karena kondisi sekarang terbatas, bukan berarti tak bisa sama sekali untuk mempelajari hal baru bukan? Apalagi kondisi serba digital seperti sekarang, dengan mudahnya tinggal memilih saja manfaat dari kemudahan akses saat ini.

Salah satu kiat mempersiapkan karir adalah mempelajari ilmu dan keahlian baru yang ada di Skill Academy. Platform pelatihan kursus online dan kelas online inovasi dari Ruangguru ini memang santer dibicarakan dan menyediakan beragam kelas yang dapat kita pilih. Unuk fresh graduate, rekomendasi kelas yang dapat diikuti di Skill Academy ini yaitu:

  • Rahasia Sukses Melamar Kerja - Iman Usman

Pengalaman pertama mencari kerja bisa menjadi hal yang clueless, maka untuk tak terpisah-pisah dapat mengikuti kelas Rahasia Sukses Melamar Kerja ini. Kelas ini cocok dan memang diperuntukkan bagi pemula karena menyediakan topik dari pengenalan CV dan Resume, Format CV, dan Perihal Wawancara.

  • Membangun Portfolio dan Pencitraan Diri untuk Melamar Kerja - Bryan Gunawan

Tak mungkin dong, kita melamar suatu posisi pekerjaan tanpa membawa sesuatu yang dapat mengenalkan siapa kita dan nilai tambah. Seringkali juga isi portfolio kurang relevan dengan posisi yang sedang diincar saat ini. Minimal, dari kelas ini kita dapat memetakan isi portfolio dengan tepat saat melamar kerja. Kelas ini juga menyediakan bonus tambahan berupa career mentoring yang bisa dimanfaatkan seperti membuat CV, menyusun profil Linkedin, menulis surat lamaran, dan interview.

  • Tips Jitu Membuat CV dan Lamaran Pekerjaan-NusaTalent

CV dan lamaran pekerjaan bukanlah sesuatu yang remeh, namun uniknya saat ini banyak sekali jasa pembuatan CV beredar namun isinya hanya sebatas hal-hal umum dan kurang mendetail. Ini tentu saja karena seharusnya kita yang paling mengerti bagaimana menjelaskan diri kita dalam CV dan lamaran pekerjaan. Lagi pula, hasil buatan sendiri dapat menjadi proses belajar sendiri karena tahu mana yang kurang dan mana yang kurang mendetail. Kelas ini bisa menjadi pilihan dalam panduan membuat CV dalam keperluan melamar pekerjaan.

  • Kelas Bahasa Inggris: Lancar Wawancara Kerja Bahasa Inggris - Alexander Mulia & Kartika Akbaria

Sewaktu SMK, mata pelajaran Bahasa Inggris yang saya pelajari adalah Bahasa Inggris yang diperuntukan pada bisnis dan lingkungan kerja. Hal tersebut karena tentu saja, SMK arahnya ke kerja langsung meskipun saat ini saya memilih kuliah, hihi. Bagi yang ingin bekerja di perusahan multinasional, kantor urusan internasional, lembaga pengajar berbahasa asing, dst perlu mempersiapkan wawancara dalam Bahasa Inggris.

Dan kelas pilihan lainnya sesuai kebutuhan, kita hanya perlu sesederhana mengetikkan kata kunci tertentu yang kita cari di kolom pencarian dan akan muncul hasilnya. Saya sendiri sedang mengikuti kelas untuk meningkatkan kemampuan diri dalam Bahasa Inggris, yaitu IELTS Lesson for Getting Higher Score. Hal ini didasarkan karena dahulu saya bercita-cita ingin berkuliah di luar negeri yang persyaratannya kalau nggak TOEFL ya IELTS.

ielts skill academy

Saya kira, awalnya akan sulit diikuti namun instruktur menjelaskan dengan mudah dipahami lengkap dengan video. Saya juga tak perlu terburu-buru menyelesaikan kelas dan takut akan kehilangan materi karena kelas dapat diakses kapanpun. Tentu saja hal ini memudahkan saya untuk mempelajari kembali materi, apalagi IELTS ini perlu untuk berkali-kali dipahami.

Bagi fresh graduate yang ingin melanjutkan kuliah master, selain kelas IELTS juga tersedia kelas persiapan beasiswa di Skill Academy seperti Step by Step Menuju Sekolah Idaman dan Beasiswa Impian (Ayu Kartika Dewi), Mudah Pahami Grammar TOEFL (Ali Fikrie), Jurus Jitu diterima Kampus Ivy League (Risa Santoso), dan Bedah CV untuk Sekolah ke Luar Negeri, Beasiswa, dan Lamaran Kerja (Iman Usman). 

Kelas Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Sembari mempersiapkan lamaran kerja, para fresh graduate juga bisa mencoba apply Kartu Prakerja karena program ini memberikan kita kesempatan untuk mempelajari skill baru maupun meningkatkan skill yang sudah kita miliki. Jika lolos, kita dapat menggunakan saldo untuk mengikuti Kelas Prakerja yang juga ada di Skill Academy. Lumayan banget, kan?

kelas prakerja skill academy
website Skill Academy

Ada beberapa rekomendasi kelas di situs Kelas Prakerja ini terutama bagi fresh graduate dalam persiapan melamar kerja seperti yang juga disebutkan di atas misalnya Sukses Interview/Wawancara Kerja dan Bedah CV untuk Lamaran Kerja. Selain itu, sembari mempersiapkan lamaran pekerjaan kita juga bisa mengambil kelas-kelas di Kelas Prakerja untuk meningkatkan skill terutama yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang kita lamar. Seperti misalnya kalau dalam preferensi saya yang menyukai media sosial dan digital marketing yaitu:

  • Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing - Ivan Suganda

Internet marketing bagi pemula merupakan ilmu yang kompleks dan pada nyatanya perlu strategi agar tak terpisah-pisah sehingga lebih efisien. Karena internet juga cakupannya luas, target juga berbeda-beda, terutama dalam penjualan produk di internet menarik bagi saya untuk mempelajari kelas ini.

  • Sukses Beriklan di Google Ads - Ryan Batchin

Saya beberapa kali mendapatkan tawaran untuk dapat beriklan di Google Ads dengan diskon, namun karena minim praktik saya belum mengambilnya. Kalau untuk bloger, ini dapat mengarahkan ke artikel tertentu dalam beriklan namun untuk penjualan produk pastinya akan berbeda lagi.

  • Merancang Produk yang Dicintai Pengguna berdasarkan Data - Stevanus Christopel

Ketika magang di inkubator startup, produk menjadi kata yang tak asing apalagi dalam membuat produk itu yang sifatnya dibutuhkan dan potensial, bukan produk yang kita inginkan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan keberlangsungan penggunaan produk ke depannya. Kelas ini juga cocok untuk yang memang tertarik pada pengembangan produk, pembuatan produk, dan menyukai tantangan trial and error.

  • Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan - Nabilla Aidid

Menjadi bloger berbeda dengan saat menulis di media sosial, berbeda juga saat memberikan review, juga dengan konten promosi. Saat ini apalagi inovasi dalam trik konten marketing sudah semakin terlihat organik seperti user biasa, namun jika khusus dalam website maka fokus targetnya adalah pengguna aktif. Meningkatkan copywriting skill di kelas ini bermanfaat terutama bagi yang ingin melamar di bidang tulis menulis dalam marketing.

  • SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google - Ilman Akbar

Di kalangan bloger, SEO dikatakan sebagai ilmu yang memiliki banyak cara dan banyak jalan. Salah satunya untuk dapat mendalami dapat mengikuti kelas ini untuk salah satunya mempelajari ilmu terkait SEO. Bukan hanya untuk bloger, SEO on page maupun off page ini sama-sama penting dalam pengembangan website terutama website brand misalnya.

Topik lain sesuai preferensi juga tersedia selain yang disebutkan, seperti misalnya pemasaran, teknologi & software, persiapan tes CPNS, hingga bisnis dan keuangan. Pembelian kelas prakerja di Skill Academy juga mudah dilakukan dan dapat dilihat pada gambar berikut:

cara kelas prakerja skill academy
sumber: instagram Skill Academy

Benefit Mengambil Kelas Online di Skill Academy

Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah mengikuti kelas di Skill Academy itu worth-it karena terlihat promising. Manfaat Skill Academy ini sebenarnya tergantung juga pada kebutuhan kita yang relevan tentunya, dan di atas sedikit menyinggung akan manfaat yang dapat diperoleh. Namun jika berdasarkan pengalaman, manfaat mengambil kelas di Skill Academy yaitu:

  • Kualitas Pengajar Pada Ahlinya

Di masing-masing kelas yang diikuti akan tertera siapa instruktur atau tutor yang akan mengajar nantinya. Karena salah satu belajar yang terbaik adalah belajar pada ahlinya, kelas online di Skill Academy menyediakan para pengajar yang memang ahli sesuai keilmuan masing-masing. Topik yang diajarkan di kelas juga terlihat dengan detail sehingga kita dapat memutuskan apakah mengambil tidaknya kelas tersebut atau membandingkan dengan topik serupa di kelas lain.

  • Biaya yang Terjangkau dan Banyaknya Diskon

Biaya seringkali menjadi hambatan termasuk dalam pembelian kelas atau kursus online. Di Skill Academy tersedia banyak pilihan kelas, bahkan rata-rata di bawah 200rb sudah mendapatkan kelas yang kita tuju. Kita juga dapat melihat review-review sebelumnya di kelas yang tersedia dalam pertimbangan pengambilan kelas. 

  • Sertifikat Pelatihan dan Akses Kelas

Ketika menyelesaikan kelas dan dinilai lulus, kita juga mendapatkan apresiasi berbentuk sertifikat pelatihan ini. Benefit lain yang menyenangkan juga adalah akses kelas yang dapat diulang di manapun kapanpun selama ada jaringan internet, jadi tak perlu mengambil kelas yang sama berulang kali.

  • Aplikasi dan Website yang Responsif

Mungkin sekilas kita akan berpikir jika materi yang ada di kelas itu banyak, maka website atau aplikasi akan berjalan dengan lambat. Namun sepengalaman saya, website dan aplikasi Skill Academy sangat nyaman dan responsif untuk diakses, hal ini tentu saja sebagai dari kaca mata bloger, menjadi nilai plus. Meskipun demikian, kualitas video juga tetap jernih dan jelas saja, lho.

Penutup

Saya rasa, belajar tak hanya berhenti ketika lulus kuliah namun justru banyak ilmu dan keahlian yang dapat kita coba dan pelajari lebih. Terutama pastinya yang sedang mempersiapkan karir dan mumpung masih muda dan semangat-semangatnya, maka memanfaatkan kesempatan untuk mempelajari skill baru nggak ada ruginya bukan? Asal pastinya relevan dan aplikatif juga jangan setengah-setengah, berani maju juga harus berani bertanggung jawab. Nah kalau kelas favoritmu di Skill Academy ini apa, dan bagaimana pengalamannya? Feel free untuk share di kolom komentar ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

5 comments

  1. Sewaktu masih kerja dulu, beberapa kali aku mewawancarai pelamar baru, mostly fresh grad, dan yg pertama aku liat adalah kemampuan komunikasi mereka :). Lalu bahasa Inggrisnya. Krn tempat kerja dulu bank asing yg mana nasabahnya kebanyakan foreigners. Jd staff yg pinter berkomunikasi dan bisa bahasa Inggris paling diutamakan.

    Makanya aku seneng kalo ketemu dgn fresh grad yg cara berbicaranya bgus, bahasa Inggris bisa dimengerti, walopun mungkin grammar salah, aku ga masalahin. Toh seiring waktu itu bisa diperbaiki.

    Lumayan berat yaa persaingan kerja skr, terlebih sedang pandemi. Perusahaan banyak yg menahan diri utk recruit baru. Tapi memang ga ada salahnya utk para pencari kerja menambah skill dgn ikutin banyak webinar yg bisa support skill mereka. Sehingga saat perusahaan2 membuka kembali lowongan, at least para fresh grad sudah siap dengan skill2 yg dimiliki. Apalagi makin mudah aja utk bisa ikutan kursus ato webinar begini. Semua serba online dan gampang :)

    ReplyDelete
  2. Nah setuju, kemampuan komunikasi itu penting sekali, apalagi untuk fresh graduate. Kadang kan masih ada rasa malu mengungkapkan pendapat karena kurang pengalaman. Beruntung banget sih jaman sekarang bisa menambah skill melalui kelas online seperti ini. Kalau jamanku dulu mana ada..

    ReplyDelete
  3. Bagus banget fresh graduate kalau upgrade skil seperti ini. Tidak mudah untuk mencari pengalaman bekerja seperti yg diinginkan banyak perusahaan. Tapi kalau sudah mengerti, setidaknya bisa bermanuver supaya bisa lebih diterima & berprestasi di lingkungan kerja nanti

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah banget ya ini sekarang ada skill academy aku pun terbantukan mba. semangat kita

    ReplyDelete
  5. Skill academy memang salah satu aplikasi pembelajaran semua kalangan. Untuk saat ini, terbaiklah untuk digunakan mengembangkan skill dan kognitif kita

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)