Apply Kartu Kredit Mudah Melalui CekAja

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Setahun belakangan ini, saya jadi lebih belajar mengenai finansial. Bukan hanya investasi atau yang bersifat savings, namun saya juga belajar istilah-istilah seperti paylater, pinjaman online, dan kartu kredit. Paylater biasanya terdapat di aplikasi, sedangkan pinjaman online sifatnya berbeda lagi, pun dengan kartu kredit yang fungsinya lebih luas. Kesamaan pada ketiganya itu sama-sama memberikan pinjaman yang tentunya mempunyai jatuh tempo dalam pelunasannya. Bagi yang sedang berencana apply kartu kredit terbaik bisa cek dahulu manfaatnya berikut.

Manfaat dan Keuntungan Memakai Kartu Kredit

kartu kredit
pict: JESHOOTS, pixabay

Untuk yang suka belanja online, pasti akan akrab dengan banyak metode pembayaran mulai dari transfer, melalui top up dompet digital yang terhubung, paylater, hingga kartu kredit. Metode pembayaran dengan kartu kredit biasanya juga memiliki keuntungan tersendiri, seperti potongan diskon, promo, maupun cashback. Namun, sebetulnya ada beberapa keuntungan lain dalam pemakaian kartu kredit selain untuk belanja online lho, misalmya:

  • Promosi, Diskon, hingga Cashback 

Dibanding metode pembayaran serupa misalnya paylater, pembayaran menggunakan kartu kredit lebih memungkinkan untuk mendapatkan aneka promo lebih banyak dan lebih besar. Bukan hanya saat transaksi online, namun juga saat bertransaksi di merchant terpilih atau secara offline. Hal ini tentunya cukup ringkas hanya dengan menggunakan satu kartu kredit saja.

  • Cicilan Lebih Ringan

Jika dibandingkan dengan paylater misalnya, bunga cicilan kartu kredit lebih rendah karena maksimal hanya 2% setiap bulannya. Cicilan juga dapat mencapai bungan 0% untuk transaksi dan nominal tertentu pada pembelian barang yang memiliki harga tinggi.

  • Ruang Lingkup Lebih Luas

Kartu kredit dapat digunakan bukan hanya untuk belanja online namun juga membayar tagihan, membayar di merchant, hingga berlangganan aneka aplikasi berbayar. Jadi, tak terbatas hanya pada satu aplikasi atau marketplace tertentu. Penggunaanya juga bisa dilakukan di seluruh dunia, jadi tak terbatas hanya di beberapa tempat saja.

Pertimbangan Memakai Kartu Kredit

pemakaian kartu kredit
pict: mohamed_hassan, Pixabay

Setelah mengetahui manfaat yang umum di atas, namun tetap saja ada beberapa pertimbangan dalam penggunaan dan pemakaian kartu kredit ini. Di antaranya:

  • Kemampuan Bayar

Pastikan dahulu kita memiliki catatan rinci mengenai cash flow dalam keuangan pribadi kita. Pastikan bahwa penggunaan kartu kredit setidaknya aman dalam pelunasan dalam waktu yang ditentukan sehingga tak menimbulkan beban atau masalah di waktu mendatang.

  • Pengeluaran Produktif dan Hindari Konsumtif

Penggunaan kartu kredit akan jauh lebih baik apabila digunakan dengan bijak dan bersifat produktif dari pada konsumtif. Misalnya pembelian peralatan elektronik untuk mendukung pekerjaan atau pelunasan tagihan listrik atau air agar tak melebihi batas tanggal. Dengan itu, pengeluaran melalui kartu kredit akan lebih terasa manfaat dan nilai gunanya.

  • Penggunaan Secukupnya

Tak dipungkiri, adanya promo atau diskon akan menggiurkan. Boleh saja yang bersifat entertain, namun pastikan tegas dalam membatasi pengeluaran secukupnya dengan mempertimbangkan kembali kemampuan keuangan pribadi.

  • Pahami Biaya Bunga, Denda, dan Jatuh Tempo

Tentu saja menjadi pengguna yang hati-hati dan bertanggung jawab, harus memahami dengan detail apa saja biaya yang dikeluarkan misalnya biaya bunga dan iuran, berapa besaran denda jika telat pelunasan, dan kapan jatuh tempo. Pahami juga kartu kredit memiliki biaya yang berbeda-beda, seperti biaya tahunan, biaya tarik tunai, biaya tagihan, biaya cek tagihan, biaya materai, biaya penggantian kartu, hingga biaya overlimit. Intinya, kedisiplinan dalam segala aspek keuangan diperlukan termasuk penggunaan kartu kredit.

Tentang CekAja

Setelah memahami manfaat dan pertimbangan penggunaan kartu kredit di atas, kita bisa mengajukan kartu kredit dengan mudah melalui CekAja. Di situs layanan informasi dan perbandingan ini, kita bisa sekaligus terlebih dahulu menemukan panduan lengkap mengenai kartu kredit. Tak hanya itu saja, informasi mengenai deposito, asuransi. KTA, pinjaman dana tunai, dan pinjaman online serta perbandingan antar penyedia juga lengkap di sini.

Perihal keamanan dalam keputusan pembelian produk finansial di sini, CekAja sendiri diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Fintech Indonesia. Selain itu, layanan di CekAja yang berdiri sejak 2014 ini didukung oleh para tenaga profesional dalam bidang teknologi, finansial, dan asuransi yang berpengalaman di bidangnya.

Cara Apply Kartu Kredit Melalui CekAja

Selanjutnya, berikut adalah syarat pengajuan kartu kredit di CekAja:
  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berstatus sebagai Karyawan Swasta, Profesional, atau Wiraswasta
  • Minimum penghasilan Rp 3 juta/bulan
  • Usia minimum pemegang kartu utama 21 tahun dan 17 tahun untuk kartu tambahan
  • Melengkapi dokumen seperti fotocopy KTP/KITAS, fotocopy slip gaji 1 dari 3 bulan terakhir atau fotocopy rekening tabungan, NPWP, dan  fotocopy akta pendirian SIUP/TDP bagi wiraswasta.

Keuntungan Pengajuan Kartu Kredit Melalui CekAja 

Ada beberapa keuntungan dalam apply kartu kredit melalui CekAja, yaitu:
  • Tersedianya informasi perbandingan untuk pilihan dari kualitas terbaik dari masing-masing kartu kredit beserta manfaatnya.
  • Tersedianya informasi produk kartu kredit yang memiliki fasilias promo belanja, potongan harga, aneka promosi, sampai cashback.
  • Bagi yang memilih produk kartu kredit untuk perjalanan dan transaksi di luar negeri di sini juga tersedia kartu kredit perjalanan.
  • Tersedianya produk kartu kredit yang memiliki fasilitas Air Miles khusus bagi yang sering melakukan perjalanan dengan penerbangan baik di dalam atau di luar negeri.
  • Bekerja sama dengan perusahaan perbankan penerbit kartu kredit seperti BNI, Bank BRI, CIMB Niaga, Citibank, DBS, Bank Mayapada, Bank Mega, OCBC Bank, dan lainnya

Nah untuk mengetahui dan menemukan kartu kredit mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan, bisa dicek melalui https://www.cekaja.com/kartu-kredit dan semoga informasi mengenai kartu kredit dalam artikel ini dapat bermanfaat ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)