Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan MediaBacklink

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Selama menjadi bloger, pertanyaan mengenai apakah dari nulis blog bisa mendapatkan penghasilan seringkali muncul. Namun uniknya, rata-rata pasti berasumsi kalau penghasilan tersebut adalah hasil dari memasang iklan. Sayangnya, hal tersebut sangat kebalikan dengan apa yang selama ini saya praktikan karena selama ngeblog saya tak pernah memasang iklan. Kemudian, nulis blog yang bagaimana yang bisa mendapatkan cuan dari sana?

Saya mengawali blog dengan kesukaan saya akan menulis, kebanyakan bercerita mengenai perspektif dari apa yang dilihat sehari-hari, atau membuat semacam review. Seiring dengan beragamnya topik artikel dan juga perkembangan dari cara membawakan tulisan, saya kemudian tahu kalau nulis blog bisa mendapatkan tambahan uang. Pada saat mahasiswa semester awal, tentu hal tersebut menambah rasa senang karena berlatih menghasilkan uang secara mandiri. 

Konten Atau Performa Blog Dulu?

penghasilan dari blog
pict: francisca_diana, Pixabay

Ternyata, proses agar blog dapat menghasilkan uang itu tak mudah alias prosesnya panjang. Namun sembari menuliskan cita-cita tersebut, saya juga tertantang untuk semakin memperbaiki isi dan tampilan blog agar setidaknya masuk kriteria. Kemudian kesempatan pertama datang, yaitu berbentuk job review atau menuliskan artikel kemudian disisipi link dari brand. Sekaligus yang telah disebutkan di awal artikel ini, blog ini menjemput rezeki kebanyakan dari job review dan juga content placement.

Pertanyaan yang sering muncul selanjutnya yaitu mengenai mana yang lebih penting, konten atau performa blog terlebih dahulu? Dahulu, saya juga idealis parah alias kalau pokoknya brandingnya pada tulisan saja, pokoknya apa yang saya bisa dan sukai saja. Namun blog apalagi saat ini bukan hanya sekadar tulisan atau isinya kata-kata, namun aspek lain karena posisinya juga yang berada di internet bersaing dengan platform lain.

Kalau dulu, saya menyukai proses menulisnya dahulu kemudian baru mengoprek tempat tinggalnya alias platform yang digunakan. Ternyata lama-lama menyenagkan juga karena jadi tak jenuh, yang satu sifatnya bisa utak-atik sedangkan yang satunya lagi proses mengurai dan berpikir. Manfaat lain yang tak terduga-duga tentunya adalah belajar sedikit demi sedikit mengenai digital marketing. 

Nah jadinya mana yang lebih penting? Tentu saja konten yang berisi, namun blog juga nyaman untuk dikunjungi alias semua berjalan bersamaan.

Apa Saja Yang Perlu Dioptimasi Dalam Blog?

Jawaban untuk pertanyaan ini akan banyak dan kompleks, namun di sini saya akan menuliskan yang paling dasar dan yang umumnya menjadi penentu bagaimana blog dapat menghasilkan uang. Hal yang perlu diperhatikan dan dioptimalisasi adalah:

  • Pemilihan Domain

Sebaiknya gunakan domain berbayar dan top level domain atau yang biasa dikenal dengan TLD. Modal mengeluarkan untuk domain saja dahulu menurut saya sudah lebih dari cukup, selain itu jauh lebih murah dari sewa hosting. Kalau masih ingin yang simpel dan ingin menikmati proses belajar, gunakan platform blogspot karena di sini tak perlu menyewa hosting. Urusan nanti misalnya pindah ke platform lain seperti WordPress dan menyewa hosting bisa diputuskan jika sudah nyaman. Hal ini untuk nyaman saja dahulu tanpa terbebani, namun kembali ke pilihan masing-masing mengenai pilihan platform.

  • Template Blog: Navigasi, Kecepatan Blog

Template blog juga biasanya disesuaikan dengan preferensi pemilik blog dan dibebaskan sesuai dengan keinginan. Namun unsur yang wajib untuk diperhatikan adalah usahakan template tersebut responsif, tidak ada error, kecepatan untuk loading tidak lambat, serta mobile-friendly. Hati-hati juga dalam memilih sumber template, pilih dari sumber yang aman dan terpercaya dan selalu back up sebelum menggantinya.

  • Daftarkan ke Google Search Console & Google Analytic

optimalisasi blog dengan google analytic
pict: Tumisu, Pixabay

Agar pengindeksan artikel di mesin pencari lebih cepat, selalu pasangkan blog dengan Google Search Console agar proses perayapan lebih cepat. Pasangkan juga dengan Google Analytic yang berfungsi untuk melihat sejauh mana performa blog dan melihat data dari aktivitas pengunjung. Dari sini juga kita bisa mengoptimalisasi tulisan apa yang bisa diperbaiki, ditambahkan, dan potensi artikel yang mendulang banyak trafik.

  • Riset Keyword

Riset kata kunci menjadi hal yang tak terpisahkan apabila ingin postingan lebih banyak muncul di mesin pencarian terlebih di halaman muda. Memang sih, terlihat seperti mengikuti pasar dan kaku, atau gaya tulisan menjadi tidak sebebas saat menulis apa adanya. Kemudian, pernahkah melihat artikel yang isinya hanya kata-kata berulang dan merasa kecewa karena tak mendapatkan informasi? Nah sebetulnya, bermain kata kunci ini juga banyak caranya. Salah satunya jika tak ingin terlalu fokus pada keyword ini, bisa membuat artikel dengan jumlah kata yang panjang misalnya 800-1500 dan bersifat listicle agar tak terlihat membosankan.

  • Artikel Tidak Terdeteksi Plagiasi

Artikel sudah ditulis dan diedit, jangan buru-buru publish! Cek dahulu apakah artikel kita berpotensi dinilai sebagai duplikasi konten atau plagiasi. Hal ini berbahaya karena situs kita nanti bisa dinilai sebagai spam, artikel deindex, atau kemungkinan hilang. Ada beberapa tools gratis untuk mengecek keunikan artikel kita, misalnya saja copyscape atau smallseotools.

  • Optimasi Backlink

Proses di atas akan lebih cepat lagi apabila dilengkapi dengan optimalisasi backlink. Yang seperti apa tuh? Penjelasan mudahnya adalah kita menempatkan url atau link blog kita di situs lain yang mempunyai ranking lebih tinggi atau memiliki konten yang relevan dengan artikel di blog kita. Namun lagi-lagi, tak semudah itu ya karena memilih menempatkan link ini harus beretika dan hati-hati. 

Caranya? Bisa dengan di kolom komentar artikel jika pemilik situsnya menyediakan, namun jangan menautkan link aktif di kolom komentar ya, isilah bagian isian website. Bisa juga memanfaatkan akun platform lain yang kita punyai, misal platform UCG yang bisa mengarahkan artikel ke blog kita. Terakhir, bisa juga mencari blog yang menyediakan jasa guest post secara gratis maupun berbayar.

Beberapa poin di atas merupakan bagian dari SEO baik on page maupun off page, referensi ini bisa dilanjutkan apabila sudah mulai berjalan dan hasilnya mulai terasa, seperti misalnya artikel yang banyak pengunjungnya, ranking seperti Alexa lebih ramping, dan skor penilaian blog mulai terlihat.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan MediaBacklink

MediaBacklink

Sumber pendapatan dari blog bisa dari mana saja, misalnya iklan, afiliasi, kerja sama dengan brand, job review, content placement, dan platform yang mempertemukan pembeli dan pemilik blog untuk bekerja sama. Khusus pada postingan kali ini fokus pada bahasan yang terakhir karena prosesnya lebih simpel dan lebih mudah, seperti tak perlu mengisi form, tak perlu mencari job di banyak grup, dan menunggu waktu yang lebih lama.

Salah satu platform yang memberikan kemudahan tersebut adalah MediaBacklink, di mana kita dapat bertemu dengan layanan backlink berkualitas baik untuk keperluan promosi terutama di ranah digital. Meskipun dari proses ini mudah, namun ada seleksi pada blog-blog yang didaftarkan sesuai kualifikasi kualitas yang ditentukan. Jadi keduanya, baik advertiser maupun atau sekaligus blogger sama-sama mendapatkan keuntungan. 

Untuk blogger, ada kriteria yang menentukan lolos tidaknya blog tersebut dapat tampil di MediaBacklink, yaitu:

  • Domain Authority
  • Page Authority
  • Alexa Rank
  • Jumlah Index Google
Indikator di atas juga yang menentukan berapa nilai harga blog kita nantinya yang akan muncul. Selanjutnya, berikut cara untuk mendaftarkan dan mendapatkan uang dari blog di MediaBacklink:

  1. Buat akun dahulu di MediaBacklink, verifikasi akun, kemudian klik DAFTAR.
  2. Lengkapi profil di bagian Edit Info.
  3. Kembali ke dashboard, klik Blog Saya. Kemudian isi Nama Blog, Url Blog, Kategori, dan Bahasa kemudian klik KIRIM.
  4. Menunggu ACC.

Proses verifikasi tak membutuhkan waktu yang lama, dan kalau sudah diACC maka harga blog bisa melakukan upgrade blog premium dengan biaya mulai dari 20.000 rupiah saja apabila harga dirasa terlalu rendah atau terlalu tinggi. Sedikit tips, sebagai awalan biasanya advertiser menyukai harga yang masuk akal atau tidak terlalu tinggi. Bisa merendahkan harga apabila blog tak kunjung mendapatkan penawaran sesuai batas minimal harga yang kita tentukan sendiri misalnya, namun kalau sudah cocok tinggal lanjut saja.

update blog premium

Nah kalau sudah diupgrade kira-kira tampilannya gini, ada tulisan premiumnya dan harga bisa kita ganti sesuai keinginan kita.

blog media backlink


Ketika ada orderan masuk, kita diberikan jangka waktu selama 3x24 jam untuk menyelesaikan 1 task. Tenang saja, akan ada email pemberitahuan masuk apabila kita mendapatkan penawaran dari pembelian backlink. Ada juga reminder di dashboard jika kita memiliki task yang belum selesai diproses.

Penghasilan yang kita dapatkan dari satu pengerjaan artikel adalah 80% dari harga jual, dan 20% sisanya masuk biaya layanan platform ini. Sedangkan saldo minimal yang dapat ditarik yaitu harus berjumlah 350.000 terlebih dahulu. Lumayan sekali kan untuk menabung penghasilan di sini?

Anyway, saya mendapatkan order pertama itu 3 hari setelah pendaftaran, lumayan cepat juga sih dan nggak nyangka hehe. Bisa dicek di gambar email berikut ya:

pendaftaran mediabacklink

orderan di mediabacklink

Di MediaBacklink selain menjadi blogger, kita juga bisa sekaligus menjadi advertiser dengan memilih menu Beli Backlink. Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya, memberikan backlink ke blog kita dapat memberikan manfaat yaitu baik pengindeksan kata kunci maupun tambahan trafik. Di saja, kita bisa memilih blog yang sesuai dengan niche, memilih harga yang sesuai budget, atau memilih dari segi perangkingan (domain authority, page authority, google index, atau alexa rank).

Alhamdulillah, sepengalaman saya sejak mendaftar belum ada seminggu sudah mendapatkan 1 task. Namun belum sempat cash out karena belum terkumpul pastinya, nanti akan saya update. Nah jika yang mau daftar dan mencoba membuka kesempatan dan peruntungan tambahan pendapatan dari blog, silaka bisa klik daftar MediaBacklink ya.

Sekalian, kalau mau jadi advertiser boleh banget pilih blog umimarfa.web.id di MediaBacklink ini ya, biar bisa cash out, nih. Harganya terjangkau, lho. Hahaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk komen di kolom komentar ya!
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

11 comments

  1. Aku juga udah daftar MediaBacklink!
    Semogaaa bisa jadi fasilitator rezeki halal nan berkah untuk para content creator ya
    Semangaattt!

    ReplyDelete
  2. wuah aku belom dapat lagi nih dari MB
    padahal aku ngarep2 banget
    semoga ya bisa dapat harian gituuu, kan mayan buat hidup, hahaha

    ReplyDelete
  3. Blog saat ini memang sudah menjanjikan karena kita bisa mendapatkan penghasilan meskipun hanya di rumah saja dan lewat tulisan.

    ReplyDelete
  4. Jadi mau daftar di Mediabacklink juga ah. Sepertinya menjanjikan untuk para bloger. Terima kasih banyak informasinya.

    ReplyDelete
  5. Menarik sekali. Saya mau daftar aaah. Kayaknya menjanjikan income sekaligus backlink berkualitas di blog kita. Makasih review-nya.

    ReplyDelete
  6. Menarik juga peluang pendaptaan tambahan dari MediaBacklink. Perlahan-lahan dikumpulkan, tidak terasa nanti jadi banyak dan bisa cash out.

    ReplyDelete
  7. kemarin mau daftar tapi lupa. sudah banyak blogger sukses sepertinya dari sini. jadi penasaran juga nih pengen nyobain kak

    ReplyDelete
  8. Aku baru dengar nih soal ini, sepettinya menarik. Jadi pengen nanya lebih lanjut deh nanti by japri ya mbak

    ReplyDelete
  9. Aku juga lagi ngerjain task dari MediaBacklink nih.. hehehe.. memang cara menghasilkan uang dari blog bisa macam-macam ya, diantaranya dengan join di MediaBacklink :)

    ReplyDelete
  10. Oh...dengan mendapatkan backlink yang berkualitas, blog sama-sama semakin bertumbuh dengan baik yaa... Blogger kudu banget daftar di media backlink.

    ReplyDelete
  11. aku belum upgrade premium mba hehehe, masih memelajari baru dapet 1 orderan belum dapet lagi nih. Mana penarikan harus 350rb heheh anggep nabung ya

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)