9 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Apabila Anda menginginkan penghasilan tambahan, cobalah simak cara memulai bisnis online berikut ini. Memiliki bisnis online menjadi salah satu cara agar Anda bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Bisnis online dapat dilakukan dengan waktu yang cukup fleksibel sehingga tidak akan menggangu pekerjaan Anda. Untuk itu, mari simak cara-cara untuk memulai bisnis online bagi pemula berikut ini:

cara memulai bisnis online
pict: akitada31, pixabay

1. Mencari Ide Bisnis

Cara pertama adalah mencari ide bisnis, untuk mendapatkan ide tersebut Anda bisa melakukan riset pasar. Anda dapat membuat riset mengenai minat masyarakat saat ini. Coba pikirkan apa yang sedang tren saat ini atau produk yang selalu dibutuhkan. Mulailah riset pasar dengan banyak mengobrol dengan teman dan keluarga, tanyakan apa produk yang tren atau yang mereka butuhkan. Pahamilah kebutuhan pasar, jual sesuatu bukan karena Anda suka tetapi apa yang dibutuhkan masyarakat.

2. Menetapkan Produk yang Dijual

Setelah menemukan ide usaha, selanjutnya tentukan produk apa saja yang akan Anda jual. Anda dapat memilih dua tipe produk, yaitu produk yang sedang tren di masyarakat atau produk bersifat long time.

Produk yang bersifat tren akan laku di pasaran pada awalnya, Anda perlu memikirkan produk selanjutnya jika tren mulai meredup. Produk yang bersifat long time merupakan produk yang selalu dibutuhkan masyarakat. Selama Anda dapat menawarkan produk long time dengan harga yang bersaing dan pelayanan baik maka akan banyak pelanggan.

3. Menentukan Cara Jual

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah menentukan cara penjualan. Beberapa sistem penjualan yang bisa dilakukan adalah sistem dropshipper, reseller, atau menjadi marketer. Bagi Anda yang masih minim modal dapat mencoba menjual dengan sistem dropship.

Sistem dropship artinya Anda hanya perlu memasarkan produk dan menjual dengan harga yang Anda tentukan sendiri. Selanjutnya pengemasan dan pengiriman ke pelanggan akan menjadi urusan distributor. Sistem marketer mirip dropshipper, hanya saja keuntungan atau margin yang didapatkan sudah ditentukan oleh pihak distributor.

Sistem reseller dapat dilakukan dengan membeli produk pada distributor dengan jumlah tertentu agar mendapat harga khusus reseller. Sistem ini membutuhkan modal, namun Anda bisa menyiasatinya dengan meminta uang muka kepada pembeli.

4. Membuat Rekening Bisnis

Sebuah kesalahan bila menggabungkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Hal ini akan membuat Anda sulit mengukur sudah berapa pendapatan yang dihasilkan dari bisnis online. Oleh karena itu, jika memang sudah berniat membuka bisnis online maka segera buat rekening baru khusus bisnis.

5. Mencari Karyawan

Apabila bisnis online Anda terbilang cukup menyita waktu tidak ada salahnya mencari karyawan untuk membantu. Adanya karyawan akan membuat Anda lebih fokus untuk berpikir mengembangkan bisnis. Anda bisa mencari karyawan pertama dari lingkungan keluarga atau orang terdekat agar lebih mudah dipercaya. Tetap berlakukan profesionalitas meskipun keluarga atau orang dekat, berikanlah upah yang sesuai.

6. Komitmen Waktu

Hal penting dalam memulai usaha baik online maupun offline adalah dengan memiliki komitmen waktu. Anda perlu membuat komitmen untuk meluangkan waktu mengurus bisnis online di tengah kesibukan Anda. Berikan setidaknya 3-4 jam sehari tetapi selalu konsisten setiap harinya meskipun di akhir pekan.

7. Membuat Akun Media Sosial

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan membuat akun media sosial. Era digital saat ini membuat Anda mudah melakukan promosi melalui beragam media sosial. Minimal buatlah akun media sosial Instagram dan Facebook yang telah popular di masyarakat. Melalui media sosial ini Anda akan berinteraksi dengan calon pembeli serta menjadi sarana promosi dan edukasi produk.

8. Membuat Akun di Marketplace

Saat ini keberadaan beragam marketplace sangat membantu para penjual online. Banyak marketplace yang memberikan promo menarik untuk pelanggan, Anda dapat mengikuti program promo tersebut. Meskipun persaingan di marketplace terbilang cukup tinggi, namun jika Anda bisa mempelajari strategi bisnis di marketplace maka akan sangat menguntungkan.

9. Membuat Website

langkah membuat bisnis online
pict: akitada31, pixabay

Cara memulai bisnis online yang sangat penting adalah memiliki website. Tidak cukup mengandalkan media sosial saja, website akan sangat membantu Anda untuk mempromosikan bisnis. Website akan menjadi pusat aktivitas bisnis online.

Buatlah konten yang menarik pelanggan untuk berkunjung ke halaman website. Berikan informasi dan edukasi seputar produk yang ditawarkan. Anda juga bisa menggunakan Search Engine Optimization (SEO) agar website Anda berada di posisi atas ketika menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing.

Anda dapat membuat website toko online praktis dan gratis di TokoTalk. Pembuatan website di TokoTalk sangat mudah dan cepat, hanya perlu 3 menit saja maka website bisnis Anda sudah bisa digunakan. Desain website profesional dan cantik akan membuat produk Anda terlihat semakin menarik. Pelanggan juga dapat mengakses website secara mobile pada HP atau tablet sehingga lebih mudah untuk mempelajari produk. Anda bisa mengelola bisnis secara efisien karena website bekerja secara otomatis.

Jangan ragu lagi untuk memulai bisnis online dan dapatkan penghasilan tambahan. Jangan lupa buat website bisnis Anda hanya di TokoTalk!

Referensi:
https://www.duniakaryawan.com/cara-memulai-bisnis-online-dari-nol/

1 comment

  1. ide, ini yang juga lagi aku pikirkan mbak, kadang kalau pengen nentuin produk yang dijual dan maunya cuman 1 jenis aja suka bingung. apakah semua orang membutuhkan itu atau enggak, terus kalau marketnya sepi gimana, kayak gini ini yang masih dipikirkan juga

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)