6 Langkah Sederhana untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh di Era Pandemi

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir memaksa kita melakukan perubahan dalam segala hal. Salah satunya kebiasaan gaya hidup yang dapat membantu meningkatkan sistem imun. Dengan beberapa langkah sederhana, setidaknya sistem pertahanan tubuh kita bisa sedikit lebih kuat menangkal serangan virus. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga imun tubuh agar tetap optimal:

menjaga kesehatan saat pandemi
pict: dapple-designers, pixabay

1. Berhenti Merokok

COVID-19, seperti yang kita semua ketahui merupakan penyakit pernapasan baru yang dapat merusak lapisan kantung udara dalam paru-paru. Pada kasus terparah, virus Corona bisa mempengaruhi sistem pernapasan, hingga pasien membutuhkan ventilator untuk alat bantu bernafas.

Dan mereka dengan penyakit paru menjadi lebih rentan terkena dampak saat infeksi virus terjadi. Jika Anda adalah perokok aktif yang hingga sekarang belum menemukan alasan untuk berhenti, ada baiknya untuk mulai mempertimbangkan perubahan gaya hidup. Berhenti merokok terdengar hal sederhana, namun dapat membantu menyelamatkan Anda.

Selain itu, perokok aktif maupun pasif yang lebih banyak terpapar asap dari rokok akan berisiko lebih tertular COVID-19 karena sistem imunnya lebih lemah dari orang yang bebas dari asap rokok. Rokok disinyalir mengganggu proses migrasi dari sel imunitas ketika adanya atau terjadinya infeksi dalam tubuh. Sehingga fungsi dari sel imun tersebut juga menurun dalam fungsinya yaitu melindungi tubuh dari virus.

2. Cukup Tidur

Tidur adalah waktu di mana keajaiban terjadi karena banyak sekali manfaat yang didapat, salah satunya adalah di saat itulah seluruh sistem tubuh direvitalisasi. Dan ketika kita tak mendapatkan tidur berkualitas yang cukup sangat mempengaruhi kesehatan. Menurut penelitian, orang dengan kondisi apnea sleep sangat rentan mengalami masalah memori, gangguan mood, penyakit jantung dan risiko kanker lebih tinggi.

Dr. Michael Ford, seorang dokter layanan perawatan primer di NewYork-Presbyterian Medical Group Hudson Valley sekaligus asisten profesor kedokteran di Weill Cornell Medicine, menyarankan orang untuk tidur 6 – 8 jam setiap malam untuk meningkatkan imunitas tubuh.

3. Kurangi Stres

Kortisol, hormon stres, dapat mengurangi sistem kekebalan kita. Selain itu, stres juga sangat mempengaruhi kualitas tidur kita. “Ketika Anda cemas dan tidak berhenti memikirkan segala hal yang mengganggu, itu akan mempengaruhi tidur Anda,” kata Dr. Ford. Ketika stres, kita juga cenderung makan makanan yang tidak sehat.

Di saat banyak hal yang terjadi di luar kendali kita seperti saat ini, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan mengendalikan emosi negatif. Ini adalah cara mudah yang bisa dilakukan agar kekebalan tubuh terjaga.

4. Rutin Olahraga

berolahraga di rumah saja
pict: HaticeEROL, pixabay


Latihan aerobik dikaitkan dengan sistem kekebalan yang tinggi. Tak hanya itu, latihan fisik satu ini juga efektif mengurangi stres dan depresi. Dan orang dengan tubuh bugar berkat aerobik cenderung lebih jarang sakit dibandingkan mereka yang tidak berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

5. Perbanyak Sayur

Sayur, tak perlu dipertanyakan lagi, menyimpan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap fit. Karena itu, jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tidak ada cara lain yang lebih dianjurkan daripada meningkatkan asupan sayuran dan makanan sehat lainnya, seperti daging tanpa lemak atau makanan yang kaya probiotik seperti yogurt dan makanan fermentasi seperti kimchi, miso dan sauerkraut.

6. Konsumsi Suplemen

Sudah sejak lama Vitamin C digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga daya tahan. Berbagai buah dan sayuran seperti jeruk, stroberi, lemon, paprika merah, kiwi hingga bayam bisa Anda tambahkan ke dalam menu harian karena memiliki kandungan Vitamin C dalam jumlah tinggi.

Tak hanya Vitamin C, tetapi Vitamin B12, Vitamin D, Vitamin B6 dan Zinc terbukti dapat menguatkan sistem imun tubuh kita. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh tersebut bisa Anda temukan dalam setiap tablet Redoxon®. Kandungan-kandungan yang terdapat di suplemen tersebut mampu meningkatkan imunitas. Deangan meningkatnya daya tahan tubuh kita, akan memperkecil peluang untuk terinfeksi virus COVID-19.

Nah, kini sudah tahu kan cara sederhana untuk tingkatkan imunitas tubuh? Pastikan selalu jaga kondisi tubuh, lakukan protokol kesehatan, dan jangan lupa minum Redoxon setiap hari!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

13 comments

  1. ternyata dengan dirumah aja kita harus sering melatih tubuh agar tetap sehat dan bugar, kalau gak dibiasain nanti jadi kebiasaan hha.. Aku setiap hari rutin olahraga dan selalu perbanyak makan sayur, setiap makanan pasti diselipin sayur hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe tentu saja, meskipun di rumah harus tetep banyakin gerak dong dan menjaga asupan makan. Dibiasakan dari hal yang mudah sehingga bisa terbiasa :D

      Delete
  2. Hampir semua tips diatas aku praktekkan dan hasilnya memang lumayan sekali. Membantu menghibur hati yang lara karena dampak pandemi yang sangat terasa bagi diriku.

    ReplyDelete
  3. hiks aku ga begitu suka sayur, tapi berusaha untuk selalu makan
    apalagi sekarang kondisi pandemi seperti sekarang, imun tubuh harus bagus

    ReplyDelete
  4. Tipsnya ok banget dan Alhamdulillah sudah saya terapkan semua, terutama soal minum suplemen yang seperti peluru bagi tubuh.

    ReplyDelete
  5. Cukup tidur dan berolahraga itu PR banget buatku nih. Semenjak hamil semakin susah untuk tidur malamnya dan gak boleh banyak gerak juga karena ada riwayat pendarahan. Jadi ya... palingan jalan keliling kompleks saja sih.

    ReplyDelete
  6. Kayaknya dari No 2 sampai bawah susah banget buat aku terapin. Apalagi tentang tidur cukup dan kurangin stres. Huhuhu.... Semoga bisa kelola enam poin tadi biar hidup makin sehat.

    ReplyDelete
  7. Iyaa harus kurangi stres dan banyak olahraga ini nggak boleh lesu terus karena keadaan ya.. Hati harus happy

    ReplyDelete
  8. Sejak pndemi niih mba, aku fokus Ama suplemen yg imboost imun tubuh utk keluargaku dan asisten2. Budget bulanan memang JD nambah, tp sejak setahun ini, kami sekeluarga juga ga pernah sakit lagi. Bisa JD Krn support dr suplemen tadi.

    Ada bgs nya juga pandemi ini. Jujurnya JD LBH perhatian bangettt Ama kesehatan dan kebersihan, yg mana sebenarnya paling membantu kita supya ga gampang sakit

    ReplyDelete
  9. yang paling punya pengaruh selain tidur cukup di diriku adalah faktor stress. begitu kerjaan numpuk ngga karu karuan auto pengen flu aja bawaannya

    ReplyDelete
  10. Aku sedang menerapkannya mba hehehe kadang males olahraga dan aku juga belajar nggak stress nih.

    ReplyDelete
  11. Pandemi ini terasa lama sekali yaa..
    Tapi gak apa-apa selama bisa membuat kita semua aware dengan kesehatan dan kebersihan. Terutama berhenti menyiksa diri dengan asupan makanan yang gak sehat dan gaya hidup yang buruk.

    ReplyDelete
  12. Bener banget, harus bener2 jaga kondisi dan asupan makanan harus baik dan sehat spy jangan sampe menurun kondisi kesehatannya jd bs jauh2 dr covid.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)