Transfer Data dan Isi Daya Smartphone Lebih Cepat dengan Kabel Type C Verbatim

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Tak cuma sekali dua kali, saya menerima nasihat untuk berhati-hatilah ketika berhadapan dengan kecepatan. Jangan lekas menginginkan ini itu, namun tak tahu tujuannya mengarah ke mana. Jangan mudah iri, melihat pencapaian orang lain. Termasuk ketika menginginkan kecepatan transfer data, memilih Kabel Type C adalah bentuk kehati-hatian.

Kabel Type C

Hal di atas memiliki alasan tersendiri, adalah pengalaman memindah data yang ternyata tak se-simpel yang saya pikir. Ternyata ada kabel data yang lamban memproses, wajar karena yang saya beli dahulu tidak original. Maklum, saya pikir hal tersebut sama saja. 

Berbuah pengalaman tersebut pula, saya jadi lebih waspada ketika memindahkan data maupun menggunakan USB untuk mengisi ulang daya ponsel. Serupa ketika sedang memindahkan data, mengisi daya lebih lamban juga pernah saya rasakan ketika tak menggunakan USB bawaan ponsel. Padahal, smartphone tersebut memiliki fitur fast-charging.

Oh, tahukah teman-teman jika menggunakan USB Type C akan lebih cepat dari pada micro USB? Tunggu-tunggu, jadi kabel data itu ada banyak jenisnya? Bukan hanya beda versi tingkatan dari sebelumnya saja? Oke, dahulu saya juga belum paham mengenai hal ini. Namun untuk sebagai penanda mudahnya, pernahkah teman-teman mengisi ulang smartphone (Android) tetapi konektor chargernya tidak cocok?

Perbedaan micro USB dengan USB Type C

Kalau pernah mengalami charger yang tidak pas, padahal sesama Android dan bukan dari iPhone, berarti memiliki tipe USB berbeda. Ah iya, perlu saya sebutkan bahwa saya pengguna Android dalam hal ini, ya. Sekilas memang, kabel data ya fungsinya sama itu-itu saja, namun ternyata berbeda.

  • Bentuk Port USB

Perbedaan paling mencolok dari micro USB dengan Kabel Type C adalah bentuknya. Bentuk trapesium untuk micro USB, dan bentuk pipih simetris untuk USB Type C. Yap benar, untuk Type C ini adalah versi upgrade dari kabel data versi sebelumnya atau micro USB, dan sudah banyak dipakai oleh smartphone keluaran flagship. 

  • Kecepatan Charging dan Transfer Data

Sebagai perbandingan, untuk versi micro USB membutuhkan waktu sekitar 2-3 charging jam sampai penuh dengan hantaran daya 2,5 volt dalam arus 1,8 ampere. Sementara untuk USB Type C lebih cepat yaitu 1,5 jam dan dapat menghantar daya listrik sampai 20 volt dalam arus 5 ampere.

Kalau versi transfer data, perbedaanya cukup jauh nih karena dengan versi USB 3.0 di USB Type C bisa mencapai kecepatan 10 GB/detik. Sedangkan untuk micro USB hanya 480MB per detik.

  • Koneksi Perangkat Gadget

Kabel Type C mendukung tampilan gambar dan suara dengan kualitas yang tinggi jika sedang dikoneksikan dengan proyektor, atau TV. USB Type C juga bisa menggantikan kabel HDMI atau jack audio 3,5 mm, namun masih tetap perlu dukungan perangkat lain. Berguna banget kalau sedang presentasi atau sekadar memanjakan mata dengan hiburan.

Sementara, itu dulu untuk perbedaanya karena bisa-bisa postingan jadi panjang. Dengan kelebihan di atas, saya yakin nantinya bukan hanya smartphone keluaran flagship yang punya charger dengan USB Type C namun juga akan diikuti dengan series lainnya.

Kenalan Sekilas dengan Verbatim

Sebagai freelancer yang sedang lumayan padat mobilitasnya, akrab tentunya pindah memindah file ini maupun pindah ke sana ke mari alias orangnya. Pun karena menginginkan kepraktisan, saya lebih suka membawa sedikit printilan perangkat elektronik ini. Cukup laptop, charger laptop, smartphone, dan USB saja untuk menghemat tempat.

Kabel Data

Masalah tersebut datang ketika timbul kekhawatiran nanti USB bawaan ponsel akan cepat rusak dan lumayan gawat jika tak ada penggantinya. Kemungkinan saya sedang ceroboh, atau terburu-buru, atau yang lainnya juga tak tentu. Dari sana saya mencari USB Type C original yang sekiranya awet dan tidak mudah rusak. 

Nama Verbatim kemudian muncul dan syukurlah ternyata ada. Terakhir punya produk Verbatim itu sekitar 4 tahunan lalu, dalam bentuk flashdisk. Beberapa bahkan mengenal nama Verbatim ini melalui produk floopy disknya, lho. Memang sudah lebih dari 50 tahun berdiri dan produk-produknya tentu memiliki kualitas terbaik.

Verbatim memiliki fokus dalam pengembangan perangkat penyimpanan data, teknologi LED lighting, computer peripherals, dan gaming solution. Dahulunya didirikan di Mountain View, California pada tahun 1969 namun mengalami berbagai perubahan hingga 2020 diakuisisi oleh CMC Magnetics Corporation. Sedangkan untuk pusat produksi serta pemasaran berada di Singapura dan juga Jepang.

Pengalaman Memakai dan Keunggulan dari Verbatim Kabel Data Type C 

Balik lagi ke USB Type C tadi, akhirnya memilih Type C to C Tough Max Kevlar Cable 120cm. Kesan pertama yang saya dapatkan adalah, Kabel Type C Verbatim ini bakal awet dan memudahkan, awet, dan amat travel-friendly.

  • Material dengan Kualitas Terbaik

USB Type C

Sepanjang kabel diselimuti bahan khusus dan tebal yaitu alumunium dengan kualitas tinggi, sampai ke konektor juga telah dilengkapi dengan pelindung. Kesan awal mungkin akan terasa agak kaku jika dibandingkan dengan kabel tanpa jaket, namun sebenarnya malah fleksibel dan nggak gampang berantakan. Ada juga tali kecil pengikat dilengkapi dengan perekat untuk digulung setelah digunakan. Jadi, ini aman sekali dan tanpa khawatir tersangkut atau berantakan ketika bepergian.

Material USB Type C Verbatim

Material yang digunakan juga memiliki grade dengan kualitas terbaik, terutama untuk mendukung jangka waktu penggunaan USB ini. Klaimnya dibuktikan juga dengan testing uji lentur sebanyak 35000 kali oleh SGS testing lab. 

  • Kecepatan Charging

Kabel Data Verbatim

Untuk pengalaman charging di smartphone yang saya gunakan (Samsung A51), diamati bertambah 10% setiap 11 menit. Jadi kira-kira, pengisian membutuhkan waktu kurang lebih 110 menit atau kurang dari dua jam sampai penuh. 

  • Kecepatan Transfer Data

Ketika mengkoneksikan antara smartphone dengan laptop juga langsung muncul, nggak perlu menunggu loading-loading. Gercep! Sedangkan untuk transfer data mencoba file foto dengan ukuran 2MB hanya perlu sedetik. Coba file dengan ukuran yang lebih besar yaitu butuh 6 detik untuk 70 MB. Support yang tertera di kemasan Verbatim ini sendiri yaitu up to 480Mb/s untuk transfer data.

Jika dicocokkan dengan versi keunggulan Type C di awal postingan, saya rasa masih make sense dan cukup dengan performa ini. Hal itu karena versi yang tercantum adalah 2.0, meski sebenarnya support juga untuk versi 3.0 quick charger. Bagi saya sudah puas karena terasa tak ada bedanya dengan USB bawaan smartphone. 

Ini tentunya mungkin akan berbeda jika di perangkat yang teman-teman punya. Di kemasan tertulis akan lebih maksimal dalam isi ulang daya jika berada di MacBook Pro dan iPad Pro. Di laptop dan Android saya yang memang sudah kompatibel dengan Kabel Type C saja kecepatannya sudah oke, apalagi jika di kedua perangkat tersebut ya? Hihi.

Kabel Type C Verbatim

Karena ini kabel Type C, jadi penggunaannya juga mudah saja atau bahkan lebih mudah kalau dibandingkan dengan micro USB. Soalnya bisa dibolak balik, tetep pas bisa masuk dan langsung mengisi daya. Tambah enak karena adanya pelindung atau jaket anti slip ini jadi pengalamannya lebih terasa enak.

Pilihan Produk Verbatim Selain Kabel Type C 120cm 

Kabel Type C Terbaik

Jika dirasa kabel 120cm terlalu panjang, ada dua versi lainnya dengan panjang 30 cm. Pun jika menginginkan kabel yang lebih panjang bisa memilih ukuran 200cm. Ketiga ukuran ini sama-sama memiliki warna abu-abu. Tak hanya untuk Android, kabel Type C Verbatim juga tentunya tersedia untuk pengguna iPhone ini. Psst, kalau untuk versi iPhone ada pilihan warna hitam dan gold lho! :)

Bagi teman-teman yang ingin mempunyai Kabel Type C Verbatim ini juga, bisa melakukan pembelian di Tokopedia. Nanti saya sertakan link pembelian di bawah untuk memudahkan. Oh iya, pas kemarin saya beli dapat cashback 15rb tanpa perlu memasukkan kode voucher apapun. Jadi tinggal pilih di menu floating saja, barangkali masih berlaku di teman-teman. 


Nah ini untuk cashback yang saya pilih kemarin, jumlahnya jadi 19.400 karena bisa digabung dengan promo lain. Sebagai ilustrasi, bisa lihat gambar di bawah untuk estimasti cashback yang bisa didapatkan ya. Lumayan menghemat kan jatuhnya hihi, kebetulan saya juga pemburu cashback hihi.

usb type c verbatim

Overall, begitulah pengalaman dan review saya memakai Kabel Type C dari Verbatim. Semoga memberikan gambaran bagi teman-teman yang sedang mencari Kabel Type C terbaik sebagai partner kegiatan digital sehari-hari. Semoga membantu ya!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.