Kiat Memilih Hosting Untuk Website Bagi UKM

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Saat ini menjadi hal yang normal bagi UKM memiliki sebuah website sendiri. Hal tersebut bukan untuk formalitas namun mengangkut informasi detail dan dirasa penting bagi para pelanggan. Terlebih dari itu, website juga mempengaruhi kredibilitas sebuah UKM misalnya ketika sedang mengajukan proposal dana, lomba, atau mengikuti program-program dari pemerintah yang gencar dilakukan. 

hosting murah website UKM
pict: megan_rexazin, pixabay

Memiliki website sendiri juga lebih membawa keuntungan, misalnya menampilkan pelanggan dapat melihat tampilan produk hanya melalui browser tanpa harus membuka suatu aplikasi, menggunakan iklan di mesin pencari agar jangkauan produk lebih luas, mengatur sendiri harga promo, dan juga mengatur sendiri tampilan yang dapat disesuaikan dengan ciri khas dari produk UKM tersebut. 

Untuk mencapai keuntungan-keuntungan di atas, tentu saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi website UKM dalam kelancaran usaha. Misalnya dari segi tampilan apakah user friendly, kecepatan website, menu yang mudah diklik atau tidak error, konten marketing yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, dan juga hosting pada website.

Hosting untuk UKM berperan penting karena berpengaruh pada kestabilan performa website tersebut. Jika kita mengetikkan hosting untuk website UKM di mesin pencarian, pilihan yang muncul dan tersedia sudah banyak. Namun sebelum membeli hosting untuk website bagi UKM, penting untuk diketahui pertimbangan berikut ini:

Harga

Harga sewa hosting untuk website ini tentunya masuk dalam pengeluaran untuk mendukung kelancaran usaha UKM. Masing-masing UKM memiliki kebutuhan yang berbeda untuk websitenya dan disesuaikan dengan anggaran. Jangan sampai harga hosting ini malah justru membebani jalannya usaha itu sendiri. Sebelum membeli, jangan langsung tergiur harga promo hosting namun pilihlah juga harga hosting murah di tempat yang terpercaya.

Keamanan

Beberapa penyedia pembelian hosting sudah memberikan paket bonus beserta SSL yang mana direkomendasikan Google agar suatu website memiliki sertifikat ini. Namun tak hanya itu saja, pastikan hosting sudah dilengkapi keamanan seperti pemindaian dan penghapusan malware dan juga rutin dalam pencadangan atau fitur back up jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan.

Kecepatan

Yang utama dari hosting adalah memberikan website keleluasaan lebih dari pada tak menggunakannya. Maka dari itu, performa pada kecepatan ini menjadi faktor yang paling penting menjadi pertimbangan memilih hosting. Carilah hosting yang menyediakan ruang penyimpanan dan bandwith yang besar, memiliki server lokasi terdekat, dan memiliki teknologi server terbaru.

Dukungan

Membeli hosting bukan artinya masalah-masalah pada website menjadi teratasi, hal-hal seperti website lambat diakses atau terjadinya error tetap saja bisa terjadi. Hal tersebut mungkin jarang dan juga hal yang wajar, namun tetap saja jika terjadi ingin segera memperbaikinya terutama bagi pemilik UKM.

Membeli hosting website juga sepaket dengan melihat pelayanannya dalam mengatasi masalah hosting ini. Lihat apakah CS atau teknisi aktif dalam merespon, apakah menyediakan waktu operasional 24 jam, apakah masalah dapat langsung teratasi, apakah akses untuk menghubungi mudah seperti live chat atau email. Selain melihat melalui testimoni dan review, sebagai pemilik UKM juga harus secara aktif melihat sendiri kualitas dukungan dari penyedia hosting tersebut sebelum membeli. 

Hosting sudah menjadi bagian yang umum dipakai dan tak terpisahkan pada sebuah website. Keleluasaan mengelola website bagi UKM memang dapat diwujudkan salah satunya dengan dukungan paket hosting. Dari sini, cita-cita UKM Go Online dan menuju pasar yang lebih luas bisa saja diwujudkan. Terutama untuk mendukung kelancaran usaha atau bisnis, memilih hosting murah terbaik di penyedia terpercaya menjadi pertimbangan terbaik untuk website.
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)