Atasi Kejenuhan Belajar Online dengan Fitur Terbaru dari ruangbelajar

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Masalah yang dialami murid saat belajar online ini adalah mengalami kebosanan dan adanya distraksi. Faktornya beragam, mulai dari kegiatan belajar yang tak variatif karena tanpa adanya interaksi langsung dengan teman belajar, mengalami kebosanan setelah berbulan-bulan belajar secara online, maupun sistem pembelajaran yang minim inovasi.

Hambatan atau masalah memang tak mudah, apalagi jika menganggu fokus dan mood belajar. Meskipun demikian, hal tersebut bukan artinya sama sekali tak ada solusi. Akses untuk mendapatkan metode belajar yang variatif pun sudah lebih mudah dengan sumber yang banyak pula. Sedangkan untuk sumber daya pembelajaran yang lebih terintegerasi, bisa memanfaatkan fitur terbaru ruangbelajar dari Ruangguru.

fitur terbaru ruangbelajar

Pembelajaran melalui video di ruangbelajar berbeda karena menyesuaikan kebutuhan pembelajaran online terutama bagi anak berusia sekolah. Fitur-fitur ini dapat dimanfaatkan dengan menyesuaikan kebutuhan anak atau siswa mendukung kenyamanan dalam belajar sesuai tingkatan pendidikan. Untuk keseruan lebih lanjut dalam belajar, yuk intip apa aja sih fitur-fiturnya!

1. Adapto

Sesuai dengan namanya, ya, fitur ini bersifat adaptif karena dapat menyesuaikan dengan tingkat pemahaman melalui video belajar. Ini berfungsi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang didasari oleh kecepatan dan tingkat pemahaman dalam belajar. Sehingga, benar-benar akan paham terlebih dahulu sebelum berlanjut ke materi selanjutnya.

Fitur Adapto memberikan penggunanya untuk lebih leluasa bagaimana tutor menjelaskan, apakah dengan kecepatan lebih cepat atau dengan mendetail. Fitur ini juga memberikan pilihan jawaban langsung terkait dengan materi yang dipelajari. Alur pembelajaran ini dapat diubah-ubah berdasarkan tingkat pemahaman bahkan ketika sedang dalam proses.

Konsepnya yaitu dengan adanya pilihan jawaban "Paham" atau "Bingung" di tengah video belajar. Jika memilih pilihan kedua, maka tutor akan mengulang materi sebelumnya. Begitu juga ketika memilih jawaban yang salah, maka dengan otomatis akan dijelaskan penjelasan dengan jawaban yang benar. Penjelasan ini juga dapat disesuaikan dengan pilihan kecepatan "Cepat" atau "Detail". 

Logo Adapto ini tersedia hanya dalam bab materi Adapto. Dengan fitur ini, kenyamanan dalam belajar tak ubahnya seperti mengikuti pembelajaran dengan guru privat.

2. Playlist Belajar (Rencana Belajar)

Yup, di aplikasi Ruangguru ini juga ada playlist belajar yang mirip-mirip dengan playlist ketika mendengarkan lagu. Nantinya dapat rekomendasi materi belajar setiap minggunya sesuai dengan kebutuhan. Caranya cukup membuka menu Playlist Belajar Untuk Kamu dan pilih berdasarkan jenjang pendidikan dan pilihan materi yang tersedia. Materi tersebut akan terupdate secara otomatis juga setiap minggunya. Seru, kan?

3. Subtitle Video

Mungkin ada yang bertanya, untuk apa ada fitur subtitle padahal penjelasan di video dalam bahasa sehari-hari. Nah, fungsinya di sini yaitu menyesuaikan juga dengan masing-masing pengguna atau murid dalam belajar. Salah satunya ada yang lebih paham jika mendengarkan sambil membaca tulisan karena lebih teringat dalam kepala dan tentu saja memudahkan dalam memahami. Transkrip dalam video juga memiliki fungsi untuk memperjelas apa maksud yang lebih jelas dalam tulisan, misalnya ketika menemui istilah-istilah sehingga tak ada poin penting terlewatkan.

4. Pencarian

Fitur ini sifatnya simpel namun esensial, karena ketika menginginkan untuk pencarian ulang materi pembelajaran dapat dicari dengan mudah dan cepat. Terutama jika yang dicari adalah materi spesifik.

5. Pet Mission

pet misson ruangguru

Aplikasi bimbingan belajar Ruangguru juga memiliki game online yang dapat dimanfaatkan ketika jeda belajar. Namun tentu saja game ini terhubung dengan misi-misi belajar yang diselesaikan. Apabila menuntaskan misi tertentu dalam seminggu, akan mendapatkan kesempatan berupa 1 batu evolusi hewan peliharaan. Bagi jenjang sekolah dasar terutama, maka fitur ini menarik dan mendorong murid akan rasa penasarannya.

6. Tes Minat Bakat

Minat dan bakat masing-masing murid berbeda dan tentunya perlu digali potensinya karena berkaitan dengan jurusan kuliah hingga karier yang akan ditempuh. Tes minat bakat ini menggunakan metode RIASEC dan befungsi untuk lebih tepat dan terarah dalam pengambilan keputusan seperti jurusan. RIASEC sendiri merupakan singkatan yang sekaligus klasifikasi karakteristik yaitu Realistic, Investigate, Artistic, Social,  Enterprising, dan Conventional. Hasil tak selalu terpaku pada satu jenis melainkan gabungan beberapa di antaranya.

Fitur-fitur pada aplikasi bimbingan belajar online ini dapat mengurangi tingkat kejenuhan dan tetap mempertahankan motivasi belajar untuk berada di tempat atau bahkan mengalami peningkatan. Yuk dukung cara belajar yang menyenangkan dengan menginstall aplikasi Ruangguru dan rasakan manfaat melalui fitur-fiturnya!

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)