Lagi Pandemi, Lebih Bijak Beli Mobil Kredit Atau Tunai?

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Beli kredit vs cash mobil, menurut Anda lebih bijak mana? Atau mana yang dirasa lebih sesuai dengan kemampuan finansial Anda? Leasing mobil adalah pilihan untuk beberapa orang yang tidak bisa membeli mobil secara tunai. Ketika perekonomian sedang tidak stabil dikarenakan pandemi covid yang sudah berjalan lama di Indonesia dan negara lainnya di dunia. Anda memiliki pertimbangan tentang kredit vs cash mobil, mana dari kedua pilihan tersebut yang paling tepat?

beli mobil kredit vs cash
pict: standret (pexels)

Mana Yang Lebih Menguntungkan? Beli Mobil Tunai atau Kredit?

Sebelum pandemi, masyarakat akan cenderung lebih memilih membeli dengan kredit dengan memakai jasa leasing. Tapi pandemi membuat pemilihan ini jadi lebih sulit karena selain ada pergeseran prioritas, leasing mobil juga memiliki kriteria yang lebih ketat. Berikut adalah beberapa perbandingan yang dapat dipertimbangkan.

1. Dana Yang Ada

Pertimbangan kredit vs cash mobil yang pertama adalah dari segi biaya atau dana. Kalau Anda akan membayar mobil dari uang gaji maka tentu membeli secara kredit akan lebih tepat. Tapi bila Anda memiliki dana mendadak yang langsung besar seperti hasil menjual tanah atau mobil, atau memperoleh warisan maka lebih baik membayar dengan tunai. Hal tersebut karena sumber dana yang tersedia besar dan hanya didapat sekali saja. Anda akan kesulitan untuk mencicil bila membayar secara angsuran.

Sebelum membeli mobil, terlebih dahulu kenali kemampuan Anda dalam membayar. Dengan demikian, Anda akan memperkecil kemungkinan kehilangan mobil karena tidak bisa membayarnya. Tentu kalau hal tersebut terjadi, Anda lah yang pasti yang akan merugi.

2. Gagal Bayar

Saat membandingkan kredit vs cash mobil, Anda perlu memikirkan kemungkinan terburuk seperti risiko gagal bayar. Anda dapat mencari leasing mobil bila ingin membeli mobil secara kredit. Ini adalah pilihan yang lebih ringan untuk menghindari gagal bayar. Anda bahkan bisa meminta pilihan angsuran yang paling rendah sesuai dengan kemampuan. Konsultasikan dengan pihak leasing mengenai pilihan-pilihan Anda dan putuskan mana yang terbaik.

Membeli tunai juga adalah jaminan tidak mungkin Anda akan gagal bayar, karena sudah dibeli dengan tunai dari awal pembelian. Dengan demikian, Anda hanya perlu memikirkan biaya perawatan dan bensin saja. Tidak ada resiko gagal bayar yang membuat Anda mengalami kerugian besar.

leasing mobil
pict: prostooleh (pexels)

3. Pengabulan Ajuan Kredit

Masa pandemi membuat bercbagai usaha penjual mobil baik dari dealer atau mobil second memperketat pengajuan kredit mereka. Jadi kalau kredit dan BI-Checking Anda tidak bagus, walau ingin mengambil kredit sekalipun, kemungkinan besar susah atau bahkan tidak bisa.

Kalau Anda memiliki masalah pembayaran terdahulu, maka data tersebut yang akan menghindari untuk melakukan kredit lagi. Kalau ini adalah realita yang ada pada Anda, maka membeli tunai adalah satu-satunya pilihan Anda jika ingin memiliki mobil.

4. Pembayaran Ringan

Mengambil kredit pada leasing mobil berarti pengeluaran Anda untuk mengangsurnya akan lebih kecil. Tapi, membeli tunai juga bisa dikatakan ringan karena kredit ada biaya yang ditambahkan sebagai penanganan jadi kalau ditotal, harga mobil akan lebih mahal. Jadi, Anda tinggal memilih cara mana yang lebih ringan untuk dijalani? Beli mobil secara kredit atau tunai?

Beli mobil secara kredit akan menguntungkan karena bayaran bulanannya yang kecil. Sedangkan beli mobil tunai akan juga untung karena nominalnya lebih kecil dan tidak ada biaya tambahan seperti denda keterlambatan dan lain sebagainya.

5. Membeli Mobil Untuk Kebutuhan Apa?

Perbandingan untung atau rugi dalam membeli mobil kredit vs cash mobil sama-sama harus dipikirkan kembali ke alasan awal membeli. Mengapa Anda perlu mobil? Apakah untuk pergi ke kantor atau menunjang pekerjaan Anda, atau karena memiliki keluarga besar dan ingin bepergian dengan mobil? Kalau Anda membeli mobil dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan, tentu membeli dengan cara kredit akan lebih baik. Anda jadi punya tambahan penghasilan untuk menambahi pembayaran secara kredit.

6. Proteksi Asuransi

Tahukan Anda kalau mengambil kredit dengan leasing mobil berarti mobil Anda secara otomatis mendapatkan asuransi? Pertimbangkan fakta ini ketika Anda bingung untuk membeli mobil secara tunai atau tidak. Asuransi akan memberikan perlindungan pada mobil sehingga Anda juga terbantu ketika ada kerusakan atau hal-hal yang tidak terduga yang termasuk dalam poin asuransi.

Membeli atau mencari mobil secara tunai sendiri tidak disertai dengan asuransi untuk mobil. Jadi, ini adalah fakta penting yang perlu diingat untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik dari pihak penjual mobil.

7. Pilihan Mobil

Pada dasarnya dealer dan leasing bekerja sama untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin membeli mobil, tapi punya dana terbatas. Kalau membeli secara kredit, pilihan mobil yang bisa Anda beli akan lebih banyak dari pada membeli secara tunai. Hal ini dikarenakan secara total, penjualan jadi lebih tinggi.

Anda akan diarahkan untuk membeli secara tunai beberapa pilihan mobil saja. Kalau Anda tidak keberatan dengan opsi yang minim maka belilah mobil dengan tunai. Anda pada akhirnya juga dapat memutuskan pilihan dengan lebih cepat karena pilihan mobil yang bisa dipilih tidak terlalu banyak.

kredit vs cash mobil
pict: gpointstudio (pexels)

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin membeli mobil. Pembayaran tunai akan menguntungkan bila ada dananya. Membeli mobil secara kredit memakai jasa leasing mobil memberikan banyak kemudahan bagi mereka yang memiliki uang kurang untuk membeli secara tunai. Kedua pilihan tersebut juga memiliki kekurangan, seperti yang sudah dibahas di atas. Tinggal Anda pilih saja, mana yang paling tepat dengan kondisi keuangan Anda.

Kalau memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit. Anda perlu mendapatkan leasing mobil yang handal dan bisa dipercaya. Seperti layanan leasing dari MayBank Finance yang melayani pembelian mobil secara kredit dengan beragam pilihan tenor. Anda bisa jadi nasabah Maybank Finance dan membeli mobil dengan mudah dan dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda.
***
Sumber:
  • https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/16/072200715/di-tengah-pandemi-pilih-kredit-mobil-baru-atau-beli-tunai-seken-?page=all
  • https://www.liputan6.com/otomotif/read/4644496/selama-pandemi-covid-19-konsumen-memilih-beli-mobil-secara-tunai-atau-kredit
  • https://muda.kompas.id/baca/2020/01/31/beli-mobil-sebaiknya-secara-tunai-atau-kredit/
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)