Greatmind: Refleksi dan Pemikiran (Channel YouTube Favorit)

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Sudah lama tak menambahkan daftar konten-konten favorit, kali ini datang dari Greatmind. Pertama tahu Greatmind ini baru sebatas artikel-artikel di website, kemudian merambah ke konten video di YouTube. Kesan pertama ketika tahu Greatmind ini kaya premium, karena menghadirkan figur-figur terkenal untuk berbagi pemikirannya. Misalnya seperti artis, musisi, praktisi dari berbagai bidang, dan seterusnya.

greatmind

Greatmind ini juga yang mengantarkan saya untuk tahu sosok Marissa Anita, yang memang ternyata inisiatornya. Mungkin kalau beberapa orang tahu Marissa dari peran aktris atau presenter, saya tahunya dari Greatmind ini. Itulah mengapa saya antusias ketika ada film Ali and Ratu-Ratu Queens, tapi ternyata sebelumnya sudah banyak filmnya seperti Gundala, Perempuan Tanah Jahanam, sampai Quarantine Tales.

Kembali ke Greatmind, saya rutin mengikuti update konten di YouTubenya karena segmen Weak Ties, On Marrisa's Mind, Secawan Teh, dan Lesson Learned. Perlu saya beri tahu melalui postingan ini bahwa vibes dari Greatmind ini bawaanya dewasa, bijak, menenangkan, dan menyenangkan. Saya rasa karena memang inisiatornya sudah matang secara usia dan pengalaman, jadi pasti pembawaanya tenang dan tidak menggebu-gebu. Jenis konten-konten yang saya butuhkan dan pas rasanya untuk jiwa saat ini untuk belajar.

Maksudnya, kalau di YT itu kan terdapat variasi konten serupa seperti self-improvement, mental health & well being, psikologi, dan kehidupan atau life-school. Saya juga menonton beberapa channel favorit dengan pembawaan yang lebih fun atau pembawaanya disesuaikan dengan audiens rentang usia muda, ada juga versi lain dengan konten reflektif. Khusus untuk Greatmind sendiri, sesi video disampaikan dengan durasi yang singkat, dengan narasi yang apik, dan terkadang ada video dalam bentuk animasi. Jenis konten yang enak sekali ditonton saat lelah sepulang kerja, sore di hari Jumat/Sabtu menyambut weekend, atau ketika gabut di malam hari.

Greatmind ini semacam penyampaian untuk memahami diri lagi di level selanjutnya setelah mengedukasi diri dengan konten-konten self-awareness dan self-knowledge. Beberapa video di Greatmind favorit saya (beseta sedikit kutipan) adalah:

WEAK TIES

  • Weak Ties: Almost Self

"Mengatakkan I am enough seharusnya termasuk rela menerima sedikit sekaligus melepaskan semua kemungkinan diri saya yang tidak terjadi. Kita tidak perlu terbenam di dalam khayalan, tapi perlu mengingat momen milestone yang membawa kita ke saat sini."

  • Weak Ties: Cukup Ya

  • Weak Ties: Masa Depan

ON MARISSA'S MIND

  • On Marissa's Mind: Memaafkan

"Ketika kita memaafkan seseorang, kita melepaskan diri dari dendam dan amarah, borgol energi negatif... Pengampunan menyehatkan mental, menggembirakan hati, menenangkan hidup, dan membuat kita lebih terhubung dengan sekitar... Ketika Anda mengampuni, Andalah yang merasakan manfaat paling besar: mencapai damai dalam diri. Pengampunan yang tulus membebaskan kita dari perasaan negatif agar bisa melanjutkan hidup dengan tenang di sisa waktu yang ada."

  • On Marissa's Mind: Sabotase Diri

"Bisa jadi waktu kecil Anda tumbuh di lingkungan yang penuh kesedihan, kekhawatiran, atau ketakutan. Ini memaksa Anda "terbiasa" dengan kemalangan sehingga kebahagiaan menjadi sesuatu yang aneh dan berlawanan dengan intuisi." (saya sengaja mengambil line ini karena ini kuncinya: inner child)

  • On Marissa's Mind: FOMO

"FOMO berdampak negatif pada suasana hati dan tingkat kepuasan hidup. Orang yang FOMOnya tinggi cenderung lebih depresif, cemas, depresif, neurotik, dan bermasalah dengan tidur."

  • On Marissa's Mind: Stoikisme, Filosofi Anti Cemas

"Salah satu tujuan penting dalam stoikisme adalah penguasaan diri. Seseorang yang bisa menguasai diri dengan baik cenderung tenang, tahan mental, dan punya emosi yang seimbang."

LESSON LEARNED

  • Lesson Learned: Keputusan

"Karena pengambilan keputusan dipengaruhi oleh kondisi emosi, jadi kita harus bisa mengelola emosi lebih baik supaya bisa mengambil keputusan dengan lebih baik pula."

  • Lesson Learned: Yuk Pahami Berduka

  • Lesson Learned: Kecemasan

  • Lesson Learned: Depresi

SECAWAN TEH

  • Secawan Teh: Kemarahan

"Jadi, bukan menahan kuat-kuat, melainkan paham dan tahu apa yang harus dilakukan."

Konten Greatmind tak hanya melalui video pendek di YouTube, namun ada juga bahasan versi panjang dalam live instagram dan ada juga dalam podcast. Tapi khusus untuk postingan ini saya khususkan untuk video singkat namun berisi. Anyway, adakah yang sama suka konten dari Greatmind juga?

1 comment

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)