Maksimalkan Waktu Gap Year dengan Persiapan UTBK 2022 Brain Academy Online

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Secara umum, pendidikan memiliki pola berdasarkan tingkat atau jenjang pendidikan. Dari TK, SD, SMP, kemudian ke Sekolah Menengah. Bagi yang memilih SMA umumnya melanjutkan kuliah, meskipun ada juga yang bekerja. Begitu juga dengan SMK yang umumnya langsung ke dunia kerja, namun ada juga yang memilih melanjutkan kuliah.

Persiapan UTBK Saat Gap Year
credit: mesym, pixabay

Melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah memiliki pola yang sedikit berbeda karena membutuhkan persiapan yang matang. Dimulai dari pilihan jurusan, pilihan universitas, dan belum lagi bagi yang sekaligus mencari beasiswa. Dari prosesnya selalu ada kemungkinan, misalnya tak lolos seleksi. Tak lolos ini juga terdiri dari berbagai faktor, misalnya preferensi jurusan atau universitas idaman, maupun memang dari sekian seleksi belum membuahkan hasil.

Dari sana, umum juga terdapat siswa gap year untuk mencoba seleksi kembali di tahun berikutnya. Gap year juga bukan hanya dikarenakan hal tersebut namun juga ada faktor lainnya misalnya kendala ekonomi, belum yakin terhadap jurusan, atau keinginan untuk bekerja terlebih dahulu. 

Mengambil sedikit opini pribadi dan kebetulan sudah menjalani bangku kuliah, menurut saya gap year bukan artinya kegagalan maupun ketertinggalan. Dunia kuliah sendiri kompleks, tak selalu dalam rentang umur yang hampir sama karena ada juga yang mengambil masa gap year. Dunia kuliah sendiri juga bukan ajang siapa yang paling cepat, namun semakin mengenal diri dan bagaimana individu sembari menyiapkan masa depan baik akademis ataupun non akademis.

Manfaat Gap Year

Jika melihat lebih dalam, menjadi siswa gap year justru mendatangkan banyak manfaat bahkan keunggulan. Diantaranya adalah:

  • Tersedianya Waktu Lebih Banyak Untuk Refleksi dan Evaluasi

sehingga tak terburu-buru. Percayalah, satu tahun ini tak selama yang dipikirkan dan waktu akan berjalan tanpa terasa. Masa-masa gap year dapat dimanfaatkan untuk memikirkan kembali dengan matang mengenai jurusan, rencana masa depan, dan juga mendalami soal-soal lebih sering.

  • Menemukan Hobi Baru atau Mendalami Hobi Sebelumnya

Gap year juga menjadi waktu yang pas untuk mendalami atau menemukan hobi baru yang kemudian dapat dimaksimalkan. Hobi baru tersebut misalnya misalnya membaca buku-buku pengembangan diri dan produktivitas. Saat ini, hobi bisa dimanfaatkan menjadi ladang penghasilan tambahan, misalnya dari menulis, desain, atau proses pembuatan konten. Tentu saja sebelum mendapatkan penghasilan tambahan, terlebih dahulu menikmati proses sebagai bekal dengan menguasai skills di dalamnya. Hobi bisa juga menjadi selingan untuk mengisi waktu saat persiapan mempelajari soal-soal.

  • Menguasai Hal Baru atau Keahlian Khusus 

Manfaat lain saat gap year adalah bisa mengalokasikan waktu untuk mempelajari hal baru atau keahlian khusus lebih dini. Misalnya seperti menguasai bahasa Inggris secara lisan dan tertulis, mengasah kemampuan public speaking, mengikuti kursus digital marketing, dan sebagainya. Bekal dari skill-skill ini nantinya akan bermanfaat di masa depan karena sudah mencicil dari tingkat dasar.

  • Belajar dan Memahami Soal-Soal Lebih Dalam

Persiapan seleksi masuk perguruan tinggi seringkali sedikit terburu-buru apalagi sekaligus mempersiapkan ujian nasional dan ujian sekolah. Mendalami soal-soal latihan bisa jadi kurang maksimal dan berpengaruh terhadap skor. Gap year memberikan kesempatan lebih untuk bukan hanya bisa menyelesaikan soal-soal latihan, namun memahami konsep bagaimana soal tersebut dan menguasainya.

Persiapan UTBK 2022 dengan Brain Academy Online

Masa saat ini dapat dengan mudah mencari pemahaman soal-soal secara online. Akses lebih luas juga untuk belajar persiapan UTBK nanti. Namun ini juga menjadi tantangan tersendiri karena justru bisa menjadi distraksi dan fokus terpecah. Akan lebih baik jika memilih paket lengkap dan secara berurutan sehingga tak perlu repot lagi membagi satu dengan yang lainnya.

UTBK Gap Year Brain Academy Online
credit: BrainAcademy.id

Brain Academy Online menyediakan fasilitas tersebut yaitu paket persiapan UTBK 2022 khusus siswa gap year, lho. Sebelumnya, Brain Academy lebih dikenal sebagai bimbingan belajar terpadu dan interaktif yang memadukan pembelajaran secara online dan offline. Sistem bimbel di Brain Academy juga berbeda dengan bimbingan belajar biasanya, karena terdapat juga kelas-kelas pelatihan soft skill.

Fasilitas persiapan UTBK 2022 di Brain Academy juga tetap bisa didapatkan dan diakses secara online. Jadi, bukan hanya sebatas untuk siswa SD, SMP, atau SMA untuk materi bimbel reguler saja melainkan juga materi UTBK khusus bagi siswa gap year. Memangnya, ada apa aja sih keunggulan jika memilih paket persiapan UTBK di Brain Academy Online?

  • Fasilitas Brain Academy Online Khusus Gap Year

Yang pastinya ada modul dan juga kelas pendalaman materi UTBK, namun fasilitasnya tak hanya itu saja nih, yaitu:
  1. Live teaching UTBK sebanyak 4x per minggu
  2. Kelas pendalaman materi sebanyak 2x per minggu
  3. Kelas akselerasi sebanyak 4x per minggu
  4. Laporan perkembangan belajar setiap bulan
  5. Tryout UTBK 2022 sebanyak 29 episode
  6. Handbook kuliah dan Winning UTBK 2022
  7. Modul UTBK Cetak berupa kumpulan latihan soal dan rangkuman
  8. Konsep kilat UTBK sebanyak 29 episode
  9. Adanya konseling privat perihal jurusan (bisa menggunakan chat WhatsApp atau Google Meet)
  10. Kelas elite 2 sesi per minggu
  11. Sharing soal UTBK 2022

  • Pilihan Paket Kelas UTBK Brain Academy Online

paket kelas utbk brain academy
credit: BrainAcademy.id

Untuk paket UTBK Brain Academy Online memiliki rentang waktu belajar sampai Juni 2022 namun kelas aktif sampai September 2022. Ada dua paket pilihan yang tersedia dan dapat dipilih, yaitu:

  • Paket Premium

Untuk paket premium, fasilitas yang akan didapatkan yaitu:

  • Kelas Online Interaktif dengan Star Master Teacher secara terjadwal. Sesi akan dibagi menjadi 4 sesi live teaching, 2 sesi kelas pendalaman mater, dan 4 sesi kelas akselerasi per minggu.
  • Konseling Pendidikan dengan konselor yang dapat dilakukan melalui chat atau Google Meet sekaligus pembagian laporan perkembangan belajar.
  • Modul Cetak dan Digital yang mendukung pembelajaran dengan isian materi, latihan soal dan jawabannya secara lengkap.
  • Kelas Akselerasi dan Pendalaman Materi yang disesuaikan dengan kecepatan dalam memahami materi.
  • Klinik PR dalam grup kecil sebanyak 5 siswa bersama Master Teacher dan berlangsung selama 45 menit.
  • Sharing Soal untuk membedah soal berdasarkan tingkat kesulitan bersama Master Teacher/
  • Klub Hobi yang akan mempertemukan teman dari seluruh Indonesia yang terbgai menjadi 50 Klub Hobi.
  • Tryout Basic dan Premium 
  • Kelas Pengembangan Diri yang menyediakan konsultasi seperti prospek karir, kreativitas, dan tips masuk PTN, tipe belajar, minat serta bakat.
  • Pengingat Belajar 
  • Bebas Memilih Kelas dan Jadwal yang tersedia

Harga Paket Premium Gap Year yang aktif sampai 01 September 2022 ini yaitu Rp 7.984.000 namun jika menggunakan promo JADIHEBAT akan mendapatkan harga sebesar Rp 3.194.000. Menarik bukan? Cek laman Brain Academy Online secara berkala karena promo bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk Paket Premium juga bisa melakukan upgrade paket misalnya dengan tambahan Klinik PR, Modul Cetak, dan Kelas Elite saat pembelian paket nanti.

  • Paket Elite

Sementara pada paket elite, fasilitas mencakup yang ada pada Paket Premium di atas namun dengan tambahan fasilitas seperti:

  • Kelas Elite ekslusif yang merupakan kelas privat bersama Master Teacher yang bisa dilakukan dengan Google Meet sehingga lebih fokus.

Harga paket Elite Gap Year yang juga aktif sampai dengan 01 September 2022 ini sebesar Rp 12.323.000 namun jika menggunakan kode diskon JADIHEBAT bisa mendapatkan penawaran hanya dengan Rp 5.730.000 saja. 

Baik pilihan Premium atau Elite, kedua paket yang dipilih ini juga sudah termasuk akses ruangbelajar dan konsep kilat UTBK sehingga jatuhnya lebih murah dan mencakup lebih banyak. Sedangkan untuk pembayaran juga memiliki opsi baik lunas ataupun memilih cicilan 2 kali atau 4 kali sehingga lebih ringan.

Untuk yang masih penasaran mengenai metode bimbel di paket UTBK Brain Academy Online, bisa juga lho memanfaatkan Coba Live Teaching secara gratis, bisa juga memilih Try Out 2022 Brain Academy Online yang bisa dicoba secara gratis.

Akses kelas memang masih panjang sampai tahun depan, namun yuk segera manfaatkan waktu gap year dengan bimbingan belajar interaktif secara intensif ini. Impian dan kesempatan masuk ke PTN favorit sudah menunggu di depan mata!
***

Tidak ada komentar

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)